Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengulas Jenis Rumah Adat Karo Sebagai Suku Tertua di Indonesia
Rumah, Rumah Adat, Rumah adat sumatera

Mengulas Jenis Rumah Adat Karo Sebagai Suku Tertua di Indonesia 

Rumah adat Karo – Setiap daerah di Indonesia memiliki sejarah masing-masing terhadap adat istiadat setempat yang menjadi salah satu ciri khas yang akan selalu di jaga dan di hormati oleh setiap warga lokal yang tinggal di dalamnya dan juga orang lain yang akan datang dan berkunjung di daerah tersebut. Salah satu ciri khas yang ada di setiap daerah adalah rumah adatnya.

Rumah adat yang berasal dari daerah Sumatera Selatan ini memiliki beragam rumah adat yang tentu saja di dalamnya tersedia sejarah dari rumah adat tersebut mulai dari pembangunan rumah adat hingga seperti apa bentuk dari rumah ada tersebut. Rumah adat Karo menjadi salah satu rumah adat Sumatera Selatan yang tentu saja memiliki cerita bersejarah yang menarik untuk di cari tahu.

Informasi Terkair Rumah karo

Sebagai negara yang memiliki begitu banyak daerah dan wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, adat istiadat hingga rumah adat yang berada di Indonesia juga banyak dan tentu saja di setiap bangunan dari rumah adat tersebut memiliki bentuk dan model rumah yang berbeda yang di setiap dari bangunan yang ada memiliki sejarah yang akan menjadi salah satu ciri khas yang ada di dalam rumah adat tersebut. untuk itulah di setiap daerah akan memiliki rumah adat yang memang memperlihatkan atau membawa nuansa daerah yang ada di sekitar yang akan di jadikan desain atau juga bentuk ruangan di dalam rumah adat tersebut.

Daerah Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak suku di dalamnya yang tentu saja akan membuat rumah adat yang berada di dalamnya juga memiliki jenis yang beragam yang akan sangat menarik untuk di pelajari mengenai sejarah yang ada di dalamnya. Untuk itu rumah adat Karo yang merupakan sebagai suku tertua yang ada di Indonesia juga memiliki beberapa jenis yang harus Anda tahu sebagai pemahaman sejarah rumah adat di Indonesia dengan baik.

Jenis-Jenis Rumah adat karo

Keberagaman jenis tersebut antara lain:

1. Si Waluh Jabu

rumah adat karo

Jenis rumah adat yang satu ini merupakan yang paling banyak yang bisa untuk Anda temukan di wilayah adat dari Taneh Karo. Untuk arti dari Si Waluh Jabu sendiri adalah delapan rumah atau juga delapan keluarga yang berasal dari satu kekerabatan.

2. Sepulu Jabu

rumah adat karo

Rumah adat yang di dalamnya bisa terdiri hingga 10 keluarga yang juga berasal dari satu kekerabatan.

3. Sepulu Dua Jabu

rumah adat karo

Rumah adat yang tidak memiliki kamar, dan di dalamnya bisa terdiri hingga 12 keluarga yang juga berasal dari satu kekerabatan.

4. Sepulu Enem Jabu

Rumah adat yang menjadi tempat tinggal untuk keluarga kerajaan. Rumah adat yang terbesar yang berada di Karo dan juga sebagai rumah adat tertinggi yang ada di Indonesia.

5. Gerga

Tempat tinggal khusus untuk raja yang di dalamnya terdapat motif dengan ukiran yang dibuat dengan penuh makna.

6. Belang Ayo

Belang Ayo memiliki bentuk yang serupa dengan Gerga sehingga banyak yang bilang bahwa Belang Ayo adalah Gerga.

Setiap rumah adat Karo tentu saja memiliki ciri khas yang akan menjadi penentu dari siapa yang akan tinggal di dalam rumah adat tersebut dan juga seperti apa tampilan dari rumah tersebut untuk menjadi satu rumah adat yang akan berfungsi sesuai dengan apa yang sudah semestinya yang memang sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut menjadi satu sejarah yang memang sangat mahal untuk bisa selalu di ingat dan di jaga dengan perawatan yang tepat dan secara rutin juga.

Pada umumnya rumah adat yang berada di setiap wilayah dan daerah di Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri yang bisa langsung untuk Anda lihat dari bentuk fisik luar rumah adat yang memang akan memberikan kesan yang bagus dan unik yang menjadi satu hal yang tidak bisa untuk di dapatkan dan ditemukan di rumah-rumah zaman sekarang ini. Hal tersebut tentu saja yang menjadikan rumah adat sebagai warisan leluhur yang memang memiliki daya tarik yang kuat untuk warga asing yang datang berkunjung untuk bisa masuk dan melihat secara langsung bangunan dari rumah adat yang selama ini hanya bisa di lihat melalui buku dan internet saja.

Kesimpulan

Untuk rumah adat Karo yang memang bisa terlihat bahwa tampilannya merupakan sebuah rumah adat yang berbentuk panggung tentu saja bisa menjadi satu ciri khas yang akan sangat mudah untuk dikenali oleh banyak orang. Rumah adat yang juga memiliki atap dengan banyaknya ukiran dengan sedikit lancip tentu juga menjadi ciri khas dari bangunan rumah adat yang satu ini.

Pondasi bangunan untuk penyangga yang dimiliki oleh rumah adat ini memang merupakan salah satu yang terbaik yang mampu untuk bisa bertahan lama dan tetap kuat meskipun sudah menjalani puluhan tahun yang tidak termakan waktu. Kondisi tersebut tentu saja sangat baik untuk sebuah rumah adat yang mampu untuk bisa tetap bertahan mengikuti zaman yang ada dengan bisa selalu untuk di jaga setiap tahunnya dengan perawatan yang tepat.

Bentuk rumah adat yang memang hampir banyak terlihat seperti rumah panggung memang harus bisa untuk di topang menggunakan pondasi yang kuat yang akan bisa untuk tetap bertahan pada saat tahun berganti dengan kondisi rumah adat yang masih dalam keadaan yang bagus. Berbentuk rumah panggung tentu saja akan membuat kondisi rumah adat menjadi lebih tinggi lagi dan akan sangat aman jika terjadi hujan besar yang mengakibatkan air menjadi naik yang bisa untuk tetap membuat rumah adat tetap aman dan nyaman.

Menghargai rumah adat atau juga peninggalan lain yang berada di wilayah dan daerah tertentu tentu saja merupakan kewajiban semua warga yang akan menjadi satu perbuatan yang mendidik untuk anak muda agar generasi penerus yang akan tumbuh menjadi lebih besar dan dewasa nantinya bisa untuk tetap menghargai dan menghormati apa yang ada di dalam wilayah yang ada di Indonesia.

Sebagai rumah adat yang menjadi rumah bagi suku tertua yang ada di Indonesia tentu saja membuat rumah adat Karo memang sangat istimewa dan juga special yang akan sangat banyak membantu warga setempat yang ingin mengenal lebih dalam mengenai sejarah yang ada di rumah adat di sekitar mereka menjadi lebih jauh lagi.

Penutupan

Rumah adat Karo dengan segala keberagaman yang ada di setiap jenis rumah adat tentu saja harus bisa untuk menjadi pelajaran bahwa rumah adat yang biasa Anda lihat selama ini memang memiliki sejarah yang sangat Panjang dan unik untuk bisa diketahui agar nantinya bisa untuk mengenal lebih banyak lagi rumah adat yang ada di Indonesia dengan sejarah menarik dan unik yang ada di dalamnya.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *