Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

4 Jenis Rumah adat padang dan ciri khasnya
Rumah, Rumah Adat, Rumah adat Padang, Rumah adat sumatera

4 Jenis Rumah adat padang dan ciri khasnya 

Rumah Adat Padang – Siapa yang tidak kenal dengan nama Padang. Jadi Padang merupakan salah satu nama wilayah yang terdapat di Indonesia. Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat dan sampai saat ini masuk dalam salah satu provinsi atau kota terbesar yang ada di Indonesia.

Perkembangan zaman yang sudah semakin modern ternyata mampu menggerus berbagai macam budaya masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah ciri khas bangunan tempat tinggal. Akan tetapi berbeda dengan daerah lain, Padang masih mempertahankan dengan baik ciri khas dan keunikan budayanya. Termasuk salah satunya adalah rumah adat Padang.

Budaya Dan Rumah adat Padang

Selain bangunan rumah adat Padang yang sangat dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, Padang juga memiliki banyak sekali warisan budaya nenek moyangnya yang masih kental dan dipertahankan dengan baik oleh masyarakatnya. Rumah Gadang adalah sebutan untuk rumah adat tradisional asli Padang.

Rumah tersebut dibangun dengan menggunakan peraturan adat yang telah ditentukan dan sudah lama sekali masyarakatnya menganut sistem matrilineal. Rumah Gadang merupakan jati diri sekaligus salah satu ciri khas suku Padang yang sangat terkenal.

Sistem matrilineal tersebut didasarkan dari garis keturunan ibu. Sehingga hal tersebut berdampak pada kawasan ranah Minang yakni perempuan menduduki derajat yang paling tinggi bila dibandingkan dengan laki-laki. Dalam proses pembangunan rumah adat Padang menggunakan bahan material utama yang masih kental dengan adat yang masih tradisional. Seperti contohnya adalah kayu, bambu dan ijuk kelapa adalah bahan-bahan utama yang paling sering digunakan oleh masyarakat Padang.

Rumah adat Padang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri mulai dari bentuk bangunan sampai dengan warna bangunannya. Dari setiap desain memiliki filosofi dan nilai tersendiri yang banyak mengandung pesan. Tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja, akan tetapi rumah adat tradisional Padang juga biasa digunakan untuk acara pertemuan keluarga atau bisa juga digunakan sebagai acara adat pernikahan.

Jenis-Jenis Rumah adat Padang

Rumah Adat Padang yang sering dikenal dengan sebutan Rumah adat Gadang memang sangat terkenal dengan bentuk bangunan atapnya yang unik menyerupai tanduk kerbau.

Simbol tersebut memiliki makna sebagai suatu simbol kemenangan yang didapatkan saat kompetisi adu domba yang dilakukan oleh raja yang dan dilakukan di kawasan Jawa. Kemenangan ini diartikan sebagai salah satu simbol kemakmuran masyarakat Minangkabau saat itu. Rumah Gadang sendiri terdiri dari beberapa jenis, berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

1. Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam

rumah adat padang

Rumah Gadang jenis ini memiliki bangunan yang bisa dikatakan sangat mewah dibandingkan dengan yang lain. Menggunakan bahan material kayu kelapa, surian dan juar. Bagian atapnya sudah tidak lagi menggunakan ijuk tetapi sudah berganti dengan seng. Posisi bangunan harus menghadap ke arah utara.

Selain itu dindingnya harus berada pada sisi timur dan barat. Untuk bagian selatan ditutup dengan menggunakan sasak. Terdapat 4 ruangan yang terdiri dari kamar yang memiliki ciri khas bagian pintunya memiliki ukiran khas masyarakat Minang. Sebagai pelengkapnya rumah ini memiliki 30 tiang penyangga dan merupakan salah satu rumah yang dipercaya tahan terhadap gempa.

2. Rumah Gadang Gonjong Limo

rumah adat padang

Namanya diambil berdasarkan salah satu nama daerah di Padang yakni Luhak Limo. Salah satu ciri khasnya adalah memiliki tambahan bangunan yang berbentuk gonjong yang letaknya terdapat pada bagian sisi kiri dan kanan bangunan utama rumah tersebut dan ukurannya lebih kecil.

Ada 1 gonjong yang letaknya berada di bagian depan rumah. Hal tersebut kemudian membuat kesan bangunan rumah menjadi lebih mewah. Terdapat beberapa jenis ruangan dengan fungsinya yang sangat berbeda-beda.

3. Rumah Gadang Batingkek

rumah adat padang

Bentuk bangunannya hampir mirip dengan bangunan Gajah Maharam. Akan tetapi sudah jelas ada perbedaannya dan perbedaan tersebut terletak di bagian atapnya. Atapnya dibuat dengan desain tingkat serta dilengkapi dengan gonjong 4 buah.

Bila dibandingkan dengan bangunan Rumah Gadang yang lain, usia bangunan Gadang Batingkek memang lebih tua. Karena perkembangan zaman yang sudah semakin modern dan canggih, sangat susah untuk menemukan rumah adat Gadang Batingkek ini. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya, rumah Gadang Batingkek memang memerlukan tingkat ketelitian serta kerapian dalam proses pembangunan rumah tersebut.

4. Rumah Gadang Surambi Papek

rumah adat padang

Bangunan tradisional rumah adat Gadang ini bisa ditemukan dengan mudah di beberapa daerah seperti Bukittinggi, Sumatera Barat, Koto Marapak. Rumah ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yakni di pintu rumah tersebut yang letaknya di depan rumah dan bukan di belakang rumah.

Ternyata hal tersebut juga memiliki makna tersendiri. Apabila menemukan pintu yang terdapat di belakang rumah dapat dipastikan bahwa pemilik rumah tersebut adalah perempuan. Selain itu, juga terdapat beberapa adat yang berbeda yakni apabila pemilik rumah memiliki anak perempuan dan kebetulan anak perempuan tersebut sudah menikah maka menantu laki-lakinya tersebut hanya menumpang.

Selain beberapa jenis Rumah Gadang tersebut, di Padang juga masih terdapat beberapa jenis rumah lainnya, seperti Rumah Adat Gonjong. Rumah Gojong juga terdiri dari beberapa jenis dan setiap jenis rumah tersebut pastinya memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Beberapa jenis Rumah Gonjong tersebut adalah Gonjong Anam, Gonjong Sibak Baju serta Gonjong Ampek Baanjuang. Ketiganya memiliki ciri khas bentuk bangunan dan keunikannya masing-masing.

Untuk Rumah Gonjong Anam misalnya, memiliki ukuran dinding yang telah memiliki modifikasi dan lebih modern. Untuk bagian salangkonya sebagai bahan material utamanya sudah tidak lagi menggunakan bambu akan tetapi sudah menggunakan papan. Selain itu juga memiliki jendela yang lebih banyak.

Kesimpulan :

Bisa dibilang rumah adat tradisional Padang ini memang lebih modern bila dibandingkan dengan rumah adat yang lain. Sedangkan untuk Rumah Gonjong Sibak Baju memiliki ciri khas yang sangat unik seperti bentuknya menyerupai sibakan baju atau bisa dibilang mirip belahan baju. Bangunannya memang lebih besar dan bahan material utama yang digunakan adalah kayu dan sasak.

Rumah adat Padang untuk tipe Gonjong yang terakhir adalah Gonjong Ampek Baanjuang. Memiliki ciri khas yang sangat unik yakni terdapat 4 gonjong pada bagian atapnya. Selain itu rumah ini juga memiliki 7 ruangan dengan fungsinya yang sangat berbeda-beda. Rumah Gonjong Ampek Baanjuang ini merupakan salah satu rumah adat tradisional Padang yang memiliki ruangan paling banyak bila dibandingkan dengan rumah yang lain. Keunikan lain dari rumah ini adalah bangunan tersebut tidak diperbolehkan dibangun di sembarang tempat melainkan hanya boleh dibangun di daerah Luhah Nan Tiago Padang.

Rumah Gadang akan dibangun di atas lahan yang dimiliki oleh keluarga Induk dan telah diwariskan secara turun temurun oleh kaum perempuan. Dari berbagai macam bentuk bangunan dan jenis rumah adat tradisional Padang adalah salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki banyak sekali suku dengan kekayaan dan kekhasan budaya yang di dalamnya dan harus benar-benar dijaga supaya tidak luntur oleh zaman.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *