Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Renovasi Kamar Minimalis Agar Nampak Lebih Luas
Renovasi, Renovasi Rumah

Tips Renovasi Kamar Minimalis Agar Nampak Lebih Luas 

Rumah minimalis belakangan menjadi desain hunian yang banyak diminati masyarakat. Bukan tanpa alasan, melainkan karena keberadaan dari lahan yang semakin sempit, ditambah dengan harga lahan yang kian mahal. Maka membuat banyak orang memilih rumah dengan konsep minimalis, karena dalam pembuatannya tidak memakan banyak biaya, namun multifungsi. Sejalan dengan hal tersebut maka kamar tidur minimalis juga lebih diminati dijadikan sebagai tempat beristirahat. Renovasi kamar minimalis ini belakangan banyak dilakukan. Dibandingkan dengan pembuatan, maka biaya untuk renovasi ini terbilang lebih irit.

Pengertian

Dalam dunia konstruksi, istilah renovasi ini dapat diartikan sebagai perombakan, pembangunan kembali atau perbaikan. Apalagi jika seandainya bangunan tersebut sudah tua, maka beberapa bagian terkadang sudah tidak berfungsi secara optimal. Mempengaruhi kenyamanan penghuninya juga. Sehingga mau tak mau harus dirombak kembali, sehingga nantinya tetap layak digunakan sebagai tempat tinggal. Perombakan tersebut bisa dilakukan hanya di satu bagian kecil saja atau keseluruhan bangunan.

Alasan melakukan renovasi

Kegiatan renovasi ini dilakukan tentunya juga bukan tanpa alasan. Berikut ini diantaranya beragam alasan yang menuntut seseorang untuk renovasi bangunan mereka, yaitu:

  1. Ingin menjual hunian tersebut. Bangunan berusia tua yang kondisinya sudah tidak karuan, tampilannya jelek, bahkan juga tak berfungsi sebagaimana mestinya. Membuatnya sulit untuk dijual, jikapun dijual maka harganya akan sangat murah. Itulah mengapa banyak orang mempertimbangkan untuk merenovasi atau memperbaikinya terlebih dahulu sebelum ditawarkan, karena hal ini membuat harga jual bangunan tersebut jadi lebih tinggi.
  2. Ditujukan untuk komersial. Renovasi kamar minimalis juga kerap kali dimaksudkan untuk tujuan komersial. Seperti diantaranya adalah kamar tersebut akan disewakan, untuk kos-kosan dan sejenisnya. Jika tampilan atau kondisinya bagus, maka harga jualnya atau biaya sewanya otomatis akan meningkat lebih tinggi dari sebelumnya.
  3. Meningkatkan nilai estetika. Hunian yang cantik atau indah akan membuat Anda semakin nyaman atau betah berada disana. Ini adalah alasan kebanyakan masyarakat melakukan renovasi pada hunian mereka, khususnya adalah kamar yang digunakan sebagai tempat untuk beristirahat.
  4. Mengikuti trend yang ada. Desain interior juga senantiasa mengalami perubahan sama halnya seperti item fashion. Sehingga bukan hal yang baru lagi jika seandainya masyarakat melakukan renovasi sekedar untuk mengikuti trend yang berkembang saat ini.
  5. Menambah kenyamanan dan keamanan. Kondisi bangunan yang sudah tua dan banyak terdapat kerusakan dimana-mana, pastinya akan membuat penghuninya merasa kurang nyaman tinggal disana bukan. Keamanannya sendiri juga tidak terjamin, mengingat banyak bagian yang sudah retak, bocor dan sejenisnya. Untuk itulah sebenarnya renovasi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Konsep renovasi kamar tidur minimalis

Berikut ini beberapa ide atau pilihan desain dalam renovasi kamar minimalis Anda, yaitu:

  1. Penambahan hiasan dinding. Jika seandainya tidak ingin memakan biaya yang terlalu besar di dalam kegiatan renovasi ini maka Anda cukup menambahkan hiasan dinding saja. Namun cobalah untuk lebih selektif memilih hiasan dinding yang digunakan. Diantaranya adalah pilih yang tidak terlalu ramai, karena hal ini hanya akan memberikan kesan sesak di dalam kamar.
  2. Memaksimalkan pencahayaan. Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan pencahayaan secara alami, caranya adalah dengan menambahkan jendela kaca. Sehingga pada siang hari tinggal membuka gorden saja maka nantinya pencahayaan alami yang berasal dari luar akan masuk kedalam kamar. Dengan pencahayaan yang cukup akan membuat kamar terkesan lebih luas dari sebelumnya. Juga membuat pemakaian listrik menjadi lebih irit. Tak perlu menyalakan lampu pada siang hari.
  3. Penggunaan furniture multifungsi. Renovasi kamar minimalis yang tidak memakan waktu lama diantaranya adalah dengan memakai furniture yang multifungsi. Dibandingkan dengan memakai banyak furniture yang justru hanya akan membuat kamar terasa semakin sesak. Maka cobalah menggantinya dengan furniture yang multifungsi. Jenis furniture semacam ini meskipun hanya satu namun pemakaiannya bisa lebih banyak.
  4. Mengganti cat dinding dalam kamar. Anda juga bisa mengganti warna cat dinding kamar dari yang sebelumnya menggunakan warna yang cerah, misalnya adalah putih atau cream. Tampak sepele memang, namun sebenarnya pemilihan warna cerah ini memungkinkan kamar Anda tampak lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya.

Tips memilih material

Salah satu kunci penting untuk mendapatkan hasil renovasi yang berkualitas adalah bahan baku atau materialnya. Maka berikut ini tips mendapatkan material yang terbaik, yaitu:

  1. Mintalah rekomendasi. Paling aman untuk mendapatkan material yang bagus adalah rekomendasi dari ahlinya. Bisa itu arsitek ataupun juga kontraktor. Umumnya mereka memiliki pengetahuan yang luas terkait dengan material yang dipakai untuk renovasi. Jadi akan merekomendasikan material yang berkualitas untuk Anda gunakan.
  2. Pertimbangkan harga. Selanjutnya dengan mempertimbangkan harga, sebagaimana yang Anda ketahui bahwa harga ini berdampak pada rupa atau kualitas barang. Itulah mengapa jangan asal tergiur dengan material yang harganya murah. Karena sesuai dengan harga mahal biasanya kualitas juga sebanding. Untuk menunjang renovasi kamar minimalis Anda pastikan menggunakan bahan terbaik, namun tetap sebanding dengan keuangan yang dimiliki.
  3. Merk. Jangan salah karena setiap material atau bahan bangunan juga memiliki merk. Dari produsen manakah ia dibuat ini sangat mempengaruhi kualitasnya. Jadi tidak salah jika memang Anda harus membanding-bandingkan antara merk yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan yang terbaik.

Tips merenovasi kamar tidur minimalis agar jadi lebih luas

Agar kamar minimalis Anda menjadi tampak lebih luas, maka berikut ini cara untuk merenovasinya, yaitu:

  1. Hati-hati dalam pemilihan warna dinding. Warna dasar dari dinding Anda sangat mempengaruhi kesan dalam ruangan kamar tersebut. Jika ingin kamar terkesan lebih luas dari sebelumnya maka cobalah menggunakan cat dinding yang cerah, misalnya adalah putih, warna biru muda ataupun cream.
  2. Perbanyak cahaya dalam kamar. Cahaya ini bisa didapatkan dari lampu maupun pencahayaan alami. Namun lebih hemat jika memakai pencahayaan alami yang berasal dari matahari. Caranya adalah dengan menambah jendela kaca di dalam kamar, sehingga pada siang hari sinar matahari akan masuk ke dalamnya, memberikan kesan ruangan lebih luas.
  3. Mengganti furniture yang digunakan. Pilihannya adalah dengan mengganti furniture tersebut dengan yang ukurannya minimalis juga atau dengan yang multifungsi. Belakangan ini jika dilihat ada begitu banyak produsen yang membuat furniture multifungsi, dimana satu jenis bisa digunakan untuk beberapa hal sekaligus. Sehingga ruangan terkesan lebih luas.
  4. Pemakaian floating shelves. Tak harus membeli rak baru untuk menyimpan barang tersebut. Karena semakin banyak furniture akan membuat ruangan jadi lebih sempit. Cobalah mengaplikasikan floating shelves yang dapat ditempelkan pada dinding rumah Anda.

Itulah beberapa kiat renovasi kamar minimalis menjadi lebih luas tanpa memakai banyak budget. Bisa diaplikasikan sendiri dalam rumah Anda sehingga lebih nyaman.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *