Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Perbedaan Kontraktor Renovasi Rumah dan Pemborong
Renovasi, Renovasi Rumah

Perbedaan Kontraktor Renovasi Rumah dan Pemborong 

Bangunan yang sudah tua memang butuh dilakukan renovasi. Bukan tanpa alasan, melainkan ini ditujukan untuk keamanan dan juga menambah nilai estetika dari bangunan tersebut. Hanya saja dalam melakukan renovasi ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai diantaranya adalah budget Anda, desain sampai dengan tenaga pembangunannya. Banyak orang yang memilih praktis dengan menggunakan jasa kontraktor renovasi rumah, karena selain praktis hasil yang didapatpun lebih maksimal.

Pengertian Kontraktor Renovasi Rumah

Istilah kontraktor sendiri tentunya sudah tidak begitu asing di telinga kita. Yaitu merupakan perorangan maupun badan hukum yang disewa oleh seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan, sesuai dengan perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak. Pekerjaan seorang kontraktor ini juga dibatasi dengan waktu, biaya dan sebagainya. Jadi untuk kontraktor renovasi ini dapat dikatakan sebagai jasa yang mengawasi proses pembangunan atau renovasi sebuah hunian.

Umumnya kontraktor ini sendiri mengerjakan proyek dengan dua cara. Yaitu ditunjuk secara langsung oleh pemilik proyek tersebut atau melalui sebuah lelang yang diselenggarakan oleh pemilik proyek tersebut. Tak jarang juga orang yang menyebut kontraktor ini sebagai pemborong. Karena memang mereka mengerjakan sebuah proyek dengan sistem borongan. Namun ternyata antara keduanya berbeda. Karena pemborong hanya bekerja dengan perjanjian sistem lisan, sedangkan kontraktor ini berbadan hukum, ada perjanjian secara tertulis.

Manfaat Menggunakan Jasa Kontraktor Renovasi Rumah

Dalam menggunakan jasa seorang kontraktor renovasi rumah ini sendiri nyatanya ada begitu banyak manfaat yang dapat Anda rasakan, diantaranya adalah:

1. Merancang desain sebuah bangunan secara utuh.

Kontraktorini nantinya akan bekerja untuk merancang atau membuat sebuah desain baru untuk perombakan hunian Anda tersebut. Patut untuk diketahui bahwa dalam mendesain bangunan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi bagi orang yang masih awam dalam hal-hal semacam ini. Namun dengan hadirnya jasa kontraktor tentu akan mempermudah kegiatan tersebut. Bahkan meskipun Anda hanya ingin renovasi depan rumah.

2. Memberikan saran dalam pemilihan material yang bagus.

Karena sudah berpengalaman dalam bidang ini nantinya mereka akan banyak memberikan masukan terkait dengan material yang bagus untuk digunakan. Tak hanya indah dari segi tampilannya saja, melainkan juga usia pakainya, mereka akan menyarankan material yang tahan lama untuk digunakan. Karena sangat riskan jika seandainya Anda memilih material tanpa pengetahuan yang memadahi. Bukan hal yang mustahil kedepannya harus melakukan renovasi lagi, karena mudah rusak.

3. Mampu untuk menganggarkan biaya secara matang.

Seorang kontraktor nantinya juga akan memberikan arahan kepada Anda terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan renovasi. Membanding-bandingkan dengan harga borongan bangun rumah juga bisa dilakukan, jika seandainya Anda ingin biaya yang lebih hemat. Karena tanpa adanya persiapan yang matang, bukan hal yang mustahil nantinya biaya yang harus dikeluarkan semakin membengkak, melebihi anggaran yang sudah dipersiapkan.

4. Memperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan renovasi tersebut.

Kehadiran kontraktor renovasi rumah ini juga memberikan gambar perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam kegiatan renovasi tersebut. Karena pada dasarnya kontraktor ini memang sudah berpengalaman, sehingga lebih paham mengenai perkiraan waktu renovasi sesuai dengan desain impian klien mereka.

Baca Juga: Renovasi Rumah Lengkap dengan Berbagai Informasi yang dibutuhkan

Tips Memilih Jasa Kontraktor Untuk Renovasi Rumah

Entah itu renovasi yang dilakukan secara keseluruhan maupun renovasi depan rumah saja maka penting bagi Anda menggunakan jasa kontrakor yang terpercaya. Sehingga nantinya hasil yang diinginkan juga sesuai dengan biaya yang Anda keluarkan, tidak akan menyesal. Jadi ikuti beberapa tips berikut ini, yaitu:

1. Carilah informasi sedetail mungkin terkait dengan kontraktor tersebut

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan jasa kontraktor renovasi rumah yang berkualitas adalah dengan mencari tahu seluk beluknya secara menyeluruh. Mulai dari usia dari jasa tersebut sampai dengan backgroundnya. Karena bagaimanapun hal ini berhubungan dengan kualitas layanan mereka kedepannya.

2. Pastikan sudah berbadan hukum

Kontraktor yang berkualitas adalah mereka yang telah berbadan hukum dan memiliki izin untuk beroperasi secara resmi. Kontraktor ini lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan yang belum berbadan hukum. Jadi nantinya perjanjian sendiri juga dilakukan secara tertulis, dapat meminimalisir berbagai macam resiko termasuk diantaranya adalah penipuan.

3. Pilih yang banyak direkomendasikan

Selanjutnya Anda juga dapat mempertimbangkan rekomendasi dari teman-teman atau saudara yang pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut. Semakin banyak yang puas terhadap layanan atau jasa dari kontraktor tersebut, artinya mereka memang benar-benar berkualitas dan dapat Anda gunakan. Sekarang ini mudah untuk menemukan rekomendasinya lewat jejak digital.

4. Teliti mengenai tawaran harganya

Jika dibandingkan harga borongan bangun rumah memang jauh lebih murah dibandingkan dengan seorang kontraktor, hal ini bukan tanpa alasan. Melainkan karena memang kontrak yang dibuat tidak secara tertulis. Belum lagi karena memang jasa kontraktor juga lebih profesional dibandingkan dengan borongan biasa.

5. Pelajari apa layanan yang ditawarkan

Anda tentunya harus mengetahui layanan atau jasa apa sajakah yang ditawarkan kontraktor tersebut. Termasuk tenaga yang nantinya akan mereka gunakan. Karena hal ini nyatanya juga akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pengerjaan bangunan. Jangan sampai Anda mempercayakan pembangunan hunian impian tersebut, kepada pekerja yang asal-asalan, karena hasilnya tentu kurang optimal.

6. Aktif bertanya

Sebagai konsumen, untuk bisa mendapatkan jasa kontraktor renovasi rumah yang berkualitas, hendaknya Anda aktif bertanya. Sehingga nantinya akan mengetahui secara detail mengenai layanan mereka, biaya dan sejenisnya. Diantara hal yang penting untuk ditanyakan adalah material atau bahan apa yang digunakan dalam pengerjaannya. Agar tidak dicurangi oleh jasa tersebut, penting sekali bagi Anda untuk membuat surat perjanjian terlebih dahulu.

7. Pilih yang memberikan garansi

Jika tidak ingin rugi, maka penting sekali bagi Anda di dalam memilih yang bergaransi. Sehingga jika hasil yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan, tentunya Anda akan mendapatkan ganti rugi. Umumnya semakin terpercaya sebuah kontraktor, tak jarang diantaranya yang akan memberikan jaminan garansi, tanyakan juga mengenai sistem garansi tersebut, sehingga tidak menyesal.

8. Pilihlah yang memiliki kantor

Hal ini akan mempermudah Anda jika seandainya ingin melakukan konsultasi. Umumnya yang memiliki kantor sendiri juga lebih terpercaya. Jika ada sesuatu yang berhubungan dengan hukum mudah untuk menuntutnya. Bahkan untuk sekedar konsultasi mengenai renovasi depan rumah akan lebih mudah jika seandainya mereka memiliki kantor sendiri.

Perbedaan Antara Kontraktor dan Pemborong

Mungkin banyak diantara Anda yang menyamakan antara kontraktor renovasi rumah dan juga pemborong. Padahal jelas-jelas keduanya berbeda, berikut ini diantara perbedaannya yang patut Anda ketahui, yaitu:

1. Sistem pembayaran

Mungkin banyak diantara Anda yang merasa bahwa harga borongan bangun rumah dari pemborong jauh lebih murah dibandingkan dengan dari kontraktor. Namun perbedaan yang paling jelas adalah sistem pembayarannya. Dimana untuk kontraktor pembayaran akan dibagi dalam 4 tahap. Hal ini disesuaikan dengan progress dari pembangunan tersebut. Mulai dari DP, ketika sudah setengah jalan, hampir jadi dan ketika bangunan sudah benar-benar jadi. Sedangkan untuk pemborong sendiri maka ada 2 jenis sistem pembayarannya. Yaitu memborong mulai dari bahan sampai jasa, atau hanya jasa, sedangkan bahan disediakan oleh klient.

2. Legalitas atau izin

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya kontraktor ini merupakan sebuah badan usaha yang telah memiliki izin resmi atau sertifikasi. Berbeda halnya dengan pemborong yang masih belum memiliki izin usaha, namun bukan berarti mereka ilegal.

3. Perjanjian secara tertulis

Hal yang paling jelas terlihat perbedaannya antara kontraktor dengan pemborong adalah dimana kontraktor ini memiliki sebuah rencana anggaran biaya dan semuanya tertulis. Ada kontrak perjanjian antara klient dengan kontraktor tersebut, guna menjelaskan mengenai detail pekerjaan yang dilakukan sehingga lebih jelas dan tepat waktu. Berbeda dengan pemborong yang tidak memiliki kesepakatan hitam di atas putih. Umumnya perjanjian hanya dibuat secara lisan.

4. Proyek yang dijalankan

Umumnya untuk proyek berskala besar memang mengandalkan jasa seorang kontraktor. Apalagi memang nilai atau anggaran yang harus dikeluarkan begitu besar, sehingga tidak menghendaki terjadinya kesalahan sekecil apapun. Misalnya adalah pembangunan real estate, perkantoran, pusat perbelanjaan dan sejenisnya. Sedangkan jasa pemborong ini sendiri lebih banyak dipakai untuk proyek-proyek kecil. Misalnya adalah untuk renovasi atau pembuatan rumah yang budgetnya terbatas. Karena memang dari segi biaya lebih murah dibandingkan dengan kontraktor.

5. Resiko jika terjadi masalah

Karena kontraktor ini bekerja berdasarkan surat kesepakatan bersama, maka jika seandainya terjadi masalah bisa dituntut secara hukum. Maka hal tersebut dapat meminimalisir resiko yang terjadi. Namun tidak dengan pemborong, jika seandainya terjadi masalah seperti tindak kecurangan atau penipuan, maka akan sulit membawanya ke ranah hukum. Karena memang tidak ada surat perjanjian bersama.

Tips Mendapatkan Jasa Kontraktor Renovasi Rumah Murah

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa seorang kontraktor rumah, namun menginginkan biaya yang lebih terjangkau, maka tidak perlu khawatir. Berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

1. Perbanyak referensi

Artinya jangan hanya terpaku pada satu jasa kontraktor saja. Melainkan sangat penting bagi Anda untuk memperbanyak referensi, mencari beberapa jasa kontraktor sekaligus. Sehingga dengan banyaknya referensi ini Anda sendiri juga akan lebih mudah mengetahui harga dari masing-masing jasa tersebut, manakah yang lebih murah.

2. Banding-bandingkan tawaran harganya

Selanjutnya hal yang dapat Anda lakukan setelah mencari informasi atau referensi terkait dengan pembangunan atau renovasi rumah ini. Maka dengan cara membanding-bandingkan antara satu jasa dengan yang lainnya. Dari sini nantinya akan mengetahui manakah yang paling murah.

3. Lakukan negosiasi

Sebelum melakukan perjanjian hitam di atas putih, maka agaknya Anda dapat melakukan negosiasi terkait dengan harga yang ditawarkan tersebut. Negosiasi ini bertujuan untuk menawar harga, karena tak jarang diantaranya jasa kontraktor yang mau untuk menurunkan harganya, sehingga bisa lebih murah untuk Anda.

Itulah diantaranya beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kontraktor renovasi rumah yang murah, sehingga nantinya tidak akan terlalu menguras isi kantong Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan jasa seorang pemborong dibandingkan dengan kontraktor. Jika seandainya ingin harga yang lebih terjangkau. Di Indonesia sendiri sekarang ini keberadaan dari jasa tersebut memang semakin banyak.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *