Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Secara Optimal Seperti Ini!
Renovasi, Renovasi Dapur

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Secara Optimal Seperti Ini! 

Rumah subsidi merupakan solusi bagi masyarakat dengan penghasilan rendah di Indonesia yang ingin memiliki rumah. Karena harga jualnya terjangkau, tidak disertai dengan biaya pajak dan bunganya rendah. Di Indonesia belakangan ini pemerintah memang tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Selain harganya yang murah, maka dengan membeli rumah bersubsidi tak perlu inden, karena hunian tersebut sudah siap pakai. Hanya saja jika berbicara mengenai fasilitas yang ada di dalamnya juga terbatas. Itulah mengapa banyak pemilik rumah subsidi yang melakukan renovasi untuk mendapatkan fasilitas sesuai harapan, salah satu diantaranya adalah renovasi dapur rumah subsidi.

Pengertian

Rumah subsidi bisa dikatakan sebagai hunian murah yang tidak dikenai dengan pajak dan bunganya rendah. Saat ini hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan rumah bersubsidi. Meskipun dari segi ukurannya kecil, begitu juga fasilitas terbatas. Namun dengan harganya yang relatif murah, bahkan terkadang di bawah 100 juta rupiah. Tak heran jika seandainya banyak yang masyarakat yang memilih membeli hunian yang satu ini.

Alasan melakukan renovasi

Faktanya hampir semua orang yang membeli rumah subsidi pasti akan merenovasinya dengan berbagai macam alasan, diantaranya adalah:

  1. Fasilitas kurang memadai. Dengan harganya yang murah, maka tidak heran jika fasilitas yang ada di dalam hunian tersebut juga terbatas. Seperti yang paling jelas terlihat adalah tidak adanya dapur. Padahal dapur termasuk komponen penting di dalam rumah, untuk membuat beragam jenis hidangan bagi anggota keluarga. Sehingga renovasi dapur rumah subsidi pasti akan dilakukan, namun dibandingkan dengan fasilitas lain, maka dapur ini sudah bisa direnovasi sejak pertama membeli. Tidak seperti bagian lainnya yang harus menunggu sampai KPR lunas baru dapat dilakukan renovasi.
  2. Meningkatkan nilai fungsinya. Renovasi juga ditujukan untuk meningkatkan nilai fungsi hunian tersebut, menjadi semakin nyaman untuk di tinggali. Apalagi dengan menambahkan adanya dapur di dalam rumah tersebut.
  3. Meningkatkan estetika. Perombakan atau renovasi juga bisa ditujukan untuk meningkatkan keindahan atau nilai estetika dari hunian tersebut. Semakin bagus hunian tersebut juga berdampak pada harga jualnya yang kian mahal.
  4. Meningkatkan keamanan. Bagi rumah yang sudah lama dibangun, maka kondisi material juga tidak sebagus dulu. Pastinya ada beberapa bagian yang retak, berlubang dan sejenisnya. Sehingga bisa saja sewaktu-waktu akan roboh ketika terkena angin kencang ataupun hujan deras. Jadi renovasi dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Sehingga penghuni tetap merasa aman.

Pilihan desain dapur rumah subsidi

Rumah subsidi ini identik dengan ukurannya yang kecil atau minimalis, sehingga pemilihan desain dapurnya juga tidak boleh sembarangan. Berikut ini diantara ide desain yang bisa Anda coba terapkan, yaitu:

  1. Penempatan kitchen set kecil. Tak masalah meskipun rumah Anda minimalis atau kecil. Tetap bisa menempatkan kitchen set di dalamnya. Namun pilihlah yang berukuran kecil. Sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang. Aman karena Anda bisa tetap bebas berkreasi di dalam dapur tersebut.
  2. Gabung dengan area makan. Artinya jangan membuat sekat antara ruang makan dan juga dapur, melainkan langsung digabung menjadi satu, sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang. Dapur Anda akan terasa jauh lebih luas.
  3. Tempatkan jendela kaca. Renovasi dapur rumah subsidi yang bisa Anda coba adalah membuat jendela kaca, hal ini memungkinkan hunian tersebut hemat biaya listrik. Karena pada siang hari tak perlu menyalakan lampu, cukup dengan membuka tirai yang ada di jendela, maka secara otomatis cahaya akan masuk dan dapur menjadi terang.
  4. Dapur serba putih. Banyak orang yang takut mengaplikasikan warna putih sebagai dasar untuk dapur mereka. Karena akan tampak kotor terkena cipratan minyak dan juga asap dari aktivitas memasak. Padahal akan banyak keuntungan memilih warna putih untuk dapur, apalagi rumah subsidi yang sempit. Yaitu bisa membuat ruangan tersebut terasa jauh lebih luas dari sebelumnya. warna putih memberikan kesan lega.

Baca juga: Beberapa Pilihan Desain untuk Renovasi Dapur Minimalis

Memilih material yang tepat

Pemilihan material untuk renovasi dapur rumah subsidi juga menjadi bagian yang tak kalah penting. Karena berhubungan dengan tampilan dan kualitas hunian apakah bisa tahan lama atau tidak. Berikut ini diantara tipsnya:

  1. Pertimbangkan material yang ringan. Seperti diantaranya adalah kayu, material semacam ini bisa mencegah kesan ruangan tampak sesak. Material kayu juga memberikan kesan yang elegan bagi dapur Anda.
  2. Cat berkualitas. Bagaimanapun juga komponen cat menjadi bagian yang penting untuk melengkapi renovasi dapur Anda. Ingat bahwa area dapur tersebut rentan sekali kotor dikarenakan cipratan minyak ataupun asap. Sehingga pilih cat yang bisa dihapus atau dicuci. Cat semacam ini jauh lebih mudah dibersihkan, jadi tak perlu melakukan pengecatan berulang-ulang lagi.
  3. Beli material seperlunya. Agar tidak mubadzir, maka perhitungkan secara cermat berapakah jumlah material untuk renovasi dapur rumah subsidi yang dibutuhkan. Mengingat semakin besar jumlah yang dibeli, maka kian mahal juga biaya renovasi dapur yang harus dikeluarkan. Untuk itu perhitungkan secara cermat, dirinci juga biaya-biayanya.
  4. Bahan baku. Setiap material dibuat dari bahan yang berbeda-beda, misalnya saja untuk dinding, maka ada jenis dinding batu bata, beton dan sejenisnya. Begitu pula untuk kitchen set. Bahan berkualitas akan mempengaruhi usia bangunan tersebut. Tak masalah keluar biaya sedikit lebih mahal untuk renovasi jika hasilnya memuaskan.

Langkah-langkah merenovasi dapur rumah subsidi.

Agar renovasi berjalan optimal sesuai dengan harapan Anda, maka berikut ini diantaranya tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu:

  1. Kantongi izin renovasi terlebih dahulu. Catatan penting bahwa ada banyak aturan terkait dengan renovasi rumah subsidi. Seperti pada tahun ke berapa baru boleh dilakukan renovasi untuk membuat dapur dan sejenisnya. agar tidak dikenai dengan sanksi, maka sebelumnya harus mengantongi izin terlebih dahulu.
  2. Tentukan model atau konsep renovasi yang diinginkan. Jangan langsung membeli material, melainkan harus paham terlebih dahulu mengenai konsep apa yang diinginkan. Ada banyak referensi desain dapur saat ini di internet. Anda bisa mempertimbangkan beberapa diantaranya yang cocok sesuai selera.
  3. Mulai berburu material murah berkualitas. Tak harus yang mahal, banyak sekali alternatif material atau bahan baku rumah yang harganya terjangkau, namun berkualitas. Jadi Anda bisa survey terlebih dahulu di beberapa toko bangunan untuk mendapatkan yang terbaik. Jangan lupa untuk banding-bandingkan harganya juga.
  4. Mencari tukang bangunan yang berpengalaman. Agar pengerjaan lebih cepat maka carilah tukang yang sudah berpengalaman. Semakin banyak tukang yang digunakan maka pengerjaan juga semakin cepat, namun biaya jasanya juga kian mahal.

Setidaknya itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin renovasi dapur rumah subsidi. Denganmemiliki dapur cantik di rumah, maka kegiatan masak-memasak bisa dilakukan secara lebih nyaman.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *