Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Pipa Alumunium: Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya
Bahan Bangunan, Pipa

Pipa Alumunium: Kegunaan, Keunggulan dan Kekurangannya 

Tak hanya besi ataupun pipa paralon plastik saja, nyatanya sekarang ini di pasaran juga banyak menghadirkan produk untuk sambungan pipa dari material alumunium. Salah satu kebutuhan penting di dalam rumah dan juga industri. Karena memang pipa alumunium ini memiliki banyak sekali manfaat, entah itu sebagai sarana untuk mengalirkan air, digunakan untuk pembuangan sampai dengan dipakai untuk melindungi kabel-kabel yang ada di dalam rumah. Termasuk juga banyak perusahaan dan industri yang menggunakannya.

Pengertian dan asal-usulnya

Sebenarnya jika dilihat penggunaan pipa ini sendiri sudah berlangsung sejak begitu lama. Hanya saja dari waktu ke waktu ia mengalami perubahan dari segi material produksi, termasuk diantaranya pipa dari material alumunium. Pipa yang satu ini memiliki bobot yang terbilang ringan jika dibandingkan dengan pipa metal atau besi.

Jika berbicara mengenai asal dari pipa ini sendiri tentunya tak terlepas dari penemuan produk alumunium yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga juga membuat cukup banyak diantara perusahaan yang kemudian mulai melakukan beberapa percobaan, termasuk adalah membuat pipa dari material alumunium ini dan ternyata hasilnya bagus. Apalagi material alumunium ini sendiri juga tidak mengalami korosi atau pengkaratan, sehingga tahan lebih mana untuk dipakai di luar ruangan.

Kegunaan pipa alumunium dalam kehidupan sehari-hari

Banyak sekali kegunaan pipa dari material alumunium ini yang pastinya patut untuk Anda ketahui, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Dipakai untuk memasok kebutuhan air kebutuhan sanitasi dalam rumah tangga, air menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia, entah itu digunakan untuk minum, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Pipa yang satu ini kerap kali digunakan dalam rumah tangga untuk menunjang kebutuhan sanitasi. Apalagi produknya sendiri memang bagus dan tidak kalah dibandingkan dengan pipa PVC, bahkan memiliki daya tahan yang lebih lama.
  1. Digunakan untuk mengalirkan minyak dan juga gas, dalam dunia industri sendiri maka pemakaian pipa ini juga bukan hal yang baru, karena sejak pertama kali dikeluarkan ada banyak sekali diantara industri yang memang mengandalkan pemakaiannya. Termasuk untuk mengalirkan minyak sampai dengan gas. Karena materialnya tidak mudah leleh dan tetap aman untuk digunakan.
  1. Digunakan sebagai saluran air buangan, sebagaimana yang diketahui bahwa rumah tangga sendiri juga menghasilkan limbah, diantaranya adalah limbah air dan juga kotoran sehari-hari. Pemakaian pipa yang satu ini nyatanya juga bermanfaat untuk saluran air buangan dari rumah tersebut, sehingga nantinya tidak akan mencemari lingkungan, ia juga terbilang aman.
  1. Digunakan sebagai sarana merapikan kabel, baik itu bagian dalam rumah maupun yang ada di dalam pabrik-pabrik, banyaknya kabel yang berceceran tanpa pelindung maka akan lebih rentan menyebabkan masalah seperti konsleting, kerusakan karena dimakan oleh serangga dan lain sebagainya, sehingga membutuhkan perlindungan khusus. Diantaranya adalah menutupnya menggunakan pipa ini.

Keunggulan memakai pipa alumunium

Pemakaian produk pipa dari material alumunium sudah lama dilakukan dan tentunya juga menawarkan lebih banyak keuntungan atau keunggulan, diantaranya adalah:

Awet digunakan

Dibandingkan dengan jenis pipa besi, maka material yang satu ini lebih mudah dipasangkan dan pastinya juga tahan lama. Bahkan dalam berbagai macam kondisi, sehingga sekali beli nantinya dapat digunakan untuk jangka waktu sampai dengan puluhan tahun. Itulah mengapa banyak rumah tangga yang sengaja menjadikannya sebagai pilihan.

Tidak membutuhkan banyak perawatan

Karena memang lebih minim resiko kerusakan, maka Anda juga tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan pipa tersebut. Produknya tahan lama dan pastinya juga lebih awet.

Biaya instalasi murah

Tidak membutuhkan tenaga ahli untuk kebutuhan pemasangan atau instalasi pipa ini. Hal tersebutlah yang membuat pengeluaran Anda dalam membeli dan memasang pipa alumunium nantinya akan semakin hemat atau murah. Tidak butuh tenaga yang ahli untuk memasangnya, semua orang bisa melakukannya.

Tidak mudah berkarat

Tidak seperti pipa dari komponen logam yang pada dasarnya memang begitu rentan terhadap korosi, apalagi memang dengan tingkat perubahan suhu yang begitu cepat dari panas, kemudian menjadi dingin efek kondisi lingkungan. Maka pipa ini tidak, ia memiliki ketahanan yang sangat baik dari korosi, jadi tidak akan berkarat.

Aman untuk lingkungan

Pemakaiannya tidak akan mencemari lingkungan, meskipun nantinya pipa tersebut akan ditanam di dalam tanah pastinya tidak akan menjadi masalah. Bahan yang satu ini juga tidak akan memicu munculnya tekanan udara yang biasanya akan berbahaya bagi material cair yang dialirkan. Hasil limbah atau sisanya bahkan dapat di daur ulang kembali, itulah mengapa ia cenderung aman untuk digunakan

Banyak pilihan  ukuran

Ada beragam pilihan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika berbicara mengenai ukuran dari pipa yang satu ini maka produsen membuatnya dalam berbagai pilihan standard. Jadi tidak perlu khawatir nantinya tidak akan bisa menemukan pilihan ukuran yang tepat atau cocok untuk rumah tangga maupun industri. Anda bisa memesan secara langsung kepada produsen pembuatnya.

Aman dipakai

Produknya tidak bereaksi dengan asam maupun bahan kimia yang lain sehingga aman dipakai. Memang jika dilihat sendiri pipa yang terbuat dari material alumunium ini cenderung tidak bereaksi terhadap senyawa bahan kimia. Hal inilah yang menyebabkan banyak industri khususnya pabrik-pabrik menggunakannya, karena memang lebih aman terhadap material yang dialirkan, tidak bersifat racun.

Kelemahan menggunakan pipa alumunium

Di sisi lainnya sudah pasti ada beberapa kelemahan karena pemakaian dari produk pipa berbahan dasar alumunium tersebut, diantaranya adalah:

  1. Harganya relatif mahal, pipa dengan material yang satu ini jika melihat tawaran harganya di pasaran memang cenderung agak mahal jika dibandingkan dengan pipa PVC maupun dari bahan dasar carbon steel dan juga pipa hitam. Sehingga pastikan Anda menyiapkan budget yang cukup jika seandainya memang tertarik untuk memasang pipa yang satu ini di dalam rumah tangga maupun industri.
  2. Meskipun instalasinya sendiri tergolong mudah, namun ternyata ada begitu banyak aspek yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memasang pipa tersebut, termasuk diantaranya adalah pada bagian konstruksi dasar sampai dengan derajat pemasangannya harus benar-benar detail diperhatikan, sehingga akan memberikan hasil pengerjaan yang sempurna.

Mempertimbangkan untung rugi di dalam penggunaan pipa alumunium ini nyatanya memang sangatlah penting, sehingga nantinya Anda tidak salah pilih. Mengingat di luar sana jika dilihat juga masih banyak diantara alternatif pipa yang terbuat dari material lain. Mulai dari metal sampai dengan material PVC atau plastik juga tersedia, tergantung kebutuhan konsumen sendiri, karena fungsi antara satu yang lainnya jauh berbeda.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *