Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Renovasi Depan Rumah yang Bisa Dilakukan Agar Tampil Cantik
Renovasi, Renovasi Rumah

Tips Renovasi Depan Rumah yang Bisa Dilakukan Agar Tampil Cantik 

Renovasi depan rumah juga banyak dilakukan selain melakukan renovasi pada bagian interiornya. Karena memang teras rumah ini sangat mempengaruhi tampilan hunian tersebut. Ingin rumah tampak lebih cantik dengan banyaknya tanaman hias, maka bisa dipengaruhi oleh terasnya. Hanya saja memang di dalam renovasi banyak hal yang patut dipertimbangkan. Apalagi jika Anda memiliki ekspektasi tinggi. Tentunya tak cukup dilakukan sendiri, melainkan harus ditunjang dengan jasa seorang arsitek profesional.

Pengertian

Renovasi teras rumah merupakan sebuah kegiatan untuk merombak atau memperbaiki area di depan rumah tersebut. Dengan tujuan untuk meningkatkan tampilan dan juga nilai fungsinya. Sepele memang namun hasil yang optimal akan memberikan kesan yang jauh berbeda pada hunian Anda. Dalam melakukan renovasi ini sendiri ada banyak sekali fokusnya, bukan sekedar tampilan luar. Namun apakah teras ini sudah matching dengan bangunan atau rumah Anda ataukah belum.

Alasan melakukan renovasi

Kegiatan renovasi pastinya dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan, diantaranya adalah berbicara mengenai alasan seseorang melakukannya. Berikut ini yang patut diketahui:

  1. Meningkatkan nilai estetika. Beberapa orang mungkin cuek mengenai interior dalam rumah mereka, karena tidak banyak orang yang melihatnya secara langsung. Namun bagaimanakah dengan eksteriornya yang dapat dilihat orang lain secara mudah. Dengan merenovasi teras ini maka bisa membuat estetika atau keindahan bangunan meningkat lebih pesat dibandingkan dengan sebelumnya.
  2. Meningkatkan harga jual. Kebanyakan renovasi depan rumah ditujukan untuk meningkatkan harga jual bangunan tersebut. Karena bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya pembeli akan mempertimbangkan tampilannya sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Hal ini dikarenakan memang ini adalah kunci harga bangunan. Dengan tampilan teras yang cantik, maka harganya meningkat lebih tajam, ditambah lagi hunian tersebut juga jadi lebih mudah terjual.
  3. Menyediakan ruang untuk tanaman hijau. Teras rumah juga identik digunakan sebagai tempat menanam beragam jenis tanaman, mulai diantaranya adalah bunga sampai dengan tanaman hias yang lainnya. otomatis renovasinya juga menyediakan ruang bagi tanaman untuk ditempatkan kesana. Sangat bagus untuk udara di dalam rumah, karena setiap hari kebutuhan oksigen akan tercukupi.
  4. Membuat rumah jadi lebih rindang. Dengan banyak menyematkan tanaman di area depan atau teras rumah tersebut maka secara otomatis akan membuat hunian terkesan jauh lebih rindang atau sejuk.

Konsep atau pilihan desain

Sebelumnya tentukan terlebih dahulu konsep atau desain yang dipakai dalam merenovasi rumah ini, berikut diantara ide-idenya, yaitu:

  1. Teras rumah rindang. Teras rumah dalam bentuk taman ini belakangan memang sangat diminati oleh masyarakat. Karena membuat kesan hunian yang sejuk, dilihat juga tampak cantik dengan banyaknya tanaman yang tersedia disana. Untuk itu bagi Anda yang menginginkan hunian sejuk jenis yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan.
  2. Bebatuan untuk area lantai. Anda juga dapat menyematkan keberadaan bebauan untuk area lantai rumah tersebut. Renovasi depan rumah semacam ini tidak membutuhkan terlalu banyak biaya, namun dengan hasil yang mengagumkan.
  3. Tambahkan pergola yang meneduhkan. Pergola ini dapat digunakan sebagai penutup bagian atas, juga taman. Sehingga membuat kesan teras rumah yang teduh. Gunakan jasa yang sudah ahli dalam membantu memasang pergola tersebut.
  4. Pancuran air. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suara gemericik air membuat pikiran menjadi lebih tenang, bagus untuk kesehatan. Jadi tak ada salahnya untuk mengaplikasikan keberadaan pancuran air kecil di depan rumah. Apalagi ia juga bagus dalam meningkatkan nilai estetika.
  5. Cermin air. Istilah cermin air tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan. Yaitu sebuah tangki air yang didalamnya diisi dengan bebatuan, sehingga terlihat jernih seperti cermin. Ini ada bagian dari dekorasi yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini guna memberikan kesan yang sejuk pada teras.

Tips memilih material terbaik

Renovasi depan rumah juga harus memperhitungkan material yang digunakan, agar hasilnya bisa lebih optimal, maka berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

  1. Perhitungkan jumlah yang dibutuhkan. Rencanakan jauh-jauh hari sebelum melakukan renovasi ini. Juga konsultasikan dengan ahlinya. Sehingga akan mengetahui berapakah jumlah yang Anda butuhkan untuk menunjang renovasi tersebut. Sehingga jumlah yang dibeli nantinya juga tak akan berlebihan.
  2. Pertimbangkan tampilan material tersebut. Look atau tampilan material sangat berpengaruh terhadap nilai estetikanya. Itulah mengapa sangat penting menyesuaikan dengan selera Anda. Lihat beberapa referensi terkait dengan material yang digunakan dan tampilan akhirnya.
  3. Produsen pembuatnya. Produsen pembuat berhubungan dengan kualitas material yang didapatkan. Apalagi satu jenis material pada dasarnya dibuat dari perusahaan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan yang berkualitas maka ada baiknya bagi Anda mempertimbangkan rekomendasi orang-orang yang sudah memakai material tersebut.
  4. Sesuaikan dengan budget. Berbicara mengenai harga masing-masing material juga berbeda, karena ada produsen yang menjual dengan harga murah. Namun tak jarang pula diantaranya yang menjual dengan harga mahal. Agar pengeluaran tak semakin membengkak, patutnya Anda menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Sehingga jangan sampai nanti pengeluaran berlebihan.

Tips merenovasi teras depan rumah

Perhatikan beberapa hal ini sebelum melakukan renovasi depan rumah, yaitu:

  1. Pilih konsep atau desainnya terlebih dahulu. Hal pertama yang hendaknya dilakukan adalah memilih desain, perbanyak referensi Anda terkait dengan desain teras masa kini. Sehingga bisa menemukan model yang paling tepat. Apalagi sekarang ini ada begitu banyak gambar yang tersedia di internet dan dapat Anda gunakan.
  2. Berburu material terbaik yang hemat biaya. Setelah menentukan konsep yang sesuai langkah selanjutnya adalah berburu produk material terbaik yang sesuai. Di pasaran sendiri memang ada banyak pilihannya yang berasal dari produsen berbeda-beda. Untuk mendapatkan yang terbaik maka bisa meminta rekomendasi dan juga cari produsen yang memang berkualitas.
  3. Pilihlah tukang bangunan yang tepat. Pastinya pengerjaan teras ini tidak Anda lakukan sendiri bukan. Melainkan dengan mengandalkan jasa tukang bangunan. Tukang terbaik adalah yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sehingga hasil pengerjaan bisa teliti dan maksimal, sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Jadi tidak terus-terusan molor dan justru memboroskan budget.
  4. Eksekusi secara tepat. Lakukan langkah demi langkah sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Bahkan jika seandainya budget terbatas maka jangan buru-buru dalam pengerjaannya. Bisa dilakukan step by step sesuai dengan kondisi keuangan yang ada saat itu.

Itulah diantaranya tips dalam mengerjakan renovasi depan rumah, teras depan rumah yang cantik pastinya akan mempengaruhi ekspektasi orang lain dalam melihatnya. Tidak hanya itu, hal ini juga memberikan kesan yang lebih nyaman untuk dijadikan sebagai ruangan santai. Banyak ide-ide teras kekinian yang bisa dilihat di internet. Namun tetap saja untuk pengerjaan atau eksekusinya harus didasarkan dari kondisi keuangan Anda.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *