Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Renovasi Rumah Type 36 1 Lantai, Konsep Hingga Pemilihan Materialnya
Renovasi, Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Type 36 1 Lantai, Konsep Hingga Pemilihan Materialnya 

Renovasi rumah type 36 1 lantai, Roomahid.
Bermasalah dengan rumah tua Anda yang sudah tak layak huni? Apalagi dengan semakin banyaknya jumlah anggota keluarga, sehingga tidak dapat menampung semuanya? Tak perlu khawatir cara menyiasatinya adalah dengan merenovasi atau melakukan perombakan. Kegiatan yang tentunya sudah tak begitu asing lagi di telinga Anda. Dimaksudkan untuk mendapatkan tampilan hunian yang baru dan pastinya juga semakin nyaman untuk ditempati. Bahkan tak hanya rumah lama saja, tak jarang diantaranya rumah baru yang mendapatkan renovasi di beberapa bagian, sehingga bisa tampil sesuai dengan ekspektasi.

Pengertian

Renovasi rumah type 36 1 lantai ini artinya melakukan perombakan atau perbaikan hunian dengan tipe 36. Apalagi sekarang rumah minimalis memang tengah digemari oleh masyarakat. Tentunya ada beragam tujuan dilakukannya renovasi. Tak sekedar meningkatkan nilai estetika saja. Beberapa orang yang berniat menjual hunian tersebut dengan harga yang lebih tinggi juga tak jarang merombak terlebih dahulu. Jika tampilannya lebih bagus dan kondisinya seperti baru, otomatis akan meningkatkan harga jualnya.

Alasan melakukan renovasi rumah

Pada dasarnya renovasi merupakan sebuah kewajiban, apalagi jika seandainya usia rumah sudah cukup tua. Maka mau tak mau pemilik harus segera memperbaiki jika tidak ingin terjadi sesuatu yang tak dikehendaki. Berikut ini diantaranya ragam alasan melakukan renovasi hunian, yaitu:

  1. Meningkatkan keamanan. Rumah yang sudah tua materialnya mulai rapuh, sehingga berbagai macam resiko seperti roboh dan sejenisnya sangat mungkin terjadi. Hal ini sudah pasti akan membuat Anda was-was tinggal disana. Apalagi ketika ada hujan angin yang menerjang. Sangat mungkin sewaktu-waktu hunian tersebut roboh buka. Namun dengan dilakukannya perombakan bisa membuat rumah tersebut semakin kuat, kenyamanan Anda juga lebih terjaga.
  2. Meningkatkan nilai estetika. Pada dasarnya bangunan juga berkembang sesuai dengan zaman, ada trend yang senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Manusia juga cenderung selalu mengikuti perkembangan yang ada tersebut, ingin agar rumahnya tampil kekinian atau tidak ketinggalan zaman, sehingga rela keluar banyak uang untuk melakukan renovasi hunian mereka tersebut.
  3. Investasi. Renovasi rumah type 36 1 lantai sebenarnya juga termasuk investasi bagi Anda, pada properti yang sudah dimiliki. Karena jika seandainya bangunan tersebut tampil lebih baru dan semakin nyaman. Maka akan mempengaruhi harga jualnya di pasaran, jadi lebih mahal bukan, ini termasuk dalam jenis investasi properti yang sangat menguntungkan.
  4. Meningkatkan nilai fungsi. Adanya renovasi juga bisa meningkatkan nilai fungsi rumah, penambahan area baru seperti kamar, taman, dapur ataupun beberapa area yang lainnya. secara otomatis fungsi dari rumah juga semakin bertambah.

Ide konsep renovasi

Agar hunian type 36 Anda tersebut menjadi lebih luas dan pastinya nyaman, maka berikut ini diantaranya konsep renovasi yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Renovasi bagian teras. Teras menjadi salah satu komponen penting dalam rumah. Jika ingin hunian tampak lebih segar maka tempatkan taman di area teras ini, kemudian isi dengan beragam jenis tumbuhan dan juga bunga. Jika ukuran teras Anda sebelumnya sangat kecil, maka coba menggunakan tegel kunci sehingga terlihat lebih menarik.
  2. Menata bagian interior ruang tamu. Guna mendapatkan space yang lebih luas, maka area ruang tamu ini harus ditata dengan baik. Karena area ruang tamu merupakan wajah sebuah rumah. Renovasi rumah type 36 1 lantai pada area ruang tamu bisa dilakukan dengan mengganti sofanya, dari yang ukurannya besar menjadi minimalis, sehingga lebih banyak space yang tersisa.
  3. Mengganti warna cat rumah. Penggantian warna cat ini juga memberikan kesan yang berbeda pada hunian. Jika ingin rumah tampak lebih luas maka pilihkan cat yang berwarna cerah, misalnya adalah putih. Selain tampak lebih luas maka tidak membutuhkan terlalu banyak pencahayaan.
  4. Menghilangkan sekat. Jika memang menginginkan ruang yang lebih luas, maka cobalah untuk menghilangkan beberapa sekat yang ada dalam rumah. Seperti diantaranya adalah pada dapur dan juga ruang tamu. Rumah model kekinian sekarang ini bagian ruang tamu dan juga dapur tidak memiliki sekat, sehingga menjadi lebih luas.

Memilih material untuk renovasi yang murah

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, maka pemilihan material renovasi rumah type 36 1 lantai yang digunakan sangat penting, bahkan Anda sendiri bisa menekan biaya renovasi lebih banyak dari pemilihan material ini, yaitu:

  1. Gunakan material sisa. Tak harus membeli yang baru, Anda bisa memakai material bebas atau sisa yang ramah lingkungan. Misalnya adalah dengan kayu bekas, beberapa jenis kayu memang memiliki ketahanan yang tinggi, sehingga usianya juga panjang. Seperti diantaranya adalah kayu jati. Sehingga tidak perlu membeli yang baru.
  2. Cat kayu yang dicampur dengan pengencer air. Meskipun menggunakan material bekas seperti kayu, jika seandainya diolah dengan benar akan menghasilkan tampilan lebih baru. Yaitu coba untuk melapisinya menggunakan cat kayu yang sudah dicampur dengan pengencer air. Sehingga pada hasil akhirnya tidak menimbulkan aroma atau bau yang menyengat. Selain itu pengencer yang mengandung formaldehyde ini cenderung tidak beracun.
  3. Menghemat pemakaian material. Agar kondisi ruangan lebih ramah lingkungan, maka Anda dapat menyiasatinya dengan menghemat pemakaian material. Namun jangan sampai hal ini akan merusak nilai estetikanya, sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Tips renovasi rumah type 36 1 lantai

Agar tidak salah langkah, maka berikut ini tips dalam merenovasi rumah type 36 Anda, yaitu:

  1. Memastikan desain yang digunakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih desain, renovasi semacam apa yang diinginkan. Apalagi desain ini selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Anda bisa mencari referensi gambar atau desainnya terlebih dahulu untuk mendapatkan yang cocok.
  2. Perhatikan tingkatan renovasi yang dilakukan. Pada dasarnya renovasi ini ada yang kecil, sedang atau bahkan total sehingga merombak secara keseluruhan bangunan tersebut.
  3. Membuat jadwal secara detail. Agar proses perombakan atau renovasi tidak berlangsung molor, maka harus mencatat jadwalnya secara detail, hal ini juga dilakukan untuk mengontrol biaya tukang bangunan tersebut, jadi tidak semakin membengkak.
  4. Melibatkan jasa seorang arsitek atau kontraktor. Jika ingin semuanya jadi lebih mudah atau praktis. Tak ada salahnya menggunakan jasa seorang arsitek untuk membantu Anda. Apalagi di Indonesia sendiri sekarang semakin banyak layanan ini yang menawarkan biaya jasa cukup murah. Sehingga Anda bisa berkonsultasi dengan mudah, tahapan-tahapan yang dilalui juga benar.

Itulah kiat melakukan renovasi rumah type 36 1 lantai. Ingat bahwa pada dasarnya setiap hunian memiliki usia, jadi jika sudah tua maka waktunya untuk segera diperbaharui atau direnovasi. Karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan Anda saat tinggal disana. Semakin bagus tampilannya setelah dilakukan perombakan. Maka nilai pasaran atau harga jual dari rumah tersebut juga semakin mahal.

Renovasi, Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Type 36 1 Lantai, Konsep Hingga Pemilihan Materialnya

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *