Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Rekomendasi dan Informasi Lengkap Seputar Sambungan Pipa
Bahan Bangunan, Pipa

Rekomendasi dan Informasi Lengkap Seputar Sambungan Pipa 

Pipa merupakan salah satu alat yang sangat erat kaitannya dengan kebutuhan pengairan di rumah. Jadi tidak heran apabila saat ini sudah banyak sekali pabrik yang membuat berbagai macam jenis pipa dan juga fungsinya yang sangat berbeda-beda. Saat ini pipa sendiri sudah hadir dalam berbagai kualitas material dan ukuran yang berbeda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Biasanya seperti yang kita tahu pipa memiliki bentuk panjang dan lurus. Akan tetapi karena kebutuhan manusia yang sangat banyak dan kompleks, membuat manusia tidak hanya butuh pipa yang lurus saja, maka dari itu, kemudian muncul yang namanya sambungan pipa atau disebut juga fitting.

Pengertian dan informasi lengkap

Dimulai dari istilah apa itu fitting? Jadi fitting dalam kehidupan sehari-hari merupakan bagian terpenting dalam sebuah pemasangan pipa. Memiliki fungsi yang cukup penting yakni digunakan sebagai alat untuk menyambung bagian yang ada pada pipa atau antar pipa yang satu dengan yang lain sehingga kemudian pipa tersebut bisa bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.

Saat proses pemasangan pipa sendiri memang tidak selamanya lurus, terkadang ada yang belok-belok atau berlekuk-lekuk. Maka dari itu, bila sudah ada fitting pipa manusia tidak perlu bingung lagi dengan pemasangan pipa yang tidak lurus. Dan informasi tambahan lainnya adalah fitting juga merupakan salah satu jenis atau merupakan bagian akhir dalam proses pemasangan pipa atau sering disebut dengan istilah outlet fitting.

Jenis dan manfaatnya

Saat ini di toko yang menjual berbagai macam barang-barang yang dibutuhkan dalam dunia pembangunan rumah salah satunya adalah pipa, kita bisa dengan mudah menemukan banyak sambungan pipa dengan jenis dan ukuran yang sangat berbeda sesuai dengan manfaat dan fungsinya masing-masing. Dengan begitu nantinya manusia bisa memilih fitting mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di bawah ini adalah informasi lengkap seputar jenis dan manfaat fitting yang biasa dijual di toko yang menjual pipa atau juga bisa toko bangunan:

Elbow

Jenis fitting satu ini biasa dikenal dengan istilah els. Memiliki fungsi yang sangat penting yakni bentuknya yang seperti siku yang juga bisa digerakkan ke arah lain. Dan kita pasti juga sudah banyak yang tahu dan paham bahwa yang namanya proses pemasangan pipa pastinya tidak asing dengan pipa yang bisa berubah arah. Dan salah satu jenis pipa yang digunakan untuk kebutuhan tersebut adalah fitting elbow. Jenis ini memiliki ukuran yang sangat bervariatif yakni mulai dari yang memiliki ukuran besar 45 dan juga 90 derajat. Namun dalam toko yang menjual fitting jenis elbow ini bisa ditemukan dengan berbagai macam jenis ukuran yang bervariatif. Dan cara menggunakannya biasanya menggunakan lem atau juga bisa dengan cara ulir.

Tee Y

Merupakan salah satu jenis fitting pipa yang biasa digunakan untuk menyambungkan jalur pipa menuju ke satu arah saja. Atau dengan kata lain merupakan fitting yang menghubungkan beberapa pipa menuju muara pipa. Fitting Tee maupun Y ini merupakan salah satu jenis pipa yang hadir dalam bentuk satu input dan dilengkapi dengan dua output. Atau bisa juga kebalikannya yakni dua input satu output. Dari kedua jenis fitting tersebut memiliki ukuran yakni 45 dan 90 derajat. Dan perbedaan dari kedua fitting tersebut terletak pada bagian besar sudut dan juga teksturnya. Selain dari kedua jenis seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis yang lain adalah seperti cross. Dan jenis cross ini memiliki input dan output yang lebih banyak. Biasanya jenis ini memiliki satu input sedangkan untuk bagian outputnya ada 3 atau bisa juga kebalikannya dan memiliki besaran sudut persilangan 90 derajat.

Coupling dan union

Merupakan salah satu jenis fitting yang cukup bervariatif. Memiliki beberapa jenis ukuran yang berbeda yang kemudian bisa disesuaikan dengan bagaimana model pemasangan pipa yang digunakan. Fitting ini memiliki fungsi yakni digunakan sebagai koneksi antara dua pipa. Dan dari sinilah kemudian muncul istilah coupling. Modelnya di desain dengan bentuk yang pendek. Perbedaannya dengan union adalah untuk pemasangan fitting jenis coupling biasanya dilakukan dengan cara semi permanen yang untuk proses penyambungannya dengan cara di las. Atau bisa juga dengan cara di mur. Sedangkan untuk yang jenis union bisa bentuknya sengaja dibuat mudah pada bagian koneksinya.

Di atas adalah beberapa jenis bentuk sambungan pipa yang biasa ada dan dijual di toko bangunan. Akan tetapi sebenarnya selain dari ketiga jenis di atas, tentu masih ada banyak sekali jenis fitting yang bisa dijadikan sebagai pilihan dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan. Kita juga tahu bahwa yang namanya bangunan sudah pasti banyak memiliki sambungan-sambungan air. Apalagi bangunan tersebut memiliki ukuran yang cukup besar. Pasti ada banyak sekali jenis sambungan air sehingga air bisa dengan mudah digunakan dalam satu bangunan tersebut.

Saat proses penyambungan pipa terbagi menjadi beberapa jenis yakni seperti bagian penyambungan yang memang permanen dan tidak bisa dibuka lagi atau bisa juga sambungan tersebut bisa dibuka sewaktu-waktu saat adanya proses perbaikan. Jadi dengan begitu, nantinya dalam memilih sambungan pipa bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bila suatu saat ada proses perbaikan tidak mengalami hal yang rumit.

Baca juga: Mengenal Pipa PVC: Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya

Cara menyambungkan

Secara garis besar dalam proses penyambungan pipa memang terbagi dalam 2 jenis. Dan dari keduanya adalah dengan cara welded component dan Threaded component. Untuk yang jenis welded component merupakan salah satu jenis fitting yang disambung pada bagian pipa dengan cara di las. Dengan begitu sambungan jenis ini akan bersifat permanen dan tidak bisa dibuka. Fitting jenis ini kebanyakan digunakan di main line pipe. Fitting jenis welded ini kemudian juga terbagi lagi menjadi 2 jenis yakni but welded component dan socket welded component.

Sambungan pipa selanjutnya adalah threaded component. Merupakan cara penyambungan fitting yang dilakukan dengan cara menggunakan ulir. Dengan begitu nantinya sambungan tersebut bisa dengan mudah dibuka kembali atau suatu saat bisa dilepas apabila ada perbaikan. Biasanya jenis threaded component ini banyak digunakan untuk pipa mesin, pipa yang ada pada perhotelan dan juga bisa compressor.

Dengan pengertian dan penjelasan seperti di atas, nantinya akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk mencari dan menemukan sambungan pipa mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk memilihnya sendiri juga tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Hal ini karena ada banyak sekali jenis dan merek fitting yang dijual di pasaran atau toko bangunan. Jadi Anda cari tahu informasi produk fitting di internet yang kemudian bisa Anda lakukan perbandingan. Mulai dari harga sampai dengan kegunaannya. Dan jangan lupa untuk memilih fitting yang memiliki bentuk fisik sedikit tebal sehingga tidak mudah patah. Dan salah satu jenis fitting yang biasa digunakan dalam perumahan adalah jenis pipa PVC dan Tee.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *