Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Keramik Porselen dan Serba-Serbi Keunggulannya
Bahan Bangunan, Keramik

Mengenal Keramik Porselen dan Serba-Serbi Keunggulannya 

Istilah porselen tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda, mengingat di dalam kehidupan ia banyak sekali dimanfaatkan, apalagi untuk bidang konstruksi. Keramik porselen ini bahkan dikatakan sebagai salah satu yang harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis keramik yang lainnya. namun peminatnya di Indonesia sendiri juga cukup tinggi, khususnya adalah kalangan dengan tingkat ekonomi menengah ke atas.

Pengertian dan asal-usul porselen

Porselen sendiri pada dasarnya merupakan sebuah keramik modern yang dibuat dengan mengandalkan proses pemanasan yang tinggi yaitu suhu pembakarannya adalah sekitar 1200 hingga 1400 derajat Celcius. Bahan baku pembuatannya sendiri adalah berasal dari kaolin. Tingkat ketahanan dari material yang satu ini nyatanya juga tinggi dengan tampilan yang lebih mengkilap dan juga tampak begitu mewah jika dibandingkan dengan keramik yang lainnya.

Mulanya ia dikembangkan di Tiongkok setidaknya sudah sekitar 2000 hingga 1.200 tahun yang lalu, hingga semakin lama menyebar ke berbagai negara lain yang dibawa oleh para pedagang, diantaranya adalah berasal ke Asia Timur, Eropa hingga seluruh dunia kemudian mengenal benda yang satu ini. Tembikar yang satu ini setidaknya menggabungkan antara glasir dan juga cat. Sehingga memungkinkan tampilannya yang sangat indah dibandingkan dengan yang lain.

Kegunaan keramik porselen dalam kehidupan sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari Anda juga bisa dengan mudah menemukan pengaplikasian porselen ini, diantaranya adalah:

  1. Sebagai lantai rumah, paling sering ditemukan adalah pengaplikasiannya yang dijadikan sebagai lantai untuk rumah. Khususnya adalah mereka yang memang menginginkan rumah tampak lebih mewah. Maka bahan atau material porselen ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Mengingat ia sendiri juga tampil secara lebih mengkilap.
  2. Dijadikan sebagai pelapis dinding rumah, selain lantai maka banyak juga orang yang melapisi bagian dindingnya dengan menggunakan porselen, apalagi ciri khasnya sendiri adalah mampu menyerap air secara lebih cepat, sehingga nantinya rumah juga akan terasa lebih sejuk dengan mengandalkan bahan porselen ini.
  3. Peralatan makan, hal yang mungkin paling sering Anda jumpai adalah porselen yang digunakan sebagai peralatan makan, misalnya adalah untuk bahan piring. Meskipun tidak digunakan secara langsung, namun paling tidak digunakan sebagai hiasan di rumah-rumah bukan.
  4. Hiasan rumah, banyak sekali diantara hiasan rumah yang dibuat dengan mengandalkan bahan yang satu ini, sebut saja diantaranya adalah tembikar, dengan berbagai macam bentuk, guci kemudian juga gantungan dinding dan sejenisnya. hiasan yang dibuat dengan mengandalkan material porselen ini harganya juga tidak bisa dikatakan murah dibandingkan dengan yang lainnya.
  5. Digunakan sebagai material untuk furniture rumah, dalam dunia konstruksi sendiri memang pemanfaatan porselen untuk rumah ini sangatlah banyak. Selain dijadikan sebagai lantai, maka ia juga banyak dimanfaatkan sebagai material yang dipakai untuk membuat furniture yang ada di rumah. Sebut saja diantaranya kitchen set yang juga mengandalkan material porselen ini agar tampil lebih cantik, wastafel, kemudian juga pada kamar mandi juga ada bathtub yang berbahan dasar porselen sehingga tampil secara lebih cantik. Semua yang berbahan dasar porselen ini memang tampil secara lebih mewah dibandingkan dengan material yang lainnya.

Baca Juga: 7 Motif Keramik Dapur yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Keunggulan penggunaan keramik porselen dalam bangunan

Pemakaian porselen untuk bangunan mulai dari rumah sebagai tempat tinggal ataupun juga bisnis perhotelan dan sejenisnya agaknya bukan hal yang baru lagi. Apalagi bagi yang menyukai keindahan. Namun ternyata ada begitu banyak sekali keunggulan yang ditawarkan dengan mengandalkan keramik mewah ini, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan nilai estetik, hal yang paling jelas dirasakan memang dari segi estetika atau keindahannya, apalagi memang pada dasarnya porselen ini sendiri juga memiliki permukaan yang mulus dan berkilau, sehingga bisa menambah keindahan yang ada di dalam rumah Anda. Tak jarang beberapa tempat khusus seperti diantaranya adalah kamar mandi sengaja mengaplikasikan pemakaiannya.
  2. Memiliki kemampuan yang baik di dalam menyerap air, keramik porselen ini juga memiliki daya serap yang lebih baik terhadap air dibandingkan dengan material keramik lainnya, sehingga dalam pemanfaatannya untuk lantai, pada musim hujan tentunya tidak akan terasa licin. Begitu juga ketika ia digunakan untuk lantai kamar mandi, pastinya juga akan terasa selalu kesat dan tidak licin.
  3. Banyak pilihan variasinya, nantinya Anda juga tidak perlu khawatir bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, karena jika dilihat keramik ini memang dibuat oleh produsennya dengan look atau variasi yang berbeda-beda. Baik itu motif sampai dengan dari segi ukurannya sendiri. Sehingga konsumen sendiri nantinya juga dapat secara lebih leluasa untuk memesan produk seperti apakah yang diinginkan.
  4. Dapat meningkatkan harga jual bangunan, pengaplikasian porselen di rumah tangga ini nyatanya memiliki dampak jangka panjang juga. Diantaranya adalah untuk investasi, karena memang dengan penggunaannya akan membuat harga jual dari bangunan tersebut semakin mahal. Tampilannya yang terbilang estetik juga akan membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya bukan.

Kekurangan pemakaian keramik porselen dalam bangunan

Selain kelebihan juga pastinya ada kekurangan yang mungkin disarankan dengan Anda mengaplikasikan material porselen ini pada bangunan yang ada di rumah, diantaranya adalah:

  1. Pemasangannya cukup sulit dan memakan waktu lama. Dari segi instalasi keramik yang satu ini tidak sebagus keramik yang lainnya, karena memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga ahli untuk memasang, tidak dapat dilakukan sembarangan. Pengerjaan yang agak lama ini juga terkadang membuat biaya yang harus dikeluarkan jadi lebih mahal. Untuk cara memasang, Anda dapat membaca artikelnya di Tips Memilih dan Cara Memasang Keramik Sendiri dengan Benar
  2. Harganya mahal. Jika dibandingkan dengan keramik-keramik yang lainnya di pasaran, maka dari segi harga jual porselen ini sudah pasti jauh lebih mahal. Sehingga tidak semua orang memang bisa mengaplikasikannya di dalam rumah. Melainkan hanya orang-orang yang dari segi keuangan mumpuni saja.
  3. Perawatannya sulit. Porselen memang tidak seperti keramik pada umumnya, karena untuk merawat material yang satu ini tidak bisa dilakukan secara mudah. Apalagi ia cenderung mudah sekali berubah warna atau ternodai permukaannya.
  4. Biaya perawatan mahal, karena perawatannya yang terbilang sulit maka tidak mungkin bagi Anda untuk merawatnya sendiri bukan. Pastinya dibutuhkan tenaga ahli yang digunakan untuk merawat material ini di rumah Anda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya juga tidak sedikit, karena paling tidak setahun sekali ia harus dipoles agar tetap mengkilap.

Pertimbangkan dulu keunggulan dan juga kelemahannya sebelum memutuskan untuk menggunakan keramik porselen ini. Di pasaran sendiri memang ada banyak sekali diantara produsen yang menjualnya. Hanya saja jika dilihat dari segi harganya juga tidak bisa dikatakan murah. Anda juga bisa mencari alternatif bahan atau material keramik lainnya jika ingin difungsikan sebagai lantai. Banyak yang tak kalah bagus namun lebih murah harga jualnya dan murah perawatannya.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *