Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Pipa PPR Berikut dengan Keunggulan dan Kekurangannya
Bahan Bangunan, Pipa

Mengenal Pipa PPR Berikut dengan Keunggulan dan Kekurangannya 

Pipa merupakan benda berbentuk silinder dengan lubang pada bagian tengahnya yang terbuat dari logam ataupun bahan-bahan lain. Pipa memiliki fungsi sebagai sarana pengaliran atau transportasi fluida berbentuk cairan, gas, maupun udara. Untuk kebutuhan di dunia kontraktor mekanikal dan elektrikal, penggunaan pipa menjadi salah satu material yang kerap dilakukan. Di pasaran, ada banyak sekali jenis pipa yang bisa digunakan untuk instalasi bangunan gedung, industri, hingga perkotaan. Salah satu jenis pipa yang sering digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah, gedung, dll adalah pipa air. di pasaran, jenis pipa air yang bisa digunakan terbilang sangat banyak dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mulai dari pipa PVC, pipa air CPVC, pipa galvanis, hingga pipa air PPR. Namun kali ini, akan diulas sedikit mengenai pipa PPR.

Pengertian Pipa Air PPR

Pipa PPR merupakan kependekan dari PolyPropylene Random, yaitu pipa steril yang terbuat dari bahan baku plastik Polypropylene type 3 yang tahan terhadap panas dan anti bocor. Bahan baku PPR 80 merupakan standar bahan baku untuk pipa thermoplastik sebagai saluran sanitasi air panas maupun dingin. Pipa jenis ini memiliki diameter mulai dari 0,5 inch hingga 6 inch, dengan panjang optimal 4 meter setiap batangnya. Untuk kebutuhan saluran air panas dan dingin bertekanan, produk pipa jenis ini didukung dengan ratusan jenis aksesoris dari berbagai bentuk dan diameter. Di pasaran, pipa jenis ini biasanya dominan berwarna hijau, meskipun ada juga beberapa merk lain yang menjual dengan warna lain, seperti putih dan abu-abu.

Asal Mula Pipa Air PPR

Pipa air merupakan media distribusi air dari satu tempat ke tempat lain sesuai dengan kebutuhan. Dalam industri saluran air, penggunaan pipa didasarkan sesuai dengan jenis fluida (cairan) yang akan dialirkan, sehingga untuk kebutuhannya ada lebih dari satu jenis untuk saluran alir. Menurut Wikipedia, penggunaan pipa untuk saluran air terjadi sejak sekitar 3.000 tahun sebelum Masehi di China yang bertujuan untuk mengalirkan air pada pertanian. Budaya mengalirkan air yang demikian rupanya juga dilakukan oleh penduduk India dan Palestina, sekitar 2.500 tahun sebelum Masehi.

Dari perkembangan sejarah Mesir juga tercatat menggunakan media untuk mengalirkan sumber air dari Sungai Nil menuju ke sawah-sawah yang dimiliki. Hal yang sama juga terjadi di Roma, dimana dilakukan untuk tujuan mencukupi kebutuhan sanitasi dan air minum. Selanjutnya sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern, pipa air yang kita kenal sekarang tidak seperti saat ini yang berbentuk tabung sempurna dan terbuat dari bahan metal atau thermoplastik.

Pipa air modern yang pertama kali dibuat dari bahan logam, sebelum akhirnya oleh Johan Keller yang merupakan seorang warga negara Belanda menemukan bahan thermoplastik yang ideal untuk pembuatan pipa air. Johan Keller sendiri merupakan direktur perusahaan air minum di kota Zwolle, Belanda. Johan tercetus untuk menggunakan bahan thermoplastik setelah sebelumnya mengalami berbagai permasalahan pada penggunaan pipa besi, seperti berkarat, dan permasalahan saluran air lainnya. Karena kecemerlangan ide Johan inilah yang membuat namanya dikenal sebagai pelopor pipa thermoplastik modern. Johan kemudian membuat pabrik sendiri dengan nama Wavin. Produk dari Johgan ini kemudian semakin dikenal di berbagai negara di Eropa. Hingga akhirnya brand Wavin juga masuk ke Indonesia dan menjadi pelopor pipa untuk air modern.

Kegunaan

Di Indonesia, pipa PPR kerap digunakan untuk kebutuhan berikut ini:

  • Penggunaan saluran sanitasui rumah, perkantoran, industri, rumah sakit, perhotelan, dan bangunan lain.
  • Saluran air minum dan saluran makan cair.
  • Saluran udara bertekanan.
  • Untuk kebutuhan pertanian atau agrikultural.
  • Saluran pendingin air conditioner.
  • Saluran kimia asam dan cairan agresif.

Keunggulan

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pipa PPR, antara lain:

Ringan

Pipa jenis ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan produk pipa besi. Sehingga ketika digunakan akan lebih memudahkan dalam hal mobilisasi atau pengangkutan, serta penyambungannya pun juga lebih mudah dilakukan tanpa harus menggunakan alat bantu angkat.

Ramah lingkungan

Keunggulannya lainnya dari pipa jenis ini adalah lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan materialnya yang tidak mudah rusak dan mencemari lingkungan lantaran terbuat dari bahan thermoplastik yang dapat di daur ulang. Sehingga potongan pipa yang tidak terpakai bisa diolah kembali tanpa harus menjadi sampah abadi yang menunggu puluhan tahun agar bisa rusak dan terurai.

Awet digunakan hingga 50 tahun lamanya

Karena memiliki tingkat keretakan yang rendah, serta kelenturan dan kekuatan yang bagus membuat pipa jenis ini lebih awet digunakan. Bahkan ketahanan yang pipa ini bisa mencapai usia 50 tahun lamanya, bahkan lebih.

Higienis

Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan pipa jenis ini memiliki karakteristik yang tidak mudah rusak, sehingga membuat pipa tetap higienis. Oleh karena itu, sangat cocok ketika digunakan untuk saluran air bersih bersuhu tinggi dan bertekanan.

Bebas korosi

Korosi menjadi salah satu permasalahan yang kerap dijumpai pada pipa air besi. Korosi bisa menyebabkan kerusakan kualitas fluida (air bersih) dan pencemaran pada lingkungan sekitar. Selain itu juga bisa mengurangi usia penggunaan pipa. Beruntungnya hal yang demikian tidak akan terjadi saat menjatuhkan pilihan pada pipa air PPR.

Sistem penyambungan lebih sempurna

Pipa PPR disambung dengan metode pemanasan menggunakan alat khusus (welding machine). Dengan cara ini membuat bagian sambungan pipa lebih sempurna dan tanpa celah.

Permukaan dalam licin

Karena keunggulan inilah, potensi adanya penumpukan kotoran lebih kecil. Sehingga saluran pipa bisa terbebas dari kemungkinan mengalami penyumbatan karena kotoran maupun benda-benda lain.

Lentur dan tahan gempa

Karena pipa air PPR lebih lentur, maka ketika terjadi gempa akan lebih tahan dari berbagai resiko benturan ringan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Mampu meredam kebisingan

Suara bising pada saluran air memang bukan hal baru lagi untuk saluran air sanitasi. Namun bagusnya untuk pipa air PPR adalah mampu meredam suara bising tersebut.

Daya hantar panas rendah

Salah satu standar untuk produk pipa air panas yang terbaik adalah yang memiliki sifat menghantarkan panas lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk menjaga fluida panas lebih lama.

Kekurangan

Meskipun memiliki segudang keunggulan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pipa PPR juga memiliki kekurangan tersendiri. Adapun kekurangan pipa air PPR adalah dari segi harga yang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan jenis pipa air lainnya, sehingga kurang ekonomis. Namun hal ini terbilang wajar, mengingat banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh pipa air PPR. Salah satunya karena pipa jenis ini lebih awet digunakan hingga usia 50 tahun lebih, Anda jadi bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu terlalu sering melakukan penggantian. Tentunya ini juga bisa dikatakan sangat ekonomis untuk jangka waktu ke depan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *