Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Menilik Ciri Khas dan Keunikan yang Ada Pada Rumah Adat Baileo
Rumah, Rumah Adat, Rumah adat Maluku

Menilik Ciri Khas dan Keunikan yang Ada Pada Rumah Adat Baileo 

Rumah Adat Maluku – Maluku termasuk sebagai salah satu Provinsi yang dikenal dengan beragam keunikannya. Diantaranya adalah dari segi budayanya, masyarakat asli masih banyak yang melestarikan peninggalan nenek moyang. Salah satu diantaranya adalah keberadaan dari rumah adat Baileo, ini merupakan rumah adat dari masyarakat Maluku. Jika dilihat dari namanya sendiri Baileo memiliki arti yaitu Balai yang digunakan sebagai tempat untuk bermusyawarah dan juga pertemuan dengan rakyat.

Jenis rumah adat yang satu ini memang menjadi satu-satunya yang menggambarkan kebudayaan yaitu Siwa Lima. Jika dilihat dari segi bentuk bangunan yang ada pada rumah ini memang terbilang begitu unik, yaitu rumah panggung.

Informasi Awal Mengenai Baileo

Sama halnya dengan rumah adat yang berasal dari beberapa daerah lainnya. Sebenarnya keberadaan dari rumah panggung atau yang memiliki bentuk tinggi berfungsi untuk mencegah nantinya ada serangan binatang buas. Selain itu juga agar lebih aman jika seandainya banjir datang. Lantai dari Baileo ini sendiri memang sengaja dibuat lebih tinggi karena dipercaya agar roh-roh dari nenek moyang memiliki tempat dan juga derajat yang memang tidak lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat yang masih hidup.

Begitu juga tujuan lainnya adalah agar musyawarah nantinya dapat dilakukan dengan tenang di balai tersebut. Bahkan rumah adat Baileo ini sendiri sengaja dibuat tanpa adanya dinding, karena menurut kepercayaan, dengan meniadakan dinding maka nantinya keberadaan dari roh-roh nenek moyang tersebut bisa lebih bebas di dalam keluar masuk rumah. Selain itu juga memiliki tujuan agar saat bermusyawarah maka masyarakat juga bisa dengan leluasa melihat dari luar.

rumah adat baileo

Ciri-Ciri Rumah adat Baileo

Adapun juga diantaranya beberapa ciri khas dari Baileo ini yang agaknya patut untuk Anda ketahui, yaitu:

1. Batu pamali

di dalam rumah ini terdapat batu pamali yang fungsinya adalah sebagai tempat untuk menyimpan sesaji biasanya ia akan diletakkan pada bagian depan pintu. Dengan penempatan ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menunjukkan bahwa sebenarnya rumah tersebut adalah sebuah balai adat yang juga merupakan bangunan induk anjungan.

2. Tiang penyangga

Setidaknya rumah Baileo ini sendiri juga memiliki beberapa tiang penyangga yang jumlahnya adalah 9 buah di bagian depan dan juga di bagian belakang. Dengan jumlah 9 ini sebenarnya memiliki filosofi untuk menunjukkan bahwa jumlah marga yang ada di desa tersebut ada 9.

3. Tiang Siwa Lima

Maksud dari Siwa Lima ini sendiri sebenarnya memiliki makna atau arti yaitu semua punya. Selain keberadaan dari sembilan tiang penyangga tersebut, sebenarnya Baileo ini sendiri juga memiliki lima tiang yang ada pada sisi kanan dan juga kiri yang merupakan lambang dari siwa lima, yaitu persekutuan antara desa-desa di Maluku dan juga kelompok Siwa tersebut.

4. Terdapat ornamen yang menyertai

Pada rumah adat Baileo ini sendiri juga disertai dengan keberadaan dari berbagai macam ukiran yang cantik, seperti diantaranya adalah gambar dari dua ekor ayam yang berhadapan kemudian diapit dengan dua ekor anjing pada bagian kanan dan juga kirinya, maknanya sendiri adalah kedamaian dan juga kemakmuran.

Hal tersebut dikarenakan karena memang ada roh dari nenek moyang yang menjaga suku tersebut. Selain ukiran ayam maupun anjing, maka sebenarnya juga terdapat ukiran-ukiran lain yang ada di bagian atapnya, mulai dari bentuk bulan, bintang dan juga matahari. Ini merupakan lambang kesiapan dari balai untuk menjaga keutuhan adat istiadatnya.

5. Setidaknya itulah beberapa ciri khas yang ada pada rumah adat masyarakat Maluku ini

Sampai sekarang jika dilihat sendiri memang masih ada keberadaan dari bangunan tersebut di Maluku, meskipun tidak banyak yang memilikinya, karena mulai tergeser seiring dengan perkembangan zaman, digantikan dengan bangunan-bangunan modern yang lebih nyaman. Namun sebenarnya tidak memiliki nilai filosofis sama sekali di dalamnya.

Rumah adat baileo

Keunikan Rumah adat baileo

Rumah adat Baileo ini sendiri sebenarnya juga menyimpan berbagai macam keunikan yang patut untuk diketahui berikut diantaranya, yaitu:

#1 Bersahabat dengan alam

Memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya rumah adat Maluku tersebut bangunannya memang sengaja dibuat bersahabat dengan alam, karena memang bahan baku yang dipakai dalam pembuatannya sendiri adalah menggunakan bahan-bahan yang diambil dari alam, sebut saja diantaranya adalah kayu, kemudian juga bambu sampai dengan rumbia. Bahkan untuk merekatkan satu bagian dengan bagian yang lainnya juga tidak menggunakan paku sama sekali.

#2 Masih kental dengan kleniknya

Semua yang dikaitkan dengan pembuatan rumah adat Maluku ini sendiri memang tidak dapat dipungkiri sangat berbau mistis, seperti dengan mempertimbangkan keberadaan roh dari nenek moyang. Begitu pula di bagian depan dari rumah ini kerap kali ditempatkan sebuah Batu Pamali, ini adalah sebuah batu yang ditempatkan pada bagian depan pintu utama dan juga digunakan sebagai tempat untuk menaruh sesaji yang dikhususkan untuk para roh leluhur.

#3 Tidak dipakai sebagai tempat tinggal

Fungsi utamanya adalah sebagai tempat musyawarah, berbeda halnya dengan rumah adat yang lainnya yang digunakan sebagai tempat tinggal. Maka tidak dengan rumah adat Baileo ini karena memang sesuai dengan namanya yang merupakan balai, sebenarnya ia dipakai sebagai tempat untuk bermusyawarah. Sarana yang digunakan untuk tujuan pertemuan adat dan juga upacara. Tak hanya itu juga terdapat fungsi lain dari Baileo ini selain digunakan sebagai tempat musyawarah warga setempat, yaitu dipakai untuk menyimpan berbagai macam peninggalan bersejarah dan juga pusaka-pusaka hingga benda keramat. Itulah mengapa ia dikenal bukan sebagai tempat tinggal biasa.

#4 Sengaja dibuat tanpa dinding

Karena memang tujuan utama pembuatan Baileo ini tidak digunakan untuk tempat tinggal atau hunian, maka dalam pembuatannya rumah ini juga tidak memiliki dinding seperti rumah-rumah kebanyakan, ia dibuat secara terbuka dengan filosofi agar nantinya leluhur atau para roh nenek moyang tersebut bisa keluar masuk ke dalam bangunan tersebut secara lebih leluasa. Selain itu sebenarnya pembuatan tanpa dinding ini agar jika seandainya diadakan upacara atau rapat maka nantinya masyarakat juga bisa melihatnya secara langsung.

#5 Menyisipkan keberadaan dari ornamen yang filosofinya tinggi

Ornamen yang ada di rumah adat ini tidak sekedar dipakai sebagai hiasan saja, melainkan juga memiliki nilai filosofi yang ada di dalamnya. Ukiran-ukiran yang ada pada ornamen tersebut dimaksudkan agar roh nenek moyang tersebut tetap menjaga kehidupan masyarakat Maluku ini. Ukurannya sendiri tak hanya ada pada bagian dinding saja, melainkan juga yang terdapat pada bagian atap rumah tersebut.

Ada banyak sekali keunikan-keunikan pada rumah adat Baileo yang hendaknya harus diketahui untuk menambah ilmu mengenai keberagaman dari negara Indonesia. Tidak sekedar beragam suku saja, melainkan juga budayanya mulai dari bahasa, makanan sampai dengan tempat tinggal. Karena sebenarnya tempat tinggal atau hunian ini sendiri juga harus menyesuaikan dengan kondisi alam atau geografis yang ada disana.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *