Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Perhatikan! Beberapa Pertimbangan untuk Renovasi Teras Rumah ini
Renovasi, Renovasi Teras

Perhatikan! Beberapa Pertimbangan untuk Renovasi Teras Rumah ini 

Ketika akan melakukan renovasi rumah Anda bisa memilih bagian yang akan direnovasi. Dimana ketika renovasi rumah bisa untuk renovasi rumah seluruhnya atau keseluruhan. Hal ini renovasi semua bagian rumah sehingga nantinya akan mendapatkan tampilan yang diinginkan. Akan tetapi jenis renovasi selanjutnya yang bisa dipilih adalah renovasi rumah partial. Dimana Anda hanya memerlukan renovasi rumah pada beberapa bagian saja. Sehingga hal tersebut akan lebih mudah dan juga mempunyai biaya lebih murah, lebih lagi jika Anda melakukan renovasi rumah type 36, rumah dengan type sederhana. Salah satu jenis renovasi bagian rumah yang bisa dilakukan adalah renovasi teras rumah.

Pengertian

Teras merupakan salah satu bagian yang ada di rumah. Dimana teras bisa menjadi bagian penting dari rumah dan menjadi wajah rumah. Hal tersebut karena teras mempunyai bagian yang ada di depan atau halaman rumah Anda. Selain itu, ada juga teras yang mempunyai bagian di belakang rumah yaitu teras belakang. Sedangkan untuk teras yang didepan rumah disebut atau dikenal dengan teras depan rumah. Akan tetapi untuk pengertian teras yang sering dikenal sendiri adalah bagian teras depan rumah. Terutama bagi yang mempunyai rumah yang kecil, biasanya hanya mempunyai bagian teras yang ada di depan dan tidak mempunyai teras belakang. Berbeda dengan rumah besar yang bisa mempunyai teras belakang.

Alasan melakukan renovasi

Teras juga bisa menjadi salah satu bagian rumah yang direnovasi. Sehingga hal tersebut akan menguntungkan karena teras mempunyai banyak manfaat yang bisa digunakan. Alasan untuk melakukan renovasi teras sendiri karena ingin mengubah tampilan teras. Teras merupakan wajah dari rumah, sehingga hal tersebut juga akan mencerminkan tampilan rumah secara keseluruhan. Dengan teras yang kotor dan tidak tertata hal tersebut tentu saja akan membuat tampilan rumah menjadi jelek. Begitu juga ketika teras rumah mempunyai tampilan yang bagus dan rapi. Hal tersebut akan menambah cantik penampilan rumah Anda. Oleh karena itulah Anda perlu untuk menata teras dengan serius sebagai salah satu bagian dari rumah.

Konsep desain

Ketika melakukan renovasi teras rumah ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan. Salah satunya adalah memilih konsep desain untuk teras. Dimana beberapa pilihan yang ada adalah:

1. Teras dengan patung

Konsep pertama yang bisa digunakan untuk tampilan teras rumah adalah yang mempunyai patung. Anda bisa menambah atau meletakkan beberapa patung di teras rumah sesuai dengan keinginan. Hal ini bisa membuat tampilan tersebut menjadi lebih elegan dan juga mewah. Misalnya saja jenis patung yang bisa digunakan adalah patung hewan yang terbuat dari bahan beton atau semen. Selain itu Anda juga bisa memilih patung dari material kayu yang banyak tersedia.

2. Teras dengan kolam

Konsep selanjutnya yang bisa dipilih untuk teras rumah adalah yang menggunakan kolam. Hal ini merupakan tampilan teras yang klasik dipunyai banyak rumah. Pada umumnya rumah mempunyai teras yang dilengkapi dengan kolam untuk memelihraa ikan. Dimana jenis ikan yang paling sering dipelihara adalah ikan koi atau ikan hias lainnya. Ukuran kolam juga bisa disesuaikan dengan keinginan dan besar rumah yang dipunyai. Teras dengan kolam ini dapat untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih asri. Selain itu kolam tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat nyaman yang bisa ditambah kursi untuk di pinggir untuk dapat menikmati suasana kolam.

3. Teras konsep oriental

Pertimbangan selanjutnya yang bisa dipilih adalah teras dengan konsep oriental. Bagi Anda yang mempunyai rumah dengan gaya jepang, maka bisa melengkapinya dengan teras konsep oriental. Hal ini akan membuat Anda bisa menikmati waktu lebih rileks dan juga menenangkan dengan bersantai di teras. Pada umumnya teras jepang mempunyai tempat untuk bersantai dengan karpet ruangan, sofa pendek, dan juga menggunakan pintu model geser.

4. Teras belakang untuk berjemur

Adapun untuk konsep teras selanjutnya yang dapat dipilih adalah yang mempunyai teras belakang. Teras belakang umumnya jarang dimiliki, karena memaksimalkan fungsi ruangan yang ada di dalam rumah. Sehingga bagi yang mempunyai teras di belakang rumah tentunya biasanya untuk rumah yang berukuran besar. Untuk teras bagian belakang ini bisa digunakan untuk banyak hal. Misalnya bisa ditambahkan kebun kecil untuk menanam bunga dan tanaman. Selain itu bagian belakang juga bisa dimanfaatkan untuk ruang berjemur yang nyaman. Anda juga bisa menambahkan ayunan pada teras bagian belakang sehingga bisa sebagai tempat kumpul keluarga.

Baca Juga: Tips Renovasi Teras Rumah Subsidi yang Bisa Anda Terapkan

Pemilihan material

Ketika Anda akan melakukan renovasi teras rumah, hal yang perlu diperhatikan adalah dari pemilihan material yang digunakan. Adapun untuk contoh material untuk teras rumah paling populer adalah:

  • Kayu

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk teras adalah bahan kayu. Dimana Anda bisa memilih jenis kayu yang sesuai dengan budget dan juga estetika yang dipunyai. Akan tetapi apabila menginginkan kualitas kayu yang tahan lama dan kuat tentunya bisa memilih kayu jati. Akan tetapi selain kayu jati juga bisa memilih bahan kayu lainnya. Dimana penting untuk memilih kayu yang anti rayap dan juga sesuai dengan konsep tema yang akan dipunyai di teras rumah.

  • Batu alam

Jenis bahan renovasi teras rumah selanjutnya yang bisa digunakan adalah menggunakan material batu alam. Anda bisa memilih batu alam dengan karakteristik, warna, dan juga tekstur yang sesuai dengan selera. Kegunaan batu alam sebagai bahan teras ini adalah akan dapat terlihat lebih alami. Selain itu batu alam juga tidak mempunyai polutan sehingga akan lebih baik digunakan untuk kesehatan penghuni rumah. Keunggulan terakhir dari menggunakan bahan ini adalah akan aman apabila ada kebakaran rumah. Jenis bahan ini juga paling bisa dipilih untuk membangun teras dan rumah yang ramah lingkungan.

  • Teras industrial

Pilihan material selanjutnya yang populer adalah untuk teras industrial. Dimana jenis teras ini tentunya menggunakan bahan yang tahan lama seperti beton. Bahan ini merupakan material yang juga bisa membuat kesan alami. Selain itu ketika menggunakan bahan ini juga tanpa finishing ataupun coating. Sehingga nantinya akan membuat tampilan beton di teras rumah yang lebih alami.

Tips-tips renovasi teras rumah

  1. Tips pertama adalah dapat untuk menyesuaikan dengan tampilan rumah yang dipunyai. Sehingga hal tersebut akan membuat teras tetap menjadi bagian rumah.
  2. Tips selanjutnya adalah menghindari material yang licin dan berbahaya untuk digunakan.
  3. Gunakan ornamen kecil yang dapat untuk mempercantik teras.
  4. Memilih warna teras yang sesuai dengan konsep rumah.
  5. Memilih material yang tahan lama, awet, dan juga tahan di berbagai cuaca.

Beberapa hal penting di atas merupakan yang bisa Anda perhatikan ketika akan melakukan renovasi teras rumah. Bagi Anda yang menginginkan rumah mempunyai tampilan cantik, juga tidak bisa untuk mengabaikan bagian teras rumah. Bagian ini juga penting untuk membuat rumah lebih asri dan sebagai tempat hijau di rumah. Oleh karena itulah teras perlu ditata agar mempunyai tampilan cantik dan rapi.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *