Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengulas Beragam Jenis dan Kegunaan Pipa Galvanis
Bahan Bangunan, Pipa

Mengulas Beragam Jenis dan Kegunaan Pipa Galvanis 

Pipa merupakan peralatan yang bermanfaat baik rumah hingga sektor industri. Ketika memilih pipa tersebut bisa diperhatikan dari jenisnya, bahan yang digunakan, fungsi yang didapatkan, dan juga dari berbagai pertimbangan lainnya sehingga mendapatkan pipa yang tepat. Sambungan pipa mempunyai banyak fungsi yang didapatkan seperti untuk mengalirkan fluida yaitu mengalirkan air, gas, limbah, dan juga berbagai hal lainnya. Pipa juga dapat digunakan untuk pelindung kabel sehingga dapat menjadi tempat kabel yang lebih aman. Untuk memilih fungsi pipa tersebut perlu untuk memperhatikan bahan pembuat pipa tersebut, karena bahan tertentu juga akan menawarkan fungsinya sendiri. Seperti salah satu jenis pipa yang ada di pasaran adalah pipa galvanis yang akan dijelaskan lebih lengkap mengenai fungsi, keunggulan, dan kekurangannya di artikel ini.

Apa itu Pipa Galvanis?

Pipa ini merupakan jenis pipa besi yang ditutupi menggunakan lapisan pelindung seng. Dimana pipa jenis ini menggunakan bahan baja karbon rendah dan kemudian dilapisi dengan galvanis. Pipa ini kemudian juga mempunyai unsur kandungan yang berbeda di dalamnya seperti mengandung seng hingga karbon. Kandungan dua jenis tersebut disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya. Pipa besi galvanis bisa dipilih sesuai dengan ketebalan dan panjang yang dibutuhkan. Akan tetapi untuk panjang standard yang dipunyai pipa ini adalah sekitar 6 meter.

Pipa baja galvanis biasanya disebut juga dengan GI Galvanized Iron atau GIP yaitu Galvanized Iron Pipe. Pipa ini mempunyai bentuk yang beragam baik itu bentuk U, H, C, kotak, dan sebagainya. Pipa ini sendiri merupakan yang mempunyai banyak ukuran dan bentuk seperti yang telah dijelaskan. Dimana untuk ukuran paling populer yang sering digunakan adalah tipe standar dan sch 40. Pipa sch 40 mempunyai tingkat ketebalan yang lebih tinggi sehingga hal tersebut membuat pipa ini menjadi pembuluh pipa karena mempunyai tolakan lebih tinggi.

Pipa besi galvanis sendiri mempunyai beberapa sifat yang dapat dikenali seperti berikut ini:

  • Pipa ini menggunakan satuan ukuran standard meter, kaki, sentimeter, inci, dan juga millimeter.
  • Pipa ini mempunyai diameter pipa umum yaitu ½, ¾, 1, 1 ½, 2, 2 ½,, 3, 4 , 6, 8, 10 dan juga mempunyai panjang standar 6 meter.
  • Pipa ini mempunyai ketebalan yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ketebalan yang tersedia dan dapat dipilih adalah 1 mm, 1 ½ mm, 2 mm, dan lainnya.
  • Pipa ini mempunyai ketebalan berbeda dan akan terlihat ketika sudah diangkat.

Baca juga: Pipa Besi: Asal-Usul, Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya

Asal dan sejarah

Galvanis merupakan bahan yang tidak hanya digunakan untuk pipa, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk bahan lainnya. Seperti misalnya dapat digunakan untuk membuat tabung, plat lembaran, dan juga berbagai bentuk lainnya. Baja galvanis sendiri berasal dari kata galvanized steel yang merupakan lapisan bahan anti karat pada baja. Pembuatan lapisan galvanis ini berguna agar dapat membuat baja lebih tahan lama dan juga kuat. Sehingga hal tersebut membuat pipa yang terbuat dan mempunyai bahan galvanis juga memberikan banyak manfaat untuk digunakan.

Kegunaan Pipa Galvanis

Pipa ini mempunyai beberapa kegunaan yang bisa bermanfaat seperti berikut ini:

Dapat menjadi system saluran

Kegunaan pertama adalah pipa ini dapat menjadi sistem saluran. Pipa ini digunakan untuk saluran air yang ada di rumah, perumahan, mall, dan juga berbagai sektor lainnya. Hal tersebut bisa didapatkan karena pipa ini mempunyai lapisan seng yang ada di dalam tabungnya. Sehingga keuntungan tersebut membuat pipa bahan galvanis ini tidak mudah berkarat dan cocok digunakan untuk saluran air. Akan tetapi walaupun tidak cepat berkarat, jenis pipa ini juga tidak disarankan digunakan untuk saluran air panas maupun gas karena akan membuat seng lebih mudah mengelupas dan tersumbat.

Untuk pemasangan listrik

Pemasangan listrik merupakan kegunaan selanjutnya yang dapat dimanfaatkan dari pipa bahan galvanis. Pipa ini juga merupakan bahan yang bisa menjadi pipa pelindung atau pipa instalasi listrik. Bersama dengan pipa PVC dan jenis lainnya, pipa ini juga aman digunakan untuk pemasangan listrik. Jenis ini mempunyai manfaat karena dapat meminimalisi gangguan penghantar listrik. Selain itu jenis pipa ini juga menawarkan manfaat karena bisa dengan mudah dibongkar dan dipasang pada perlindungan instalasi listrik.

Untuk konstruksi perumahan

Konstruksi perumahan juga merupakan kegunaan dari pipa bahan galvanis selanjutnya. Tidak hanya dapat digunakan untuk sarana penyaluran, nyatanya pipa ini juga dapat digunakan untuk tugas yang besar seperti konstruksi perumahan. Pipa ini mempunyai sifat yang tahan karat dan juga perawatannya mudah. Sehingga hal tersebut akan mempunyai manfaat dapat mencegah kerusakan dan lebih awet apabila digunakan untuk konstruksi perumahan. Pipa ini juga akan lebih mudah untuk ditemukan di pasaran, sehingga apabila mengalami kerusakan dan ataupun perbaikan bisa untuk menggantinya dengan lebih mudah.

Menjadi bahan pembuatan knalpot

Kegunaan terakhir dari pipa dari bahan galvanis adalah dapat untuk digunakan bahan pembuatan knalpot. Pipa ini bisa menjadi bahan terbaik untuk industri otomotif yang dapat digunakan untuk pembuatan knalpot pada kendaraan. Jenis pipa ini merupakan jenis yang dapat digunakan untuk rangka kendaraan termasuk juga knalpot. Adapun untuk cara pemasangannya juga mudah saja yaitu dengan cara menggunakan lem yang ada di ulir pipa. Kemudian cukup untuk melakukan penyambungan dan kemudian di las untuk dapat membuat pipa dapat berfungsi dengan baik sebagai knalpot.

Keunggulan dan kekurangan

Keunggulan

Pipa bahan galvanis ini mempunyai banyak kegunaan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dimana untuk mendapatkan manfaat tersebut Anda dengan mudah mendapatkan jenis pipa yang satu ini. Hal ini termasuk ke dalam salah satu keunggulan yang dipunyai oleh pipa bahan ini karena mudahnya menemukan pipa dengan ukuran dan panjang yang diinginkan. Selain mudah didapatkan, keunggulan lainnya yang dipunyai oleh pipa bahan galvanis adalah:

  • Keunggulan pertama adalah lebih hemat sehingga akan hemat di kantong. Hal tersebut karena pipa ini mempunyai perawatan yang hemat dan juga mempunyai kualitas baik tidak mudah berkarat. Sehingga hal tersebut akan membuat pipa tidak perlu diganti sering-sering dan menghabiskan banyak biaya.
  • Keunggulan selanjutnya adalah bisa tahan lama untuk digunakan hingga 50 tahun. Pipa ini mempunyai sifat anti karat yang membuatnya lebih awet dan bisa tahan lama.
  • Keunggulan lainnya adalah tahan banting sehingga merupakan material yang tidak mudah pecah.
  • Keunggulan terakhir adalah pipa bahan galvanis tidak mudah berkarat karena dilapisi dengan galvanis yang tidak mudah berkarat.

Kekurangan

Pipa bahan galvanis selain menawarkan banyak keunggulan juga mempunyai kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan ketika akan memilih jenis ini. Dimana untuk kekurangan pertama adalah bahan ini bisa terjadi korosi internal. Hal tersebut karena seng yang digunakan pada pipa ini tidak dapat untuk mencegah karat dalam waktu lama. Selain itu juga bisa terjadi kontaminasi air apabila pipa sudah mengalami korosi. Sedangkan untuk efek panjangnya adalah bisa menyebabkan kebocoran dan membuat pipa menjadi pecah.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *