Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

6 Sink Dapur dan Pemanfaatannya yang jarang diketahui
Dapur, Rumah

6 Sink Dapur dan Pemanfaatannya yang jarang diketahui 

Jika menyebutkan sink dapur, mungkin hanya kalangan tertentu saja yang bisa memahaminya. Namun jika disebut sebagai bak cuci piring, mungkin semua kalangan bisa membayangkan benda yang tepat. Sink merupakan bak cuci piring yang terbuat dari alumunium dan stainless steel tahan karat. Di era modern sekarang, hampir semua orang menggunakan bak sink untuk mencuci piring dan berbagai keperluan memasak serta makan. Penggunaan bak sink memang lebih efektif dan higienis dibandingkan bak keramik, ember atau gerabah. Selain itu karena pembuatannya yang mudah, bak sink bisa Anda dapatkan dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga bisa dipakai untuk berbagai keperluan dengan tepat.

Anda pemilik restoran, cafe, hotel hingga rumah tangga, bisa memiliki sink dapur yang tepat dengan memilihnya dari berbagai model yang ada di pasaran. Sink dengan bahan alumunium yang memiliki ukuran lebih tipis dibandingkan sink stainless, lebih umum dipakai di kebutuhan rumah tangga dengan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan sink stainless lebih banyak digunakan untuk kebutuhan komersil seperti restoran, cafe ataupun hotel yang membutuhkan kualitas serta mutu. Harga sink stainless cukup mahal karena memang awet dan kuat untuk menampung banyak perlengkapan makan sekaligus. Sink stainless memiliki ukuran yang lebih beragam karena kebutuhan di bidang komersil yang juga beragam.

Selain bak, sink dapur juga ada yang didesain dengan penirisnya atau tempat mengeringkan piring dan perkakas memasak. Tempat tirisan ini juga ada macam-macam seperti jaring atau ruji-ruji, bagian samping yang landai, atau berbentuk rak dapur di bagian atas sink. Kelebihan ini menjadikan sink sebagai pilihan serbaguna sekaligus hemat tempat sehingga cocok untuk rumah-rumah modern yang menerapkan tema minimalis. Karena terbuat dari alumunium dan stainless, bak sink memiliki warna chrome mengkilap maupun buram yang tetap mewah. Dipadukan dengan kran stainless angsa, Anda akan memiliki dapur yang bersih dan lebih rapi.

Model Sink dapur yang ada di pasaran

Penasaran dengan apa saja model sink dapur yang ada di pasaran? Berikut ini adalah beberapa contohnya baik yang berbahan alumunium maupun stainless.

1. Single sink

sink dapur single

Merupakan sink tunggal atau satu dengan bentuk kotak persegi atau persegi panjang. Ada juga single sink dengan bentuk dalam sedikit oval dan bentuk luar yang persegi. Bak satuan ini biasanya dipakai untuk kebutuhan rumah tangga dimana pemiliknya sudah memiliki tempat pengering piring dan perkakas dapur terpisah. Single sink merupakan jenis bak cuci piring yang paling ekonomis.

2. Double sink

sink dapur double sink

Sink dapur jenis ini merupakan yang paling banyak dimiliki oleh kalangan rumah tangga hingga restoran. Memiliki dua buah bak dengan ukuran yang sama. Umumnya satu bak digunakan untuk mencuci dengan sabun dan bak yang lain dipakai untuk membilasnya. Menggunakan dua bak akan membuat pekerjaan Anda lebih cepat karena Anda bisa mencuci banyak perkakas sekaligus. Double sink dibedakan juga menjadi berukuran tunggal di bagian tengah yang bisa diputar untuk dipakai bergantian, atau bak sink dengan dua lubang kran di masing baknya. Sink double ada yang memiliki ukuran bak sama, ada juga yang memiliki ukuran bak berbeda besar dan kecil.

3. Satu bak dengan pengering

sink dapur single with filter

Model ini juga menjadi idola di kalangan rumah tangga. Anda yang tak memiliki rak pengering piring bisa memilihnya untuk sink dapur serbaguna. Memiliki satu bak dan di sampingnya sudah terdapat papan pengering yang landai. Setelah mencuci, Anda bisa langsung meletakkan piring dan perkakas makan lain di bagian samping sink hingga kering dengan sendirinya. Sink dengan pengering ini memiliki panjang yang ideal untuk ukuran rumah tangga.

4. Sink double dengan pengering

double sing dengan pengering

Sink dengan pengering juga bisa Anda dapatkan pada model sink double. Letak pengering ada di bagian tengah namun umumnya tidak terlalu besar. Jenis ini memiliki dua buah lubang kran. Bagian tengah atau pengering juga bisa Anda gunakan untuk mengeringkan buah atau sayur yang telah dicuci karena bentuknya seperti wadah menjorok ke bawah dengan lubang-lubang air kecil. Sink double dengan pengering model lainnya adalah dengan pengering di bagian ujung. Luas pengering cukup besar namun bak kedua yang berada di bagian tengah lebih kecil dibandingkan dengan bak pertama. Memiliki kran tunggal untuk kedua bak yang berhimpitan tersebut.

5. Sink meja dapur

sink dapur meja dapur

Sink dapur model ini cukup unik karena digabungkan dengan fungsi penyimpanan piring sekaligus. Model sink umumnya adalah dua bak kemudian di bagian bawahnya langsung terhubung dengan lemari piring dengan tutup lemari. Dari luar sink akan terlihat sebagai bagian dari sebuah lemari dapur. Model ini juga yang sering dipakai untuk membuat kitchen set. Dengan model ini, Anda memanfaatkan area di bawah bak sink yang umumnya tidak banyak digunakan selain untuk tempat sampah.

6. Sink mobile

sink dapur mobile

Pernahkah Anda melihat sink dapur yang diaplikasikan dengan rangka baja ringan ataupun stainless sehingga bisa dipindahkan dengan mudah? Bagi mereka yang enggan membuat pondasi permanen untuk meletakkan bak sink, maka cara ini merupakan solusi yang tepat. Sink dengan rangka memiliki sifat semi permanen sehingga bisa dilepas dan dipindahkan. Model ini banyak dipakai di cafe atau warung pinggir jalan serta rumah-rumah.

Dengan pemilihan model sink dapur yang tepat, rumah Anda akan tampak lebih rapi dan nyaman khususnya di bagian dapur. Namun sink tidak lengkap tanpa komponen lainnya yaitu penyaring saluran buangan air agar saluran buangan Anda tidak tersumbat. Jangan khawatir karena pada umumnya saat membeli sink baru Anda akan langsung mendapatkan penyaring air tersebut. namun jika tidak, Anda juga bisa membelinya di toko perlengkapan rumah.

Selain penyaring air, kran juga merupakan komponen yang penting untuk bak cuci piring bisa dipakai dengan baik. Pilihlah kran angsa yang dapat mengurangi laju aliran air sehingga ketika digunakan, air tidak menyembur kemana-mana. Sama seperti bak sink, kran air juga memiliki banyak model yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera atau kebutuhan. Namun pastikan pilihan kran dapat dipakai dengan mudah untuk bak sink yang akan Anda gunakan.

Kesimpulan

Sudah menetapkan pilihan untuk memilih sink dapur yang mana? Jika sudah, Anda bisa mencarinya di toko perlengkapan rumah hingga ke toko bangunan. Harga bak sink sangat beragam sesuai dengan material, ukuran dan merknya. Semakin besar akan semakin mahal apalagi untuk bahan stainless yang bisa mencapai jutaan rupiah. Setelah membeli bak sink, jangan lupa membeli kran serta material lain untuk membuat penyangga bak sink seperti batu bata, semen dan keramik. Anda juga bisa membuat bak sink portable dengan memakai baja ringan atau rangka stainless sehingga bak cuci piring Anda bisa dipindahkan jika memang dibutuhkan. Untuk kebersihannya, jangan lupa menggelap dan menggosok bak sink dengan sabun agar tak ada sisa makanan yang menempel dan menyebabkan lumut apalagi kuman penyakit.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *