Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Syarat dan Cara Mudah Sewa Rusun di DKI Jakarta
Jenis Bangunan, Rusun

Syarat dan Cara Mudah Sewa Rusun di DKI Jakarta 

Hidup di ibu kota yang segalanya serba mahal dan terbatas memang mewajibkan kita untuk lebih bisa beradaptasi secara cepat. Salah satu contohnya adalah masalah tempat tinggal atau rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa lahan di daerah perkotaan setiap hari atau bahkan bisa dikatakan setiap tahun akan selalu berkurang. Padahal jumlah penduduk yang datang ke kota seperti misalnya di daerah Jakarta mengalami pertumbuhan atau penambahan yang tidak sedikit. Kondisi seperti inilah yang berdampak pada harga lahan yang semakin mahal. Oleh karenanya mereka yang tinggal di kota dan tidak membangun rumah atau memiliki tempat tinggal memilih untuk sewa rusun.

Mengenal Apa Itu Rusun/Rusunawa

Di Jakarta memang ada banyak sekali pilihan dan alternative yang tepat untuk bisa dijadikan sebagai tempat tinggal. Apalagi jika Anda misalnya kebetulan adalah orang asli Jakarta atau domisili asli Jakarta. Ada banyak pilihan tempat tinggal seperti rumah kos, kontrak atau bisa juga tinggal di rumah petak. Dan pilihan hunian lain yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif tempat tinggal selanjutnya adalah rusun atau rumah susun sederhana sewa. Pemerintah DKI Jakarta sendiri saat ini telah membangun dan juga memiliki serta mengelola beberapa jumlah rusunawa. Dan untuk lokasinya sendiri bisa dikatakan sangat strategis seperti contohnya adalah di KS Tubun.

Lalu apa itu sebenarnya rusunawa Rusunawa adalah salah satu jenis bangunan bertingkat yang biasanya dibangun oleh pemerintah. Biasanya terletak dalam satu lingkungan tempat hunian dan disewakan kepada mereka para keluarga tidak mampu dengan sistem pembayaran setiap bulan. Rusunawa adalah salah satu jenis hunian yang biasa digunakan secara terpisah dan memiliki status penguasaannya sewa. Sampai disini sudah jelas bukan bagaimana gambaran rusunawa? Jadi masyarakat yang mungkin berasal dari keluarga tidak mampu dan menginginkan memiliki tempat tinggal dengan biaya yang bisa dibayar setiap bulan maka sewa rusun adalah langkah yang paling tepat.

Jenis Rusun di Indonesia

Yang namanya rusun di Indonesia itu ada banyak sekali jenisnya. Dan untuk proses sewa rusun juga biasanya tergantung dari jenis rusun yang akan dipilih sebagai tempat tinggal. Rusun biasanya merupakan salah satu bangunan yang biasanya bisa dimiliki dan biasanya digunakan secara terpisah terutama untuk beberapa jenis hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama sampai dengan tanah bersama. Dan sebagai informasi bahwa sistem kepemilikan rusun di Indonesia itu ada dua jenisnya yakni bisa kepemilikan secara pribadi atau bisa juga kepemilikan secara bersama. Dan di bawah ini adalah beberapa jenis rusun yang ada di Indonesia:

Rusun umum

Merupakan salah satu jenis rusun yang biasanya dibangun untuk diperuntukkan kepada mereka yakni masyarakat yang memiliki penghasilan rendah (MBR). Karena dinilai memiliki penghasilan yang rendah tersebut maka pihaknya pemerintah memberikan keringanan dengan cara membuat tempat tinggal atau hunian jenis rusun umum yang diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki tingkat daya beli rendah. Seperti misalnya adalah mereka para penyapu jalanan, pemulung dan lain-lain.

Rusun Khusus

Untuk rusun khusus ini jika dilihat dari namanya merupakan salah satu jenis hunian yang biasanya dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus. Seperti misalnya yakni digunakan untuk mereka para masyarakat yang terkena dampak suatu bencana yang menyebabkan kehilangan tempat tinggal. Atau bisa juga rusun khusus ini terdapat di daerah perbatasan dan juga bisa di pondok pesantren misalnya.

Rusun Komersil

Rusun komersil atau juga bisa disebut sebagai apartemen. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa dalam UU menyebutkan bahwa apartemen juga masuk dalam kategori rumah susun. Akan tetapi yang menjadi pembeda adalah bahwa rusun dibangun dan kemudian dijual kepada konsumen dan biasanya untuk target penjualan mereka adalah masyarakat golongan ekonomi kelas menengah ke atas. Dan oleh karena itu, untuk bisa sewa apartemen bulanan pemerintah tidak memberikan bantuan dan juga kemudahan kepada masyarakat karena secara keseluruhan murni dari pembayaran pribadi.

Rusunawa

Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa rusunawa adalah rumah susun sewa. Rusunawa biasanya dibangun bagi masyarakat yang ingin memiliki tempat tinggal dan biasanya banyak di temukan di beberapa kota besar yang ada di Indonesia seperti misalnya adalah DKI Jakarta. Dan untuk proses sewa rusun ini biasanya ada beberapa syarat dan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi guna untuk proses pengisian data penghuni rusunawa tersebut.

Syarat yang harus dipenuhi

Di atas adalah beberapa perbedaan dan penjelasan rusun yang ada di Indonesia. Dan apabila kebetulan saat ini Anda tinggal di wilayah DKI Jakarta dan belum memiliki hunian maka salah satu jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan cara sewa rusun. Bila memang Anda tertarik berikut ini adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi apabila ingin menyewa rusun yang ada di DKI Jakarta:

  • Syarat pertama adalah semua warga negara Indonesia (WNI) yang terdiri dari para pekerja atau buruh, TNI/Polri atau juga bisa PNS yang termasuk dalam golongan masyarakat berpenghasilan rendah serta belum memiliki tempa tinggal menetap di wilayah DKI Jakarta. Dan selain itu juga bisa mereka yang masih menyandang status sebagai mahasiswa atau juga bisa pelajar.
  • Kedua adalah harus menyertakan surat permohonan dan pernyataan serta kependudukan. Dan jangan lupa untuk mengisi data kependudukan dengan baik dan benar serta tidak melakukan pemalsuan data. Selain itu para penyewa juga harus menyertakan surat keterangan sudah memiliki pekerjaan atau belum. Dan tidak lupa juga menyertakan slip gaji. Siapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan siapkan Kartu Keluarga (KK) kalau memang sudah ada serta fotokopi buku nikah bila sudah menikah.
  • Selain beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti di atas, maka hal lain atau syarat lain yang perlu dan sangat penting untuk diperhatikan adalah bagi masyarakat yang ingin menyewa rusun di lokasi yang cukup strategis misalnya seperti di KS Tubun dan Rusun Rawabuaya maka harus memiliki penghasilan antara 4-7 juta. Dan jangan lupa dilengkapi juga dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kesimpulan

Dari beberapa keterangan yang sudah disebutkan di atas mengenai apa itu rusun, jenis rusun yang ada di Indonesia dan juga syarat yang harus dipenuhi supaya bisa sewa rusun di DKI Jakarta nantinya bisa Anda jadikan sebagai gambaran bila suatu saat Anda kebetulan datang ke Jakarta dan ingin mendapatkan atau hunian di rusunawa. Meski pada kenyataannya memang banyak masyarakat yang menilai bahwa tinggal di rusunawa memiliki banyak kekurangan tetapi ini bisa jadi sebuah alternative yang tepat sampai Anda bisa mendapatkan tempat tinggal menetap.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *