Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

8 Tips Jitu Mendekorasi Kamar Tidur Anak yang Nyaman
Bagian Dalam Rumah, Kamar Tidur, Rumah

8 Tips Jitu Mendekorasi Kamar Tidur Anak yang Nyaman 

Kamar Tidur anak – Sebagai orang tua, mendidik anak menjadi sebaik mungkin merupakan salah satu kewajiban yang tidak bisa dianggap remeh. Dalam mendidik anak, banyak cara yang bisa para orang tua lakukan dan terapkan. Salah satu contohnya dengan memberikan kamar tidur anak, dimana selain bertujuan untuk melatih kemandirian, juga bisa digunakan untuk melatih tanggung jawab anak. Memberikan kamar tidur untuk anak juga sangat berguna agar bisa lebih berkreasi dan berimajinasi. Terlebih jika si kecil sudah masuk usia sekolah.

Dalam mempersiapkan kamar tidur anak, tentu ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para orang tua. Karena kamar tidur nantinya diharapkan bisa digunakan oleh sang anak dari masa ke masa pada setiap perkembangan usianya. Selain itu kamar tidur yang dirancang untuk si kecil tentunya juga harus bisa memudahkan transisi kegiatan tidur anak. Dimana dari yang semula tidur bersama dengan orang tuanya, kini harus sudah berani dan nyaman untuk tidur sendiri.

Jika orang tua mampu menyiapkan kamar tidur anak yang ideal sesuai dengan kebutuhan mereka, masa transisi dari yang semula tidur bersama orang tua menjadi tidur sendiri ini bisa dipastikan akan berjalan mulus dan lancar. Si kecil pun tidak akan merasa sedih jika harus tidur sendiri, melainkan justru merasa senang dan nyaman dengan ruang baru yang khusus dibuat untuk dirinya.

Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak

Nah, agar Anda selaku orang tua bisa menyiapkan kamar tidur yang tepat untuk putra-putrinya, tentu perlu beberapa tips yang harus dilakukan dalam mendekorasi kamar. Untuk itu, berikut ini akan dibagikan beberapa tips penting yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Utamakan keamanan anak

Memberikan kamar tidur minimalis untuk buah hati tentunya juga harus memperhatikan dari segala aspek, terutama dari segi keamanan bagi anak. Karena nantinya anak akan tidur terpisah dari orang tua, sehingga tidak memungkinkan untuk menjaganya setiap saat.

Dalam menata kamar tidur anak yang tepat, atur sebisa mungkin hal-hal yang bisa berpotensi membahayakan keselamatan si buah hati, seperti kabel-kabel elektronik, arus listrik, sudut-sudut yang tajam, tempat yang terlalu ketinggian untuk buah hati, dll. Sehingga Anda nantinya tenang membiarkan buah hati untuk mulai menempati kamar tidur barunya. Demi keamanan, sebaiknya Anda mendekorasi kamar tidur dengan tidak berlebihan dan menggunakan konsep sederhana yang mudah digunakan dan diraih oleh sang buah hati.

2. Pergunakan furniture yang berkualitas

Dalam menggunakan furniture untuk kamar tidur anak, sebaiknya pilih jenis furniture basic berkonsep klasik agar lebih mudah dipadupadankan dengan dekorasi kamar tidur lantaran desain furniturenya yang sederhana. Agar furniture yang ditempatkan pada kamar tidur si kecil bisa digunakan dari masa ke masa, sebaiknya pilih furniture yang berkualitas.

Hal ini juga bertujuan untuk menghemat biaya pengeluaran karena tidak harus terlalu sering membeli yang baru. Pertimbangkan juga dalam memilih furniture adalah yang mampu digunakan hingga jangka panjang, bahkan hingga anak tumbuh dewasa. Sehingga Anda perlu memilih furniture berdesain minimalis, dibandingkan dengan yang berwarna-warni dan berukuran kecil.

3. Gunakan perspektif anak dalam menata kamar tidur

kamar tidur anak 3

Meskipun disarankan untuk menggunakan furniture yang bisa digunakan hingga si kecil tumbuh dewasa, namun ada baiknya juga mempertimbangkan dari segi fungsionalitas dan kemampuan si kecil dalam menggunakannya. Sehingga ada baiknya orang tua menggunakan perspektif anak dalam menata kamar tidurnya.

Sebagai contoh gagang lemari pakaian, sebaiknya tidak terlalu tinggi agar anak bisa menjangkaunya. Untuk mensiasati hal ini bisa juga dengan memikirkan konsep lemari geser. Hal yang sama juga berlaku ketika memilih kursi atau meja belajar anak. Pastikan perabotan tersebut masih bisa digunakan oleh anak secara leluasa, namun juga sangat fleksibel dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Pastikan interior kamar tidur anak cukup memadai

kamar tidur anak 4

Dalam menata kamar tidur untuk buah hati, pastikan interiornya cukup memadai agar memungkinkan anak betah dan nyaman menempatinya. Beberapa perhatian yang perlu Anda pikirkan, seperti:

  • Memiliki ventilasi udara yang bagus dengan adanya jendela atau lubang angin
  • Memilihkan cat dinding, wallpaper kamar tidur, dll dengan bahan-bahan yang tidak beracun, aman, dan mudah untuk dibersihkan
  • menggunakan penerangan lampu yang sesuai dengan akses yang mudah dijangkau oleh anak.

5. Pergunakan dekorasi yang mudah untuk diganti-ganti

kamar tidur anak 6

Dalam menata kamar tidur , agar kesan ceria bisa terpancarkan maka orang tua bisa menambahkan berbagai unsur-unsur yang disukai oleh sang anak, seperti cat hiasan dinding kamar berwarna cerah, stiker lemari yang beraneka ragam, hingga pernak-pernik ruangan yang membuat kamar tidur menjadi lebih hidup.

Dalam menata dekorasi kamar tidur ini, pastikan mudah untuk dilepas atau dibersihkan. Sehingga ketika anak sudah mulai bosan atau bertambah usianya, bisa dengan mudah menggantinya dengan dekorasi yang baru. Sebut saja untuk benda-benda, seperti tirai jendela, stiker-stiker, seprei, lampu meja, wall art, dll.

6, Atur ruang bermain dan ruang belajar yang nyaman pada kamar tidur untuk anak

kamar tidur anak 7

Di dalam tempat tidur anak, pastinya perlu disediakan space untuk tempat bermain dan belajar. Agar tidak terkesan sesak atau penuh, serta tidak mengganggu ruang gerak si kecil, maka Anda perlu menatanya sedemikian rupa dengan baik. Untuk tempat belajar anak, pastikan meja dan kursinya cukup nyaman digunakan dalam belajar. Berikan penerangan yang bagus pada tempat belajar anak ini agar nantinya tidak mengganggu atau malah ketiduran ketika waktunya harus belajar.

7. Perhatikan sistem penyimpanan yang baik

tempat tidur anak yang rapi dan bersih tentunya akan menentukan mood dan keseharian dari penghuninya. Agar meminimalisir benda-benda berserakan dimana-mana, maka dalam mengatur kamar tidur si kecil, pikirkan juga mengenai tempat penyimpanan yang baik. Anda bisa mempertimbangkan menggunakan sistem penyimpanan dengan rak atau laci yang mudah digunakan, atau bisa juga dengan box-box container yang multifungsi. Untuk pernak-pernik atau mainan si kecil, ajarkan agar anak mau menyimpan kembali benda-benda yang sudah digunakan kembali pada tempatnya secara rapi, misalnya pada kotak box, keranjang mainan, dll.

8. Ajak anak untuk berperan serta dalam menata kamar tidurnya

kamar tidur anak 8

Agar dekorasi kamar tidur anak bisa disukai, sebaiknya ajak serta putra-putri Anda dalam menatanya. Biarkan anak untuk memilih atau diberi kebebasan dalam menentukan beberapa hal yang berhubungan dengan kamar tidur mereka agar nantinya tumbuh rasa memiliki pada kamar tidur barunya. Selain itu, beri pengertian pada anak untuk mau membiasakan diri merawat kamar tidurnya agar terbiasa belajar bertanggungjawab.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menata kamar tidur anak dengan tepat. Dengan dekorasi kamar tidur yang tepat, tentunya diharapkan agar mereka bisa aman, nyaman, dan senang memiliki kamar pribadi yang bisa digunakan untuk belajar mandiri, bertanggungjawab, hingga berkreasi di setiap perkembangan usianya. Agar lebih mudah dalam mendekorasi tempat tidur, selain menerapkan beberapa tips di atas, Anda sebaiknya juga mencari inspirasi dekorasi kamar tidur yang terlihat estetik namun juga nyaman ditempati.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *