Proses Pencairan KUR Bank BRI Terbaru 2022

Siklus Penyaluran KUR Bank BRI – Di tengah ketidakstabilan keuangan akibat pandemi virus corona, KUR menjadi pembenahan penting untuk menjaga keberlangsungan UMKM. Selain biaya pinjaman yang rendah 6% setiap tahun, persyaratan pengajuan KUR juga terbilang sederhana sehingga tidak merepotkan pelaku UMKM.

BRI mengklaim Organisasi telah unggul dalam penyaluran KUR sebesar Rp 160 triliun kepada 5,4 juta pelaku UMKM hingga akhir Oktober 2021. Hal ini terlihat dari 82,1% dari fokus penyaluran Kur BRI pada tahun 2021. Pengukuran ini menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM bisa bertahan selama pandemi.

Selanjutnya adalah klarifikasi yang lebih detail dari BRI Kur.

Apa itu KUR BRI?

Otoritas publik melalui Dinas Koperasi dan UKM menjadikan program KUR untuk memperkuat permodalan dan mempercepat pengembangan sektor UMKM. Distribusi Kur selesai dengan desain assurance. Selain BRI, bank BUMN lain yang juga memberikan uang muka Kur adalah BNI dan Bank Mandiri.

Dalam penyaluran KUR, Bank BRI membidik pelaku UMKM penghibur yang memiliki organisasi yang bermanfaat dan praktis, baik organisasi perorangan maupun perkumpulan. Organisasi sebenarnya perlu memilih pemegang rekening yang mungkin untuk mengurangi jumlah kredit bermasalah (NPL) di kemudian hari.

Syarat pengajuan KUR BRI

Sebelum mengetahui berapa lama proses pengajuan KUR BRI, ada baiknya kita mengetahui syarat-syarat pengajuan KUR terlebih dahulu. Berikut adalah daftar:

  • Identitas berupa KTP dan KK
  • Pendaftar atas nama perorangan atau perorangan

Memiliki bisnis yang telah berjalan setidaknya selama enam (6) bulan

  • Calon debitur melakukan bisnis di salah satu platform e-commerce (Tokopedia, Lazada, Shopee, dll.) dan naik memanggil (ambil, Gojek)
  • Pelamar saat ini tidak menikmati pinjaman perbankan, kecuali pinjaman konsumen seperti kartu kredit, KKB( kredit kendaraan bermotor), dan hipotek (kredit pemilikan rumah)
  • Izin usaha (dapat berupa sertifikat yang dikeluarkan oleh platform ride hailing atau e-commerce)
See also  Tips dan Cara Yang Paling Mudah Untuk Menghasilkan Uang Dari Trading Forex

Fasilitas KUR BRI

Fasilitas yang dibahas dalam kur antara lain mengenai tenor pinjaman, suku bunga, dan biaya tambahan. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Periode Kur: fleksibel 12 bulan, 18 bulan, atau 24 bulan
  • Suku bunga Kur: 6 persen / tahun
  • Biaya administrasi dan provisi: gratis

Berapa lama proses pengajuan KUR BRI?

Umumnya proses pengajuan KUR BRI memakan waktu 7-14 hari. Bank BRI membutuhkan waktu untuk melakukan survey ke tempat nasabah dan melakukan verifikasi data. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang ditulis oleh pelanggan sudah benar sesuai dengan kondisi di lapangan.

Sementara itu, proses pencairan KUR untuk pelanggan lama bisa lebih cepat dari itu. Dengan track record yang baik, proses pencairan bisa memakan waktu kurang dari tujuh hari.

Jenis BRI KUR

Bank BRI menyediakan tiga jenis KUR kepada nasabahnya, dimana setiap program Kur memiliki ciri khas tersendiri. Karakteristik yang dimaksud meliputi jangka waktu dan plafon pinjaman. Ketiga jenis KUR tersebut adalah KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI.

Berikut adalah penjelasan secara rinci:

Kur Micro

Sesuai namanya, KUR Mikro menargetkan bisnis segmen mikro dengan skala bisnis di kisaran puluhan juta. Oleh karena itu, plafon kredit mikro adalah yang terkecil.

Nasabah Kur Mikro dapat menikmati pinjaman hingga Rp 50 juta per debitur. Persyaratan untuk mengajukan Kur Mikro telah dijelaskan dalam enam poin di atas. Sedangkan tenor pinjaman tergantung dari program yang dipilih:

  • Kredit modal kerja (KMK), jangka waktu hingga 3 tahun
  • Kredit investasi (KI), jangka waktu hingga 5 tahun

Suku bunga KUR Mikro sama dengan program KUR lainnya, yaitu 6 persen / tahun. Kur Mikro juga bebas biaya provisi dan administrasi.

See also  7 Negara Yang Sangat Ramah Investor Kripto

Kur Kecil

Produk kredit Kur Kecil menargetkan UMKM kecil dengan skala usaha yang lebih besar dibandingkan segmen mikro. Oleh karena itu, plafon pinjaman KUR yang kecil juga lebih besar, yaitu Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur. Bagi yang membutuhkan informasi berapa lama proses pencairan BRI KUR kecil, maka jawabannya adalah sekitar 7-14 hari.

BRI memberikan dua opsi jangka waktu pinjaman, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Kredit modal kerja (KMK), jangka waktu hingga 4 tahun
  • Kredit investasi (KI), jangka waktu hingga 5 tahun

KUR TKI

Produk KUR TKI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara tujuan. Setiap debitur dapat menikmati pinjaman maksimal Rp 25 juta atau sesuai Peraturan Pemerintah.

Berikut penjelasan persyaratan pendaftaran Kur TKI:

  • Pelamar adalah calon TKI yang akan berangkat ke negara tujuan Malaysia, Singapura, Brunei, Taiwan, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan
  • Syarat administrasi identitas KTP dan KK
  • Kontrak kerja dengan majikan dan Perjanjian Penempatan
  • Paspor, visa dan persyaratan administrasi pelengkap lainnya
  • Jangka waktu pinjaman hingga tiga tahun atau berdasarkan kontak kerja

Ketentuan Pengajuan KUR di bank lain
Selain BRI, Bank Pemerintah lainnya yang menyediakan produk pinjaman Kur adalah BNI dan Bank Mandiri. Meskipun umumnya serupa, kedua bank memberlakukan persyaratan pengajuan Kur yang berbeda dibandingkan dengan BRI. Berikut adalah penjelasan.

Ketentuan Pengajuan KUR BNI

  • Bukti identitas berupa KTP dan KK
  • Warga negara Indonesia berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah

Memiliki bisnis yang telah berjalan setidaknya selama enam (6) bulan

  • Calon debitur tidak menerima kredit dari bank lain
  • Izin usaha atau sertifikat dari desa
  • Untuk pendaftar Kur diatas Rp 50 juta, siapkan dokumen penjaminan dan NPWP
  • Penalti 5 persen per tahun dari saldo terutang untuk pelanggan yang terlambat membayar cicilan
  • Surat nikah untuk Pernikahan (registrar individu)
  • Maksimum biaya administrasi Kur sebesar Rp 150 ribu (pendaftar badan usaha)
See also  Pertukaran Crypto Paling Terbaik Di Bulan April 2022

Syarat pengajuan Kur Bank Mandiri

Memiliki usaha produktif yang telah berjalan setidaknya selama enam (6) bulan

  • Usia pelamar minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Usia maksimal pelamar saat kredit dibayarkan adalah 60 tahun, misalnya mengambil tenor 20 tahun, maka usia maksimal untuk memulai kredit adalah 40 tahun
  • Pendaftar tidak memiliki kredit, kecuali kredit konsumsi seperti KPR, KKB, kartu kredit, dan resi gudang
  • Jika pendaftar memiliki kredit di luar KUR dan telah melunasinya, maka wajib membawa sertifikat pembayaran disertai dengan lampiran pernyataan bank
  • Tidak ada dalam daftar hitam nasional penarik cek kosong

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai persyaratan pengajuan, Fasilitas, jenis, dan berapa lama proses pencairan KUR BRI. Diharapkan informasi ini dapat bermanfaat bagi para pelaku bisnis yang sedang mencari tambahan modal agar dapat terus bertahan dalam kondisi yang menantang ini.

Check Also

New Link Kumpulan Xnxubd Film Bokeh Full Bokeh Lights Bokeh Video Ggoogle Earth 2021 New Link Update 2022

Hai teman-teman kembali lagi di admin yang selalu berbagi informasi terbaru dengan kalian. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Informasi Xnxubd Movie Bokeh Full Bokeh Lights Bokeh Video Ggoogle Earth 2021 New Link. Bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi tentang kata kunci yang dipikirkan dengan matang, maka sebagai administrator anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.