Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Fakta KPR Rumah Hingga Biaya yang Perlu Dibayarkan
Jenis Bangunan, Tipe rumah

Mengenal Fakta KPR Rumah Hingga Biaya yang Perlu Dibayarkan 

KPR Rumah atau kredit pemilikan rumah merupakan produk biaya maupun peminjaman yang akan diberikan pada pembeli, menggunakan skema pembiayaan hingga persentase tertentu dari harga properti maupun rumah. KPR yang sudah ada di Indonesia telah disediakan perbankan dan beberapa perusahaan leasing sebagai penyalur biaya lembaga sekunder pada pembiayaan rumah. Bank-bank yang menawarkan KPR biasanya akan melihat dari sejarah kredit calon nasabah dan memiliki catatan pembayaran baik. Saat ini terdapat KPR syariah dan KPR konvensional.

KPR Syariah merupakan pembiayaan jangka panjang hingga pendek untuk membiayai beli rumah tinggal baru dan bekas sesuai dengan prinsip akad. Akad atau disebut sebagai perjanjian merupakan akad jual beli nasabah dan bank. Fitur yang ditawarkan adalah proses permohonan yang cepat dan mudah, besaran angsuran yang tetap ketika pembiayaan jatuh tempo, lebih fleksibel ketika membeli rumah bekas maupun baru, plafon pembiayaan besar, jangka waktu pembiayaan panjang, fasilitas auto debit pada tabungan induk. Keuntungan menggunakan KPR syariah adalah adanya kepastian angsuran atau cicilan. Tidak ada istilah value of money dan tidak menerapkan bunga berganda untuk perhitungan angsuran. Jika ingin menggunakan KPR konvensional maka perlu diperhatikan bahwa terdapat denda untuk nasabah yang terlambat membayar, tenor lebih lama, menggunakan skema bunga dan cicilan fluktuatif sesuai dengan BI rate.

Jenis KPR rumah yang umum disediakan

Berikut ini beberapa jenis KPR yang umum ditawarkan, antara lain:

  • Bersubsidi yaitu jenis KPR yang difasilitasi oleh pemerintah melalui bank. Keunggulannya adalah uang muka serta bunga rendah dibandingkan KPR konvensional. Biasanya diperuntukkan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah dan maksimal tipe rumah 36, suku bunga 7,25% jenis flat termasuk premi asuransi jiwa.
  • KPR pembelian. Digunakan untuk biaya rumah dengan pinjaman uang ketika membeli rumah dan rumah yang dibeli dijadikan sebagai jaminan. Termasuk juga properti lain, seperti ruko, rukan dan apartemen.
  • KPR refinancing bukan termasuk pembiayaan rumah namun menjadi jenis pembiayaan rumah. Digunakan untuk memfasilitasi peminjaman uang untuk rumah yang menjadikannya jaminan berupa surat tanah.

Selain itu terdapat KPR take over yang menjadi fasilitas sebagai pemindahan KPR yang berjalan menuju bank lain. Mendapat keuntungan tambahan limit pinjaman. Serta mengarahkan pada persaingan antar bank untuk mendapatkan konsumen baru. KPR angsuran berjenjang merupakan fasilitas pinjaman yang digunakan untuk membeli rumah tinggal yang ringan dengan adanya penundaan pembayaran hingga angsuran pokok hingga tahun ketiga di masa pinjaman. KPR duo merupakan fasilitas pinjaman dengan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko maupun rukun serta furniture, mobil dan motor.

Tips mengambil KPR

Berikut adalah tips memilih KPR rumah diantaranya adalah:

  • Memperhatikan reputasi bank dengan memperhatikan tingkat kepercayaannya, mulai bertanya pada agen pengembang properti dan akan menyarankan bank pilihan.
  • Bank memiliki segmentasi dalam pembiayaannya, sehingga perlu mengetahui kriteria pembiayaan bank sehingga akan terhindar dari penolakan.
  • Memperhatikan syarat bank untuk mengajukan berbagai persyaratan dan kondisi karena bank memiliki respon yang berbeda.
  • Perhatikan pelayanan dan jaringan pada agen pengembang properti. Terutama masalah transaksi yang membuat proses KPR lebih cepat untuk mengingatkan pengembang properti apabila telah melanggar janji.
  • Biasanya bank akan mensyaratkan KPR setidaknya 30% dari harga properti yang dibeli dan jika tidak sanggup membayar uang sebaiknya mencari rumah yang memiliki cicilan uang awal yang dibayar beberapa kali.

Selain itu, untuk memilih KPR dengan memperhatikan birokrasi, biasanya bank menggunakan sistem account officer yang akan diproses dari masalah pencarian nasabah hingga appraisal. Sebagai nasabah maka perlu menanyakan bunga yang diterapkan. Untuk itu perlu berkonsultasi mengenai situasi pasar dari beberapa media dan tidak akan menerima tawaran promo bank. Sebaiknya memilih KPR yang tidak menawarkan kenaikan suku bunga yang cepat. Terdapat banyak bank dengan tingkat profesional untuk menjawab kebutuhan konsumen. Tidak ada salahnya mengetahui bank yang memberitahu kenaikan bunga per bulan dan negosiasikan harga rumah pada bank pilihan.

Beberapa alasan seseorang mengambil KPR rumah

Berikut adalah alasan seseorang membutuhkan KPR sejak dini diantaranya:

  • Harga rumah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk menghindari kerugian karena naiknya harga rumah maka sebaiknya menggunakan KPR dengan menabung setidaknya 20% hingga 30%.
  • Saat ini beli rumah menggunakan transaksi debit atau kredit tanpa tunai. Sehingga KPR akan membuat seseorang mampu mengumpulkan uang untuk sebuah rumah. Karena uang tunai yang berada di tangan itu membuat kita menjadi lebih berhasrat untuk memakainya.
  • Properti sebagai investasi yang menjanjikan di masa depan. Mengajukan KPR akan memberikan investasi tanpa membuat pengeluaran bertambah karena harga semakin tinggi.
  • KPR membantu dalam mengatur keuangan sehingga cicilan dapat diatur dan tidak terkena pinalti bila terlambat membayar utang.

Seorang nasabah perlu mengetahui fakta mengenai KPR rumah, fakta pertama adalah adanya perubahan untuk jangka waktu KPR. Pembaharuan ini dengan adanya kebijakan untuk meningkatkan potensi masyarakat yang akan mengakses kredit rumah subsidi dengan jangka panjang yang akan memudahkan masyarakat dalam mencicil uang. Fakta kedua suku bunga KPR dapat turun, penurunan ini sesuai dengan kebijakan dari Kementerian PUPR yang telah mencatat sebanyak 25 juta keluarga tidak mampu membeli rumah sehingga penurunan bunga diharapkan membuat semua orang dapat membayar uang muka dan membeli rumah untuk kebutuhan primer.

Fakta selanjutnya adalah uang muka telah mengalami pelanggaran. Hal ini telah dicatat dalam aturan Loan to Value yang berdampak pada penurunan KPR umum. Insentif ini bertujuan dalam mengangkat pertumbuhan KPA dan KPR. Terdapat KPR swadaya yang diberikan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah, MBR tidak akan memiliki akses terhadap KPR FLPP yang membuat kepemilikan rumah sederhana yang layak huni. Adanya kebijakan ini membuat semua masyarakat memiliki papan, sandang dan pangan yang mencukupi.

Biaya yang dikeluarkan

Berikut adalah biaya yang dibayarkan jika mengambil KPR Rumah diantaranya:

  • Biaya notaris, digunakan untuk pekerjaan berkaitan dengan akta jual beli oleh kreditur.
  • Pajak penjualan dan pembelian, pajak penjual yang dikenakan pajak penghasilan 5% harga jual dan pajak pembelian 5% dari harga jual yang dikurangi dengan nilai jual objek pajak tidak kena pajak sesuai wilayah.
  • Biaya provisi setidaknya 1% dari total pinjaman, biasanya diambil dari pemotongan jumlah kredit yang telah diterima.
  • Biaya asuransi jiwa apabila nasabah meninggal dunia dan dibebankan kepada ahli waris maka asuransi akan membantu pelunasan.

Syarat pengajuan KPR adalah usia, setidaknya usia minimum adalah 21 tahun dan 55 tahun maksimum. Nasabah memberikan persyaratan dokumen secara penuh diantaranya termasuk WNI, memiliki penghasilan tetap dan maksimal pembiayaan 80% hingga 90% pada nilai obyek. Nasabah juga diwajibkan telah bersih dari BI checking dengan catatan kredit yang telah bersih dan baik.

KPR rumah dapat ditolak bila tidak memiliki penghasilan yang mencukupi dengan perhitungan 30 hingga 40 persen dari pendapatan bulanan. KPR ditolak bila lokasi rumah bermasalah seperti berada pada tanah sengketa atau tanah tidak layak karena berada dekat pemakaman dan TPS. Selain itu nasabah akan mendapatkan penolakan bila syarat tidak segera dipenuhi dan wawancara yang tidak meyakinkan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *