Tips/Cara Untuk Memulai Bisnis Makanan Berikut Ini Tahapannya

Hai sobat roomah.id semua nya ketemu lagi ni bareng admin pada kesempatan kali ini admin akan mengulas artikel Sering melihat artis ibukota memulai bisnis makanan yang hits? Sekarang teman-teman juga dapat memulai bisnis makanan dengan sistem waralaba. Bisnis waralaba makanan merupakan salah satu bisnis kuliner yang saat ini banyak diminati.

Melalui waralaba, teman-teman tidak perlu bingung atau pusing memikirkan konsep produk makanan yang akan dijual, karena semuanya sudah disiapkan oleh pemegang waralaba atau disebut juga franchisor.

Melalui waralaba makanan, teman-teman bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang bermanfaat, termasuk manajemen bisnis yang jelas, merek atau merek yang dikenal masyarakat, peluang sukses yang lebih cepat, dan manajemen keuangan yang lebih mudah.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai waralaba makanan

Sebelum terjun ke bisnis waralaba makanan, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting agar bisnis yang dirintis ini dapat berjalan dengan baik, antara lain:

Pilih produk dengan target pasar yang jelas

Ada banyak waralaba makanan yang bisa anda pilih, mulai dari harga murah, makanan enak, target pasar yang jelas, atau alasan lainnya. Namun, sebelum tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh franchisor, sebaiknya pilih produk dengan target pasar yang jelas.

Meskipun jenis makanan terlihat menjanjikan, tapi lihat lagi, apakah ada orang yang akan membelinya? Apakah produknya disukai orang? Sesuaikan antara harga, rasa, kualitas, dan hal penting lainnya agar bisnis waralaba makanan bisa menguntungkan. Umumnya bisnis waralaba makanan memiliki sistem kontrak yang lebih dari 2 tahun, jadi jangan sampai waktu dan uang Anda terbuang percuma, ya!

Pastikan makanan tidak musiman

Teman-teman masih ingat tren es Milo kepal beberapa waktu lalu? Tren makanan ini dulunya disukai oleh banyak orang, sehingga meningkatkan pendapatan secara instan. Hal musiman ini memang menarik minat semua orang di awal peluncurannya, tetapi kemungkinan besar itu tidak akan bertahan lama.

See also  Cara Untuk Memasukkan Gambar Pada Microsoft Word 2022

Jika Anda ingin memilih waralaba makanan, pastikan itu tidak musiman sehingga bisnis ini dapat bertahan untuk jangka panjang. Untuk memeriksa ini, Anda dapat menggunakan portofolio skala penjualan sebagai referensi.

Jika skala penjualannya stabil dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dibilang kuliner ini memiliki daya beli yang baik. Dengan begitu, teman-teman bisa mempertimbangkan untuk memilih waralaba makanan.

Pilih franchisor yang suportif dan terpercaya

Dari sekian banyak jenis waralaba makanan yang tersedia di pasaran, sebaiknya Anda tidak hanya memilih bisnis yang paling menguntungkan. Lebih dari itu, pilihlah bisnis yang memiliki sistem kerjasama yang saling menguntungkan.

Usahakan juga memilih franchise makanan yang memiliki owner atau franchisor terpercaya dan suportif untuk mendukung kelangsungan bisnis. Franchisor yang suportif biasanya akan memudahkan teman untuk melakukan inovasi, namun tetap sesuai dengan SOP franchise tersebut.

Penelitian tentang merek yang dipilih

Selain memilih produk yang tepat, teman juga perlu menentukan merek yang sesuai. Misalnya, teman-teman telah memutuskan untuk memilih untuk menjual burger, tapi hari ini banyak waralaba makanan yang menjual burger?

Nah, teman-teman perlu membandingkan antara satu waralaba burger dengan waralaba serupa. Lihat bisnis mana yang bisa menguntungkan dan sistem kerjasamanya jelas. Selain itu, cobalah untuk memilih merek yang memiliki reputasi baik dan rekam jejak yang baik. Hindari memilih merek yang memiliki masalah atau kontroversi.

Periksa legalitas

Hal-hal seperti ini tampak aneh, ya, teman? Namun tips ini tidak kalah pentingnya dengan tips sebelumnya. Periksa semua hal yang berkaitan dengan legalitas pemilik waralaba makanan dan produk yang dijualnya.

Lihat dan baca dengan cermat poin-poin Kontrak kerja sama yang akan disetujui teman. Perhatikan baik-baik dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan yang menurut anda cukup timpang atau agak memberatkan.

See also  Akulaku Pinjaman Uang Dan Pencairan Cepat dan Terdaftar di OJK

Mengatur promosi dengan baik

Meskipun ketika menjalankan bisnis waralaba makanan, kita sudah mendapat berbagai hal dari franchisor, termasuk fasilitas promosi, bukan berarti Anda tidak menyusun strategi dengan baik.

Penting bagi teman-teman untuk mengembangkan strategi promosi agar bisnis waralaba makanan yang sedang dijalani semakin diminati oleh banyak orang. Dengan begitu, teman bisa merasakan manfaatnya.

Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, terutama promosi online. Teman-teman dapat menggunakan media sosial, seperti Instagram dan Tiktok untuk membuat konten yang menarik, serta iklan digital untuk membuat target pasar lebih luas.

Sesuaikan dengan budget

Saat memilih waralaba makanan, Teman perlu menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Banyak waralaba makanan yang sudah sangat terkenal dengan omzetnya yang menggiurkan, namun kembali lagi, sobat, waralaba tersebut harus menetapkan harga yang tinggi.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin memilih jenis waralaba seperti itu, tetapi pertimbangkan kembali konsep bisnis, SOP, Sistem kerjasama, kualitas, dan lain sebagainya. Apalagi sekarang teman-teman bisa memanfaatkan kemudahan fasilitas kredit multiguna untuk mendapatkan modal usaha waralaba makanan.

Check Also

Cara Untuk Trading di Indodax Agar Profit 2022

Bagi Anda yang pernah menjelajahi dunia cryptocurrency, nama Indodax pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, PT Indodax adalah perusahaan jual beli aset digital. Seperti yang kita ketahui tentang Indodax serta kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang salah dengan Indodax sebagai salah satu platform trading cryptocurrency paling beragam di Indonesia. Tidak semua orang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.