Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Intip Gaya Renovasi Dapur dengan Tampilan Mewah Berikut Ini!
Renovasi, Renovasi Rumah

Intip Gaya Renovasi Dapur dengan Tampilan Mewah Berikut Ini! 

Siapa yang setuju bahwa dapur adalah bagian utama dalam sebuah rumah? dari dapur bisa tercipta makanan yang lezat. Jadi jangan pernah sepelekan fungsi dapur dalam sebuah rumah. dalam sebuah rumah, dapur memang biasanya terletak di bagian belakang. Namun jangan salah, saat ini banyak rumah yang menempatkan dapur dekat dengan ruang keluarga. Dengan begitu tampilan dapur harus selalu bersih dan rapi. Jika dapur bagus dan nyaman maka memasak juga lebih betah. Untuk itu, tertarik untuk melakukan renovasi dapur? Kita simak beberapa pembahasan di bawah ini.

Pengertian

Renovasi dapur itu memang sangat sepele kelihatannya. Tidak seperti saat renovasi ruang tamu atau ruangan yang lain. Hal ini karena masih banyak yang berpikiran dapur tidak terlalu penting. Dengan melakukan renovasi pada dapur mampu membuat rumah menjadi lebih menarik. Jika dapur rapi dan kesannya mewah maka rumah juga akan bagus. Bayangkan saja jika rumah bagus tetapi dapur kotor, orang yang melihat juga akan malas. Untuk itu yang namanya renovasi bagian dapur memang sangat penting. Penting untuk menciptakan suasana rumah menjadi lebih nyaman.

Alasan melakukan renovasi pada dapur

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, bahwa orang yang melakukan renovasi pasti ada tujuannya. Termasuk salah satunya adalah renovasi dapur. Tentunya ada berbagai macam alasan kenapa orang melakukan renovasi pada bagian dapurnya. Apakah karena sudah bosan dengan tampilan dapur, atau mungkin bisa juga ada berbagai macam alasan lainnya. Penasaran dengan apa saja yang menjadi alasan? Berikut ini adalah penjelasannya secara lebih rinci:

  • Mendapatkan tampilan yang baru

Alasan yang pertama biasanya adalah ingin mendapatkan tampilan yang baru. Beberapa wanita menyebutkan bahwa bila dapur bagus maka memasak juga lebih semangat. Jadi jangan abaikan dengan tampilan dapur. Memang yang namanya renovasi itu penting. Dengan renovasi maka tampilan dapur juga bisa lebih segar dan menarik. Tidak hanya itu saja, kenyamanan juga bisa meningkat bila tampilan dapur lebih baru, fresh dan rapi.

  • Ada bagian yang rusak

Alasan selanjutnya yakni mungkin bisa jadi ada bagian yang rusak. Jika memang ada bagian yang rusak maka dapur wajib di renovasi. Jika tidak segera di renovasi ditakutkan nanti bisa membahayakan. Memasak juga membutuhkan keamanan dan keselamatan. Untuk itu, jangan pernah menyepelekan. Jika ada bagian dapur yang rusak maka segera lakukan renovasi.

Pilihan konsep dan desain

Jika sudah memiliki rencana renovasi dapur, maka konsep dan desain pilihan adalah PR yang paling baru. Harus bisa menentukan tema dan konsep dapur yang tepat. Kenapa? Karena jika desain dapur tepat maka memasak juga bisa lebih nyaman. Untuk itu, jangan bingung memilih desain dapur. Di bawah ini adalah beberapa contoh desain yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan:

  • Minimalis desain kontemporer

Ini adalah pilihan desain pertama bagi Anda. Anda bisa memadukan desain kontemporer dan minimalis. Desain ini mampu menciptakan tampilan dapur lebih elegan. Tidak hanya itu saja namun juga bisa menciptakan kesan mewah. Anda bisa memilih berbagai macam furniture yang tepat. Misalnya dengan memilih perawatan masak berwarna hitam. Dan untuk menciptakan kesan kontemporer Anda bisa memilih cat dinding warna hitam. Anda bisa menambahkan papan tulis warna hitam. Nantinya bisa Anda isi dengan tulisan tangan menggunakan kapur.

  • Dapur minimalis hemat lampu

Selanjutnya adalah desain dapur minimalis dengan konsep hemat lampu. Anda bisa menggunakan furniture yang lengkap dengan desain lapisan kayu. Anda bisa mendapatkan kesan dapur kecil yang rapid an unik. Meski begitu, dapur dengan konsep ini juga memiliki kesan yang lapang. Hal ini karena adanya penggunaan jendela besar di samping dapur. Dengan begitu cahaya matahari juga lebih mudah masuk. Dengan begitu bisa lebih hemat lampu dan listrik.

  • Dapur gabung dengan area makan

Selanjutnya adalah konsep dapur gabung dengan area makan. Ini sangat cocok bagi Anda yang masih single dan memiliki rumah sendiri. Sangat cocok untuk desain dapur rumah minimalis. Tidak memakan banyak tempat namun kesan tetap mewah. Anda bisa menggunakan deretan lemari kayu. Nantinya lemari ini juga bisa digunakan untuk meja makan. Dan untuk peralatan dapur dan makan bisa Anda letakkan pada rak dinding. Dan untuk bahan makanan kering bisa ditaruh laci di bawah meja dapur.

Tips-tips memilih material

Dalam memilih material untuk renovasi dapur itu sama saja dengan renovasi rumah. tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada berbagai macam hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan. Jika Anda masih bingung dengan apa saja yang bisa menjadi panduan Anda dalam memilih material jangan ragu. Anda bisa bertanya langsung pada pihak yang lebih mengerti dan paham. Seperti misalnya adalah Anda bisa bertanya pada arsitek. nantinya arsitek akan membantu Anda untuk menentukan material yang tepat. Material tersebut akan tepat digunakan pada bagian dapur.

Jadi material tersebut memang nantinya akan digunakan untuk menghias dapur Anda. Dengan tampilan dapur yang fresh maka memasak juga akan lebih nyaman. Anda jangan pernah ragu untuk meminta bantuan arsitek. kenapa? Jika memang bukan bidangnya meski sederhana renovasi pada bagian dapur akan tetap susah. Jadi alangkah lebih baik jika Anda meminta bantuan pada ahlinya. Nantinya arsitek tidak hanya memilihkan Anda desain yang tepat dengan dapur Anda. Tetapi arsitek juga akan memandu Anda untuk menentukan pilihan furniture yang tepat bagi Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum renovasi

Di atas sudah banyak disinggung bahwa renovasi dapur mirip dengan renovasi rumah. meski memang skalanya lebih kecil. Jika tidak melakukan renovasi secara total. Namun demikian tetap ada beberapa hal yang perlu dan penting untuk diperhatikan. Seperti misalnya adalah Anda tentukan desain dan tema yang sesuai dengan rumah Anda. Jangan sampai tema sudah dipilih namun ternyata tidak cocok dengan konsep rumah Anda. Ini akan membuat tampilan rumah Anda menjadi kurang menarik. Selain itu, ada hal lain yang tidak kalah penting. Misalnya jika sudah memutuskan menggunakan jasa arsitek pilih arsitek yang berkualitas. Dengan begitu nantinya hasil juga akan berkualitas.

Tetapi satu hal yang tidak kalah penting adalah biaya. Jadi bila renovasi pada bagian dapur itu memang skala kecil. Namun jangan salah biaya akan tetap mahal. Terlebih jika Anda menggunakan jasa arsitek. meski hanya merenovasi dapur biaya juga akan lebih banyak. oleh karena itu, apabila budget yang Anda miliki untuk renovasi pada dapur mepet urungkan niat terlebih dahulu. Karena jangan sampai Anda salah langkah dan membuat renovasi berhenti di tengah jalan karena alasan biaya. Untuk itu, hitung dengan cermat keseluruhan biaya yang dibutuhkan. Dengan begitu pembangunan bisa lancar sampai akhir dan hasilnya juga maksimal.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *