Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Agar Lebih Hemat Biaya Renovasi Kamar Tidur Anak
Renovasi, Renovasi Kamar

Tips Agar Lebih Hemat Biaya Renovasi Kamar Tidur Anak 

Kamar tidur termasuk dalam ruangan penting yang ada dalam rumah. Fungsinya adalah sebagai tempat istirahat dan juga privacy. Itulah mengapa banyak orang yang rela mengeluarkan budget dalam jumlah besar hanya untuk kebutuhan renovasi. Renovasi kamar tidur ini memang tidak seperti merenovasi bagian rumah yang lainnya. Karena memang biaya atau budget yang dikeluarkan terbilang lebih kecil atau terbatas, dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Pengertian

Renovasi dapat dikatakan sebagai perbaikan atau perombakan bangunan, entah itu bagian-bagian kecil saja maupun renovasi dalam intensitas atau ukuran besar. Biaya yang harus dikeluarkan untuk renovasi memang tergantung dari seberapa besar bagian yang ingin dirombak. Jika perombakan dilakukan secara total, maka biaya yang harus dikeluarkan juga besar, begitu juga sebaliknya. Sehingga ada banyak hal yang patut dipertimbangkan sebelum memulai kegiatan renovasi ini, tidak bisa dilakukan semaunya.

Alasan melakukan renovasi

Faktanya bukan hanya satu atau dua orang saja yang melakukan renovasi pada rumah atau bangunan mereka. Melainkan ada banyak sekali bahkan hampir semua orang yang memiliki rumah pasti akan merenovasinya, berikut diantara alasannya, yaitu:

  1. Meningkatkan keamanan. Bangunan pada dasarnya memiliki usia sama seperti manusia. Ketika usia bangunan tersebut sudah tua maka rentan sekali mengalami kerusakan. Mulai diantaranya adalah retak, bocor sampai dengan resiko roboh jika terkena angin kencang. Itulah mengapa kegiatan renovasi sebenarnya ditujukan untuk meningkatkan keamanan penghuni rumah tersebut.
  2. Meningkatkan kenyamanan. Selain keamanan, maka renovasi kamar tidur juga bermanfaat dalam meningkatkan kenyamanan. Karena banyak bagian yang diperbaiki, sehingga kondisinya lebih baik dari sebelumnya. Mengganti furniture baru sampai dengan memperbaiki bagian-bagian yang mengalami kerusakan. Hal ini tak lain untuk meningkatkan kenyamanan ketika beristirahat dalam kamar.
  3. Investasi. Jangan salah karena nyatanya hunian yang bagus dan nyaman juga memiliki harga jual yang meningkat lebih tinggi dari sebelumnya. Itulah mengapa merenovasi rumah sebenarnya dapat dijadikan sebagai investasi, karena otomatis harga properti juga semakin mahal atau tinggi dibandingkan dengan sebelum direnovasi.
  4. Menambah nilai fungsi bangunan. Tak jarang beberapa orang sengaja merenovasi rumah mereka untuk menambah bagian tertentu. Misalnya adalah pembuatan kamar baru karena memang jumlah anggota keluarganya bertambah atau sejenisnya. hal ini tak lain untuk meningkatkan nilai fungsi dari bangunan tersebut.

Pilihan desain kamar tidur anak

Saat melakukan renovasi kamar tidur anak-anak, pastikan bahwa Anda sudah memiliki konsep atau desain kamar seperti apa yang ingin dibuat. Sehingga mempermudah dalam pengerjaannya, berikut ini diantara ide desain yang dapat Anda tiru, yaitu:

  1. Kamar tidur konsep animasi. Pada masa anak-anak imajinasi mereka berkembang dengan baik. Sehingga tak ada salahnya untuk merombak kamar tidur dalam bentuk atau konsep kartu, hal ini memungkinkan mereka berpikir menjadi lebih kreatif. Perombakan ini bisa dilakukan mulai dari bagian dinding yang ditambah dengan gambar karakter maupun juga furniture yaitu ranjang yang memiliki banyak motif.
  2. Kamar tidur minimalis. Belakangan ini memang begitu populer rumah dengan konsep minimalis. Sehingga membuat ruangan yang ada didalamnya juga dibuat seminimalis mungkin. Termasuk diantaranya adalah kamar tidur. Cocok untuk anak-anak yang tidak membutuhkan terlalu banyak ruang. Selain itu juga mempermudah dalam merawatnya.
  3. Kamar tidur dengan gaya skandinavian. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah beranjak dewasa, maka renovasi kamar tidur bisa mencoba konsep atau desain yang satu ini. membuat mereka menjadi lebih nyaman dan bebas dari stress.
  4. Minimalis dengan 2 buah tempat tidur. Orang tua yang ingin lebih praktis, dimana memiliki 2 anak yang jarak usianya tidak jauh berbeda dengan jenis kelamin yang sama. Maka bisa menggabungkan kamar mereka menjadi satu. Diantaranya adalah dengan mencoba model atau konsep yang satu ini, 2 buah tempat tidur di dalamnya. Memungkinkan dua bersaudara tersebut menjadi lebih akrab karena berada di kamar yang sama.

Tips memilih material

Memiliki material untuk renovasi kamar tidur anak juga tidak boleh dilakukan sembarangan, untuk mendapatkan hasil optimal, maka berikut ini tipsnya, yaitu:

  1. Perhitungkan budget. Sebelum membeli material, maka harus memiliki budget yang cukup untuk pembeliannya tersebut. Itulah mengapa penting sekali bagi Anda untuk memperhitungkan berapa kira-kira uang yang dimiliki, disesuaikan dengan konsep yang diinginkan. Meskipun budget terbatas sebenarnya Anda tetap bisa melakukan renovasi, membeli material dengan harga murah, seperti diantaranya adalah material bekas.
  2. Survey harga. Karena ada begitu banyak toko material yang menjual bahan bangunan tersebut. Pastinya pasaran harga yang ditawarkan juga berbeda-beda, untuk itulah maka melakukan survey harga adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jadi Anda bisa mendapatkan pasaran harga termurah sesuai dengan budget yang dimiliki.
  3. Jumlah sesuai kebutuhan. Jangan lupa Anda mencatat jumlah material yang dibutuhkan untuk kegiatan renovasi tersebut. Sehingga nantinya yang dibeli tidak berlebihan atau mubadzir. Bagi yang masih pemula atau awam dalam kegiatan pembangunan atau renovasi ini, maka lebih baik untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan arsitek atau ahlinya.
  4. Kualitas material. Setiap jenis material diproduksi oleh produsen yang berbeda-beda. Hal tersebutlah yang membuat kualitas dari masing-masing material juga berbeda. Jadi penting sekali bagi Anda untuk mempertimbangkan merk dari material tersebut atau produsen yang membuatnya. Namun harus diketahui bahwa kualitas mempengaruhi harga dari material tersebut.

Tips melakukan renovasi kamar anak hemat biaya

Dalam melakukan renovasi kamar tidur anakagar tidak memakan banyak biayamaka berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

  1. Gunakan material bekas. Tak harus material baru, jika ingin biayanya lebih hemat maka Anda bisa mengambil alternatif membeli material bekas. Umumnya harga yang dikeluarkan lebih terjangkau, asalkan pintar dalam memilih maka bisa mendapatkan kualitas terbaik.
  2. Cobalah bermain dengan warna. Pada dasarnya anak-anak menyukai sesuatu yang berwarna-warni. Termasuk untuk urusan kamar tidur, itulah mengapa tak harus keluar biaya besar, cukup bermain dengan warna saja.
  3. Diskusikan dengan buah hati. Karena yang menempati kamar tersebut bukan hanya Anda, melainkan buah hati Anda. Maka penting untuk melakukan diskusi terlebih dahulu dengan buah hati Anda, desain atau konsep seperti apa yang mereka inginkan, sehingga nantinya lebih nyaman untuk ditempati.
  4. Survey. Melakukan survey juga jadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena bisa berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Berbeda toko material maka harga bahan bangunan yang harus dikeluarkan juga relatif berbeda. Untuk itu agar tidak menyesal jangan langsung memutuskan membeli di satu tempat, melainkan lakukan survey terlebih dahulu.

Renovasi kamar tidur anak ini memang jadi hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Jadi harus dipertimbangkan secara cermat mulai dari perencanaan sampai dengan proses pengerjaannya hingga selesai.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *