Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Pipa PVC: Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya
Bahan Bangunan, Pipa

Mengenal Pipa PVC: Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya 

Dalam membangun rumah maka aspek pengairan dan juga sanitasi pastinya menjadi salah satu bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Karena hal ini akan mempengaruhi kenyamanan selama tinggal disana. Untuk itu maka salah satu material penting yang nantinya juga wajib disiapkan untuk kebutuhan tersebut adalah sambungan pipa. Belakangan ini pipa PVC lebih diminati oleh masyarakat jika dibandingkan dengan pemakaian pipa biasa untuk digunakan pada bangunan mereka.

Pengertian dan asal usul pipa polyvinyl chloride

Pipa PolyVinyl Chloride ini adalah jenis pipa yang bahan atau materialnya terbuat dari thermoplastic, sehingga sangat umum dijadikan sebagai sarana untuk penyaluran air. Bahkan jika dibandingkan dengan pipa besi maupun yang lainnya, tidak dapat dipungkiri jika belakangan ini lebih banyak diantara masyarakat yang memilih memanfaatkan pemakaian dari pipa tersebut. Dalam sejarah atau asal usulnya sendiri dulunya pipa tersebut dikembangkan oleh seorang ahli kimia dari Prancis yang bernama Henri Victor Reganult.

Awal abad ke 19 adalah penemuan dari pipa tersebut. Material ini sudah mulai digunakan pada tahun 1920, namun dulunya kurang lentur. Apalagi memang pada saat ini produk yang terbuat dari plastik begitu diminati oleh masyarakat. salah satu perusahaan kemudian mencoba untuk menggabungkan antara bahan Polivinyl Chloride dengan plastik yang kemudian ditemukanlah bahan PVC tersebut, meskipun dari segi teksturnya agak lentur, namun ternyata tetap kuat.

Hingga kemudian sampai abad ke 20 produk tersebut banyak digemari dan diekspor ke berbagai negara. Bahkan jerman sendiri rupanya menjadi negara yang pertama kali mengaplikasikan produk pipa dari bahan PVC tersebut di dalam bangunan rumah tangga, dengan alasan karena memang harga jualnya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mengandalkan pipa dari bahan logam. Setidaknya sudah sejak tahun 1936 produk pipa PVC tersebut dieksploitasi ke berbagai negara untuk dijadikan sebagai instalasi air yang ada di rumah-rumah.

Kegunaan pipa polyvinyl chloride

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan dari pipa berbahan dasar plastik tersebut di dalam kehidupan. Berikut ini diantaranya yang patut untuk diketahui:

  1. Mengalirkan air guna kebutuhan sanitasi. Pipa dari bahan PVC ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya di dalamnya. Sangat aman dipakai untuk mengalirkan air kebutuhan sanitasi dalam rumah tangga. Air yang nantinya akan dialirkan pada setiap bagian yang ada di rumah tangga melalui pipa ini dan akan tetap terjaga kualitas kebersihannya. Baik itu digunakan untuk mandi, memasak, mencuci dan masih banyak lagi diantaranya.
  2. Digunakan sebagai saluran air buangan. Manfaat yang lainnya adalah pipa tersebut juga banyak digunakan sebagai saluran untuk air buangan ataupun limbah. Seperti diantaranya adalah air hujan kemudian juga kotoran menuju pada septic tank, asalkan ada dorongan gravitasi dari atas kebawah maka secara otomatis limbah tersebut akan mengalir turun sendiri.
  3. Dipakai untuk merapikan kabel. Pipa ini ternyata juga banyak dipakai di rumah tangga sampai dengan perusahaan-perusahaan besar dengan tujuan adalah untuk merapikan kabel. Kabel nantinya akan disembunyikan di bagian dalam pipa, sehingga lebih aman dan juga rapi untuk rumah. Apalagi pada beberapa bidang usaha yang memang banyak mengandalkan kabel di dalamnya.
  4. Dapat meredam api, karena sifatnya yang tidak menghantarkan api, maka pipa tersebut dapat dipakai sebagai peredam api. Sehingga kemudian pipa PVC juga banyak diaplikasikan di pabrik-pabrik untuk menjaga keamanan.

Baca juga: Rekomendasi dan Informasi Lengkap Seputar Sambungan Pipa

Keunggulan pemakaian pipa polyvinyl chloride

Dalam pengaplikasian pipa PVC ini nyatanya memang ada banyak sekali keunggulan yang membuat masyarakat sendiri sekarang cenderung menjadikannya sebagai pilihan jika dibandingkan dengan pipa-pipa yang lainnya, diantaranya adalah:

  1. Harga ekonomis. Dibandingkan dengan pipa yang bahan dasarnya adalah logam, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya harga yang ditawarkan untuk pipa plastik ini terbilang jauh lebih murah. Jadi banyak diantara rumah tangga sampai dengan industri-industri besar yang mengaplikasikannya, karena akan semakin hemat biaya pengeluaran untuk saluran sanitasi atau pengairan yang ada di dalam rumah.
  2. Instalasinya mudah. Karena materialnya sendiri memiliki bobot yang ringan, itulah mengapa pipa jenis ini jauh lebih mudah dipasang dibandingkan dengan yang berbahan dasar besi. Mudah untuk dipotong begitu juga jika seandainya ingin memasangkan satu persatu-satu, lebih efisien tenaga dan juga waktu.
  3. Tidak berkarat. Tidak seperti layaknya pipa logam yang rentan sekali terkena korosi atau pengkaratan, apalagi dalam kondisi cuaca yang tidak menentu yaitu panas dan juga dingin. Maka pipa plastik ini cenderung lebih aman. Karena bahannya tidak mengkarat dibuat dari plastik dan tahan lama selama puluhan tahun dengan perawatan yang tepat.
  4. Tidak mencemari air, karena dibuat dengan bahan yang bagus, itulah mengapa pipa tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya, sangat riskan bukan jika seandainya digunakan untuk pengaliran air namun ada limbah atau bahan kimia yang ikut terbawa dan masuk kedalam tubuh.
  5. Pipa PVC kokoh dan juga kuat, meskipun demikian ia juga tetap memiliki sifat lentur, sehingga memungkinkan pemasangannya jauh lebih mudah dan juga dapat tahan lama, bisa dipakai sampai dengan puluhan tahun, meskipun penempatannya sendiri adalah di dalam tanah ataupun juga di luar ruangan.

Kekurangan pemakaian pipa polyvinyl chloride

Selain dari segi kelebihan maka sebenarnya juga ada beberapa kekurangan dari jenis pipa yang satu ini yang patut untuk diketahui:

  1. Titik leleh rendah. Itulah mengapa dalam pemasangan pipa ini di luar ruangan khususnya, sebaiknya diberikan pelindung, karena ia memiliki titik leleh yang rendah, sehingga tidak terkena panas atau suhu yang tinggi lama kelamaan akan menipis dan leleh atau meninggalkan lubang yang mengakibatkan kebocoran.
  2. Tidak kuat terhadap tekanan. Meskipun kuat dan juga kokoh, namun bobotnya sendiri ringan dan lentur, sehingga jika seandainya terkena tekanan yang agak kuat kemungkinan besar pipa tersebut juga dapat pecah, tidak seperti pipa yang terbuat dari bahan besi yang memang kuat untuk ditekan.
  3. Tidak tahan terhadap asam. Karena materialnya terbuat dari plastik, maka kurang cocok digunakan untuk mengaliri sesuatu yang asam. Termasuk jika kondisi pH air bersifat asam maka kemungkinan besar bisa mengikis permukaan plastik tersebut dan memicu masalah kesehatan.
  4. Sulit untuk di daur ulang. Bahannya sendiri adalah plastik yang mana memang membutuhkan waktu cukup lama untuk mendaur ulangnya. Untuk itu tidak bisa sembarangan dibuang.

Penting mengenal kelebihan dan kekurangan dari pipa PVC tersebut selain dari segi manfaatnya. Sehingga nantinya Anda juga tidak sampai salah pilih untuk kebutuhan sanitasi yang ada di dalam rumah. Pastikan yang terbaik untuk keluarga.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *