Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Trend Tinggi Meja Dapur Ideal 2020
Bagian Dalam Rumah, Dapur

Trend Tinggi Meja Dapur Ideal 2020 

Bagi sebagian masyarakat Indonesia memperhatikan ukuran meja dapur bukan masalah yang begitu serius. Padahal dalam sebuah konsep untuk memilih dan memutuskan ukuran tinggi meja pada sebuah dapur merupakan suatu masalah yang cukup penting. Bila tinggi meja yang ada di dapur terlalu tinggi atau bahkan sebaliknya yakni terlalu pendek, maka saat memasak juga akan menimbulkan kesan yang tidak nyaman dan mungkin bosan . Dengan perasaan tidak nyaman dan bosan tersebut kemudian menjadi salah satu penyebab orang tidak suka memasak dan memutuskan untuk selalu makan di luar rumah.

Angka ketertarikan dan minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap desain interior untuk ruang dapur menjadikan para desainer dan arsitek menciptakan berbagai macam ide untuk model dan konsep meja dapur yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Kondisi tersebut ternyata juga dimanfaatkan oleh para developer untuk menjual berbagai macam produk meja dapur dari harga yang paling mahal sampai dengan harga yang termurah.

Konsep dan ukuran tinggi meja dapur 

Biasanya konsep dan ukuran tinggi meja dapur disesuaikan dengan gaya yang dimiliki oleh rumah kebanyakan masyarakat Indonesia. Para developer ini menjadikan target pemasaran produk mereka adalah para pasangan yang baru saja menikah dan memiliki rumah. Biasanya pasangan yang baru saja menikah memiliki konsep dan gaya tersendiri yang disesuaikan dengan zaman. Dan berikut ini adalah beberapa trend untuk tinggi meja sebuah dapur yang bisa dijadikan sebagai inspirasi:

  1. Tinggi meja dapur paling ideal adalah tinggi counter top meja dan jarak dengan lantai dasar dapur yakni 80-90 cm. Satu hal yang perlu menjadi pertimbangan, ukuran tinggi pada sebuah meja dapur harus disesuaikan dengan ukuran kompor yang digunakan. Tidak hanya itu saja, hal lain yang perlu untuk diketahui adalah ukuran tinggi orang yang akan menggunakan dapur tersebut. Anda bisa menggunakan lebar meja seukuran 60 cm. Ukuran tersebut dipercaya yang paling nyaman untuk digunakan sebagai meja dapur dan akan membuat siapa saja yang memasak lebih nyaman.
  2. Idealnya tinggi meja dapur dibuat dengan menyesuaikan dengan tinggi orang yang akan menggunakan dapur tersebut. Dan biasanya tinggi rata-rata dari masyarakat Indonesia adalah kurang lebih 160 cm. Oleh karena itu, untuk menyesuaikan ukuran tersebut, tinggi meja yang ada di dapur bisa dibuat dengan ukuran 80 cm untuk bagian wastafelnya dan ukuran 65-70 cm untuk ukuran meja dapurnya. Ukuran tersebut adalah merupakan salah satu ukuran ideal yang untuk jenis dapur cor minimalis apabila sudah terpasang keramik di atasnya.
  3. Apabila model dapur Anda berbentuk leter L atau U Anda bisa mencoba untuk menentukan ukuran tinggi meja dapur dengan ukuran rata-rata adalah 90 cm yang disesuaikan dengan dapur yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Sedangkan untuk ukuran lebarnya, Anda bisa menggunakan ukuran kurang lebih 80-100 cm. Atau untuk lebih mudahnya Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran perabotan dapur Anda atau kitchen set yang ada di dapur tersebut.

Sesuaikan juga dengan perabotan lain

meja dapur dengan rak

Salah satu jenis meja dapur yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah meja dapur cor. Penggunaan konsep meja ini akan sangat mudah bagi Anda untuk menyesuaikan dan menata setiap perabotan yang ada di dalam ruang dapur.

Dalam sebuah rumah tangga, dapur merupakan salah satu hal yang paling utama. Hal ini dikarenakan dapur merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah rumah. Dalam menentukan kenyamanan dalam pembuatan sebuah dapur, perlu diperhatikan beberapa pertimbangan. Ketinggian dapur memang perlu mendapatkan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Sangat disarankan untuk membuat tinggi meja yang seukuran dengan pinggul Anda. Selain mengukur ketinggiannya, lebar juga merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Dengan ukuran lebar yang tepat maka akan sangat berpengaruh terhadap ruang gerak Anda saat Anda sedang beraktivitas di dapur tersebut.

Tidak hanya sebatas ukuran tinggi meja dapur saja yang penting dan sangat perlu untuk Anda perhatikan. Ruang gerak saat berada di dapur juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Dengan area kerja yang luas maka Anda akan lebih leluasa untuk bergerak kesana kemari saat sedang berada di dapur. Apabila dapur yang digunakan tidak hanya digunakan sebagai tempat memasak saja, maka Anda perlu menyiapkan tempat yang relatif lebih luas. Lalu bagaimana jika dapur yang kita miliki ternyata ukurannya sempit dan minimalis? Tidak perlu khawatir, karena masih banyak sekali cara yang bisa Anda siasati untuk membuat dapur Anda menjadi nyaman untuk digunakan.

Satu hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda, bila Anda memiliki rak gantung yang ada di atas dapur Anda, maka Anda juga harus memperhatikan ukuran ketinggian rak tersebut supaya saat Anda membutuhkan alat yang Anda simpan di dalam rak tersebut dan kebetulan Anda membutuhkannya maka bisa dengan mudah untuk dicapai. Maka dari itu, konsep yang tepat untuk pembuatan desain interior pada sebuah dapur memang tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Pertimbangkan dengan jelas ukuran-ukurannya sehingga hasil akhir yang Anda dapatkan akan memuaskan.

Perhatikan lebar kabinet atas

lebar kabinet atas dapur

Tinggi meja dapur dalam sebuah rumah juga perlu memperhatikan lebar kabinet atas. Tidak hanya diperhatikan bagian jarak antara meja dan dapurnya, tetapi Anda juga perlu memperhatikan lebar kabinet atas meja dapur Anda tersebut. Pada umumnya, dapur yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia memiliki ukuran kurang lebih 35-50 cm. Tetapi untuk lebarnya, Anda juga harus memperhatikan banyaknya dan besaran barang yang ada dalam dapur Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jarak dengan kepala Anda sehingga kepala bisa tetap aman saat melakukan aktivitas.

Tinggi meja dapur yang sesuai dan ukurannya tepat serta konsep yang digunakan sesuai, kondisi tersebut akan mempermudah Anda untuk mendapatkan dapur idaman sesuai dengan apa yang Anda impikan. Salah satu kunci untuk membuat dapur yang sesuai dengan impian Anda, perhatikan matang-matang dan pikirkan jauh sebelumnya desain apa yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Dan satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah, siapkan budget yang sesuai sehingga pembangunan bisa berjalan lancar dan cepat selesai. Dapur nyaman dan bersih menjadikan Anda lebih nyaman untuk menggunakannya.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *