Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Renovasi Rumah Lengkap dengan Berbagai Informasi yang dibutuhkan
Renovasi, Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Lengkap dengan Berbagai Informasi yang dibutuhkan 

Saat ini renovasi rumah selain menjadi kebutuhan juga menjadi trend. Ada orang yang merenovasi karena kebutuhan ada juga yang sekedar merombak rumahya karena bosan dengan tampilannya. Jika berbicara dalam konteks kebutuhan, sama seperti manusia bahwa bangunan juga memiliki usia, semakin tua usianya maka kondisinya akan semakin rapuh. Begitu juga dengan tampilannya yang tidak seindah ketika baru dibangun. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang melakukan renovasi rumah tersebut, dan juga guna mendapatkan tampilan baru yang pastinya lebih bagus dari sebelumnya. Hanya saja juga tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, meskipun mungkin tidak sebesar ketika membangun sebuah hunian baru.

Pengertian Renovasi Rumah

Melihat dari asal katanya, sebenarnya renovasi ini dapat dikatakan juga sebagai perombakan, yaitu sebuah kegiatan untuk merombak ulang hunian atau rumah. Tentunya sesuai dengan yang diinginkan, mulai dari ukuran, model sampai dengan tampilannya secara keseluruhan. Kegiatan merenovasi rumah ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Karena memang sudah cukup populer sejak dulu, bukan hanya rumah saja, karena setiap bangunan juga dapat direnovasi. Renovasi rumah ini pada dasarnya menjadi sesuatu yang sangat penting karena dapat menambah nilai dari hunian.

Mengapa Penting Melakukan Renovasi Rumah?

Patut untuk diketahui bahwa memang pada dasarnya renovasi ini menjadi kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan tak hanya pada bangunan tua, melainkan banyak diantara bangunan baru yang juga mendapatkan renovasi sesuai dengan kebutuhan pemiliknya tersebut. apalagi jika seandainya mereka sudah mulai bosan dengan tampilan bangunan yang itu-itu saja. Ada banyak diantara alasan penting dalam melakukan renovasi ini, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan kenyamanan

Semakin tua sebuah hunian, secara otomatis juga akan mempengaruhi kondisinya, seperti mudah bocor. Hal ini sudah pasti sangat berpengaruh terhadap kenyamanan bukan. Dengan melakukan renovasi pastinya akan kembali meningkatkan kenyamanan dari rumah tersebut. Bahkan meskipun renovasi atau perbaikan yang dilakukan hanya dalam skala kecil.

2. Mengikuti trend

Sekarang ini cukup marak rumah model minimalis, tak jarang juga banyak orang yang mencoba menerapkan konsep tersebut. Misalnya dengan renovasi rumah type 45 ataupun 36. Karena memang dengan memangkas ruangan ini juga akan menciptakan efisiensi tersendiri bagi penghuninya.

3. Meningkatkan nilai estetika

Banyak orang yang melakukan renovasi rumah tak lain dengan tujuan estetika. Karena menginginkan tampilan hunian lebih baru dan pastinya juga indah. Maka tak jarang mau mengeluarkan banyak uang hanya untuk menunjang kebutuhan tersebut. Mengingat jika dilihat semakin kesini modern atau trend sebuah bangunan juga senantiasa mengalami perubahan. Sehingga jika ingin lebih cantik tentunya harus dilakukan perombakan ulang.

4. Meningkatkan nilai fungsi

Sebut saja ketika Anda melakukan renovasi rumah type 36, karena ukurannya minimalis, terkadang ada beberapa hal yang tidak ada di dalam hunian tersebut, misalnya untuk dapur atau ruang keluarga. Dengan melakukan renovasi maka bisa juga menambahkan beberapa ruangan yang memang belum ada didalamnya.

5. Meningkatkan harga jualnya

Jangan salah karena faktanya hunian akan lebih mudah dijual dan juga harganya menjadi naik jika tampak baru, seperti dengan dilakukan renovasi tersebut, sebelum memutuskan untuk menjualnya. Karena memang tampak lebih menarik untuk dilihat. Sehingga mempengaruhi keinginan masyarakat untuk membelinya.

Baca Juga: Tips Melakukan Renovasi Rumah Murah dan Hal yang Harus Diperhatikan

Ide Desain Rumah Untuk Renovasi Rumah

Untuk mendapatkan tampilan hunian yang sesuai dengan keinginan maka hal utama yang harusnya dilakukan adalah dengan memilih ide atau tema. Berikut ini diantaranya beberapa ide untuk desain renovasi rumah cantik yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam merombak ulang hunian, yaitu:

1. Back to basic

Jika Anda termasuk orang yang menyukai kesederhanaan dan juga tampilan yang tidak neko-neko maka cocok untuk menerapkan desain yang satu ini. Back to basic ini adalah dengan mengganti cat dalam rumah dengan warna-warna dasar, seperti putih dan juga hitam. Sangat cocok untuk renovasi rumah type 36, karena memang dengan ukurannya yang minimalis, maka warna-warna darah ini akan membuatnya tampak lebih luas.

2. Gunakan warna baru ketika ingin melakukan renovasi

Agar tampilan tidak membosankan, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk mengganti warna-warna lama dengan yang baru. Karena memang terasa kurang nyaman ketika warna cat dalam rumah sudah mulai usang pengaruh waktu. Renovasi pada dasarnya tak harus dilakukan besar-besaran, cukup dengan mengecat ulang dinding sudah cukup. Namun harus berhati-hati dalam pemilihan warnanya.

3. Gunakan pola floral

Bagi Anda yang ingin renovasi rumah type 45, maka bisa mencoba ide yang satu ini. Yaitu menghidupkan suasananya dengan pola-pola cantik, layaknya floral, tidak akan terasa sempit untuk rumah berukuran tersebut. Bahkan ia akan membuat interior hasil renovasi jadi lebih hidup.

4. Memperkaya dengan material desain

Penambahan kekayaan visual juga jadi bagian yang sangat penting ketika Anda melakukan renovasi. Karena hal ini berhubungan dengan estetika hunian tersebut, misalnya adalah dengan penambahan batu alam di bagian dinding. Sepele, namun akan langsung meningkatkan nilai estetikanya. Selain itu wallpaper dinding juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Anda juga dapat mengganti lantai yang dulunya adalah keramik dengan bahan vinyl atau parket sehingga kesan visualnya lebih tampak.

5. Mengganti pencahayaan

Renovasi rumah type 36 yang paling penting memang dari segi pencahayaan. Karena bagaimanapun juga hunian yang satu ini memiliki luas yang terbatas. Sehingga jika Anda ingin memberikan kesan yang tampak lebih luas. Maka cahaya memiliki peran yang sangat penting. Perbanyak cahaya yang masuk dengan menggantikan dindingnya dengan kaca.

6. Back to nature

Sedangkan bagi yang menyukai rumah yang ramah lingkungan. Maka tak ada salahnya untuk renovasi rumah dengan konsep yang satu ini. dimana Anda bisa menyematkan lebih banyak tanaman hijau dalam rumah. Tak hanya memperindah ruangan, melainkan juga membuatnya lebih segar dan hidup. manfaatkan juga lingkungan terbuka untuk menyatukan antara alam dan rumah Anda.

7. Go industrial

Ini adalah konsep yang cukup populer di luar negeri, dimana nantinya Anda bisa mengekspos material yang digunakan dalam pembuatan hunian tersebut. Membiarkan batu bata terlihat begitu saja sebagai material pembuatannya tanpa harus ditutup. Hal ini sudah pasti akan membuat tampilannya tidak monoton.

8. Update dengan furniture baru

Selanjutnya Anda juga dapat upgrade menggunakan furniture yang baru, apalagi sekarang ini jika berbicara mengenai model-model furniture yang hadir di pasaran juga semakin banyak. Termasuk diantaranya adalah yang baru, sehingga meningkatkan kenyamanan dan juga tampilan hunian tersebut. Pada renovasi rumah type 45 penambahan furniture yang ukurannya lebih besar bahkan dapat dijadikan sebagai pilihan.

Tips hemat dalam Renovasi Rumah

Bagi Anda yang ingin lebih hemat dalam melakukan renovasi, apalagi jika seandainya budget yang dimiliki juga terbatas. Maka tidak perlu khawatir karena tetap ada jalan untuk melakukannya, berikut ini diantara tipsnya yang bisa diikuti, yaitu:

1. Buat bagan prioritas terlebih dahulu

Dengan adanya bagan yang menggambarkan prioritas renovasi ini, maka nantinya akan mempermudah bagi Anda dalam mengatur keuangan. Yaitu dengan membelanjakan uang tersebut untuk keperluan membeli material yang paling penting terlebih dahulu, dilanjutkan dengan material-material lain yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Membeli material bekas

Tak harus selalu material baru, karena nyatanya Anda juga dapat mengandalkan material bekas yang banyak dijual di pasaran. Asalkan pintar-pintar dalam memilih, maka nantinya Anda bisa mendapatkan yang kualitasnya tak kalah bagus dengan material baru. Pastinya juga dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Beli bahan bangunan yang di diskon

Selanjutnya Anda bisa memilih untuk membeli material yang dijual dengan harga diskon. Tak jarang promo khusus ini yang bisa Anda jumpai di toko material. Hal ini tentunya secara otomatis akan menghemat pengeluaran Anda bukan.

4. Beli langsung material dari tangan pertama

Jika ingin harga yang lebih murah, maka jangan beli di toko material, melainkan langsung pada tangan pertama. Misalnya adalah di pabrik pembuatan batako, genteng, begitu juga pada mereka yang menjual pasir dan sejenisnya. Sudah pasti dari segi harganya lebih hemat dibandingkan dengan membeli dari toko bangunan bukan.

5. Melakukan renovasi dalam jangka panjang dan bertahap

Anda juga bisa mencoba cara yang satu ini dalam renovasi rumah agar terkesan lebih hemat biaya, yaitu dilakukan secara bertahap. Memang termasuk dalam renovasi jangka panjang, namun nantinya Anda tidak akan terlalu keberatan dalam hal biaya, karena dilakukan sedikit demi sedikit.

6. Pilih renovasi dengan konsep minimalis

Tak bisa dipungkiri jika seandainya rumah minimalis menjadi primadona bagi masyarakat saat ini. Karena selain lebih efisien maka biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatannya juga tidak begitu mahal. untuk itulah maka bisa dijadikan sebagai ide untuk perombakan hunian Anda dengan biaya yang lebih murah.

Cara menghitung biaya untuk Renovasi Rumah

Agar nantinya budget yang dikeluarkan tidak melebar kemana-mana, sesuai dengan keuangan Anda. Maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung biaya guna kebutuhan renovasi ini, berikut ini diantaranya:

1. Buat skala prioritasnya

Memang dalam hal renovasi terkadang keinginan begitu banyak, belum lagi dengan saran-saran yang masuk. Jika seandainya Anda mengikuti semuanya sudah pasti akan membuat biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Untuk itulah maka sangat penting bagi Anda dalam membuat skala prioritas terlebih dahulu. Sehingga nantinya keuangan juga lebih tertata sesuai porsinya.

2. Menghitung jasa tukang

Salah satu hal yang menghabiskan banyak biaya dalam melakukan renovasi adalah jasa tukang. Ada 2 pilihan sebenarnya, yaitu dengan menggunakan tukang harian dan juga menggunakan sistem borongan. Nantinya bisa Anda perhitungkan terlebih dahulu sebelum eksekusinya. Jika menggunakan sistem borongan maka tinggal bayar dan terima jadi, namun jika tukang harian diperhitungkan pekerjaan berdasarkan hari.

3. Hitung kebutuhan material

Bagi yang masih awam terkadang memang agak sulit dalam menentukan jenis dan juga jumlah material yang harus dibeli. Itulah mengapa penting sekali dalam melakukan konsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda tidak berlebihan dalam membeli material, sehingga berujung pada pemborosan. Umumnya mereka juga akan memberikan rekomendasi mengenai material yang harganya terjangkau dan berkualitas.

Setidaknya itulah beberapa hal yang patut untuk Anda perhatikan sebelum melakukan renovasi rumah, setiap orang tentunya ingin tinggal didalam rumah impian mereka. Hanya saja masalah biaya harus diperhitungkan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *