Ketahuilah Tujuh Cara Terbaik Diet Sehat Disaat Lebaran dan Masih Bisa Makan Enak

Ketahuilah Tujuh Cara Terbaik Diet Sehat Disaat Lebaran dan Masih Bisa Makan Enakroomah.id– Hai-hai Sahabat roomah apa kabarnya semoga sehat selalu, berjumpa lagi dengan admin yang akan membahas informasi mengenai Ketahuilah Tujuh Cara Terbaik Diet Sehat Disaat Lebaran dan Masih Bisa Makan Enak.
Dari sekian banyak tradisi saat Lebaran, satu hal yang biasanya ditunggu-tunggu adalah tentang hidangan Idul Fitri yang biasa dan acara makan. Bahkan, hampir setiap rumah yang dikunjungi saat arisan selalu menawarkan berbagai hidangan lezat yang bisa menggagalkan misi menjaga berat badan pasca puasa Ramadhan. Siapa nih, yang selalu gagal menghitung kalori saat lebaran?
Pola makan hingga masalah kenaikan berat badan saat lebaran sudah pasti menjadi salah satu gangguan kesehatan, lho. Padahal puasa sebulan biasanya membuat tubuh lebih fit, dan berat badan lebih terkontrol. Tragisnya, bagi sebagian orang, menu makanan lebaran cukup sulit dijalankan, karena banyaknya hidangan khas Lebaran yang menggiurkan.

Namun, jangan stres sob, Anda masih bisa melakukan beberapa cara diet sehat selama Idul Fitri tanpa harus merasa sedih karena melewatkan momen makan yang enak. Berikut admin bagikan cara paling realistis untuk mengurangi junk food saat lebaran yang bisa kamu terapkan, simak berikut ini.

1. Kontrol menu khas lebaran di rumah supaya tidak berlebihan

Lebaran memang identik dengan aneka hidangan lezat. Sejujurnya, seringkali beberapa menu tidak cukup, juga jika semuanya adalah santan dan dapat meningkatkan konsumsi kalori.

Jadi, mulailah pola makan sehat ini dengan mengontrol atau menyesuaikan menu umum Idul Fitri di rumah, agar tidak terbawa suasana dan bisa menggagalkan misi pola makan. Misalnya, cukup memasak satu menu untuk lauk dan Anda bisa menggantinya dengan menu lain keesokan harinya. Usahakan jangan hanya memasak semua menu di hari H lebaran.

See also  Dapatkan Link Undian Gratis Matahari 2022 https //bit.ly/luckydra4w

2. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, supaya rasa kenyang lebih tahan lama

Nafsu makan saat lebaran memang cenderung meningkat, apalagi jika ada banyak hidangan lezat. Cara paling realistis untuk mengendalikan nafsu makan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi sebagai makanan pembuka, seperti apel atau buah lain yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, dan pepaya.

Makanan berserat tinggi ini dapat memperlambat pencernaan makanan, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak. Jadi usahakan untuk makan makanan berserat tinggi sebelum mengunjungi rumah kerabat untuk silaturahim, agar Anda tidak salah jalan saat mencicipi berbagai hidangan lezat.

3. Batasi konsumsi makanan berlemak dan bersantan

Pola makan sehat dengan menjauhi makanan berminyak dan santan tentu dianggap tidak realistis untuk diterapkan saat Lebaran, karena banyak hidangan biasa yang tidak bisa dibedakan dari lemak dan santan. Untuk itu, cara rutin makan sehat yang paling realistis saat lebaran adalah dengan membatasi konsumsi makanan berminyak dan santan.

Misalnya, dalam sehari cukup makan makanan berminyak dan santan satu kali, atau membatasi jumlah porsi, yang biasanya satu porsi, kemudian dikurangi menjadi seperempat porsi. Dengan begitu, kita tetap bisa makan enak saat Lebaran tanpa berlebihan.

4. Tetap makan teratur sesuai jamnya seperti di hari-hari biasa

Meski Idul Fitri adalah detik yang spesial, kita tetap harus memiliki rutinitas makan yang biasa. Cobalah untuk terus makan tiga kali sehari dalam porsi besar, dengan porsi yang sama seperti hari-hari biasa. Di sela-sela waktu makan, Anda bisa mencicipi beberapa hidangan yang disajikan di rumah kerabat, mencoba memilih makanan berserat tinggi.

See also  Cara Untuk Memilih Asuransi Jiwa Yang Pas Sesuai Kebutuhan

5. Mengurangi porsi makan berat karena banyak konsumsi kudapan

Saat lebaran, sebaiknya jangan makan makanan berat tiga kali sehari, karena biasanya juga ada lauk lain seperti jajanan yang tak kalah enaknya. Jadi porsi makan makanan berat harus dikurangi. Misalnya, jika Anda biasanya makan sepotong daging, maka kurangi menjadi setengahnya, jika Anda biasanya makan satu permata maka ambil tiga potong kecil saja.

Usahakan untuk tidak stres karena tidak memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, karena selain makanan berat, Anda biasanya mengonsumsi berbagai macam makanan ringan. Namun, mengonsumsi camilan harus dikontrol, jadi jangan berlebihan.

6. Batasi  konsumsi makanan yang tinggi gula

Selain menu makanan yang lezat seperti opor, rendang, dan semur, makanan manis seperti nastar, kue coklat, dan es sirup tentunya cukup menggiurkan dan disukai. Namun, konsumsi makanan manis tetap harus dikontrol agar tidak berlebihan.

Cara menurunkan berat badan saat lebaran ini harus diterapkan pada konsumsi makanan manis, misalnya hanya makan satu sampai tiga kue manis, mengurangi dosis sirup, mengganti teh manis dengan teh biasa, menjauhi minuman kemasan, dan banyak minum. air.

7. Tetap berolahraga di sela kesibukan di hari lebaran

Setelah pola makan dipertahankan dan yang miskin diperhatikan, ingatlah untuk menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga, SoHip. Kira-kira 15 menit per hari, Anda dapat melakukannya dengan berolahraga di rumah, berlari, atau berjalan-jalan sebelum memulai atau setelah kegiatan berkumpul. Cobalah untuk tidak membiarkan makanan yang Anda makan selama Idul Fitri berubah menjadi otot versus lemak, oke~

Nah, itulah beberapa diet sehat yang paling realistis untuk Idul Fitri. Pola makan yang sehat tidak berarti kita perlu makan lebih sedikit, tetapi kita tetap mengontrol makan kita agar tidak berlebihan.

See also  Berikut Ini Cara Kerja Google Blogger

Akhir Kata

Demikian yang dapat admin berikan dan jangan lupa mampir kembali ke website roomah.id sehingga kalian seluruh tidak ketinggalan kabar update lainnya.

Check Also

Cara Untuk Trading di Indodax Agar Profit 2022

Bagi Anda yang pernah menjelajahi dunia cryptocurrency, nama Indodax pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, PT Indodax adalah perusahaan jual beli aset digital. Seperti yang kita ketahui tentang Indodax serta kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang salah dengan Indodax sebagai salah satu platform trading cryptocurrency paling beragam di Indonesia. Tidak semua orang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.