Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Beragam Jenis Pipa Tembaga Secara Lengkap
Bahan Bangunan, Pipa

Mengenal Beragam Jenis Pipa Tembaga Secara Lengkap 

Pipa merupakan salah satu bahan membagun rumah yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Bahan ini terkenal dengan banyak fungsinya dan juga menawarkan jenis pipa yang beragam. Karena bisa digunakan dalam hampir semua sektor, maka ketika akan memilih pipa juga penting untuk memilih bahan yang dipunyainya. Karena sambungan pipa dengan bahan tertentu tentu saja akan bisa dan bermanfaat untuk sektor khusus dan tidak bisa untuk diaplikasikan pada sektor lainnya. Salah satu jenis pipa yang dapat dipilih adalah pipa tembaga. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jenis pipa ini akan dijelaskan lebih lanjut seperti di bawah ini.

Pengertian Pipa Tembaga

Pipa dari tembaga merupakan jenis pipa yang digunakan untuk mesin pendingin. Adapun untuk jenis yang biasanya digunakan adalah dari bahan refrigerant jenis R11, R12, R22, dan juga R502. Jenis pipe ini memang paling umum digunakan untuk mesin pendingin dan disebut juga sebagai ACR Tubing. Hal tersebut membuat pipa ini mempunyai karakteristik dan juga syarat khusus yang memang dirancang untuk keperluan tersebut. Pada bagian dalam pipa ini yang digunakan untuk mesin pendingin harus tetap kering. Hal tersebut bisa didapatkan dengan membersihkannya menggunakan nitrogen. Sedangkan untuk ujungnya juga tidak boleh dibiarkan terbuka sehingga harus tertutup.

Asal dan sejarah

Tembaga merupakan material logam yang sudah dikenal secara umum. Tembaga mempunyai karakter elastis dan juga mudah untuk ditempa. Karena kemudahan untuk ditempa tersebut membuat tembaga dapat diubah modelnya dan dijadikan sebagai salah satu jenis pipa. Tembaga sendiri merupakan bahan yang langka dalam bentuk murni. Apabila diubah menjadi pipa, material ini mempunyai keunggulan karena unsurnya tidak reaktif dan juga lebih tahan terhadap korosi. Penggunaan tembaga yang merupakan penghantar listrik dan panas yang baik sendiri diperkirakan sekitar 10.000 tahun lalu. Tembaga dapat dengan mudah ditemukan di beberapa negara yang terkenal dengan penghasil tembaga terbesar yang ada di dunia yaitu Chile, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Jenis-jenis pipa tembaga

Selain untuk pipa, tembaga juga dapat bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lainnya. Seperti dapat untuk dijadikan komponen listrik, koin, komponen biomedik, dan berbagai alat rumah tangga. Material tembaga ini juga bisa dipadukan dengan berbagai logam lain sehingga akan membuat kerajinan dari bahan tembaga. Sedangkan untuk pipa dari tembaga, pada umumnya dikenal dibagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut ini:

  • Pipa dari tembaga lunak atau soft merupakan jenis pertama yang digunakan untuk mesin pendingin dan dosmetik hingga komersial. Jenis ini merupakan pipa yang mempunyai sifat kekerasan tertentu dengan cara dipanaskan dan kemudian baru bisa dibiarkan mendingin sendiri agar mudah dibentuk. Sifat khusus dari pipa ini adalah akan menjadi keras dan kaku apabila dibengkokkan berulang kali. Sehingga apabila dilakukan secara terus menerus akan membuat jenis ini menjadi lebih mudah rusak, retak, dan patah.
  • Pipa dari tembaga keras atau hard merupakan jenis selanjutnya yang digunakan pada mesin pendingin guna kepentingan komersial. Jenis ini mempunyai sifat pipa yang kaku dan juga keras. Sehingga jenis ini harus dipasangkan menggunakan klem yang digunakan untuk tumpuan dan pengikat. Pipa jenis ini berbeda dengan jenis sebelumnya karena sifatnya yang tidak mudah untuk dibengkokkan. Adapun ketika ingin membengkokkan bisa menggunakan elbow atau alat khusus untuk mendapatkan pipa yang bengkok. Apabila mencari jenis pipa ini bisa didapatkan dalam bentuk batangan di pasaran dengan ukuran panjang sekitar 7 meter.

Selain dari pipa bahan tembaga keras dan lunak, pipa ini juga dapat dibagi dari bahan utama produksi dan karakter yang dipunyainya seperti berikut ini:

  • Crane copper merupakan jenis pertama yang mempunyai keunggulan sebagai pipa bahan tembaga dengan bahan utama yang berkualitas. Karena mempunyai kualitas yang baik tidak heran apabila jenis ini digunakan untuk kebutuhan komersial.
  • Denji copper merupakan jenis yang digunakan untuk instalasi sistem pendingin dan pemanas.
  • Kembla copper merupakan jenis pipa dengan bentuk spiral dan melingkar.

Baca juga: Pipa Besi: Asal-Usul, Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya

Kegunaan Pipa Tembaga

Pipa bahan tembaga ini mempunyai banyak kegunaan atau fungsi yang bisa dimanfaatkan. Adapun beberapa kegunaan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Kegunaan pertama adalah digunakan untuk penyaluran air pada instalasi kulkas dan AC. Pipa tersebut dapat digunakan untuk membuang air dari kulkas ataupun AC.
  • Pipa bahan tembaga juga dapat digunakan untuk menunjang proses instalasi saluran air yang digunakan untuk rumah tangga hingga industri.
  • Pipa bahan tembaga juga dapat digunakan untuk mengalirkan limbah cair untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.
  • Pipa bahan tembaga dapat digunakan untuk mengalirkan gas rumah tangga ataupun sektor industri.

Keunggulan Pipa Tembaga

Jenis bahan pipa yang satu ini menawarkan banyak keunggulan yang dipunyai. Dimana hal tersebut bisa didapatkan dari pemilihan bahan, sifat, dan juga kegunaan yang ditawarkan oleh masing-masing jenis pipa. Akan tetapi pada umumnya, keunggulan yang bisa didapatkan apabila menggunakan pipa dari bahan tembaga adalah sebagai berikut ini:

  • Keunggulan pertama adalah bahan ini mempunyai keuntungan karena lebih tahan bocor. Sehingga hal tersebut akan membuat pipa ini cocok digunakan untuk saluran gas hingga udara.
  • Keunggulan selanjutnya adalah mudah ditekuk hingga akan lebih fleksibel untuk dipasang pada kebutuhan rumah tangga dan industri.
  • Keunggulan lainnya adalah mempunyai bahan yang lebih tahan karat. Sehingga bahan ini tidak akan berubah warna menjadi coklat.
  • Keunggulan lainnya adalah mempunyai umur yang panjang dan dapat digunakan hingga 50 tahun lebih apabila dirawat dengan baik.
  • Keunggulan lainnya adalah pipa bahan ini lebih aman dari bencana alam.
  • Pipa ini juga mempunyai keunggulan lebih tahan terhadap cuaca, bakteri, dan sinar ultraviolet.
  • Pipa ini juga mempunyai keunggulan karena mudah diganti dan diperbaiki apabila mengalami kerusakan.
  • Pipa ini juga tidak mudah terbakar dan tidak mengeluarkan asap saat kebakaran sehingga akan mempunyai keamanan yang lebih apabila menggunakannya.
  • Pipa bahan ini akan lebih mudah di daur ulang dan ramah lingkungan.

Kekurangan Pipa Bahan Tembaga

Pipa dari bahan tembaga ini juga mempunyai kekurangan yang bisa diperhatikan. Dimana karena menawarkan banyak keunggulan yang akan didapatkan, tidak mengherankan apabiladi banderol dengan harga yang lebih mahal. Pipa bahan ini memang akan mempunyai harga lebih tinggi dibandingkan jenis bahan lainnya seperti pipa paralon yang dikenal mempunyai harga terjangkau.

Oleh karena itulah ketika akan memilihnya bisa untuk melihat budget yang dipunya terlebih dahulu. Sehingga nantinya budget tersebut akan cukup untuk membeli pipa dari bahan tembaga. Akan tetapi apabila diambil dari perspektif bahan ini yang memberikan keunggulan lebih awet dan tahan lama digunakan, maka Anda tidak akan mengalami kerugian apabila menggunakan dan memilih pipa bahan tembaga. Untuk mendapatkan bahan yang lebih terjangkau juga cukup mudah, yaitu cukup dengan membandingkan harga di pasaran untuk mendapatkan toko yang menjual dengan harga termurah.

Baja juga: Pipa Alumunium: Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *