Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Beragam Jenis Pipa Paralon Bahan PVC
Bahan Bangunan, Pipa

Mengenal Beragam Jenis Pipa Paralon Bahan PVC 

Pipa merupakan salah satu material yang digunakan di rumah dan mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Sambungan pipa merupakan saluran tertutup yang dapat menjadi aliran fluida atau cairan, sarana pengaliran, dan juga transportasi energi yang ada dalam aliran. Pipa tersebut mempunyai banyak sekali jenisnya yang ada di pasaran dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang ditawarkan dari jenis pipa. Dimana biasanya pipa dapat diukur berdasarkan ukurannya, bahan pembuatnya, dan juga dari bentuknya. Salah satu jenis pipa yang ada di pasaran adalah pipa paralon yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian dan Jenis Pipa Paralon

Jenis pipa yang populer dan banyak digunakan adalah paralon yang juga dikenal dengan nama pipa PVC atau Polyvinyl chloride. Pipa ini merupakan jenis pipa yang terbuat dari bahan plastik. Untuk ukuran di Indonesia, pipa ini merupakan salah satu jenis pipa yang paling umum dan populer digunakan oleh konsumen. Pipa ini termasuk ke dalam urutan ketiga dalam jenis pipa yang digunakan dalam jumlah pemakaiannya dan digunakan untuk banyak sekali kebutuhan. Dimana ketika akan memilih pipa ini bisa dari jenis yang ada di pasaran dan disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun untuk beberapa jenis pipa PVC adalah sebagai berikut ini:

Pipa SDR 41

Pipa SDR 41 merupakan jenis pipa PVC yang pertama. Pipa ini sendiri pada umumnya digunakan sebagai saluran pembuangan limbah. Pipa ini mempunyai jenis yang efektif dengan ketebalan terbaik untuk dapat mengalirkan cairan limbah yang mempunyai tekanan tinggi. Jenis pipa ini pada umumnya mempunyai ukuran panjang 6 meter per batangnya dan mempunyai diameter 3 hingga 24 inch. Sehingga dengan diameter berbeda tersebut, Anda bisa memilih ukuran sesuai dengan kegunaan yang diinginkan.

Pipa JIS

Pipa JIS atau Japanese Industrial Standard merupakan jenis pipa PVC yang paling umum digunakan. Pipa jenis ini adalah pipa impor dan banyak beredar di pasaran untuk dapat dibeli dan dipilih oleh konsumen. Pipa ini sendiri mempunyai kualitas terbaik yaitu kualitas JIS. Ketika memilih pipa ini ada beberapa jenis yang dapat dipilih. Pertama adalah pipa tipe AW yang merupakan pipa paling tebal dan juga dapat mempunyai manfaat dapat menahan air hingga 10 kgf/cm2. Jenis selanjutnya ada pipa tipe D yang mempunyai ketebalan lebih tipis dan juga kekuatan lebih lemah karena dapat menahan air sekitar 5 kgf/cm2. Jenis terakhir adalah pipa tipe C yang merupakan pipa paling tipis. Jenis ini mempunyai diameter hingga 5 inch saja dan kurang tahan terhadap tekanan.

Pipa SNI

Pipa SNI merupakan pilihan pipa PVC selanjutnya yang mempunyai standard nasional Indonesia. Pipa ini merupakan produksi dari dalam negeri dan juga mempunyai standar SNI. Pada umumnya untuk jenis pipa ini mempunyai panjang dari 4 meter hingga 6 meter perbatangnya. Jenis ini juga dapat untuk diaplikasikan dengan disambung dengan mudah yaitu dengan cara direkatkan dengan karet ataupun lem paralon yang kuat.

Asal dan Sejarah

Pipa bahan PVC adalah pipa yang paling umum digunakan sejak abad ke 20. Dimana banyak orang yang menggunakan jenis pipa ini tentu saja karena keunggulan yang ditawarkannya. Sehingga tidak hanya digunakan untuk skala rumah tangga, tetapi jenis pipa dengan bahan PVC ini juga digunakan untuk kegiatan industri dan banyak sektor lainnya. Sejarah awal dari PVC sendiri ditemukan oleh ahli kimia dari Prancis yang bernama Henri Victor Regnault pada abad ke-19.

Pada mulanya, material yang ditemukan oleh Henri tersebut masih sangat kaku dan juga keras. Selain itu material PVC dahulu juga masih susah untuk dilengkungkan. Sehingga dengan banyaknya kekurangan tersebut, bahan ini belum dilirik dan digunakan secara luas. Baru pada tahun 1920-an kemudian bahan PVC ini mendapatkan tempat karena berkembangnya berbagai bahan yang menggunakan plastik, sehingga hal tersebut juga membuat PVC lebih lentur. Kemudian terobosan dilakukan oleh B.F Goodrich Company yang membuat PVC menjadi lebih lentur dan hal tersebut kemudian diaplikasikan untuk menjadi materi pipa. Mengikuti evolusi dari penggunaan PVC tersebut, sekarang ini jenis ini sudah digunakan secara umum dan juga sudah mempunyai tingkat keamanan yang baik untuk menjadi pipa aliran.

Kegunaan Pipa Paralon

Pipa PVC mempunyai banyak sekali kegunaan yang dimanfaatkan dengan bahan ini. Pipa ini dapat dengan mudah dijumpai baik untuk pipa yang digunakan untuk perumahan dan juga kegiatan produksi. Sehingga tidak heran apabila pipa ini mempunyai keunggulan karena dapat digunakan untuk kebutuhan dan pekerjaan sehari-hari. Seperti misalnya beberapa kegunaan yang diberikan menggunakan pipa PVC adalah seperti berikut ini:

  • Pipa PVC mempunyai kegunaan dapat digunakan untuk PDAM. Sehingga pipa yang digunakan untuk aliran air PDAM yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk menggunakan jenis pipa dari bahan ini.
  • Pipa PVC dapat digunakan untuk pelindung kabel listrik yaitu jenis pipa yang tidak terlalu tebal dan tidak membutuhkan untuk melindungi dari tekanan.
  • Pipa PVC dapat digunakan untuk aliran kamar mandi, ledeng, dapur, wastafel, dan berbagai kebutuhan rumah lainnya.
  • Pipa dapat digunakan untuk tanaman hidropinik sehingga dapat menjadi tempat untuk menanam dan memberikan aliran bagi tanaman agar tetap hidup.

Keunggulan Pipa Paralon

Piva PVC mempunyai banyak sekali kelebihan yang dipunyai dari jenis pipa yang satu ini. Dimana untuk keunggulan utamanya adalah mempunyai harga yang terjangkau sehingga dapat menjadi pilihan pipa bagi masyarakat. Pipa ini juga mudah ditemukan di berbagai tempat sehingga akan membuat Anda lebih mudah membelinya. Selain keunggulan tersebut, beberapa keunggulan lainnya yang dimiliki oleh pipa PVC adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama adalah pipa PVC mempunyai kualitas yang baik dan telah mempunyai standar dalam negeri dan internasional.
  • Pipa PVC merupakan jenis pipa yang kuat dan juga tidak mudah pecah. Hal tersebut dapat dipilih dari jenis pipa PVC yang dipilih dan juga bisa memilih ketebalan pipa yang tepat.
  • Pipa PVC aman digunakan untuk aliran air minum sehingga cocok digunakan untuk saluran air bersih dan kebutuhan konsumsi.
  • Pipa PVC mempunyai produk dengan desain yang efektif dan juga bobot yang ringan.
  • Pipa PVC merupakan jenis produk yang mudah untuk dipasang atau dicopot. Anda juga dapat untuk melakukan instalasi sendiri tanpa bantuan dari ahli.
  • Pipa PVC mempunyai permukaan yang halus sehingga akan lebih efektif apabila digunakan untuk pipa saluran air kotor dan limbah buangan.

Dengan banyaknya keunggulan pipa PVC seperti di atas, pipa dengan bahan material ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang dipunyai. Untuk kekurangan pertama adalah pipa ini mempunyai titik leleh yang rendah. Sehingga hal tersebut akan membuat pipa dari material ini mudah untuk meleleh. Kekurangan selanjutnya adalah lebih peka terhadap sinar matahari langsung. Sehingga untuk menghindari cepat meleleh akan lebih baik memberikan lapisan cek lateks pada pipa.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *