Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Beragam Ciri Rumah Sehat dari Kemenkes yang Harus Diperhatikan
Jenis Bangunan, Tipe rumah

Beragam Ciri Rumah Sehat dari Kemenkes yang Harus Diperhatikan 

Rumah merupakan tempat tinggal yang digunakan untuk keluarga atau pribadi. Dimana rumah sekarang ini mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih seperti rumah di daerah perumahan atau komplek dan juga ada rumah di gedung. Ketika memilih rumah sendiri ada banyak pertimbangan yang bisa Anda perhatikan sehingga nantinya mendapatkan rumah terbaik. Seperti misalnya dari memilih rumah dengan desain, luas, hingga lingkungan yang sesuai dengan keinginan. Setelah mendapatkan rumah idaman, Anda tentunya harus merawat rumah tersebut sehingga layak huni. Dimana salah satu rumah yang layak untuk dihuni dan nyaman untuk di tinggali adalah rumah sehat. Untuk menentukan rumah yang Anda tinggali termasuk rumah yang sehat sendiri bisa menggunakan diukur salah satunya dari Keputusan Menteri Kesehatan RI tahun 1999 yang mengeluarkan syarat untuk rumah dapat disebut sebagai rumah yang sehat. Adapun kriteria yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

Menggunakan bahan bangunan yang aman

Kriteria pertama yang dapat menentukan rumah tempat tinggal dapat layak huni dan bisa disebut sebagai rumah yang sehat adalah bisa ditentukan dari bahan bangunan yang dipunyai. Biasanya ketika akan membeli rumah Anda penting juga untuk memperhatikan material bangunan sehingga akan mendapatkan rumah yang tahan lama. Selain dari ketahanan, hal lainnya yang diperhatikan adalah dari keamanan bahan tersebut. Dimana untuk kriteria bahan bangunan yang sehat adalah yang tidak menggunakan zat berbahaya dan melebihi dari batas yang telah ditentukan.

Komponen dan penataan rumah

Hal selanjutnya yang merupakan kriteria dari rumah yang sehat menurut Kemenkes adalah dari komponen dan penataan ruang rumah. Hal ini terbagi dari banyak hal seperti misalnya dari lantai rumah tersebut haruslah yang kedap air dan juga mudah untuk dibersihkan. Selanjutnya dinding rumah mudah untuk dibersihkan, mempunyai ventilasi udara yang baik, dan juga kedap air untuk dinding di kamar mandi. Selain itu bagian dapur rumah juga perlu ventilasi untuk pembuangan asap, mempunyai bumbung rumah dengan tinggi 10 meter atau lebih, dan juga mempunyai penangkal petir.

Pencahayaan yang baik

Hal selanjutnya yang bisa Anda perhatikan agar rumah Anda termasuk kriteria rumah sehat dari Kemenkes adalah dengan mempunyai pencahayaan yang baik. Setiap rumah tentu saja membutuhkan pencahayaan sehingga bisa mempunyai cahaya yang masuk. Dimana apabila rumah gelap dan tidak mempunyai pencahayaan yang memadai, hal tersebut juga akan membuat kerugian seperti udara yang lembab. Oleh karena itulah pastikan rumah mempunyai pencahayaan yang baik yaitu yang dapat untuk menerangi seluruh ruangan. Pencahayaan rumah ini misalnya dapat dari lampu pada malam hari. Sedangkan untuk siang hari bisa didapatkan dari jendela rumah, genteng kaca yang dipasang, dan juga dari ventilasi udara yang dipasang untuk pencahayaan alami rumah.

Kualitas udara yang baik

Hal selanjutnya yang membuat rumah menjadi rumah yang sehat adalah dari kualitas udara yang baik. Dimana untuk kualitas udara rumah harus memenuhi ketentuan yang telah ditentukan. Hal tersebut membuat udara di rumah sehat bagi keluarga yang tinggal di dalamnya. Dimana untuk suhu udara di rumah yang bagus adalah mulai dari 18 hingga 30 derajat Celcius. Sedangkan untuk kelembaban udaranya adalah 40 hingga 70 persen. Mempunyai konsentrasi gas SO2 tidak lebih dari 0,10 ppm per 24 jam, mempunyai konsentrasi gas CO tidak lebih dari 100 ppm per 8 jam, mempunyai pertukaran udara yang baik, dan mempunyai konsentrasi gas formaldehid tidak lebih dari 120 mg per m3.

Ventilasi yang baik

Hal lainnya yang merupakan tolak ukur untuk rumah dapat disebut sebagai rumah yang sehat dari Kemenkes adalah rumah yang mempunyai ventilasi yang baik. Dimana ventilasi di dalam rumah sebaiknya 20 persen dari luas lantai rumah. Sehingga hal tersebut akan membuat rumah mempunyai udara yang baik juga untuk keluarga karena mempunyai ventilasi udara yang baik. Ventilasi rumah sendiri biasanya bisa didapatkan dari jendela ataupun sela-sela yang ada di bagian pintu atau jendela.

Binatang penular penyakit di rumah

Hal lainnya yang membuat rumah dapat disebut sebagai rumah sehat juga bisa diukur dari binatang penular penyakit yang ada di rumah. Apabila rumah mempunyai binatang penular penyakit seperti tikus yang masih sering dijumpai dan mempunyai jumlah yang banyak, maka hal tersebut membuat rumah yang Anda tinggali tidak bisa disebut sebagai rumah yang sehat. Hal tersebut karena binatang seperti tikus dapat untuk menularkan penyakit dan juga merupakan tanda bahwa rumah mempunyai kebersihan yang tidak terjaga. Sehingga hal tersebut membuat tikus masih bisa dijumpai di rumah.

Air yang memadai

Rumah yang sehat selanjutnya menurut Kemenkes juga dapat diukur dari air yang memadai. Air merupakan salah satu fasilitas yang bisa didapatkan dan mempunyai banyak kegunaan bagi anggota keluarga. Oleh karena itulah rumah yang sehat tentunya yang mempunyai air yang melimpah dan tidak mempunyai masalah untuk mendapatkan air. Rumah yang sehat adalah yang tersedia air 60 liter perhari untuk satu orang di dalam rumah dan mempunyai kualitas air bersih yang sesuai sehingga bisa dimanfaatkan untuk keluarga.

Sarana penyimpanan makanan

Hal selanjutnya yang dapat menjadi kriteria rumah disebut sebagai rumah yang sehat adalah apabila mempunyai sarana penyimpanan makanan yang aman. Pada jaman dahulu misalnya banyak orang yang mempunyai lumbung sehingga dapat menjadi tempat penyimpanan bahan makanan yang aman. Akan tetapi untuk rumah modern sekarang ini menyimpan berbagai bahan makanan di kulkas sehingga dapat lebih awet.

Saluran limbah

Hal selanjutnya yang menjadi kriteria rumah sehat menurut Kemenkes adalah saluran limbah yang dipunyai. Untuk rumah yang sehat mempunyai pembuangan limbah rumah tangga yang baik dan tidak berbahaya. Dimana untuk limbah cair nantinya tidak akan dapat mencemari air yang digunakan. Sedangkan untuk limbah padat tidak mempunyai bau dan juga tidak mencemari permukaan tanah.

Kepadatan hunian ruang tidur

Hal terakhir yang merupakan kriteria rumah yang dapat dianggap sehat menurut Kemenkes adalah mengenai kepadatan hunian ruang tidur. Dimana untuk kepadatan luas ruang tidur minimalnya 8 meter persegi dan tidak untuk dua orang dalam satu ruang tidur. Sehingga akan lebih baik apabila setiap anggota keluarga mempunyai kamar masing-masing atau mempunyai luas ruangan yang dapat digunakan untuk satu orang lebih.

Berbagai kriteria di atas adalah tolak ukur dari Kemenkes untuk rumah yang dapat dianggap sebagai rumah sehat. Dimana apabila memenuhi berbagai kriteria tersebut dapat membuat rumah yang dipunyai layak huni dan juga nyaman untuk menjadi tempat tinggal. Selain menjadi rumah yang sehat, penting juga untuk rumah yang dibersihkan setiap hari sehingga akan dapat tetap rapi dan juga bersih dari berbagai kotoran, kuman, dan bakteri.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *