Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Menilik Struktur Rumah Adat Banten Terbuat dari Material Alam
Rumah, Rumah Adat

Menilik Struktur Rumah Adat Banten Terbuat dari Material Alam 

Rumah Ada Banten – Daerah Banten merupakan salah satu wilayah yang memang masih banyak bisa untuk ditemukan berbagai macam hutan dengan bahan-bahan alam yang sangat kaya yang bisa untuk digunakan oleh warga sekitar untuk di jadikan sebagai bahan masak hingga bahan untuk membuat rumah sekalipun. 

Rumah adat Banten yang menjadi salah satu jenis rumah yang di buat dan di bangun dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam tentu saja menjadi salah satu yang sangat luar biasa untuk dilakukan mengingat bahwa bahan-bahan alam yang di pakai tentu saja harus bisa untuk di olah agar menjadi satu bahan untuk pembangunan rumah yang memang kuat dan aman untuk menjadi bahan pembangunan rumah.

Keunikan yang ada di setiap daerah di Indonesia memang sangat bisa untuk Anda temukan dan lihat dari rumah yang berada di dalam wilayah tersebut. Keberadaan hutan liar yang masih banyak bisa ditemukan di pinggir jalan tentu saja menjadi salah satu alasan bahwa warga lokal yang ada disana memang tergantung dengan adanya bahan-bahan yang berasal dari alam. Kondisi tersebut tentu saja yang membuat warganya juga menjadi hidup lebih mandiri dengan bisa untuk membuat semua keperluan hidup mereka dan keluarga dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di tanah tempat mereka tinggal.

Untuk rumah adat yang memang masih merupakan rumah dengan jenis yang tradisional yang masih sangat kental dengan semua bahan yang ada di dalam rumah tentu saja menjadi salah satu yang membuat rumah adat Banten juga mampu untuk memberikan pemandangan tersebut kepada masyarakat Indonesia secara umum mengenai rumah adat yang berada di Banten yang memang terbuat dari material bahan yang alami yang bisa dengan mudahnya untuk di dapat dari alam sekitar yang bisa untuk di manfaatkan untuk kepentingan lainnya yang penting seperti bangunan untuk membuat rumah atau tempat tinggal yang nyaman bagi keluarga.

Di setiap rumah adat yang berasal dari masing-masing daerah di Indonesia tentu saja memiliki keunikan dari pembuatan struktur rumah adat tersebut yang tentu saja akan sesuai dengan apa yang ada di sekitar wilayah tersebut. seperti halnya dengan rumah adat yang berada di Banten yang tentu saja memiliki struktur bangunan rumah yang memang terbuat dari bahan yang tidak sama dengan rumah adat lainnya yang berasal dari daerah lain. Hal tersebut yang menjadi satu khas yang bisa untuk Anda temukan dari setiap rumah adat yang ada di Indonesia.

Untuk kepentingan dari rumah adat Banten yang bisa di lihat dari struktur rumah adat yang satu ini tentu saja sudah sangat mempertimbangkan kondisi tanah yang ada di alam Banten dan tentu saja sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh warga setempat.

Struktur bangunan yang ada di Rumah Adat Banten

Berikut ini adalah struktur bangunan untuk rumah adat yang berada di Banten yang wajib Anda tahu, antara lain sebagai berikut ini:

1. Struktur Bangunan Rumah Adat

Setiap rumah adat yang berada di sekitar Banten memang memiliki struktur bangunan rumah yang sama yang mana rumah tersebut di bangun dengan menggunakan bahan alami yang bisa untuk ditemukan di alam bebas seperti kayu, bambu dan juga batu. Untuk bambu sendiri yang memang mudah untuk ditemukan digunakan untuk menjadi bahan utama yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan rumah. Pada bagian pondasi rumah ini akan menggunakan batu yang tentu saja akan lebih kuat untuk bisa menjadi pondasi kokok untuk rumah.

Untuk tiang rumah yang merupakan bagian penting dari sebuah rumah akan menggunakan bahan alam yang kuat seperti balok kayu yang memiliki ukuran yang besar. Kayu yang akan di pakai untuk bagian tiang di dalam rumah tentu saja juga merupakan kayu terbaik yang memang memiliki kualitas yang kuat seperti mahoni dan juga kayu jati. Untuk dinding dan juga atap rumah akan di pasang dengan menggunakan bambu yang sudah di rakit dan siap untuk di pasang sesuai dengan tempatnya.

2. Pembagian Ruangan

Untuk bagian ruangan yang ada di dalam rumah terdiri dari sosoro yang berada di depan rumah atau yang lebih banyak dikenal dengan nama teras rumah. Untuk bagian lainnya adalah tepas yang merupakan ruangan untuk santai keluarga dan juga jika ada pertemuan keluarga dilakukan di ruangan ini. Ruangan terakhir adalah ipah yang berada di bagian belakang rumah yang memang berfungsi untuk tempat menyimpan persediaan makanan keluarga sehari-harinya.

Sulah Nyanda memang sejak dulu sudah menjadi rumah adat Banten yang memang memiliki struktur bangunan rumah yang sangat mudah untuk dibuat dan tentu saja bangunan rumah tersebut yang tertutupi dengan bambu sebagai dinding rumah tentu saja yang membuat rumah adat ini merupakan salah satu yang memiliki ciri khas yang sangat menarik karena bisa langsung terlihat dari luar seperti apa bangunan rumah adat ini terlihat dan bagaimana bangunan tersebut bisa kokoh berdiri hingga sekarang ini.

Setiap orang tentu saja memiliki keinginan sendiri untuk tempat tinggal yang akan menjadi tempat berteduh dan tempat tidur yang nyaman untuk keluarga. Untuk rumah adat yang di bangun dengan menggunakan bahan alam juga merupakan rumah yang nyaman yang tentu saja mampu untuk bisa memberikan rasa nyaman dan aman terhadap semua anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah. Meskipun terbuat dari bahan alam tetapi bahan yang di pilih juga merupakan bahan yang berkualitas baik yang mampu untuk di pakai lama di dalam rumah agar tidak membahayakan orang yang tinggal di dalamnya.

Rumah adat Banten yang terbuat dari bahan alam seperti kayu, bambu dan juga batu tentu saja masih bisa untuk di lihat dengan jumlah yang banyak mengingat bahwa memang rumah adat ini yang masih sangat banyak bisa untuk ditemukan dengan berbagai macam bentuk rumah yang berbeda dari sisi ukuran besar kecilnya tetapi dengan bahan bangunan yang sama yang di pakai untuk membuat rumah layaknya sebuah rumah yang terbaik yang ada di Banten untuk rumah adat.

Kebudayaan yang tidak bisa untuk di tinggali dari warga lokal yang memang sudah dari lahir berada disana tentu saja rumah adat menjadi salah satu pilihan yang memang menjadi satu ciri khas dari rumah adat masyarakat yang bisa untuk Anda tetap lihat dan temukan di Banten dan juga daerah lainnya dengan tampilan rumah adat yang mungkin hampir sama yang menggunakan bahan alam.

Rumah adat Banten dengan bahan material alam yang bisa di dapatkan dengan mudah bisa menjadi satu bahan untuk membuat dan membangun rumah yang harus bisa untuk di manfaatkan dengan baik dan akan tetap menjadi satu warisan yang berharga untuk anak-anak yang akan lebih mengenal lebih banyak mengenai rumah adat yang ada di Indonesia.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *