Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Perumahan di Atas Thamrin City Bernama Cosmo Park
Jenis Bangunan, Perumahan

Mengenal Perumahan di Atas Thamrin City Bernama Cosmo Park 

Dalam dunia properti, pengembang pastinya selalu melakukan berbagai cara inovatif agar mampu menghasilkan suatu properti yang menarik untuk konsumen. Seperti yang baru viral beberapa waktu belakang ini dengan adanya kompleks perumahan di atas mall. Bagi yang sudah sering mengalami perkembangan berita terbaru, pastinya bisa menebak kompleks perumahan yang dimaksud, yang tak lain adalah perumahan di atas Thamrin City.

Mengenal Perumahan di Atas Thamrin City

Belum lama ini memang cukup viral mengenai sebuah hunian yang berdiri di atas suatu mall di Jakarta, tepatnya di atas Mall Thamrin City. Hunian ini merupakan kompleks perumahan Cosmo Park yang dibangun oleh PT Agung Podomoro Land. Dibangun sejak tahun 2007 dan mulai dihuni sejak tahun 2009. Adapun pertimbangan dibangunnya Cosmo Park adalah adanya lahan kosong di atas pusat perbelanjaan Thamrin City. Karena seperti yang kita ketahui, hunian di Jakarta yang memadat membuat lahan yang semakin terbatas. Sehingga oleh pengembang akhirnya muncul gagasan untuk memanfaatkan lahan kosong di atas mall Thamrin City. Selain itu juga mempertimbangkan masih banyak warga yang ingin memiliki rumah tapak di tengah kota Jakarta. 

Mengusung konsep

Perumahan ini mengusung konsep superblock dengan memanfaatkan lokasi yang strategis di pusat kota. Cukup mudah untuk menjangkau berbagai tempat, seperti mall, kantor, dan pusat perbelanjaan. Yang kemudian direalisasikan untuk dibangun di atas mall tersebut, mengingat keterbatasan lahan di kota Jakarta. Ada sekitar 78 unit rumah yang berada di Cosmo Park dengan luas bangunan masing-masing sekitar 100 m2 untuk bangunan dua lantai. Menurut informasi dari pihak pengembang, untuk 1 unit rumah di Cosmo Park ini dijual dengan harga antara Rp 1,5 – 2 miliar.

Lokasi perumahan ini berada di lantai 10 yang bisa dituju dengan mengakses lift. Namun bagi warga umum yang bukan penghuni perumahan Cosmo Park terbatas aksesnya hanya sampai di lantai 9. Di lantai 9 ini, pengunjung harus menemui pihak petugas keamanan yang ada disitu. Pihak petugas keamanan tidak memiliki hak untuk memberi akses ke lantai 10 kepada pengunjung yang bukan penghuni Cosmo Park. Untuk ke lokasi, pengunjung harus mendapatkan izin langsung dari pihak pengelola. Sehingga bisa dikatakan memang dari segi keamanan sangatlah ketat.

Fasilitas yang disediakan

Sejumlah fasilitas yang yang disediakan pada perumahan di atas Thamrin City ini cukup lengkap, mulai dari keamanan, kolam renang, pusat kebugaran, jogging track, dan lapangan tennis. Dan untuk status kepemilikan rumah di Cosmo Parl berbeda dengan rumah tapak pada umumnya. Karena status kepemilikanya mirip dengan apartamen, yaitu hak miliki strata title. Hal ini mengingat perumahan Cosmo Park bukan di atas tanah, melainkan lokasinya berdiri di ata bangunan bersama. Sehingga terbilang unik, dimana memiliki bentuk rumah tapak, namun status kepemilikan apartemen.

Lokasi

Perumahan di atas Thamrin City yang tak lain adalah kompleks perumahan Cosmo Park ini berlokasi di atas Mall Thamrin City, Jakarta Pusat di lantai 10 yang beralamat di Jalan Kebon Kacang Raya Blok D6, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10230. Lokasinya ini cukup strategis karena berada di pusat kota. Memudahkan untuk akses ke berbagai tempat, mulai dari mall, kantor, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, dll. Selain itu, perumahan ini juga bisa diakses dari berbagai arah dengan mudah. Begitu juga untuk sarana transportasi yang menuju kesini cukup mudah dan beragam, mulai dari menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Sejarah

Thamrin City merupakan kawasan mixed use di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada lahan seluas 600.000 m2. Di area superblock yang dibangun oleh pengembang PT Agung Podomoro Land ini terdapat apartemen, pusat perbelanjaan, hotel, dan townhouse. Dulunya sebelum tercetusnya ide membangun kompleks perumahan mewah di atas mall, area di atas Thamrin City merupakan pusat penyedia jasa perbengkelan. Oleh developer kemudian tercetus ide untuk mengubah kondisi di atas Mall Thamrin City agar tidak terkesan kotor. Mengingat bengkel tersebut berada di depan area apartemen yang membuat kesan mall menjadi berantakan.

PT Agung Podomoro Land kemudian mengubah area tersebut menjadi kompleks rumah mewah dengan teknik khusus yang dilakukan saat membangun kompleks perumahan yang akhirnya bernama Cosmo Park ini. Hal ini dikarenakan perumahan berdiri di atas struktur tanah yang telah ada, bukan di atas tanah seperti rumah tapak pada umumnya. Struktur tanah harus menyambung dengan struktur di bawahnya. Sehingga pengerjaannya terbilang cukup sulit dan berbiaya mahal.

Di tahun 2007, perumahan di atas Thamrin City yang kini kita kenal dengan nama Cosmo Park ini akhirnya selesai dibangun dan mulai dihuni sejak tahun 2009. Total ada sekitar 78 unit rumah yang berada di Cosmo Park dengan luas bangunan masing-masing sekitar 100 m2 untuk bangunan dua lantai. Berbagai fasilitas yang diberikan pun terbilang mewah layaknya fasilitas pada apartemen. Seperti kolam renang, pusat kebugaran, jogging track, dan lapangan tennis.

Fungsi dan Kegunaan

Saat ini perumahan Cosmo Park digunakan sebagai salah satu hunian elit di pusat kota Jakarta. Meskipun memiliki harga beli dan sewa yang cukup tinggi, namun hal ini sebanding dengan berbagai kemudahaan dan fasilitas yang akan didapatkan oleh penghuni. Sebagai suatu hunian, perumahan Cosmo Park juga menawarkan keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya. Saat ini semua unit hunian Cosmo Park sudah terjual dan dihuni. Adapun status penghuni saat ini, ada yang merupakan pemilik dan ada juga yang berstatus penyewa. Bagi pemiliki, hunian Cosmo Park tentunya selain bisa digunakan sebagai hunian yang membuat hidup lebih berkualitas, juga bisa digunakan sebagai investasi masa depan yang menjanjikan. Atau bisa juga disewakan untuk mendapatkan passive income yang cukup besar. Dimana rata-rata untuk harga sewa unit hunian Cosmo Park bisa mencapai Rp 25 juta per bulannya.

Kelebihan

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh hunian perumahan di atas Thamrin City berupa perumahan Cosmo Park ini, antara lain:

  1. Berada di lokasi yang strategis di pusat kota Jakarta, sehingga mudah untuk menuju berbagai tempat, seperti mall, kantor, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, dll.
  2. Keamanan lebih terjaga dan privasi, dimana untuk akses masuknya harus menggunakan access card milik penghuni.
  3. Fasilitas perumahan yang mewah, menyerupai fasilitas apartemen pada umumnya, seperti dengan adanya kolam renang, playground, pusat kebugaran, dan lapangan tennis.
  4. Setiap unit rumah sudah dilengkapi dengan furniture yang lengkap dab mewah.
  5. Desain rumah sangat modern, mewah, dan elegan.
  6. Lingkungan area kompleks perumahan yang asri dan tertata rapi.
  7. Memiliki nilai investasi yang tinggi, baik ketika dijual ataupun disewakan.
  8. Memungkinkan untuk membawa kendaraan roda empat ke lantai 10.
  9. Hunian yang aman dan nyaman untuk ditempati karena sudah disediakan fasilitas yang lengkap, keamanan, dan tenaga kebersihan.
  10. Lingkungan lebih nyaman dan asri karena bebas dari lalu lalang kendaraan.
  11. Memiliki view pemandangan kota yang menarik di malam hari.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *