Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Renovasi Dapur Sederhana Budget Minim, Yuk Kepoin!
Renovasi, Renovasi Rumah

Tips Renovasi Dapur Sederhana Budget Minim, Yuk Kepoin! 

Ketika akan melakukan renovasi Anda bisa renovasi rumah atau hanya satu bagian saja yang merupakan bagian rumah. Hal tersebut tentunya bisa melihat budget yang Anda punyai. Karena untuk melakukan renovasi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itulah hal penting yang diperlukan adalah dengan menyiapkan budget untuk melakukan renovasi yang dibutuhkan. Masalah budget ini juga menjadi penting bagi Anda yang akan melakukan renovasi untuk dapur Anda. Dimana ketika mempunyai budget terbatas atau minim bisa untuk melakukan renovasi dapur sederhana. Sehingga hal tersebut tidak akan menghabiskan budget dan sesuai dengan dana yang disediakan.

Pengertian

Dapur merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam rumah. Dapur ini terdapat di semua jenis dan gaya rumah. Dari rumah kecil dan minimalis hingga rumah yang besar mempunyai bagian dapur ini karena memang mempunyai fungsi penting di rumah. Dimana dapur mempunyai fungsi utama untuk dapat memasak. Anda akan menghabiskan banyak waktu dan juga bereksperimen untuk membuat masakan di dapur rumah. Sehingga dapur memang merupakan bagian paling penting di rumah. Atau bagi yang tidak suka terlalu masak juga akan membutuhkan dapur. Hal tersebut karena dapur juga merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan dan perabotan untuk membantu memasak. Sehingga dapur merupakan tempat dari blender, kompor, microwave, piring, dan berbagai jenis peralatan lainnya.

Alasan melakukan renovasi

Ketika Anda melakukan renovasi dapur sederhana ada beberapa alasan yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Alasan pertama adalah dapat untuk memperlebar atau membuat dapur menjadi lebih kecil. Hal ini tergantung dengan kebutuhan Anda sehingga akan bisa membuat ukuran dapur yang diperlukan.
  • Alasan selanjutnya adalah karena ingin mengganti tampilan dapur yang dipunyai. Bagi Anda yang mempunyai hobi memasak bisa untuk melakukan renovasi dapur. Sehingga nantinya tempat ini akan bisa mempunyai tampilan seperti yang diinginkan.
  • Alasan lainnya adalah dapat untuk meningkatkan kenyamanan hingga keamanan di dapur. Sehingga hal tersebut akan membutuhkan renovasi sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat dapur tersebut menjadi lebih aman dan nyaman.

Konsep desain

Ketika akan melakukan renovasi dapur, beberapa desain yang bisa dipilih diantaranya adalah:

1. Dapur tanpa kabinet gantung

Konsep pertama yang bisa Anda gunakan adalah yang mempunyai desain tanpa kabinet gantung. Dapur minimalis pada umumnya mempunyai lemari dapur gantung. Dimana fungsi dari lemari gantung tersebut adalah dapat untuk menyimpan berbagai peralatan dapur yang digunakan. Alat ini mempunyai keuntungan yaitu akan membuat berbagai peralatan menjadi lebih aman dari debu. Selain itu juga akan terlihat lebih rapi karena mempunyai tampilan tertutup. Akan tetapi bagi Anda yang bosan dengan tampilan ini bisa untuk menggantinya menggunakan ambalan terbuka. Hal ini bisa digunakan bagi Anda yang tidak mempunyai banyak peralatan di dapur. Selain itu cara ini juga mempunyai keunggulan karena lebih estetik dibandingkan lemari gantung tertutup.

2. Desain dapur minimalis

Pilihan konsep selanjutnya yang bisa dipilih adalah dapur minimalis yang tidak menggunakan banyak warna. Pilihan ini adalah dapur yang cocok bagi yang akan melakukan renovasi dapur dengan dapur terbatas. Sehingga untuk lebih hemat biaya, Anda bisa menghilangkan detail dan warna pada desain dapur. Desain ini akan mempunyai tampilan yang sederhana dan juga ruang yang lebih terbuka. Desain dapur minimalis ini akan mengedepankan mengenai esensi pada ruangan. Selain itu juga dapur minimalis mempunyai pencahayaan yang terbaik. Selain dari warna cat temboknya pencahayaan tersebut juga dari jendela yang bisa diletakkan di dapur. Sehingga hal tersebut akan membuat dapur mempunyai pencahayaan memadai. Dapur minimalis juga bisa digabungkan dengan meja makan. Sehingga akan lebih irit ruang dan mempunyai kesan lebih terbuka.

3. Dapur terbuka ala Jepang

Pilihan desain renovasi dapur sederhana selanjutnya adalah yang mempunyai tampilan dapur terbuka ala Jepang. Dapur ini mempunyai keunggulan sebagai desain untuk yang mempunyai budget terbatas. Selain itu jenis ini juga bisa dimanfaatkan yang mempunyai ruangan terbatas. Dimana dapur terbuka ala Jepang akan membuat dapur menjadi lebih rapi dan juga ruangan luas. Dapur ini tidak mempunyai kabinet tertutup sama sekali, sehingga perlu untuk menata perabotan dengan rapi.

4. Dapur ala industrial

Desain selanjutnya yang bisa dipilih ketika akan melakukan renovasi dapur dengan budget yang minim adalah dapur ala industrial. Dapur ini mempunyai tampilan seperti pada gaya industrial pada umumnya. Dimana dapur dengan gaya ini mempunyai bagian yang tidak membutuhkan finishing material. Sehingga hal tersebut akan membuat bahan yang digunakan dapat terekspos dan mempunyai kesan seperti pada gaya industrial. Hal ini akan membuat renovasi ini mempunyai biaya yang lebih terjangkau karena tidak perlu melakukan finishing.

Baca Juga: Renovasi Kamar Tidur Minimalis 

Pemilihan material

Ketika akan melakukan renovasi dapur, beberapa pemilihan material yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut ini:

  • Material perangkat dapur atau kitchen setnya dapat untuk menggunakan bahan yang awet digunakan. Selain itu juga bisa memilih fitur yang terbaik seperti tahan air, tekstur yang kuat, dan tentunya mempunyai harga terjangkau.
  • Material untuk pelapis kitchen set dapat untuk memilih bahan yang mempunyai kesan elegan.
  • Material meja dapur dapat untuk memilih yang mempunyai ketahanan dan juga tampilan baik.

Tips-tips renovasi dapur sederhana

Adapun untuk beberapa tips penting untuk melakukan renovasi dapur adalah sebagai berikut ini:

  1. Memilih warna yang tepat

Hal pertama untuk tips dalam merenovasi dapur adalah dengan memilih warna tepat. Hal ini akan membuat dapur Anda mempunyai tampilan yang bagus dan sesuai dengan keinginan. Dimana untuk dapur yang luas dan juga minimalis bisa menggunakan warna netral seperti putih.

  1. Memilih material lantai yang tepat

Hal penting selanjutnya ketika renovasi dapur sederhana adalah memilih material yang tepat. Pilihlah material yang aman dan kuat untuk digunakan. Ketika memilih material lantai Anda juga penting untuk memilih material bahan yang tepat. Seperti material lantai yang sesuai dengan warna dapur. Selain itu juga memilih material yang tidak licin sehingga akan aman ketika memasak di dapur.

  1. Mengatur perabotan dapur dengan tepat

Langkah terakhir yang dapat digunakan adalah dengan mengatur perabotan dapur yang tepat. Anda bisa untuk mengatur perabotan dengan rapi sehingga akan membuat dapur menjadi lebih nyaman. Caranya juga sesuai dengan kebutuhan yaitu bisa menyimpannya di lemari tertutup atau di ruangan terbuka apabila mempunyai perabotan minimalis.

Beberapa hal di atas bisa untuk diperhatikan ketika akan renovasi dapur sederhana. Tips-tips dan juga desain tersebut bisa digunakan untuk yang mempunyai budget terbatas. Sehingga walaupun mempunyai dana yang minim Anda bisa mendapatkan dapur yang sesuai dengan keinginan. Mulai dari mempunyai gaya yang diinginkan, warna dapur yang sesuai, hingga kualitas material dapur yang tetap awet digunakan dan mempunyai kesan elegan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *