Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Perkiraan Biaya Renovasi Atap Rumah dan Pemilihan Material Terbaik
Renovasi, Renovasi Rumah

Perkiraan Biaya Renovasi Atap Rumah dan Pemilihan Material Terbaik 

Perkiraan Biaya Renovasi Atap Rumah Roomahid. Atap termasuk dalam komponen yang sangat penting dalam rumah, karena digunakan sebagai pelindung. Sehingga nantinya sinar matahari dan air hujan tidak sampai masuk merembes kedalam rumah. Faktor penunjang kenyamanan untuk tinggal di hunian tersebut. Karena memang komponen yang satu ini ada di bagian luar yang bersinggungan langsung dengan matahari juga hujan. Maka lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan bagian rumah lainnya. Sehingga pemilik harus aktif dalam melakukan renovasi atau perbaikan.

Pengertian

Renovasi atap rumah ini sendiri pada dasarnya adalah kegiatan untuk memperbaiki bagian atap, agar fungsinya bisa kembali seperti sedia kala. Juga digunakan untuk merubah tampilan rumah. Apalagi eksterior memang bisa dilihat secara langsung dari luar rumah. Hanya saja sebelum melakukan renovasi maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui perkiraan biaya renovasi atap rumah tersebut. Karena meskipun tidak semua bagian yang dirombak, maka tetap saja biaya yang harus dipersiapkan besar. Apalagi jika ukuran rumah besar, maka semakin banyak jumlah material yang dibutuhkan.

Pemilihan material

Hal penting yang harus dilakukan adalah memilih material untuk atap terbaik. Sehingga bukan hanya nilai estetika saja yang didapatkan. Melainkan juga kenyamanan ketika tinggal di rumah tersebut. Karena tak jarang material yang justru menyerap panas, sehingga membuat suhu yang ada dalam rumah semakin panas pada siang hari. Untuk itu berikut ini diantaranya tips pemilihan yang tepat dan bisa Anda terapkan, yaitu:

Memilih kerangka atap

Kerangka ini adalah komponen yang mendukung agar nantinya atap tersebut bisa dipasang secara maksimal. Pastikan untuk memilih kerangka atap yang kuat dan kokoh, sehingga tidak akan mudah rusak, karena kerangka digunakan sebagai penopang utama. Disarankan memilih kerangka yang terbuat dari bahan baja modern. Karena tingkat kekuatannya paling baik dibandingkan dengan material kerangka yang lainnya. Perkiraan biaya renovasi atap rumah dengan memakai kerangka baja ini juga relatif mahal dibandingkan dengan bahan lainnya.

Pertimbangkan kondisi cuaca

Setiap daerah memiliki karakteristik perubahan cuaca yang berbeda-beda. Seperti diantaranya intensitas hujan yang terjadi di wilayah tersebut. Begitu juga dengan sinar matahari. Jangan lupa mempertimbangkan kondisi angin yang ada di kawasan tersebut. Karena tak jarang diantaranya yang berangin kencang, sehingga kurang cocok mengandalkan atap biasa.

Instalasinya

Proses pemasangan atap ini juga harus diperhitungkan. Karena tidak semua atap dapat dipasang secara mudah. Beberapa atap sulit instalasinya, sehingga mau tidak mau harus mendatangkan tenaga khusus atau ahli untuk pemasangan. Waktu yang dibutuhkan untuk pemasangannya juga jadi semakin lama jika materialnya sulit dipasang.

Bahan atap dan tingkat ketebalannya

Ada banyak sekali varian atap rumah yang dijual di pasaran, dari beragam jenis material berbeda. Begitu juga jika dilihat dari segi ketebalannya. Atap yang cenderung ringan lebih mudah dipasang dibandingkan dengan yang berat, namun juga lebih tipis.

Kualitas bahan atap

Jangan lupa memperhitungkan kualitas bahan, ini berhubungan dengan usia pakai dari atap tersebut. Karena semakin bagus kualitasnya otomatis usia pakai atap ini semakin panjang. Anda tidak perlu melakukan banyak biaya perawatan. Hanya saja perkiraan biaya renovasi atap rumah dengan material berkualitas juga cukup mahal.

Sesuaikan dengan budget

Pastinya Anda sendiri juga sering mendengar bahwa kualitas sebanding dengan harganya. Jadi semakin bagus atap yang Anda pilih, maka harga yang harus dibayarkan juga kian mahal. untuk itu bandingkan dulu dengan kondisi keuangan. Jangan sampai melebihi anggaran yang sudah ditentukan.

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya renovasi atap rumah

Berbicara mengenai perkiraan biaya renovasi atap rumah ini sendiri sebenarnya sangat bervariatif, tergantung dari konsumen ingin melakukan renovasi seperti apa. Namun berikut ini diantaranya faktor yang berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya untuk renovasi tersebut, yaitu:

  1. Ukuran rumah. Semakin luas rumah yang atapnya ingin direnovasi, secara otomatis membuat biaya yang harus dikeluarkan juga kian membengkak mahal. karena secara otomatis jumlah atap yang harus dibeli juga semakin banyak. Untuk itu maka harus dipikirkan secara matang-matang. Berapa kira-kira ukuran rumah yang atapnya ingin direnovasi, sehingga jumlah yang dibeli juga tepat.
  2. Jenis atap. Berbicara mengenai jenis atap yang dijual di pasaran ada banyak sekali, mulai dari atap tanah liat, metal, atap keramik dan sejenisnya. Material-material premium dijual di pasaran dengan harga yang relatif mahal, apalagi jika jumlahnya banyak. Umumnya jika Anda ingin menghemat biaya maka pilihlah genteng tanah liat biasa.
  3. Instalasi. Pertimbangkan juga mengenai jasa pemasangan atap tersebut, semakin sulit instalasinya maka membutuhkan tenaga pengerjaan yang ahli. Waktu yang dibutuhkan untuk pemasangannya juga cukup lama. Maka biayanya akan semakin mahal. sebaliknya, jika material tersebut mudah dipasang maka tidak perlu mempekerjakan banyak orang, semakin cepat dipasang dengan biaya yang harus dikeluarkan juga relatif kecil.

Jenis-jenis atap rumah

Agar perkiraan biaya renovasi atap rumah Anda bisa tepat sesuai dengan kondisi keuangan. Maka penting sekali untuk mengenal jenis atap yang ingin digunakan. Berikut ini diantara ragam jenisnya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Atap tanah liat. Di Indonesia sendiri paling umum masyarakat menggunakan atap tanah liat. Selain karena mudah didapatkan, maka harga jualnya di pasaran juga relatif murah. Jenis atap yang satu ini diproduksi dengan cara press dan juga pembakaran. Hanya saja material tanah liat cenderung menyerap panas.
  2. Atap metal. Material metal ini belakangan juga cukup populer. Terbuat dari campuran antara alumunium, besi dan juga tembaga. Umumnya bangunan besar seperti sekolahan atau bengkel banyak memakai jenis atap yang satu ini.
  3. Atap keramik. Jika Anda menghendaki eksterior yang tampak elegan atau wah, maka material keramik ini adalah pilihan terbaik. Namun untuk harga jualnya di pasaran juga cukup mahal. Finishing glasur pada permukaan atap ini akan meningkatkan nilai estetikanya. Selain itu dari segi ketahanannya sendiri juga bagus, karena awet dan tahan terhadap api. Tak perlu keluar banyak uang untuk perawatannya.
  4. Atap beton. Rumah-rumah minimalis masa kini kebanyakan memakai atap dari bahan beton. Konsepnya modern sehingga nilai estetikanya juga tinggi. karena terbuat dari beton cor, maka material ini tahan lama. Hanya saja butuh waktu lama untuk pemasangannya, ditambah harga jual material ini juga mahal.

Jadi ingin pilih material yang mana untuk atap rumah Anda. Patut untuk diketahui bahwa renovasi atap membutuhkan waktu cukup lama. Sehingga bisa dilakukan secara bertahap jika Anda menghendaki kenyamanan. Agar tidak perlu pindah tempat tinggal terlebih dahulu. Perkiraan biaya renovasi atap rumah mulai dari 10 jutaan rupiah, kembali lagi tergantung pada ukuran rumah, biaya instalasi dan juga material yang digunakan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *