Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Renovasi Ruang Tamu yang Hemat Biaya dengan Hasil Optimal
Renovasi, Renovasi Ruang tamu

Tips Renovasi Ruang Tamu yang Hemat Biaya dengan Hasil Optimal 

Ruang tamu adalah wajah dari interior rumah Anda, itulah mengapa harus diperhatikan tampilannya. Karena sesuai dengan namanya maka area yang satu ini digunakan untuk menerima tamu, semua tamu yang masuk atau datang pasti akan menempati area tersebut. Jika kondisinya sudah tidak cantik lagi, maka wajib bagi Anda melakukan perombakan ulang atau renovasi. Renovasi ruang tamu ini juga susah-susah gampang untuk dilakukan. Apalagi jika seandainya budget Anda terbatas.

Pengertian

Renovasi sendiri artinya adalah perombakan, penataan ulang atau perbaikan. Dapat dilakukan di setiap bagian rumah, mulai dari kamar tidur, dapur sampai dengan ruang tamu dan berbagai area lainnya. Ruang tamu mencerminkan area lain yang ada di dalam rumah. Itulah mengapa kerap kali banyak orang yang mengutamakan untuk renovasi area yang satu ini. Baik itu sekedar mengganti furniture sampai dengan membobol ulang bagian dindingnya untuk dibuat lebih luas dari sebelumnya.

Alasan renovasi ruang tamu

Sebenarnya ada banyak sekali alasan yang membuat renovasi biasanya dilakukan pada ruang tamu, diantaranya adalah:

  1. Merubah tampilan. Tampilan baru maka akan menciptakan suasana baru juga di dalam rumah. Renovasi ini memang kerap kali dilakukan dengan tujuan merubah tampilannya. Sehingga Anda juga akan mendapatkan suasana baru. bahkan tak jarang orang-orang yang merenovasi area ruang tamu ini setahun sekali untuk mengganti suasana.
  2. Meningkatkan kenyamanan. Renovasi juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan ruangan tersebut. Karena memang beberapa area diperbaiki, pastinya semakin nyaman untuk di tinggali.
  3. Meningkatkan nilai estetika. Peningkatan nilai estetika akan membuat harga jual dari bangunan juga semakin tinggi. Apalagi untuk Anda yang memang berencana menjual hunian tersebut. Jika ingin cepat laku dan pasaran harganya meningkat, maka cobalah untuk merenovasinya terlebih dahulu. Memang ada biaya yang harus dikeluarkan, namun sebanding juga dengan peningkatan nilainya.

Ide konsep merenovasi ruang tamu

Sebelum Anda melakukan renovasi ruang tamu maka ada baiknya memiliki konsep terlebih dahulu. Sehingga nantinya eksekusi jadi lebih mudah, berikut ini diantara ide-idenya, yaitu:

  1. Perubahan warna dinding. Suasana berbeda jadi lebih nyaman dengan melakukan perubahan pada warna cat dinding Anda tersebut. Nantinya bisa memilih warna-warna cerah atau kalem. Meskipun sepele namun memberikan hasil yang jauh berbeda dari sebelumnya. Bahkan dalam mengecat dinding rumah ini hendaknya dilakukan secara rutin dan sering, untuk menjaga tampilannya tetap cantik.
  2. Menambahkan tekstur pada ruangan. Selain dengan perubahan warna, maka salah satu cara untuk membuat tampilan ruang tamu semakin upgrade kekinian adalah memberikan tekstur, misalnya adalah dengan menempatkan karpet pada area lantai. Selain memperindah sebenarnya hal ini juga bisa membuat lantai tempat berpijak semakin nyaman, apalagi pada ruang tamu.
  3. Menambah dan mengurangi furniture. Jika seandainya masalah Anda pada ukuran rumah tersebut yang sempit atau minimalis. Maka cobalah untuk menerapkan konsep ini, yaitu menambah, mengganti furniture lama yang ukurannya besar menjadi yang lebih minimalis atau dengan mengurangi furniture yang tidak begitu dibutuhkan. Tempatkan di dalam gudang sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang.
  4. Mengatur kembali pencahayaan. Ruang tamu yang ideal adalah yang memiliki pencahayaan cukup. Andalkan pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari, apalagi pada siang hari, Anda bisa menempatkan jendela kaca, ditutup dengan menggunakan tirai, pada siang hari dapat dibuka untuk membuat cahaya matahari masuk ke dalamnya. Renovasi ruang tamu semacam ini juga lebih ramah lingkungan, karena biaya listrik yang harus dikeluarkan nantinya tidak begitu besar.

Pemilihan material terbaik

Agar mendapatkan material terbaik dengan biaya yang minim, maka berikut ini diantara tips yang bisa Anda pakai, yaitu:

  1. Buatlah skala prioritas. Bagaimanapun jika berbicara mengenai renovasi ini tidak bisa langsung dilakukan secara menyeluruh. Apalagi jika budget Anda terbatas, maka tentukan atau buat skala prioritasnya terlebih dahulu. Bagian mana yang pertama kali harus diubah, material apa sajakah yang harus dibeli.
  2. Mengandalkan material bekas. Agar lebih hemat budget, maka Anda juga bisa mengandalkan bahan bangunan atau material bekas saja. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan material yang baru. Hanya saja memang harus lebih selektif dalam memilih untuk mendapatkan yang terbaik. Sehingga meskipun bekas namun kuat, bisa tahan lama digunakan.
  3. Selektif dalam memilih toko material. Pemilihan toko yang menjual bahan bangunan tersebut juga tidak kalah penting, karena berbeda toko faktanya harga yang ditawarkan juga jauh berbeda. Jika memang butuh dalam jumlah banyak maka bisa langsung membeli dari produsen atau tangan pertamanya. Harga jauh lebih murah dari toko bangunan biasa.
  4. Belilah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Artinya jangan berlebihan karena nanti tidak akan digunakan. Jadi Anda dapat merinci kebutuhannya terlebih dahulu sebelum membeli material, jadi lebih hemat biaya.

Tips merenovasi ruang tamu yang hemat biaya

Dalam melakukan renovasi ruang tamu jumlah biaya atau budget yang Anda miliki sangat mempengaruhi hasil pengerjaan, apakah bisa optimal atau tidak. Agar lebih hemat biaya, namun mendapatkan hasil maksimal. Maka berikut ini tips yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  1. Mengganti cat dinding dengan yang cerah. Anda bisa melakukan pergantian pada warna cat dinding, dari warna lama menjadi warna baru, pemilihan warna paling aman sebenarnya adalah warna-warna cerah. Selain memberikan kesan rumah yang lebih luas, sebenarnya warna cerah ini mudah untuk dipadu-padankan dengan warna furnitur yang lainnya.
  2. Tambahkan hiasan dinding. Selain dengan mengganti warna catnya, maka yang tidak kalah penting adalah dengan menambahkan hiasan dinding. Contohnya saja adalah lukisan besar, cermin ataupun wallpaper jika tidak ingin kesan dinding monoton. Cara yang satu ini efektif untuk mengupgrade tampilan ruang tamu, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
  3. Menambahkan tanaman hias. Namun jika seandainya Anda ingin konsep ramah lingkungan, terkesan lebih segar di dalam ruang, maka cobalah untuk menyematkan tanaman hiasan di dalam rumah tersebut, bunga atau sejenisnya. Namun jika Anda ingin menambahkan tanaman hias, maka pencahayaan dari matahari juga harus cukup. Sehingga tanaman bisa terus tumbuh. Kesan alami juga bisa didapatkan dengan menempatkan sebuah aquarium di dalam ruang tamu tersebut.
  4. Menghias area lantai. Jangan biarkan lantai dalam kondisi yang kosong atau monoton. Cobalah untuk menempatkan hiasan pada area tersebut. Misalnya dengan menambahkan karpet. Sekarang ini ada banyak sekali pilihan material atau bahan untuk karpet, begitu juga dengan motifnya yang unik. Jadi ruangan tampak lebih berwarna atau tidak monoton.

Itulah setidaknya beberapa tips hemat biaya dalam melakukan renovasi ruang tamu. Pertimbangannya bukan hanya dari segi keindahan, melainkan juga kenyamanan Anda dan orang yang akan datang ke rumah untuk bertamu.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *