Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Melakukan Renovasi Rumah Murah dan Hal yang Harus Diperhatikan
Renovasi, Renovasi Rumah

Tips Melakukan Renovasi Rumah Murah dan Hal yang Harus Diperhatikan 

Rumah lama Anda akan tampak lebih estetik dan pastinya juga nyaman dengan dilakukan renovasi. Kegiatan yang satu ini umumnya dapat dilakukan pada sebagian kecil bangunan. Namun tak jarang pula yang melakukan renovasi secara keseluruhan, guna mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal. Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa jika ingin melakukan perombakan secara keseluruhan tentunya biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Itulah mengapa banyak yang melakukan secara bertahap agar bisa renovasi rumah murah, dan tak lupa juga memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pengertian

Kegiatan merenovasi rumah tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda, karena hampir semua orang melakukannya, yaitu perombakan pada bangunan. Entah itu pada sebagian kecil atau justru secara keseluruhan. Setidaknya renovasi sebuah bangunan ini dilakukan ketika rumah tersebut sudah berusia 20 tahun. Sebagaimana yang diketahui bahwa rumah ini akan mulai berkurang kekuatannya seiring dengan bertambahnya usia. Begitu juga dengan tampilannya yang menjadi semakin usang.

Anda sendiri tidak perlu khawatir di dalam proses merenovasi ini, karena faktanya ada banyak jasa renovasi rumah murah yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Lebih praktis tentunya dengan mempercayakan kepada mereka, dibandingkan harus eksekusi sendiri. Apalagi pada orang yang memang masih awam dengan konstruksi. Bisa dikatakan bahwa sebenarnya kegiatan renovasi ini adalah cara untuk memiliki sebuah rumah baru, tanpa harus membangun dari awal, cukup dengan melakukan perbaikan saja.

Manfaat Melakukan Renovasi

Pastinya ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan dengan dilakukannya kegiatan renovasi rumah murah ini, yaitu:

1. Meningkatkan nilai jual

Jika Anda ingin menjual sebuah bangunan, maka tampilannya sangat mempengaruhi harga jualnya di pasaran. Jika rumah dalam kondisi yang tua bahkan terlihat tidak enak dilihat, secara otomatis nilai jualnya juga jadi merosot turun. Sebaliknya ketika bangunan tersebut dalam kondisi seperti baru, otomatis harga jualnya di pasaran juga akan melambung naik. Bahkan meskipun Anda hanya melakukan renovasi teras rumah.

2. Memperindah tampilan rumah

Manfaat lainnya dengan kegiatan renovasi ini adalah untuk memperindah tampilannya. Apalagi jika seandainya perombakan juga dilakukan secara total. Otomatis hunian tersebut akan terlihat jauh lebih estetik dari sebelumnya bukan. Bahkan tak jarang sebenarnya banyak masyarakat yang melakukan renovasi sekedar untuk mengikuti trend properti yang sedang berkembang saat ini.

3. Meningkatkan nilai fungsinya

Adanya renovasi ini juga bisa meningkatkan nilai fungsi sebuah hunian, sebut saja ketika Anda akan menambahkan kamar didalam rumah tersebut. Begitu juga renovasi dengan tambahan renovasi teras rumah, secara otomatis hal ini akan meningkatkan nilai fungsi hunian bukan.

4. Menambah keamanan rumah

Rumah yang sudah tua kondisi bangunannya semakin rapuh, hal tersebut tentunya sangat beresiko membuat rumah jadi mudah ambruk bukan. Apalagi jika seandainya terkena angin kencang dan hujan deras. Dengan adanya renovasi ini pastinya akan membuat hunian tersebut menjadi lebih aman sebagai tempat tinggal Anda dan keluarga.

5. Membuatnya lebih nyaman

Dengan adanya renovasi pastinya akan menjadikan hunian lebih nyaman untuk ditempati. Karena beberapa bagian yang mengalami kerusakan diperbaiki, sebut saja ketika dindingnya berlubang, begitu juga atap yang bocor dan sejenisnya. hal ini tentunya akan membuat kenyamanan Anda berkurang.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merenovasi rumah dengan biaya terbatas

Siapa bilang Anda tidak bisa melakukan renovasi rumah murah, nyatanya dengan budget yang terbatas sekalipun tetap bisa untuk melakukan perombakan atau renovasi, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Desain

Pemilihan desain atau konsep menjadi bagian awal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, karena bagaimanapun semakin rumit desain yang digunakan. Otomatis membuat biaya yang harus dikeluarkan juga jadi semakin mahal. Jika uang Anda terbatas, maka akan lebih baik menggunakan desain yang sederhana saja. Seperti diantaranya adalah rumah minimalis, (Baca: renovasi rumah minimalis) desain ini lebih memakan sedikit biaya.

2. Rencanakan sedini mungkin

Selanjutnya dari segi perencanaan juga harus matang. Tanpa adanya perencanaan yang matang tentunya akan membuat pengeluaran jadi lebih tertata sesuai dengan budget yang Anda miliki. Perencanaan yang matang ini juga akan mempermudah Anda jika seandainya ingin mencari jasa renovasi rumah murah.

3. Material yang digunakan

Tak kalah penting adalah dengan pemilihan material yang tepat. Patut untuk diketahui bahwa besar kecilnya budget yang harus dikeluarkan pada saat merenovasi rumah sangat bergantung akan bahan bangunan yang dipakai. Karena bagaimanapun semakin mahal material yang dipakai, sudah pasti biaya yang harus Anda keluarkan juga jadi semakin mahal. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa semakin bagus material, maka usianya juga semakin panjang. Sehingga kedepannya Anda tidak perlu sering-sering merenovasi rumah tersebut.

4. Jasa pekerja yang digunakan

Sebenarnya ada banyak sekali jasa renovasi rumah murah yang ada di tengah-tengah kita. Namun tentunya bukan hanya pertimbangan dari segi biaya saja, lebih penting adalah kualitasnya juga. Sehingga nantinya Anda sendiri juga tidak akan kecewa dengan hasil yang diberikan. Sebagaimana yang diketahui bahwa ada jasa tukang yang sistemnya borongan dan juga harian. Dari segi kualitas sudah pasti berbeda, begitu juga untuk bayarannya.

Baca juga: Ketahui Biaya Renovasi Dapur Sederhana dan Tips Untuk Anda

Tips melakukan renovasi rumah biaya murah

Bukan hal yang mustahil untuk renovasi rumah murah, namun dengan hasil yang optimal. Asalkan Anda menerapkan beberapa tips berikut ini, yaitu:

1. Renovasi pada beberapa bagian penting saja

Tidak perlu secara keseluruhan, kegiatan renovasi ini bisa Anda lakukan hanya di beberapa bagian penting saja. Seperti renovasi teras rumah ataupun di bagian ruang tamu, hingga renovasi kamar jika memang dibutuhkan. Ini akan menghemat biaya jika dibandingkan Anda melakukan renovasi secara keseluruhan. Kecuali memang dana mumpuni maka bisa dirombak habis-habisan.

2. Bisa menggunakan material bekas

Ingat bahwa tidak semua material bekas memiliki kualitas yang buruk, tinggal Anda saja yang harus pintar-pintar dalam memilih. Sehingga nantinya bisa mendapatkan material dengan harga miring, namun kualitasnya bagus. Apalagi sekarang ini ada banyak orang yang juga menjual material bekas berkualitas bagus, tak ada salahnya untuk dilirik.

3. Membuat skala prioritas

Agar nantinya biaya renovasi rumah murah tidak membengkak kemana-mana. Maka sangat penting untuk menentukan skala prioritas terlebih dahulu. Apa saja yang menjadi kebutuhan atau bagian utama untuk dilakukan renovasi, juga bagian yang tidak terlalu menjadi prioritas. Sehingga nantinya Anda tahu mana yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki terlebih dahulu. Juga bagian mana yang dikesampingkan, karena bisa dikerjakan lain waktu, sehingga lebih hemat pengeluaran.

4. Hitung-hitung rencana pengeluaran Anda

Karena sekarang ini banyak jasa kontraktor atau pemborong yang nakal. Agar terhindar dari hal tersebut Anda sudah harus memiliki rencana pengeluaran, survey harga material, jasa dan sebagainya. Dengan adanya hal ini maka akan terkalkulasikan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan renovasi tersebut.

5. Berhati-hati dalam menggunakan jasa tukang bangunan

Jika ingin lebih hemat sebaiknya tak perlu memakai jasa kontraktor rumah, cukup dengan tukang saja. Karena perbedaan harganya memang cukup signifikan. Namun penting juga bagi Anda untuk selektif memilih tukang tersebut yaitu yang sudah profesional. Jangan asal-asalan memilih, karena banyak jasa tukang yang nakal dan suka mengulur-ngulur waktu pengerjaan. Sehingga Anda harus keluar lebih banyak uang untuk biaya jasa tersebut.

Jasa tukang harian vs borongan

Mungkin banyak diantara Anda yang sudah tidak asing bahwa untuk jasa tukangnya sendiri ada yang harian namun juga ada yang borongan. Lalu manakah sebenarnya yang lebih hemat dan juga lebih baik? Keduanya memiliki plus minus masing-masing. Berikut ini diantaranya yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan, yaitu:

1. Biaya

Jika Anda ingin renovasi rumah murah maka lebih dianjurkan untuk memilih jasa tukang harian. Karena pembayaran dihitung perhari atau lamanya mereka bekerja. Berbeda dengan sistem borongan, sebelumnya sudah ada kesepakatan antara klient dan juga pihak pemborong tersebut. Berapa biaya pembangunan sebuah rumah yang sudah ditentukan modelnya.

2. Hasil Pengerjaan

Tukang dengan sistem borongan umumnya bekerja secara terburu-buru sesuai dengan proyek yang dijalankan tersebut. Hal inilah yang membuat hasil pengerjaannya juga tidak bisa optimal. Tidak seperti ketika Anda menggunakan jasa tukang harian, mereka lebih rapi di dalam pengerjaannya karena tidak dilakukan secara terburu-buru. Mereka memperhatikan setiap detail kecil yang ada, sehingga hasilnya lebih optimal.

3. Efisiensi

Jika Anda menggunakan tukang borongan, maka pekerjaan jadi jauh lebih efisien. Karena nantinya Anda langsung bisa mempercayakan proyek tersebut kepada satu pemborong secara langsung. Mereka sudah memiliki tim sendiri untuk proyek pembangunan rumah tersebut. Tidak seperti ketika menggunakan tukang harian, maka nantinya Anda yang harus lebih selektif dalam memilih. Manakah tenaga yang terpercaya dan juga profesional. Hal ini kerap kali membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga.

4. Pengawasan

Ketika Anda menggunakan tenaga tukang harian maka pekerjaannya harus selalu diawasi. Tidak seperti tenaga borongan, Anda tidak perlu khawatir karena mereka juga kejar target agar nantinya proyek tersebut selesai dan mendapatkan bayaran. Namun tukang harian tidak, tanpa pengawasan tak jarang diantaranya yang bekerja secara santai. Sehingga rumah tersebut lebih lama jadinya, juga keluar biaya lebih besar untuk tenaga tukang. Sehingga tidak bisa renovasi rumah murah, karena pengeluaran yang membengkak.

5. Waktu pengerjaannya

Bahkan dari segi waktu juga tak bisa dipungkiri bahwa sistem borongan jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem harian. Karena sistem harian lebih mengutamakan pada kerapian. Maka hal inilah yang kerap kali membuat pengerjaannya memakan waktu yang lebih lama. Tidak seperti ketika Anda mengandalkan sistem borongan. Karena memang sudah terencana dan mereka kejar proyek yang lainnya, secara otomatis waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan semakin cepat.

Penting bagi Anda untuk membanding-bandingkan terlebih dahulu agar mendapatkan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Renovasi rumah murah bisa menjadi salah satu cara bagi Anda yang ingin berbisnis properti. Yaitu dengan cara membeli rumah tua atau bekas, kemudian melakukan renovasi dan menjualnya kembali. Karena sebenarnya sama halnya dengan tubuh manusia yang semakin lama semakin tua, tampilan berubah, begitu juga dengan kondisi fisiknya. Sehingga bangunan ini harus dilakukan renovasi untuk upgrade tampilan dan juga kekuatannya.

Renovasi, Renovasi Rumah

Tips Melakukan Renovasi Rumah Murah dan Hal yang Harus Diperhatikan

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *