Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Ini Dia Tips Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis yang Bisa Anda Tiru
Renovasi, Renovasi Rumah

Ini Dia Tips Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis yang Bisa Anda Tiru 

Rumah minimalis saat ini menjadi desain hunian yang sangat tren dan banyak diminati oleh masyarakat, khususnya di kalangan generasi millennial. Rumah minimalis memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan desain rumah lainnya. Dimana rumah minimalis dekorasi yang lebih simpel, sederhana, praktis, namun tetap enak untuk dipandang dan elegan. Konsep rumah minimalis ini sangat tepat sekali diterapkan bagi Anda yang ingin memiliki rumah yang nyaman namun memiliki keterbatasan lahan. Atau bisa juga menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan suasana baru untuk suatu hunian. Seperti ketika memiliki rumah kuno maka melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis akan sangat cocok sekali untuk penyegaran.

Pengertian Renovasi Rumah

Renovasi menjadi sesuatu yang kerap dilakukan pada suatu bangunan hunian. Renovasi biasanya dilakukan saat kondisi rumah, baik bagian interior maupun eksteriornya dirasa perlu diremajakan kembali. Namun ada juga orang yang melakukan renovasi lantaran sudah merasa bosan dengan desain, bentuk, atau struktur tertentu. Sehingga melakukan renovasi sekedar karena menginginkan suasana yang baru. Seperti ketika melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis agar memberikan suasana yang baru pada hunian yang di tinggali.

Renovasi adalah proses memperbaiki, memperbaharui, atau mengubah bangunan rumah. Renovasi tidak hanya terbatas untuk sesuatu yang berkaitan dengan struktur atau bentuk bangunan saja. Namun juga termasuk mengembangkan interior rumah dan eksterior, seperti perawatan garasi, taman, halaman, dll. Perbaikan bangunan luar seperti gazebo pun juga bisa dikatakan sebagai renovasi. Dalam melakukan renovasi, umumnya memiliki tujuan agar mendapatkan kenyamanan, keamanan, estetika atau keindahan, penambahan ruang, hingga untuk pemeliharaan.

Pengertian Rumah Minimalis

Bagi orang awam, saat mendengar istilah rumah minimalis biasanya akan menganggap jika rumah minimalis adalah rumah yang berukuran kecil. Namun hal ini ternyata pengertian ini sangatlah tidak benar. Dalam dunia arsitektur, sebenarnya tidak ada istilah rumah minimalis. Yang ada adalah aliran arsitektur modern. Istilah minimalis ini muncul lantaran untuk menyebut gaya arsitektur modern yang mana dalam penerapannya mengurangi unsur-unsur dekoratif dan ornamen-ornamen. Gaya arsitektur modern atau konsep rumah minimalis meniadakan unsur dekoratif dan ornamen, namun lebih menonjolkan pada fungsi.

Rumah minimalis semula merupakan rumah sederhana yang dibangun dengan menggunakan bahan yang seadanya. Dengan harga tidak mahal, namun bisa menghasilkan bentuk bangunan yang estetik dan layak untuk dihuni. Dalam perkembangannya, rumah minimalis modern memiliki pengertian lain, yaitu rumah yang didesain dengan unik, rapi, bersih tanpa adanya ornament. Terkesan mungil, sangat presisi, serta menggunakan warna yang lebih berani agar tampak menarik.

Di zaman sekarang, gaya atau konsep rumah minimalis sangat diminati oleh masyarakat lantaran berbagai alasan berikut ini:

  1. Praktis.
  2. Dekorasi rumah lebih mudah.
  3. Sederhana.
  4. Jauh lebih mudah untuk dibersihkan.
  5. Minimalisasi furniture.
  6. Minimalisasi aksesoris rumah.
  7. Lebih hemat, karena tidak perlu banyak dekorasi atau ornamen-ornamen.
  8. Gaya rumah minimalis tidak lekang oleh waktu.
  9. Udara lebih bebas, karena biasanya rumah minimalis menggunakan teknik decluttering, yaitu membuang barang-barang yang tidak terpakai.

Karena memiliki banyak kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan, tak heran jika banyak yang membangun atau merenovasi rumah mereka menjadi rumah minimalis. Seperti yang biasanya sering dilakukan adalah melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Renovasi Rumah

Renovasi rumah banyak dilakukan oleh orang-orang dengan tujuan untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, estetika atau keindahan, penambahan ruang, hingga untuk pemeliharaan. Jika Anda melakukan renovasi untuk mendapatkan model rumah yang baru, misalnya renovasi rumah kuno jadi minimalis, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Tentukan anggaran terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan renovasi, misalnya renovasi rumah kuno jadi minimalis, yaitu harus menentukan anggaran terlebih dahulu. Saat membuat anggaran biaya renovasi, masukkan estimasi keseluruhan. Mulai dari biaya untuk desain, biaya tukang, biaya bahan material bangunan, serta keperluan finishing seperti membeli perabotan rumah hingga untuk proses pembersihannya. Susun secara mendetail agar tidak ada rincian biaya yang terlewat. Sebaiknya miliki juga dana cadangan untuk mengantisipasi jika ada pengeluaran sewaktu-waktu yang tidak terduga dan menyebabkan pengeluaran melebihi biaya perencanaan. Berikan batasan tertentu untuk anggaran biayanya. Misalnya jika Anda merencanakan untuk merenovasi dapur, maka jangan sampai melakukan renovasi bagian lain agar anggaran tidak membengkak.

2. Gunakan jasa renovasi rumah

Sekilas ide ini terdengar hanya buang-buang uang saja. Terlebih jika mengetahui untuk pembayaran jasa renovasinya cara perhitungannya adalah biaya renovasi rumah per meter luas bangunan. Sehingga jika jasa renovasi yang ditunjuk sudah ternama, tarifnya biasanya juga akan lebih besar dan perlu biaya banyak untuk menggunakan jasanya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Karena justru dengan menggunakan jasa renovasi rumah, Anda akan dimudahkan untuk melakukan renovasi rumah yang sesuai dengan anggaran yang disiapkan. Karena Anda hanya perlu memberikan informasi mengenai renovasi seperti apa yang diinginkan. Lalu kemudian pihak jasa renovasi akan menjalankan pekerjaannya sesuai dengan ekspektasi tanpa mengganggu anggaran yang Anda miliki. Namun mengingat ada juga kasa renovasi yang belum terpercaya, maka Anda perlu selektif saat mencari jasa renovasi rumah.

3. Gunakan material yang berkualitas

Melakukan renovasi rumah bukanlah sekedar untuk mendapatkan tampilan yang lebih estetika saja, namun juga harus memperhatikan kualitas dari setiap material yang digunakan dalam membangun. Anda tentunya tidak mau bukan jika bangunan yang direnovasi menjadi cepat rusak kembali. Entah itu ketika renovasi ruang tamu, renovasi dapur, atau bagian-bagian rumah yang lainnya. Maka dari itu, agar bangunan bisa awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak, perlu menggunakan material yang sudah teruji kuat dan tahan lama. Sehingga saat membeli material yang dibutuhkan untuk renovasi rumah, Anda perlu selektif memilih yang berkualitas bagus. Misalnya ketika membeli material metal yang digunakan sebagai kerangka konstruksi, sebaiknya pilih yang terbuat dari baja karena lebih kuat dan fleksibel saat menghadapi berbagai musim, baik penghujan maupun kemarau.

4. Kenali struktur bangunan rumah

Sebelum mulai melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagian mana dari bangunan yang masih bisa dipertahankan dan yang tidak. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah bangunan dengan desain baru yang dirancang bisa menyatu dengan struktur bangunan yang lama. Sehingga diharapkan tidak menimbulkan masalah pada bangunan ke depannya.

5. Pilih desain dan fungsi yang tidak lekang waktu

Beberapa orang ada yang melakukan renovasi rumah dengan tujuan untuk memperbaharui desain rumahnya sebagai penyegaran agar tidak monoton. Hal ini memang sah-sah saja dilakukan. Namun ada baiknya memilih desain bangunan yang timeless atau tidak lekang oleh waktu. Sehingga ketika rumah desainnya tidak berganti 20 tahun ke depan pun tidak akan terlihat kuno dipandang. Dari segi biaya pun juga bertujuan agar Anda juga bisa berhemat untuk tidak terlalu sering melakukan renovasi. Terlebih jika menggunakan jasa renovasi, biasanya biaya renovasi rumah per meter cara hitungnya. Untuk desain rumah yang dirasa tidak akan lekang oleh waktu, contohnya seperti rumah bergaya minimalis.

Baca Juga: Lakukan Tips-tips Berikut Agar Biaya Renovasi Rumah Tidak Membengkak

Tips Renovasi Rumah Kuno Jadi Minimalis

Desain rumah minimalis yang mengusung konsep sederhana namun terlihat cantik membuat banyak orang tertarik untuk menerapkannya pada hunian yang dimiliki. Alhasil banyak masyarakat saat ini yang membangun ataupun merenovasi rumahnya agar bisa bergaya minimalis. Bagi Anda yang juga berencana melakukan demikian, misalnya melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis, maka sebaiknya lakukan tips-tips berikut ini agar prosesnya berjalan lancar, yaitu:

1. Pilih warna klasik

Warna klasik yang sebaiknya digunakan saat memilih gaya minimalis, seperti warna hitam, putih, dan abu-abu. Warna-warna klasik ini sangat membantu agar ruangan terlihat lebih luas. Hal ini bisa Anda terapkan ketika renovasi ruang tamu atau bagian rumah lainnya.

2. Gunakan bahan-bahan yang tembus cahaya matahari

Jika Anda melakukan renovasi rumah kuno jadi rumah minimalis, maka bahan yang demikian akan membuat rumah jauh dari kata kumuh. Selain itu, menggunakan bahan yang tembus cahaya matahari juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

3. Hindari adanya dinding permanen untuk ruangan multiguna.

Rumah minimalis biasanya memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Sehingga meminimalisir adanya dinding permanen akan memberikan kesan luas pada ruangan multiguna.

4. Ganti dinding dengan pintu geser

Pilihan berupa pintu geser akan membantu menghemat tempat. Selain itu, adanya pintu geser bisa digunakan sekaligus untuk mempermanis tampilan rumah.

5. Tempat tidur sudut.

Kasur ini terbilang sangat praktis dan elegan digunakan.

6. Pilih garis vertikal atau horizontal agar tampilan interior rumah terlihat lebih luas

Selain bisa menimbulkan kesan chic, pilihan garis-garis untuk rumah minimalis akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan rapi.

7. Membuat meja makan yang berukuran kecil namun elegan

Meja makan yang berukuran kecil akan membuat tampilan rumah terlihat lebih elegan dan nyaman ditempati.

8. Gunakan foto kanvas tanpa harus berfigura agar ruangan terlihat semakin cantik

Foto tanpa pigura sangat tren akhir-akhir. Untuk rumah minimalis, adanya foto kanvas tanpa pigura bisa mempercantik ruangan.

9. Letakkan barang-barang yang ada di rumah secara artsitik.

Barang-barang, seperti lukisan, rangkaian bunga, dll akan sangat cocok diletakkan di rumah minimalis karena bisa mempermanis ruangan. Hal ini bisa Anda terapkan ketika renovasi ruang tamu atau bagian rumah lainnya.

10. Gunakan gantungan baju tanpa lemari.

Penggunaan gantungan baju sebagai pengganti lemari bisa membuat tampilan ruangan terlihat manis, asalkan ditata dengan rapi.

11. Hemat penggunaan lampu dengan meminimalisasi dinding.

Karena meminimalisir adanya penyekat berupa dinding, selain bisa membuat ruangan lebih luas juga bisa menghemat penggunaan lampu ruangan. Secara keseluruhan Anda bisa menghemat penggunaan daya listrik karena penggunaan lampu yang bisa diminimalisir.

12. Gunakan furniture portable kekinian.

Menggunakan furniture yang portable, dimana memiliki roda dan mur yang memungkinkan untuk dilipat akan memudahkan Anda dalam mengatur ruangan.

Melakukan renovasi rumah memang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Namun jika Anda melakukan renovasi rumah dengan tujuan untuk mengubah model atau desain rumah menjadi minimalis, maka berbagai tips yang sudah dibagikan di atas bisa Anda terapkan. Agar renovasi rumah bisa berjalan lancar, pastikan untuk melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Terutama jika Anda menggunakan jasa renovasi rumah, pastikan mencari tahu tarif biaya renovasi rumah per meter dari berbagai jasa renovasi agar bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *