Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Perumahan Minimalis
Jenis Bangunan, Tipe rumah

Mengenal Perumahan Minimalis 

Berbicara mengenai rumah tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda bukan. Mengingat rumah ini adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal, kemudian juga dipakai untuk berlindung dari cuaca panas maupun hujan hingga serangan hewan buas. Hanya saja belakangan ini fungsinya juga bertambah lagi untuk menunjang pride. Karena kondisi rumah juga sangat menentukan kondisi ekonomi pemiliknya. Semakin lama model rumah juga senantiasa berubah mengikuti perkembangan zaman. Salah satu yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini adalah perumahan minimalis.

Mengenal Apa Itu Rumah Minimalis dan Sejarahnya

Rumah minimalis sebenarnya adalah sebuah metode dalam merancang bangunan yang memiliki konsep sederhana dan tetap mengedepankan nilai estetika maupun juga fungsinya. Sehingga jika seandainya Anda lihat sekarang ini rumah minimalis cenderung memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Namun tetap nyaman dijadikan sebagai tempat tinggal. Bahkan banyak diantara masyarakat yang lebih memilih tinggal di hunian semacam ini karena mudah perawatannya.

Banyak negara termasuk diantaranya adalah Indonesia sendiri yang memang mengembangkan rumah dengan desain yang minimalis ini. Apalagi belakangan tingkat permintaan atau mina dari konsumennya sendiri juga cukup tinggi akan hunian tersebut. Lalu sebenarnya bagaimana sejarah dari hunian minimalis tersebut hingga bisa sepopuler sekarang ini? setidaknya desain rumah semacam ini sudah mulai dikembangkan pada tahun 1920, namun belum begitu terkenal seperti sekarang ini.

Pada tahun 1990 rumah yang mengusung konsep kesederhanaan mulai dikenal dan senantiasa mengalami perkembangan. Ini tak terlepas dari bentuk protes terhadap aliran arsitektur yang dianggap terlalu boros, apalagi pada pembuatan hunian yang mewah, sehingga cenderung tidak ramah terhadap lingkungan. Sehingga kemudian banyak bermunculan perumahan minimalis. Ludwig Mies van Der Rohe dan juga Le Corbusier termasuk dua tokoh yang ikut serta dalam mempopulerkan desain rumah minimalis. Karena mereka ikut dalam memberi warna juga pengaruh perubahan konsep kesederhanaan yang tambah lebih artistik.

Bahkan di Indonesia sendiri konsep dari desain rumah minimalis ini juga ikut mengalami perkembangan. Apalagi setelah kejayaan dari desain arsitektur khas Mediteranian hingga klasik mulai menurun. Jadi kemudian masyarakat juga mulai beralih pada rumah semacam ini, apalagi semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa memang kondisi iklim tropis kurang cocok dengan arsitektur rumah mediteranian maupun klasik yang lebih condong ke Barat. Sehingga menyebabkan rasa kurang nyaman untuk menempatinya. Seperti diantaranya adalah bangunan yang panas, karena memang sinar matahari yang didapat lebih banyak dibandingkan kawasan Eropa.

Ciri-ciri Arsitektur Rumah Minimalis

Rumah minimalis ini memang berbeda jika dibandingkan dengan arsitektur rumah yang lainnya, untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa cirinya berikut ini, yaitu:

1. Umumnya berbentuk geometris dan tanpa dekorasi

Ia memang mengutamakan konsep kesederhanaan, itulah mengapa rumah minimalis ini lebih banyak memiliki bentuk yang geometris layaknya persegi panjang hingga kubus, atapnya sendiri juga tidak berbentuk segitiga, melainkan lebih kepada datar. Ditambah dengan ia tidak banyak mengaplikasikan dekorasi atau hiasan-hiasan. Jendela hanya dengan bingkai sederhana, begitu juga pilihan catnya yang cenderung polos.

2. Memiliki ruang terbuka dan juga fokus pada fungsinya

Perumahan minimalis memiliki tata letak yang sederhana dan efisien, denah lantainya yang terbuka dan biasanya tanpa dinding yang digunakan sebagai sekat antar ruangan, begitu juga dengan area penyimpanan. Untuk furniture yang digunakan sendiri juga sederhana dan apa adanya. Karena memang fokusnya adalah fungsi, bukan agar terlihat lebih wah atau mewah. Ruangan-ruangan yang ada pada rumah minimalis ini memang cenderung terbuka. Semakin minim furniture yang digunakan juga membuat hunian terasa lebih longgar.\

3. Material bangunan yang dipakai sederhana

Material bangunan yang dipakai sederhana, namun tetap memberikan hasil maksimal. Dari segi material atau bahan bangunan yang dipakai dalam pembuatan perumahan minimalis ini juga termasuk sederhana, bahkan biasanya ada yang berasal dari alam layaknya kayu. Material bangunan yang cenderung tidak rumit ini justru akan meningkatkan daya tarik tersendiri dari hunian tersebut. Hasil akhirnya juga tetap indah dan tidak serumit arsitektur rumah lainnya.

4. Minimnya pembatas dan juga sekat ruangan

Ruangan-ruangan yang ada pada rumah berdesain minimalis kebanyakan tidak memakai pembatas, misalnya adalah pada dapur dan juga ruang makan, begitu juga dengan ruangan keluarga. Hanya saja untuk ruangan-ruangan yang memang sifatnya pribadi seperti kamar tidur dan juga kamar mandi tetap diberikan pembatas. Sehingga penghuninya tetap memiliki privacy tinggal disana.

5. Warna yang dipakai

Warna yang dominan digunakan adalah putih, hitam dan juga abu-abu, sebenarnya jika berbicara mengenai warna sangat bergantung akan selera. Namun rumah minimalis ini sendiri cenderung menggunakan 3 jenis warna, diantaranya adalah hitam, putih dan juga abu-abu, karena ia memberikan kesan sederhana, namun tetap indah.

6. Memaksimalkan pencahayaan

Memaksimalkan pencahayaan yang ada dalam rumah, karena bentuk bangunannya sendiri tidak kompleks dengan adanya ukiran yang rumit. Namun kesederhanaan yang ditonjolkan, termasuk juga dari pencahayaan yang didapatkan, umumnya mengutamakan pencahayaan alami dari sinar matahari ada siang hari, sehingga lebih ramah lingkungan dan juga aman untuk kantong.

Keunggulan Perumahan Minimalis

Nyatanya rumah minimalis ini juga menawarkan banyak sekali keunggulan yang membuat masyarakat lebih prefer untuk tinggal disini, diantaranya adalah:

1. Mudah dibersihkan

Karena rumah yang satu ini memiliki bangunan yang tidak begitu luas, ditambah lagi dengan modelnya yang tidak rumit. Maka memberikan kemudahan bagi Anda di dalam perawatannya, termasuk diantaranya adalah ketika ingin membersihkan rumah tersebut. Tidak akan memakan terlalu banyak waktu dan juga tenaga.

2. Harganya relatif terjangkau

Masalah harga beli dari rumah minimalis ini sendiri tentunya jauh jika dibandingkan dengan rumah mewah. Karena memang ia dijual dengan harga yang lebih murah. Sehingga sangat mungkin bagi Anda yang budgetnya terbatas untuk membeli rumah tersebut sebagai hunian keluarga.

3. Biaya perawatan yang lebih murah

Selain perawatannya yang terbilang murah, maka masalah biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan rumah minimalis ini juga tidak perlu khawatir. Karena memang nilai yang harus dikeluarkan relatif cukup murah. Termasuk jika seandainya Anda ingin mengisinya dengan furniture juga tidak perlu keluar banyak uang. Karena tak memerlukan terlalu banyak furniture.

4. Ramah lingkungan

Rumah minimalis menggunakan bahan-bahan yang cenderung ramah lingkungan, termasuk diantaranya adalah masalah konsumsi daya. Karena ia lebih mengandalkan pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Sehingga pada siang hari nantinya tak perlu keluar banyak biaya listrik, uang untuk listrik bisa di save untuk kebutuhan lainnya. ia juga ramah terhadap lingkungan karena tak memakan banyak energi.

Jadi bagaimana, tertarik untuk tinggal di perumahan minimalis? Namun pastikan jangan sampai salah pilih, tentukan yang benar-benar tepat sesuai dengan kebutuhan dan pastinya juga budget atau keuangan Anda.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *