Wajib Kamu Tahu, 4 Tips/Cara Untuk Merawat AC Agar Awet Tahan Lama

Ruangan yang dipasang AC atau Forced air system akan terasa nyaman. Hal ini karena sistem udara paksa memberikan udara dingin yang menyebabkan individu merasa nyaman di dalamnya.

AC sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat sebagai jawaban terbaik untuk pendinginan. Bagi mereka yang menggunakan sistem udara paksa, jelas mereka memahami bahwa perangkat elektronik ini harus diperlakukan seperti barang-barang lainnya.

Perawatan AC harus dilakukan dan difokuskan agar sistem kontrol iklim dapat mengalirkan udara dingin secara ideal. Selain itu, dukungan yang lengkap juga dapat membuat umur AC lebih lama. Berikut adalah beberapa cara untuk benar-benar fokus pada sistem kontrol iklim sehingga bertahan dan tidak cepat rusak.

1. Membersihkan Filter AC Secara Teratur

Perawatan AC yang paling penting untuk dilakukan yaitu mengganti atau membersihkan filter AC  secara teratur agar kinerjanya optimal. Membersihkan filter yang kotor sangat penting dilakukan karena kotoran yang menumpuk pada filter akan menghambat aliran udara. Sehingga kotoran tersebut dapat mengurangi tingkat efektivitas sistem saat bekerja.

Filter AC dapat dibersihkan jika masih dalam kondisi baik, tetapi kamu tetap perlu mengganti filter ketika kondisi memang sudah tidak baik. Untuk musim dingin, kamu perlu mengganti filter AC setiap satu atau dua bulan sekali.

Filter AC membutuhkan perhatian lebih jika AC sering digunakan pada tempat yang berdebu atau terdapat hewan berbulu di dalam ruangan.

2. Memperhatikan Sirip dan Koil

Sirip merupakan komponen yang dibuat dengan aluminium yang berada di evaporator dan koil berada di kondensor. Sirip dam koil mudah bengkok dan dapat mengahalangi berlangsungnya aliran udara. Untuk mengatasi hal ini sudah terdapat di pasaran alat sisir sirip yang dapat menyisir sirip tersebut kembali pada bentuk semula.

See also  Berikut Ini Keuntungan Menabung Lebih Awal

3. Memastikan Ruangan Tertutup Dengan Baik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat ruangan menggunakan AC yaitu memastikan ruangan tersebut tertutup dengan rapat. Kamu harus rajin memeriksa penutup yang ada pada ruanganmu.

Memastikan ruangan tertutup dengan baik berguna untuk menjaga agar tidak ada udara dingin yang bocor. Karena udara dingin yang bocor akan menyebabkan AC harus bekerja keras sehingga penggunaan listrik akan meningkat.

4. Menggunakan Jasa Profesional

Untuk perawatan yang kecil mungkin bisa dilakukan secara pribadi. Akan tetapi perawatan yang lebih detail perlu dilakukan dan kamu perlu menggunakan jasa layanan profesional. Para teknisi tersebut tentunya lebih banyak pengetahuan dan dapat menganalisis masalah yang terjadi pada AC. Sehingga perawatan AC akan lebih optimal dan komponen yang ada didalamnya lebih terawat. Biasanya para teknisi akan melakukan pengecekan pada beberapa hal, yaitu.

  • Mengecek banyak refrigeran yang ada pada sistem
  • Mengecek kebocoran pada refrigeran dengan detektor
  • Mengukur aliran udara melalui koil evaporator
  • Memastikan kontrol listrik baik dengan memastikan pemanas dan pendingin tidak bekerja secara bersamaan
  • Mengecek terminal listrik, Membersihkan dan mengencangkan tautan

Itulah beberapa tips agar AC lebih terawat sehingga dapat berfungsi dalam kurun waktu yang lebih lama lagi.

Check Also

Cara Untuk Trading di Indodax Agar Profit 2022

Bagi Anda yang pernah menjelajahi dunia cryptocurrency, nama Indodax pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, PT Indodax adalah perusahaan jual beli aset digital. Seperti yang kita ketahui tentang Indodax serta kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang salah dengan Indodax sebagai salah satu platform trading cryptocurrency paling beragam di Indonesia. Tidak semua orang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.