Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Perumahan Murah: Tips Cerdas Membeli Rumah Murah Berkualitas Bagus
Jenis Bangunan, Perumahan

Perumahan Murah: Tips Cerdas Membeli Rumah Murah Berkualitas Bagus 

Memiliki rumah sendiri hampir menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Namun untuk mendapatkan hunian yang aman dan nyaman untuk ditempati seluruh anggota keluarga terkadang harus terkendala masalah biaya. Hal ini memang wajar, untuk mendapatkan suatu rumah perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Sehingga tak jarang, beberapa orang memutuskan untuk menabung terlebih dahulu agar bisa membeli rumah atau ada juga yang membeli rumah namun dengan cara kredit. Jika Anda berada pada kondisi yang demikian, alternatif lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah dengan membeliĀ perumahan murah.

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Membeli Rumah

Dalam membeli suatu hunian memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Mengingat hunian tersebut akan Anda gunakan sebagai tempat beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian dan berkumpul bersama keluarga. Sehingga banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama dari segi keamanan dan kenyamanan. Membeli sebuah perumahan murah sekalipun, Anda juga tidak boleh asal membeli karena tergiur dengan harganya yang terjangkau saja, namun juga tetap memiliki pertimbangan yang masak-masak. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika membeli suatu rumah agar tidak menimbulkan kerugian atau masalah di masa mendatang, yaitu:

  • Terpesona pada pandangan pertama tanpa memperhatikan finansial dan tanpa melakukan perbandingan terlebih dahulu. 
  • Tidak memperhatikan lingkungan sekitar rumah.
  • Membayar cicilan rumah tidak sesuai dengan pendapatan yang dimiliki.
  • Mengambil rumah KPR dengan tenor yang singkat.
  • Tidak memperhitungkan biaya ekstra, seperti biaya materai, biaya aplikasi, biaya legal, biaya asuransi, dan pajak properti.
  • Tidak mengasuransikan rumah yang dibeli.

Tips Membeli Rumah Murah Berkualitas

Mengingat rumah adalah tempat yang akan digunakan untuk beristirahat maupun berkumpul bersama keluarga setiap harinya, maka banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Jika Anda membeli perumahan murah sekalipun, pastikan Anda juga tidak gegabah. Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar nantinya tidak menyesal dan bisa mendapatkan rumah yang murah yang berkualitas. Untuk tips-tipsnya bisa disimak yang berikut ini.

1. Rajin-rajin mengikuti pameran properti

Banyaknya peminat properti selalu berbanding lurus dengan jumlah keinginan orang yang ingin memiliki hunian. Sehingga tak heran jika hampir setiap waktu ada yang menggelar pameran properti. Sebagai informasi, dalam pameran properti biasanya para pengembang akan memberikan penawaran harga khusus. Sehingga bagi Anda yang sedang mencari perumahan murah, ada baiknya rajin-rajin mampir ke pameran properti. Sebab harga special akan diberikan kepada pengunjung yang membeli rumah kerika pameran properti berlangsung. Selain penawaran harga special, biasanya juga ada promo berupa kelengkapan fasilitas rumah, dibantuk oleh pengembang jika ingin mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), dll. Oleh karena itu, kesempatan emas ini tidak boleh Anda sia-siakan begitu saja.

2. Mengikuti media sosial promosi properti

Saat ini banyak sekali sumber yang bisa kita ikuti agar bisa mendapatkan informasi terkait jual beli properti, salah satunya melalui media sosial. Banyak sekali media sosial yang memberikan informasi harga jual beli properti yang bisa Anda dapatkan, baik melalui Facebook, Instagram, hingga Twitter. Dengan mengikuti akun media sosial yang demikian, Anda akan berkesempatan memperoleh informasi rumah murah. Cara ini terbilang lebih mudah dan praktis, karena tidak memerlukan banyak biaya, tenaga, dan waktu untuk mencari rumah impian yang terjangkau.

3. Mencoba mencari informasi program rumah murah di bank

Selain pihak pengembang, saat ini ada juga beberapa bank yang juga turut memberikan informasi mengenai properti. Mulai dari informasi tentang perumahan murah bersubsidi, hingga acara lelang properti yang seting sekali dilalukan oleh pihak bank. Untuk cara ini, Anda harus menannyakan langsung kepada petugas bank yang berada di kantor agar informasi yang didapatkan lebih valid dan terpercaya. Karena perlu diketahui, pihak bank terkadang memang kurang terbuka untuk memberikan informasi mengenai pelelangan rumah. Sehingga Anda perlu aktif sendiri dengan bertanya langsung kepada petugas di bank tersebut.

4. Mengunjungi situs jual beli properti

Saat ini banyak sekali situs-situs jual beli properti yang ada di internet. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari informasi terkait properti hunian yang terjangkau. Karena di situs-situs tersebut memiliki berbagai fitur menarik, mulai dari filterisasi berdasarkan wilayah, harga rumahm hingga fasilitas yang ditawarkan. Sehingga Anda bisa dengan mudah mencari rumah yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Tidak jarang di situs-situs jual beli properti tersebut ada yang menjual rumah dengan harga di bawah rata-rata. Sehingga ada baiknya Anda rutin mengunjungi situs-situs demikian agar berkesempatan mendapatkan hunian terjangkau dan berkualitas.

5. Mempertimbangkan membeli rumah di kawasan pinggiran kota

Salah satu penyebab harga beli suatu rumah cukup mahal adalah lokasinya. Dimana jika rumah tersebut berada di kawasan pusat kota akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan perumahan yang berada di kawasan pinggiran kota. Karena rumah yang berada di pusat kota umumnya memiliki lokasi yang strategis lantaran aksesnya yang mudah di berbagai tempat. Sehingga bagi Anda yang berbudget terbatas, bisa mempertimbangkan membeli hunian yang letaknya agak jauh dari pusat kota agar mendapatkan harga yang lebih murah. Anda tidak perlu khawatir dengan lokasinya, asalkan sudah melakukan pertimbangan dari segi perkembangan wilayahnya. Karena kawasan pinggiran sekalipun pastinya tidak akan selamanya terbelakang. Seiring berjalannya waktu juga pasti akan mengalami perkembangan.

6. Mencari rumah tua yang masih layak ditinggali

Selain mempertimbangkan rumah di kawasan pinggir kota, Anda juga bisa mempertimbangkan rumah tua yang masih layak pakai. Karena rumah tua biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau oleh pemiliknya. Anda bisa mempertimbangkan jenis hunian ini, terutama jika rumah tua tersebut berada di lokasi yang cukup strategis, di samping memang harganya yang murah. Pastikan rumah tua tersebut tidak memiliki banyak kerusakan dan layak pakai, agar Anda tidak mengeluarkan biaya banyak lagi untuk renovasi.

7. Mencari rumah yang dilelang atau over kredit

Jika Anda kurang tertarik dengan perumahan di kawasan pinggir kota atau rumah tua, maka bisa mempertimbangkan mencari rumah murah dari pelelangan atau over kredit. Tentunya rumah yang dilelang rata-rata akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah bekas yang biasa. Begitu juga dengan rumah yang diover kredit. Namun dalam membeli rumah lelang atau kredit, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Terutama untuk dokumen penting dari rumah yang bersangkutan.

8. Mengikuti program rumah bersubsidi dari pemerintah

Sudah bukan hal baru lagi jika pemerintah kerap sekali menawarkan perumahan murah bersubsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Rajin-rajinlah dalam mencari informasi mengingat perumahan bersubsidi biasanya dijual dalam stok yang terbatas.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *