Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Ini Dia Beberapa Pilihan Desain Saat Rehab Rumah Minimalis
Renovasi, Renovasi Rumah

Ini Dia Beberapa Pilihan Desain Saat Rehab Rumah Minimalis 

Rumah minimalis adalah salah satu type rumah yang saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. kenapa? Jelas ada banyak alasannya. Seperti misalnya lahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. banyak pilihan desain yang menarik. Dan yang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Lalu apakah ada berbagai pilihan desain yang cocok untuk rumah minimalis? Sudah pasti ada banyak sekali. Saat Anda ingin rehab rumah minimalis tidak perlu repot masalah desain. Dikarenakan saat ini sudah banyak sekali referensi desain rumah minimalis.

Pengertian

Kita akan bahas kata rehabnya saja lebih dulu. Jadi rehab adalah menata ulang, membuat lebih baru dan menata yang rusak. Jadi untuk rehab rumah minimalis berarti menata kembali desain dan tampilan rumah tersebut. Bisa jadi rehab ini dilakukan pada semua bagian rumah. atau mungkin bisa pada beberapa bagian dari rumah saja. Lalu bagaimana caranya supaya sukses dalam melakukan rehab rumah? jelas tentu ada berbagai macam hal yang penting dan sangat perlu untuk diperhatikan. Tidak hanya pada bagian desain saja. Namun Anda juga sangat perlu mempertimbangkan aspek lain. Seperti misalnya biaya dan material yang akan Anda pilih. Jadi rehab pada rumah minimalis ini memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kenapa? Jika sampai salah langkah Anda sendiri yang akan rugi.

Alasan-alasan melakukan renovasi

Ada banyak sekali hal yang melatarbelakangi kenapa orang melakukan rehab rumah minimalis. Meskipun ada awal pembuatan rumah memang diperhitungkan dengan sangat matang. Tujuannya yakni supaya tidak terlalu sering melakukan rehab. Namun pada dasarnya sebuah bangunan memang sangat penting untuk di renovasi. Dan alasannya juga ada banyak sekali. Baik renovasi dalam skala ringan, besar atau total. Penasaran dengan apa saja alasannya? Berikut penjelasannya:

  • Bangunan rusak

Ini adalah alasan yang paling nyata. Salah satu alasan kenapa orang renovasi rumah adalah karena rusak. Hal ini dikarenakan jika bangunan sudah rusak maka renovasi adalah hal penting dan wajib. Karena jika sudah rusak maka rumah juga tidak akan nyaman untuk di tinggali. Dengan begitu bila dibiarkan akan ada banyak masalahnya. Misalnya bisa membahayakan keselamatan penghuni orang yang ada di dalam rumah tersebut.

  • Tampilan lebih baru

Alasan kedua kenapa orang renovasi rumah adalah ingin tampilan lebih baru. Terlebih jika kebetulan Anda beli rumah jenis cluster atau perumahan maka bentuknya akan sangat mirip. Jadi untuk mensiasati hal tersebut Anda bisa melakukan renovasi rumah. baik hanya sebagian saja atau mungkin merubah sebagian besar tampilan rumah Anda. Dan terkadang tidak sedikit masyarakat yang akan memilih desain rumah disesuaikan dengan kepribadian mereka.

Ciri-ciri rumah minimalis

Sebelum melangkah lebih jauh membahas rehab rumah minimalis, tahukah apa saja ciri rumah minimalis? Jadi mungkin bagi orang yang tidak tahu akan berpendapat bahwa cirinya adalah ukurannya kecil. Padahal dibalik itu semua, jika dipelajari lebih lanjut ada banyak cirinya. Anda penasaran dengan apa saja ciri rumah minimalis? Berikut adalah penjelasannya:

  • Geometris tanpa dekorasi

Ciri yang pertama yakni bentuknya geometris tanpa dekorasi. Rumah minimalis memang sangat erat kaitannya dengan bentuk desainnya yang sangat sederhana. Apabila diperhatikan bentuknya yakni geometris dan persegi panjang. Dan lengkap dengan atapnya yang berbentuk segitiga. Dan banyak juga yang menyebutkan rumah minimalis memiliki fasad yang dibiarkan polos. Jendelanya sederhana dan tidak rumit. Biasanya hanya lengkap dengan jendelanya yang berbentuk persegi. Dan kadang juga lengkap dengan bingkainya yang sederhana. Tetapi dapat melindungi kaca dan tahan lama.

  • Material bangunan sederhana

Tahukah Anda bahwa rumah minimalis itu tidak hanya bentuk bangunannya saja yang sederhana. Tetapi juga perlu Anda tahu bahwa rumah minimalis materialnya juga sederhana. Furniture yang digunakan juga sangat minim. Dengan begitu membuat ruangan yang sempit bisa terlihat lebih besar. Kuncinya adalah bisa memilih furniture yang tepat. Untuk itu lahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis juga tidak terlalu luas. Jadi tidak heran bila sangat digemari oleh mereka yang tinggal di perkotaan.

Konsep/ pilihan desain

Apabila Anda sudah memutuskan untuk rehab rumah minimalis tidak perlu bingung tentang konsep. Hal ini dikarenakan di atas sudah banyak dibahas mengenai konsep dan ide. Jadi Anda mungkin tinggal mencarinya saja di internet. Ada ratusan pilihan desain rumah minimalis. Anda bisa memilih dan menyesuaikan mana yang kira-kira sesuai dengan Anda. Sesuai dengan tema dan keinginan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contohnya:

  • Desain 2 kamar tidur

Ini adalah pilihan pertama bagi Anda. Apabila kebetulan lahan yang Anda miliki memang cukup luas. Ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perkampungan atau bisa juga di perumahan. Bila Anda menggunakan konsep ini ada beberapa keuntungannya. Hal ini dikarenakan Anda bebas untuk berkreasi. Anda bisa memilih konsep 2 kamar tidur. Anda bisa memilih 1 sebagai kamar utama. Yakni untuk Anda dan pasangan. Dan kamar lantai 2 bisa Anda pilih untuk kamar anak. bisa juga tambahkan taman pada bagian depan rumah Anda. Sehingga rumah terlihat lebih sejuk dan hidup.

  • Perpaduan adat modern

Saat ini rumah adat memang sudah tidak diminati oleh masyarakat Indonesia. Padahal jika dipadukan dengan konsep minimalis akan sangat bagus hasilnya. Sebagai contohnya adalah rumah adat Betawi. Untuk mendapatkan kesan minimalis Anda bisa memilih pemilihan warna cat yang khas. Misalnya warna putih dan abu-abu. Modelnya juga Anda bisa memberikan sedikit sentuhan rumah gaya modern. Dengan begitu maka tampilan rumah Anda akan semakin menarik.

Pilihan material yang digunakan

Di atas sudah banyak disinggung bahwa rehab rumah minimalis itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Kenapa? Hal ini dikarenakan sudah banyak desain dan pilihan konsep. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di internet. Pilihan desain tersebut bisa Anda pilih kira-kira mana yang memang sesuai dengan kepribadian. Namun meski sederhana tetapi jika sudah berbicara biaya tentu tidak sedikit. Biaya yang digunakan untuk rehab sebuah rumah itu tidak sedikit. Untuk itu, bila Anda memang memiliki rencana melakukan rehab, maka siapkan dana dengan baik. Anda hitung dengan cermat dan teliti. Jika memang tidak bisa meminta bantuan. Mungkin bisa pada arsitek atau kontraktor.

Dan yang terakhir ini memang cukup penting. Yakni dalam pemilihan material bangunan. Di atas sudah disinggung bahwa rumah minimalis itu bangunannya sederhana. Untuk itu pemilihan materialnya juga mudah. Tetapi jangan salah pemilihan material ini cukup penting. Kenapa? Karena nantinya akan berdampak pada hasil akhir bangunan Anda. Jika material yang Anda pilih jelek maka hasilnya juga akan jelek. Untuk itu, supaya tampilan dan hasilnya bagus, pilih material kualitas terbaik. Selain bisa membuat umur bangunan lebih lama juga pada hasil akhirnya yang luar biasa.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *