Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

5 Macam Rumah Adat Riau: Ragam dan Keunikan Bangunannya
Rumah, Rumah Adat, Rumah adat riau, Rumah adat sumatera

5 Macam Rumah Adat Riau: Ragam dan Keunikan Bangunannya 

Rumah Adat Riau – Riau merupakan salah satu nama provinsi di Indonesia yang sangat terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya. Tidak hanya kaya akan sumber daya alam saja, Riau juga sangat terkenal dengan keunikan berbagai macam budaya dan berbagai macam tarian serta pakaian yang merupakan salah satu peninggalan dari para leluhurnya.

Dari berbagai macam peninggalan yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka memiliki ciri yang unik dan khas yang bisa ditemukan pada pakaian adat yang mereka miliki. Selain itu provinsi ini juga memiliki beberapa rumah adat Riau yang memiliki desain yang mewah dan unik.

Rumah adat Riau terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Dari perbedaan tersebut setiap rumah memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Tempat tinggal atau rumah adat masyarakat Riau memang lebih sering dikenal dengan sebutan Selaso.

Rumah adat tersebut merupakan bangunan yang terdiri dari beberapa ruangan yang di dalamnya ada tempat untuk bersila, tempat tidur, dapur, sampai dengan anjungan. Ada salah satu bangunan yang terdapat dalam rumah adat yang dimiliki masyarakat Riau yakni selasar. Jadi selasar merupakan serambi rumah yang tidak dilengkapi dengan atap.

Akan tetapi, tidak semua selasar tersebut tidak memiliki atap, karena ada sebagian rumah adat di Riau yang memiliki atap. Pada zaman dahulu, rumah adat memang sering digunakan untuk tempat tinggal dan bisa juga digunakan sebagai tempat upacara adat. Dari zaman nenek moyangnya dulu, rumah adat Riau memang memiliki ciri khas tersendiri yakni bentuk bangunan yang besar dan posisi menghadap ke arah sinar matahari terbit.

Rumah adat Riau memang terdiri dari berbagai macam jenis bangunan dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang sudah semakin modern, saat ini mungkin akan lebih susah untuk menemukan rumah adat masyarakat

Macam-Macam Rumah adat Riau

Riau yang masih asli karena sudah banyak sekali masyarakat yang melakukan renovasi rumah mereka dengan menggunakan konsep bangunan yang lebih modern. Oleh sebab itu, di bawah adalah penjelasan dari beberapa jenis rumah adat masyarakat Riau dengan berbagai macam desain dan keunikannya yang bisa diperhatikan:

1. Balai Selaso Jatuh

Rumah adat ini memiliki karakteristik yaitu memiliki selaras yang mengeliling seluruh bangunan. Rumah ini juga memiliki posisi lantai yang lebih rendah bila dibandingkan dengan ruang tengahnya. Sebagian besar rumah ini memiliki berbagai macam hiasan atau ukiran yang berbentuk hewan atau tumbuhan yang memiliki sebutan masing-masing.

Selain itu juga terdapat berbagai macam ukiran yang letaknya berbeda-beda dan memiliki sebutan yang berbeda. Ukiran yang berada di anak tangga disebut ombak-ombak. Sedangkan untuk yang di atas pintu disebut lambai-lambai. Untuk ukiran yang berada di samping jendela sering dikenal dengan istilah kisi-kisi semut yang beriringan. Rumah ini merupakan salah satu rumah yang memang dikhususkan untuk kegiatan masyarakat yang dilakukan bersama atau kegiatan umum bukan untuk tempat tinggal.

2. Balai Selaso Jatuh Kembar

Bangunan rumah ini memiliki keunikan tersendiri yakni terdapat bagian ruang tengah dan ruang dalamnya yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan selasar rumah yang lebih rendah. Keunikan lain dari bangunan ini adalah tidak memiliki kamar atau ruangan yang ada di dalamnya tetapi terdapat sekat yang digunakan sebagai pemisah untuk ruang tengah dan tempat yang digunakan untuk menyimpan makanan.

Perbedaan antara selaso jatuh kembar dengan selaso jatuh adalah terdapat pada ukuran serta luas bangunannya. Untuk luasnya, selaso jatuh memang lebih luas bila dibandingkan dengan selaso jatuh kembar.

3. Rumah Melayu Lipat Kajang

rumah adat riau

Rumah adat jenis ini memang bisa dikatakan sudah punah dan susah sekali untuk menemukannya di daerah Riau. Meskipun demikian, ada beberapa wilayah di Riau yang masih terdapat bangunan rumah melayu lipat kajang meskipun sudah banyak sekali bangunan tersebut yang di alih fungsikan menjadi gedung pemerintahan dan juga sudah banyak mengalami perombakan.

Keunikan dari bangunan rumah tersebut adalah adanya lipatan bumbung yang cukup curam yang terdapat pada bagian atapnya. Bentuk lipatan curam tersebut juga memiliki tujuan yakni supaya air hujan bisa langsung jatuh ke tanah. Bagian dalamnya didominasi oleh anyaman yang menggunakan bahan dasar kayu pada bagian dinding dan lantai sehingga sirkulasi udara lancar. Rumah ini tidak memiliki tiang penyangga. Bahan pembuatan rumah ini didominasi oleh kayu dan bahan alam yang lain.

4. Rumah Melayu Atap Limas Potong

rumah adat riau

Konsep bangunan rumah ini adalah rumah panggung. Memiliki ketinggian kurang lebih 1,5 meter dari permukaan tanah. Pada bagian atasnya terdapat bangunan yang dipotong menyerupai limas sehingga tidak terlihat runcing. Memiliki 4 bagian ruangan yakni ruang depan, tengah, teras dan belakang. Kebanyakan masyarakat menggunakan ruang belakang untuk kamar dan dapur.

Menurut kepercayaan masyarakat Riau orang yang memiliki rumah dengan bangunan berbentuk atap limas potong menandakan sebagai orang dengan kekayaan yang berlimpah. Sehingga semakin besar rumah tersebut pemiliknya bisa dikatakan semakin kaya.

5. Rumah Adat Riau Belah Bumbung

rumah adat riau

Bangunan rumah adat masyarakat Riau ini berada di ketinggian 2 meter dari permukaan tanah. Bangunan ini bisa dikatakan sangat ramah lingkungan karena bahan dasar bangunan adalah bambu yang digunakan untuk bagian atapnya yang secara sengaja didesain menyerupai bambu belah dua sehingga memiliki keunikan tersendiri.

Bahan pondasi bangunan ini juga menggunakan bahan yang berasal dari alam. Lantai dan dindingnya menggunakan papan dan atapnya menggunakan daun nipah atau rumbia dan bentuknya sangat unik menyerupai pelana kuda.

Megahnya desain yang dimiliki oleh beberapa rumah adat yang ada di Riau sebagai bukti bahwa masyarakatnya memiliki berbagai macam ragam budaya yang unik dan sebagai pembeda dengan budaya dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia.

Dari sekian banyak jenis rumah adat tersebut memang sudah susah untuk ditemui karena sebagian besar masyarakat sudah merubah tempat tinggal mereka dengan bangunan yang lebih modern dengan konsep dari berbagai macam bangunan.

Rumah adat di Riau memang hadir dengan berbagai macam keunikannya tersendiri dan dari setiap bangunan memiliki makna dan tujuan serta fungsinya masing-masing. Biasanya rumah adat tersebut dibangun dengan menggunakan konsep adat yang berlaku pada masyarakat sekitar. Dari berbagai pandangan dan sudut pandang masyarakat rumah adat yang berasal dari Riau merupakan salah satu rumah adat terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

Berdasarkan dari berbagai macam keseluruhan setiap ruangan, corak dan hiasan yang ada di rumah adat Riau memang memiliki filosofi tersendiri yang sangat erat dengan adat istiadat masyarakatnya. Seperti contohnya adalah untuk bagian tangga rumah adat tradisional dari Riau memang biasanya memiliki jumlah anak tangga ganjil, seperti 5 anak tangga misalnya memiliki filosofi yang erat kaitannya dengan agama Islam sebagai agama mayoritas masyarakat Riau.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *