Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Kiat-kiat Renovasi Rumah Luas Tanah 60 untuk Dapatkan Rumah Impian
Renovasi, Renovasi Rumah

Kiat-kiat Renovasi Rumah Luas Tanah 60 untuk Dapatkan Rumah Impian 

Tak hanya pembuatan rumah saja, melainkan renovasi sebuah rumah juga bisa memakan biaya yang besar jika tidak dipikirkan secara matang konsepnya sebelum eksekusi. Maraknya kegiatan renovasi hunian yang dilakukan oleh masyarakat sebenarnya bukan tanpa tujuan. Melainkan untuk bisa segera tinggal di rumah impian mereka. Renovasi rumah luas tanah 60 ini paling sering dilakukan, model rumah minimalis memang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Karena menawarkan lebih banyak keunggulan.

Pengertian

Istilah renovasi sendiri pastinya sudah tidak begitu asing bagi Anda, merupakan sebuah kegiatan merombak atau memperbaiki sebuah bangunan. Bisa itu bangunan lama ataupun juga bangunan yang masih baru. Artinya renovasi ini bisa dilakukan pada bangunan seperti apapun. Hanya saja skalanya sendiri berbeda, ada renovasi ringan, sedang dan juga renovasi besar. Otomatis biasa yang harus dikeluarkan untuk renovasi juga berbeda. Banyak faktor juga yang hendaknya dipertimbangkan sehingga hasilnya bisa optimal.

Alasan melakukan renovasi

Berkaitan dengan kegiatan renovasi ini, sebenarnya ada begitu banyak alasan mengapa masyarakat memilih untuk melakukannya, diantaranya adalah:

  1. Mengikuti trend. Rumah atau bangunan pada dasarnya selalu mengikuti perkembangan zaman. Dimana dari tahun ke tahun trend akan senantiasa berubah. Pastinya banyak orang yang juga bosan dengan suasana rumah yang sama bukan. Sehingga memutuskan untuk mengubah hunian tersebut menjadi kekinian. Tak hanya tampak menarik dari segi tampilan saja, melainkan juga kenyamanan lebih meningkat.
  2. Menjaga keamanan. Bangunan pada dasarnya juga memiliki usia, dimana semakin lama usianya akan menua. Material yang sudah tua ini rentan akan resiko kerusakan, mulai diantaranya bocor, retak sampai dengan kemungkinan roboh. Itulah mengapa kegiatan renovasi ini bisa membantu untuk menjaga keamanan Anda yang tinggal di rumah tersebut. Karena dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi, menjadikan bangunan semakin kokoh.
  3. Meningkatkan nilai jualnya. Renovasi rumah luas tanah 60 ini juga ditujukan untuk investasi. Karena memang rumah biasa dengan usia yang sudah tua, sudah pasti harganya juga murah. Akan sangat sulit untuk menjualnya. Berbeda ceritanya jika rumah tersebut Anda renovasi terlebih dahulu. Maka akan meningkatkan harga jualnya di pasaran, membuat harganya juga meningkat jadi semakin mahal. Bahkan bisa jadi berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan pasaran harga aslinya.
  4. Meningkatkan nilai fungsi bangunan. Beberapa orang melakukan renovasi dengan tujuan untuk menambah kamar, membuat area depan dapat digunakan sebagai toko dan lain sebagainya. Secara otomatis hal ini akan meningkatkan nilai fungsi dari rumah tersebut.

Konsep desain untuk renovasi

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, maka hendaknya Anda memikirkan konsep desain untuk renovasi tersebut terlebih dahulu. Berikut ini beberapa ide yang dapat dicontek, yaitu:

  1. Menambahkan taman. Jika Anda menginginkan rumah yang lebih ramah lingkungan, maka cobalah untuk menambahkan area taman, entah itu pada bagian depan maupun belakang bangunan tersebut. Mengisinya dengan berbagai macam tanaman, entah itu bunga ataupun rumput hias. Otomatis rumah tersebut terasa lebih sejuk, karena ketersediaan oksigen yang berasal dari tanaman setiap hari.
  2. Pencahayaan alami dengan memperbanyak jendela kaca. Agar rumah menjadi lebih hemat energi, maka Anda bisa renovasi rumah luas tanah 60 dengan penambahan jendela kaca, sehingga pada siang hari hanya tinggal membuka gordennya. Maka sinar matahari akan langsung masuk kedalam rumah. Pencahayaan alami ini akan membuat pemakaian energi listrik menjadi jauh lebih hemat. Hal ini juga bagus untuk memaksimalkan sistem ventilasi sehingga aliran udara yang masuk dan keluar lebih lancar.
  3. Penambahan furniture kayu yang multifungsi. Selanjutnya bagi Anda yang tinggal di rumah minimalis, terasa sesak dan menginginkan agar hunian tersebut lebih longgar. Maka cobalah untuk menambahkan furniture kayu yang modelnya multifungsi. Sehingga satu furniture bisa digunakan untuk beberapa manfaat sekaligus.
  4. Perluasan area keluarga. Anda juga dapat memperluas area keluarga, renovasi rumah luas tanah 60 ini bagus apalagi bagi yang sedang memiliki anak kecil. Sehingga buah hati bisa lebih bebas untuk bermain disana. Bisa ditambahkan juga dengan TV ataupun beberapa sarana hiburan lainnya. sehingga terasa lebih nyaman.

Memilih material yang tepat

Hasil pembangunan yang berkualitas ditentukan juga dari segi pemilihan material yang digunakan, berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

  1. Buat list daftar kebutuhan. Rencanakan secara matang maka nantinya Anda bisa mengetahui daftar material apa sajakah yang dibutuhkan. Hal ini juga digunakan untuk mengurangi resiko pembelian material secara berlebih atau mubadzir. Hal ini hanya akan memicu pemborosan.
  2. Pilihlah yang hemat biaya namun berkualitas. Tidak semua material yang berkualitas ditawarkan dengan harga yang mahal. Untuk itu konsumen bisa survey terlebih dahulu, mengingat ada banyak sekali toko bangunan yang menjualnya. Jika ingin tawaran harga lebih murah maka belilah yang berasal dari produsen pertama.
  3. Mempertimbangkan estetika atau tampilan. Jenis material yang digunakan juga sangat mempengaruhi tampilan atau hasil akhirnya. Itulah mengapa terkadang masyarakat membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk pilah-pilih tampilan material, karena menyesuaikan dengan selera mereka. Akan lebih bagus jika seandainya berkonsultasi dengan jasa arsitek terlebih dahulu, guna mendapatkan yang terbaik.
  4. Pertimbangan iklim atau kondisi cuaca yang ada di kawasan tersebut. Renovasi rumah luas tanah 60 pemilihan bahan atau materialnya juga harus disesuaikan dengan kondisi cuaca kawasan tersebut. Beberapa jenis material kurang cocok digunakan pada iklim kawasan tersebut. Sehingga akan membuatnya cepat rusak, ini juga harus dipertimbangkan dengan teliti karena berhubungan dengan perawatan kedepannya.
  5. Melihat budget. Setiap jenis material memiliki tawaran harga yang berbeda-beda, pertimbangan dari segi keuangan juga tak kalah penting. Sehingga anggaran tidak membengkak lebih besar dari jumlah yang sudah ditentukan. Jika ingin yang murah maka survey terlebih dahulu.

Tips dalam renovasi rumah agar hasilnya optimal

Untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan keinginan, maka berikut ini diantaranya kiat renovasi tersebut, yaitu:

  1. Mempersiapkan anggaran yang sesuai. Jangan lupa mengecek isi kantong sebelum renovasi. Karena kegiatan yang satu ini akan menghabiskan banyak dana. Sehingga harus diperhitungkan sejak awal.
  2. Memilih kontraktor yang tepat. Jika ingin hasilnya sesuai dengan ekspektasi maka cobalah untuk menggunakan jasa kontraktor. Sehingga nantinya Anda juga tidak akan ribet. Karena sudah ada yang memastikan perencanaan proyek sampai dengan ketersediaan sarana prasarana dan lain sebagainya.
  3. Riset terlebih dahulu. Khususnya riset harga material, jika ingin mendapatkan material terbaik dengan harga murah.
  4. Membuat rincian biaya secara detail. Setelah menemukan tempat membeli material yang tepat, selanjutnya adalah dengan riset jenis barang apa sajakah yang dibutuhkan juga berapa jumlahnya. Setelah itu lihat jumlah biaya yang harus Anda keluarkan.
  5. Mulailah eksekusinya. Tentunya sesuai dengan konsep awal yang sudah dipilih.

Susah-susah gampang memang untuk renovasi rumah luas tanah 60 apalagi dengan biaya terbatas.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *