Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Informasi Tentang Rusun Daan Mogot yang Berkonsep Green and Clean
Jenis Bangunan, Rusun

Informasi Tentang Rusun Daan Mogot yang Berkonsep Green and Clean 

Rusun menjadi salah satu bentuk hunian yang cukup populer di daerah kota besar. Karena memang kebanyakan diantara masyarakat kelas menengah ke bawah tinggal di bangunan yang satu ini dibandingkan dengan rumah biasa. Alasannya sendiri tak lain karena mahalnya harga rumah disana. Sehingga membuat mereka mau tidak mau mencari alternatif tempat tinggal yang lebih terjangkau. Seperti diantaranya adalah rusun. Rusun ini sendiri juga ada yang merupakan bangunan dari pemerintah, namun juga ada yang dibangun oleh pihak pemerintah atau Pemprov, salah satu diantaranya adalah Rusun Daan Mogot yang ada di Jakarta Barat.

Mengenal rumah susun Daan Mogot dan sejarahnya

Bangunan yang satu ini merupakan rancangan yang diwujudkan oleh Pemprov DKI Jakarta kala itu, guna memberikan tempat tinggal yang layak kepada masyarakat ekonomi bawah. Termasuk diantaranya adalah untuk menertibkan masyarakat yang tinggal di kawasan yang tidak seharusnya. Sebut saja diantaranya adalah mereka yang tinggal dibantaran sungai. Tempat yang seharusnya justru bersih sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya banjir ketika hujan tiba, air hujan nantinya secara sempurna akan mengalir melewati sungai.

Pembangunan rusun yang satu ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Namun memang dari tahun ke tahun jika dilihat bangunannya selalu dilakukan renovasi. Termasuk ketika masa pemerintahan Ahok juga ikut membuat tower tambahan yang dapat digunakan dalam menampung penghuni rusun yang semakin lama jumlahnya semakin banyak. Sehingga kemudian 7 tower tambahan dibangun pada rusun yang memiliki 20 lantai tersebut. Membuatnya menjadi salah satu rusun yang paling besar di kawasan Jakarta Barat.

Bangunan rusun ini memiliki bentuk berjajaran antara satu tower dengan tower yang lainnya. Bahkan Rusun Daan Mogot menjadi salah satu percontohan rusun yang menerapkan konsep green and clean. Karena memang tak hanya fungsi utamanya saja, melainkan keindahan di sekitar rusun juga terlihat dengan banyaknya pepohonan. Ditambah lagi penghuni rusun ini juga mengutamakan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan juga rajin di dalam membersihkan rusun ini.

Alamat rumah susun Daan Mogot

Untuk bisa sampai ke kawasan rusun ini juga merupakan hal yang sangat mudah. Mengingat lokasinya yang strategis dan tentunya mudah untuk dijangkau. Ia berada di Jalan Daan Mogot Rt.3/RW.14, Duri Kosambi, Kota Jakarta Barat. Jadi tidak sulit juga jika seandainya ingin datang kesini dengan mengandalkan kendaraan pribadi. Ukurannya yang besar dan berjejeran membuatnya mudah untuk dikenali. Namun bagi Anda yang datang dengan menggunakan sarana transportasi umum juga tidak perlu khawatir. Mengingat banyak sekali public transportasi yang juga melewati kawasan rusun ini. Baik itu naik angkutan dalam kota maupun juga dengan mengandalkan angkutan online.

Fungsi Rusun Daan Mogot

Pembangunan dari rumah susun yang satu ini pastinya juga bukan tanpa tujuan, melainkan sudah pasti ada fungsi khusus yang dimilikinya, berikut ini diantaranya, yaitu:

1. Digunakan sebagai hunian

Fungsi yang paling utama tentunya rusun ini akan dipakai sebagai tempat tinggal oleh masyarakat. Karena pembangunan dilakukan oleh Pemprov DKI langsung. Memang target utama mereka adalah untuk membuat bangunan yang dapat di tinggali masyarakat kelas ekonomi kebawah. Khususnya adalah mereka yang sebelumnya tinggal di kawasan yang tidak semestinya. Maka nantinya dapat beralih menempati rusun yang satu ini. apalagi jika berbicara mengenai tarif sewanya juga murah, karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

2. Rusun percontohan yang menerapkan konsep green and clean

Satu hal yang patut diketahui terkait dengan Rusun Daan Mogot ini yaitu ia merupakan rumah susun yang dijadikan sebagai percontohan. Karena memang menerapkan konsep green and clean yang membiasakan penghuninya disiplin di dalam menjaga kebersihan dan juga lingkungan agar tetap hijau. Tak semua rusun yang ada di Jakarta nyatanya memang menerapkan konsep tersebut kepada bangunan mereka.

3. Guna menertibkan bangunan liar

Rusun ini adalah solusi dari pemerintah terhadap pemilik bangunan liar yang ada di Jakarta. Khususnya yang tinggal di perkampungan kumuh, bantaran sungai dan lain sebagainya. Karena selain mempengaruhi keindahan, sebenarnya bangunan liar semacam ini juga memiliki dampak yang cukup besar terhadap kesehatan kota Jakarta. Termasuk diantaranya adalah bencana alam yang mungkin saja bisa terjadi layaknya banjir yang memang selalu menghampiri ibukota setiap setahun sekali.

4. Mengatasi tergesernya lahan

Mengatasi tergesernya lahan karena tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, alasan mengapa Rusun Daan Mogot selalu direnovasi, termasuk diantaranya adalah dengan membuat bangunan tambahan lain, tak lain karena memang jumlah masyarakat yang ada di Jakarta semakin lama jadi semakin banyak. Khususnya adalah pendatang. Hal inilah yang kemudian membuat banyak lahan di kota besar beralih fungsi menjadi perumahan. Semakin mengurangi lahan hijau yang ada. Sehingga pemerintah kemudian menambah pembangunan tower rusun, dengan tujuan nantinya akan lebih banyak yang tinggal disana, guna menghemat lahan agar tidak semakin padat.

Daya tariknya

Tentunya jika berbicara mengenai daya tarik atau keunggulan dari rusun ini begitu banyak, sehingga membuat banyak juga masyarakat atau penduduk Jakarta yang tinggal disini, diantaranya adalah:

  1. Konsep green and clean, jangan salah karena meskipun hanya sebuah rusun, namun ternyata ia jauh dari kata kumuh. Karena penghuni dari rusun ini juga harus mengikuti protokol atau aturan yang ada, terkait dengan konsep green and clean pada hunian tersebut, sehingga membuat rumah susun ini juga senantiasa terlihat asri dan bersih, jadi akan selalu nyaman dengan tinggal disini.
  2. Fasilitas yang memadai, rusun tersebut juga ditunjang dengan keberadaan fasilitas yang cukup memadai bagi penghuninya, dimana setiap ruangan disertai dengan kamar dan juga ruang keluarga, ditambah dengan fasilitas umum yang juga disediakan disini. Sehingga nantinya penghuninya sendiri juga tidak perlu khawatir mengenai kenyamanan saat tinggal disini. Bahkan untuk menikmati fasilitas-fasilitas umum penunjang yang lainnya juga tak begitu jauh dari rusun.
  3. Tarif jauh lebih murah, dari segi harga sewa bulanan di rusun ini terbilang sangat murah, apalagi bangunan ini memang sengaja dibuat oleh pemprov DKI untuk masyarakat ekonomi bawah, sehingga bisa mendapatkan hunian yang layak. Sehingga tak heran juga jika seandainya biaya sewa yang dipungut juga cukup terjangkau. Karena sebagian diantaranya sudah mendapatkan subsidi yang berasal dari pemerintah, sehingga penghuninya sendiri hanya cukup membayar berapa persen saja untuk tinggal disini.

Dengan beragam kelebihan atau daya tarik yang ditawarkan tersebut, tak heran jika seandainya tiap tahun juga ada semakin banyak penghuni Rusun Daan Mogot ini. Tinggal di rumah susun ini memang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik bagi masyarakat dengan penghasilan kecil, apalagi di kota besar yang tetap menginginkan hidup secara layak dan nyaman.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *