Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Beragam Kelebihan dan Ruang Pertemuan di Wisma Kagama
Jenis Bangunan, Wisma

Mengenal Beragam Kelebihan dan Ruang Pertemuan di Wisma Kagama 

Tentang Wisma Kagama

Wisma kagama UGM Yogyakarta merupakan wisma penyedia fasilitas dalam mengadakan berbagai macam kegiatan. Pendopo joglo klasik yang juga digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan, syukuran, diskusi dan seminar. Kagama menyediakan ruang pertemuan yang nyaman sehingga cocok untuk melakukan lokakarya, rapat dan pertemuan. Menyediakan fasilitas lengkap dan tempat penginapan jika sedangkan melakukan reuni, wisata, dan karya wisata.

Lokasi dan Sejarah Berdiri Wisma Kagama

Wisma ini cukup strategis dengan lokasi yang berada di area Universitas Gadjah Mada dan menggunakan akses 10 menit jika menuju pusat kota. Wisma ini dibangun dan dikelola PT Purna Gama yang telah ada sejak 1992 dari Yayasan Kagam. PT Purna Gama sebagai badan usaha swasta yang memiliki visi misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan kegiatan profesional dan ilmiah dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan konsultan.

Banyaknya Fasilitas Ruang Pertemuan yang Ditawarkan

Wisma kagama memiliki banyak ruang meeting yang ditawarkan diantaranya adalah ruang nuri, ruang kenari, ruang parkit dan ruang merpati yang diperuntukkan untuk 20 kursi. Kapasitas 35 kursi di ruang cenderawasih dan ruang kutilang dan kapasitas 55 kursi pada ruangan rajawali.

Wisma ini juga menawarkan paket seminar dengan Seminar Hal Day mulai harga 85 ribu per pax termasuk coffee break pagi dan makan siang dan Seminar Full Day mulai harga 100 ribu per pax termasuk coffee break pagi, makan siang dan coffee break di siang hari minimal 50 pax. Paket meeting full board diantaranya Fullboard Double dari harga 285 ribu per pax. Triple dari harga 255 ribu per pax dan kamar twins serta extra bed, makan pagi, makan siang, coffee break pagi dan siang lalu makan malam minimal 50 pax.

Paket reuni yang menawarkan acara temu kangen dan reuni dari harga 300 ribu per pax termasuk makan pagi, kamar twin, snack, makan malam dan musik dengan minimal 50 pax. Paket karyawisata yang menyediakan fasilitas untuk kunjungan kawasan pendidikan. Minimal 100 ribu per pax yang menyediakan 1 kamar 4 orang serta makan pagi minimal 50 pax.

Konsep Perabotan Ruang Pertemuan Wisma Kagama

Berikut adalah beberapa jenis bentuk tempat duduk untuk ruang pertemuan diantaranya:

U Shape

Dengan bentuk huruf U yang memberikan kapasitas rapat untuk 20 peserta. Memudahkan narasumber untuk berinteraksi dan bertatap langsung dengan peserta. Konsep ini mengedepankan rasa kekeluargaan dan konsep seatin untuk tim medium. Serta meningkatkan interaktsi antar tim dan fokus pada satu pembicara walaupun membutuhkan cukup space yang luas.

Boardroom

Boardroom menggunakan konsep rapat dengan jumlah peserta yang jauh lebih sedikit dengan meja memanjang dan peserta duduk berhadapan. Memberikan komunikasi dan tingkat konsentrasi 90% pada pembicara. Lebih efektif dan memudahkan peserta mencatat seluruh isi rapat dan materi. Walaupun jumlah peserta yang banyak tidak mampu menjangkau seluruh ujung kalau tidak menggunakan presentasi menggunakan proyektor.

Selain itu menggunakan ruang pertemuan dengan sistem classroom yang memfokuskan seluruh peserta pada pembicara. Namun belum mampu menutup seluruh fokus pada peserta karena akan menyebabkan peserta paling belakang tidak mampu fokus. Serta jika peserta paling depan terganggu maka peserta bagian belakang akan terdistrasksi. Ruang teater yang menggunakan ruang pertemuan dengan kapasitas banyak peserta dan memberikan jarak tengah dimana pembicara dapat berbicara. Teater ini membutuhkan sound system yang memadai dan cahaya serta tambahan layar untuk dapat menyampaikan materi dengan baik walaupun interaksi sangat terbatas.

Konsep

Konsep seating bouquet yang menggunakan gaya eksklusif dan glamor dan tersedianya tempat makan siang. Desain cukup banyak memakan tempat di ruangan kosong sehingga bagian tengah meja akan terbuat dan cukup membuat jarak antar meja semakin jauh. Konsep ini cocok untuk acara besar yang membuat peserta terbagi atas beberapa divisi yang berbeda dan acara general yang mengundang para petinggi.

Untuk meja rapat yang digunakan selama rapat adalah meja bundar yang dipadukan dengan kursi santai empuk. Meja ini akan membuat orang lebih rileks dan luwes berbicara dan saling berbagai ide. Menggunakan gaya rustic dengan kuris empuk yang rendah dan biasanya permukaan meja dari kayu dan kerangka dari metal atraktif.

Meja rapat yang ditawarkan wisma kagama seperti meja kayu yang kokoh dengan gaya profesional sehingga akan memberikan kesan tegas. Materialnya biasanya dari kayu jati untuk membuat rapat tidak terkesan kaku dan lebih hangat. Meja rapat dikombinasikan dengan taplak cerah sehingga akan memberikan kesan santai dan nyaman.

Untuk membuat ruang pertemuan lebih nyaman wisma kagama memberikan ruang rapat ala ruang kerja. Hal ini membuat kesan kasual yang santai dan homey didominasi dengan meja panjang vintage. Ruang minimalis untuk pertemuan dominan putih dipadukan dengan kursi dan meja kayu yang terasa tenang dan adem didukung dengan tanaman hias.

Baca Juga: Mengenal Wisma Bogor Permai, Sejarah, Fungsi Hingga Daya Tariknya

Kelebihan

Kelebihan yang ditawarkan oleh wisma kagama adalah koneksi wifi yang cukup memadai untuk mampu berbagai materi rapat dan presentasi yang disiapkan. Pastikan juga bahwa akses listrik telah memadai karena hal ini cukup buruk bila tiba-tiba listrik padam sehingga akan mengganggu rapat. Ketika meeting banyak yang melakukan brainstorming menggunakan fasilitas papan dan spidol sehingga akan lebih memudahkan dalam menggambarkan konsep. Tersedianya mesin fotocopy dapat digunakan dalam memperbanyak materi sehingga akan membuat peserta memahami semua isi pembicaraan pertemuan. Pastikan ruang pertemuan menyediakan proyektor untuk menyampaikan materi dengan cepat dan tersedia gorden atau penutup jendela karena bila terlihat dari luar ruangan akan terasa tidak nyaman. pastikan juga menyediakan meja dan kursi yang nyaman sehingga meeting akan berjalan lancar, termasuk keamanan yang dipertimbangkan dengan adanya CCTV dan pos penjagaan.

Selain itu menawarkan gowes yang membuat pengunjung dapat berkeliling kampus UGM dan kota Yogyakarta menggunakan sepeda yang disewa dengan harga terjangkau, dengan jenis sepeda fixie, tandem dan mountain bike. Kamar penginapan yang ditawarkan memberikan fasilitas TV, AC, kamar mandi dalam lengkap dengan air hangat dan nyaman untuk 15 kamar king bed dan 16 kamar twin bed.

Tips Memilih Ruang Pertemuan yang Bisa Anda Terapkan

Dengan penawaran untuk ruang pertemuan dari kagama maka perlu mengetahui tips dalam memilih tempat meeting murah dan nyaman diantaranya:

  • Dengan kapasitas memadai. Pertemuan yang mampu menampung sesuai dengan jumlah peserta rapat yang akan membuat suasana rapat lebih kondusif dan nyaman.
  • Fasilitas lengkap untuk menunjang kemudahan rapat. Mulai dari meja, kursi, jaringan internet, LCD, dan tidak bising termasuk disebabkan oleh suara lalu lintas kendaraan.
  • Perhatikan tempat rapat. Yaitu mampu menjaga privasi klien sehingga akan membatasi orang lain masuk dalam tempat meeting dan membuat acara berjalan dengan lancar.
  • Tidak membutuhkan persiapan yang cukup rumit sehingga ruang pertemuan sudah siap pakai. Mulai dari perlengkapan rapat dan tarif kebersihan untuk pengelola.
  • Mempertimbangkan durasi rapat yang berpengaruh terhadap layanan fasilitas paket ruangan sehingga kebutuhan konsumsi dapat didiskusikan sejak awal kesepakatan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *