Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Pipa Besi: Asal-Usul, Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya
Bahan Bangunan, Pipa

Pipa Besi: Asal-Usul, Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya 

Pemanfaatan besi di dalam kehidupan sehari-hari memang sangatlah banyak. Mengingat pada dasarnya logam yang satu ini memang banyak diubah dalam berbagai bentuk. Sehingga dapat diaplikasikan kedalam kehidupan manusia. Mulai itu untuk peralatan rumah tangga, material pembangunan rumah bahkan juga beberapa saluran mengandalkan besi, seperti diantaranya adalah pipa yang dulunya terbuat dari bahan dasar logam ini, sebelum beralih ke material plastik atau PVC.

Pengertian dan Asal-Usul Pipa Besi

Pipa besi ini sendiri merupakan sebuah benda silinder memanjang yang digunakan sebagai saluran, baik itu saluran untuk air, saluran pembuangan dan masih banyak lagi diantaranya. Di rumah tangga ia memiliki fungsi yang sangatlah penting apalagi sebagai sarana untuk menyalurkan air dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Terlebih lagi untuk industri besar juga membutuhkan adanya sambungan pipa ini dalam jumlah yang banyak dan juga ukuran besar. Dalam hal ini ia terbuat dari bahan dasar logam yaitu besi, pemakaian material ini sudah jauh lebih dulu ditemukan dibandingkan dengan material yang lainnya.

Sejarah penemuannya sendiri adalah berawal ketika manusia pertama kali membutuhkan aliran air yang nantinya dapat digunakan untuk mengaliri dari satu tempat ke tempat lainnya agar lebih praktis. Penggunaan material besi atau pipa galvanis ini mulai dilakukan di Inggris dan juga Perancis, setidaknya adalah di abad ke 19. Aliran pertama dengan menggunakan pipa bermaterial logam ini adalah sekitar tahun 1817 untuk Philadelphia. Sedangkan di tahun 1832 juga ada pembuatan di New York. Seiring dengan bertambahnya tahun pipa tersebut digunakan sebagai sarana angkut untuk minyak dan gas.

Awal mula pembuatannya yaitu berasal dari lembaran besi yang kemudian dibentuk menyerupai silinder dan di beberapa sisinya juga di las. Namun semakin lama memang ditemukan teknik yang lebih baik di dalam pembuatannya. Di Jerman sendiri dikembangkan proses Mannesmann setidaknya pada tahun 1885 dan juga mulai digunakan di Inggris pada tahun 1887. Di Amerika sendiri juga mulai berdiri atau dibangun pabrik pipa yaitu seamless tahun 1895.

Kegunaan Pipa Besi

Dalam kehidupan sehari-hari nyatanya ada banyak sekali pemakaian dari pipa galvanis atau yang terbuat dari logam besi ini, diantaranya adalah:

  1. Jalur gas, paling banyak pemanfaatan dari pipa ini adalah dipakai sebagai saluran atau jalur untuk air maupun gas. Karena memang untuk mengangkut atau menyalurkan benda semacam gas tidak memungkinkan jika seandainya mengandalkan pipa yang bahannya adalah polymer atau plastik. Hal ini memungkinkan lapisannya bisa meleleh atau terbakar. Jadi material besi inilah yang paling tepat dijadikan sebagai sarana untuk mengalirkan hal tersebut.
  2. Guna mengalirkan air dalam rumah tangga, nyatanya masih banyak juga diantara rumah tangga yang masih mengandalkan pipa dari logam ini untuk aliran airnya. Apalagi memang dari segi ketahanannya sendiri juga lebih baik dibandingkan dengan memakai pipa PVC. Juga lebih tahan lama dan dapat mencegah kemungkinan air tersebut akan beracun karena terkena oleh material plastik.
  3. Tiang pagar, dalam beberapa desain hunian kekinian, banyak yang mengandalkan material-material layaknya pipa, selain lebih unik, maka dari segi tampilannya sendiri juga tidak kalah estetik. Bahkan selain tiang untuk pagar, maka kerap kali beberapa komponen bangunan lain layaknya kanopi dan juga tangga yang memanfaatkan pemakaiannya.
  4. Furniture, beberapa furniture yang ada di dalam rumah, baik itu penunjang interior dan juga eksterior tidak jarang diantaranya yang mengaplikasikan pemakaian pipa dari bahan besi ini. apalagi memang bahannya terbilang kokoh dibandingkan dengan material yang lainnya.

Keunggulan Penggunaan Pipa Besi

Adapun diantaranya begitu banyak keunggulan yang ditawarkan dengan mengaplikasikan pemakaian pipa ini, jika dibandingkan dengan menggunakan pipa berbahan dasar PVC atau plastik, yaitu:

  1. Kuat, sudah jelas karena memang materialnya sendiri adalah terbuat dari logam, maka untuk kekuatannya sendiri juga tidak perlu diragukan lagi. Karena memang besi ini sifatnya kuat. Sehingga nantinya tidak akan mudah patah, bengkok maupun juga berlubang saat digunakan dibanding dengan jenis pipa paralon.
  2. Pipa besi memiliki daya tahan yang tinggi, selain kuat maka logam ini juga memiliki daya tahan yang tinggi. apalagi terhadap perubahan cuaca yang kerap kali terjadi belakangan ini, maka tidak akan menjadi masalah. Materialnya tidak akan jadi mudah lapuk ataupun juga keropos. Sehingga membuatnya dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama. Bisa ditempatkan dimana saja, baik itu di permukaan ataupun di bawah tanah. Bahkan di dalam cor-coran bangunan.
  3. Tersedia dalam beragam bentuk, pada dasarnya produsen pipa logam ini sendiri membuat tak hanya dalam satu jenis atau bentuk saja, melainkan ada banyak sekali bentuknya yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen, sebagai saluran air maka bisa yang ukurannya kecil. Namun juga ada yang ukurannya cukup besar.
  4. Tidak bersifat racun, dalam pemakaian pipa dari bahan plastik, maka kerap kali ketika salah pemakaian, misalnya untuk mengalirkan sesuatu yang panas, akan menyebabkan komponen yang ada pada plastik tersebut juga meleleh. Akibatnya berdampak pada aliran air yang dipakai sehari-hari, sangat mungkin nantinya akan bersifat racun. Namun tidak dengan material besi ini yang cukup aman digunakan.

Kekurangan Pemakaian Pipa Besi

Di sisi lainnya juga tetap ada kelemahan dari pemakaian terhadap pipa logam ini, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Bobotnya berat, dari segi berat pipa bisa sampai berkilo-kilo gram bahkan mungkin lebih dari itu, apalagi pada industri besar tentunya hal ini akan membuat pemasangannya juga berlangsung lebih lama dibandingkan dengan menggunakan pipa berbahan dasar plastik bukan.
  2. Instalasinya sulit, pada proses instalasi atau pemasangan pipa ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Dimana memang jika pipa PVC biasa nantinya lebih lentur dan hanya membutuhkan beberapa orang saja untuk memasangkan dan jadi. Tidak dengan pipa galvanis ini karena membutuhkan lebih banyak tenaga untuk instalasinya dan juga terkadang memakan waktu yang cukup lama.
  3. Rentan terhadap korosi, logam ini jika seandainya tidak ditempatkan di tempat yang tepat maka sangat mungkin baginya untuk mengalami korosi. Seperti jika seandainya ia ditempatkan di luar ruangan, maka akan terkena sinar matahari secara langsung, begitu juga dengan air hujan. Kondisi semacam ini lama kelamaan akan membuat pipa tersebut juga mudah berkarat.
  4. Harganya relatif mahal, jika dilihat dari segi harganya sendiri juga terbilang mahal jika dibandingkan dengan pipa PVC biasa. Sehingga tak heran jika beberapa rumah tangga juga lebih memilih memakai pipa biasa.

Bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk saluran-saluran yang ada di rumah Anda, apakah ingin menggunakan pipa besi atau memilih mencari alternatif pipa yang lainnya. Namun pipa ini sangat cocok untuk kebutuhan industri, layaknya pabrik-pabrik.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *