Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Ulasan Lengkap Tentang Bale dalam Rumah Adat Lombok
Rumah, Rumah Adat

Ulasan Lengkap Tentang Bale dalam Rumah Adat Lombok 

Rumah Adat Lombok – Lombok sekarang ini dikenal menjadi salah satu destinasi wisata baru yang ada di Indonesia. Dimana daerah yang ada di bagian Indonesia Timur ini mempunyai kekayaan budaya yang bisa diketahui dan pelajari, terutama ketika akan berkunjung ke daerah tersebut. Seperti misalnya dengan mengetahui masyarakat suku asli yang berasal dari Lombok yaitu suku Sasak. Suku ini merupakan salah satu suku yang mempunyai tradisi yang unik.

Seperti misalnya suku ini masih mempunyai kepercayaan yang teguh pada adat sekitar sehingga adat istiadat masih sangat dihormati oleh leluhur dan masih diamalkan oleh masyarakat sekitar. Salah satu kebudayaan yang bisa diketahui dari suku ini adalah dari tempat tinggalnya yang dikenal dengan bale.

Hal yang perlu diketahui mengenai rumah adat lombok

Adapun untuk mengenal bale pada rumah adat Lombok, beberapa hal yang perlu diketahui adalah hal seperti berikut ini:

1. Jenis rumah

rumah adat lombok

Hal pertama yang perlu diketahui tentu saja dari jenis rumah yang dimiliki oleh suku Sasak. Dimana untuk rumat adat Sasak ini dibagi menjadi tiga tipe dan dibedakan dari siapa yang tinggal di rumah tersebut. Dengan mengetahui hal ini maka Anda juga akan bisa mengetahui kedudukan dari pemilik rumah. Adapun untuk jenis rumah suku Sasak adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah jenis Bale Bonter yang merupakan rumah yang banyak dimiliki oleh pejabat desa.
  • Kedua adalah rumah Bale Kodong yang merupakan rumah untuk warga yang baru saja menikah dan juga untuk orangtua untuk menghabiskan masa tua.
  • Ketiga adalah jenis rumah Bale Tani yang merupakan tempat rumah untuk keluarga.

2. Pembagian bale

Setiap rumah tentunya mempunyai ruangan yang fungsi yang didapatkan juga berbeda. Hal tersebut juga ada pada pembagian bale yang dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis bale tersebut akan mempunyai kegunaan dan nama sendiri sehingga bisa melakukan kegiatan di bale tertentu karena memang fungsi yang bisa didapatkan dari sebuah bale. Adapun untuk jenis bale tersebut adalah sebagai berikut, dalam rumah adat lombok :

A. Bale tani

Merupakan jenis bale pertama yang ada di rumah adat Lombok. Bale ini mempunyai bentuk limasan seperti pada rumah adat Jawa barat. Untuk fungsi dari bale ini sendiri seperti namanya adalah digunakan untuk masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Adapun untuk jenis bale ini pada umumnya mempunyai lantai dari tanah, mempunyai ruang serambi atau sesangkok, mempunyai satu kamar tidur, dan juga mempunyai pawon untuk dapat memasak. Selain itu di dalamnya juga terdapat ruang untuk tidur anak perempuan sedangkan untuk anggota keluarga yang lain dapat tidur di serambi.

B. Bale jajar

Merupakan jenis rumah selanjutnya yang mempunyai rumah untuk masyarakat dari golongan menengah ke atas. Bale jajar ini mempunyai bentuk yang hampir sama seperti tipe sebelumnya tetapi mempunyai jenis yang lebih luas dan juga jumlah dalam bale yang leibh banyak. Dimana untuk jenis bale jajar mempunyai dua kamar dan juga serambi. Bangunan bale jajar ini pada umumnya menjulang tinggi dan digunakan untuk menyimpan kebutuhan rumah tangga.

C. Bale Sekepat

Jenis bale selanjutnya adalah bale sekepat atau juga bisa disebut sebagai bale barugaq. Bale ini mempunyai bentuk segi empat sama sisi atau bujur sangkar tanpa menggunakan dinding. Adapun untuk material yang digunakan adalah kayu dan juga bambu, sedangkan untuk atapnya terbuat dari rumput alang-alang. Bale ini sendiri terletak di samping kanan atau kiri bale jajar dan juga bale fungsi. Adapun untuk kegunaan dari bale ini adalah digunakan untuk menerima tamu yang tidak boleh masuk rumah. Sehingga tamu akan dijamu di ruang bale sekepat ini.

D. Bale sekenam

Bale selanjutnya yang ada dalam rumah adat Lombok adalah bale sekenam. Bale ini merupakan bale yang mempunyai bentuk seperti bale sekepat tetapi mempunyai perbedaan. Dimana untuk perbedaannya adalah mempunyai tiang yang banyak yaitu mempunyai tiang dengan jumlah enam buah. Tiang tersebut bisa ditemukan pada bagian belakang rumah dan digunakan untuk tempat pertemuan keluarga internal dan juga tempat lainnya.

E. Bale bonter

Jenis bale selanjutnya adalah bale bonter yang merupakan bale yang digunakan dan dimiliki oleh pejabat desa. Bale ini mempunyai letak di tengah-tengah pemukiman yang menandakan sebagai tempat yang dibangun di pusat kampung sebagai pusat pemerintah daerah tersebut. Untuk fungsi dari jenis bale ini sendiri digunakan untuk sidang yang diadakan di kampung. Seperti misalnya sidang pelanggaran hukum adat yang terjadi dan juga persidangan lainnya. Akan tetapi pada umumnya jenis ini memang digunakan untuk persidangan adat di dalam kampung.

F. Bale beleq bencingah

Jenis bale selanjutnya adalah bale beleq bencingah yang merupakan bale yang dimiliki oleh kerajaan. Bale ini merupakan pusat kegiatan kerajaan yang disebut sebagai bencingah. Adapun untuk fungsi yang dapat dilakukan pada bale di rumah adat Lombok ini adalah untuk upacara kerajaan, penobatan putra mahkota, pengukuhan raja, pelantikan pejabat, dan juga berbagai macam pelantikan lainnya. Selain itu bale ini juga mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai benda dan pusaka kerajaan.

G. Bale tajuk

Jenis bale selanjutnya yang ada pada rumah daerah Lombok adalah bale tajuk. Bale ini merupakan bangunan pendukung terutama untuk rumah yang dihuni oleh keluarga besar. Untuk bale tajuk sendiri mempunyai bentuk segi lima dan mempunyai lima tiang. Bale ini berada di lingkungan keluarga Santana dan mempunyai manfaat atau fungsi sebagai tempat untuk pertemuan keluarga dan juga pengajaran yang didapatkan oleh keluarga tersebut.

3. Material rumah

Untuk hal penting selanjutnya yang perlu diketahui dari rumah adat Lombok adalah dari material rumah ini. Dimana seperti pada umumnya rumah tradisional menggunakan material dan proses yang tidak sembarangan untuk pembangunannya. Untuk keunikan dari rumah suku Sasak ini adalah terbuat dari anyaman bambu. Bagian dinding rumah tradisional tersebut juga menggunakan anyaman bambu yang ringan tetap kokoh terhadap guncangan.

Sedangkan untuk gunungannya terbuat dari alang-alang yang juga ringan tetapi tahan guncangan. Oleh karena itulah material bahan rumah ini merupakan rumah yang tahan gempa. Sedangkan untuk lantai rumah ini juga menggunakan material yang tidak biasa. Dimana untuk lantainya terbuat dari campuran kotoran kerbau, abu jerami, tanah liat, dan juga lainnya. Material tersebut dipilih karena manfaat yang dapat dihasilkannya. Seperti misalnya untuk kotoran kerbau mempunyai manfaat untuk dapat membersihkan lantai dan juga membuat lantainya menjadi lebih halus dan kuat.

4. Letak rumah

Hal terakhir yang perlu diketahui dari rumah adat Lombok adalah dari letaknya. Dimana untuk rumah suku Sasak biasanya berdempetan satu dengan yang lainnya. Sehingga letaknya adalah berdempetan di setiap gang dan juga penghubung jalan setapak. Selain itu hal lainnya yang merupakan ciri-ciri dari rumah suku Sasak adalah mempunyai tinggi yang hampir sama dan juga isi perabotan dan ornamen yang sama di dalamnya.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *