Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Desain Interior dan Prospek Kerjanya
interior design designer planning architecture drawing architect business plan construction sketch concept house illustration creative concept - stock image
Interior, interior design, Uncategorized

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Desain Interior dan Prospek Kerjanya 

Pernahkah Anda mendengar mengenai jurusan desain interior atau malah ingin menekuninya sebagai jurusan perkuliahan? Atau Anda pernah mendengarnya namun belum begitu paham akan apa yang dipelajari di dalamnya sehingga tidak tertarik untuk masuk dalam jurusan tersebut? Bagi Anda yang belum familiar dengan desain interior, tak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat sehingga tahu dan paham apa yang akan dipelajari saat berada di perkuliahan tersebut dan bagaimana saja prospek kerja dari seorang desain interior profesional.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komputer, desain interior juga mengalami perkembangan yang signifikan. Sekarang ini seseorang bisa melakukan penataan ruangan menggunakan komputer dengan lebih mudah. Hal ini mendorong banyak orang menyukai jurusan ini dan mulai meliriknya sebagai sebuah potensi untuk menuju kesuksesan. Pasalnya seorang ahli desain interior umumnya akan bekerja di sebuah perusahaan besar seperti perhotelan, property, pariwisata hingga menjadi salah satu tim dalam usaha arsitektur perumahan. Mereka juga bisa membuka usaha sendiri dengan menyediakan jasa desain interior untuk masyarakat yang membutuhkan.

Apa itu desain interior?

Agar bisa suka, Anda perlu tahu apa itu jurusan desain interior yang sebenarnya. Desain interior merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang tata letak hingga perancangan ruangan pada sebuah bangunan. Bukan hanya untuk tujuan fungsi, manfaat dan estetika, seorang desain interior yang baik juga harus menyertakan aspek keamanan, pandangan, suasana hati dan kepribadian pemilik bangunan. Seorang desain interior bukan hanya memiliki tugas membuat sebuah ruangan agar tampak lebih cantik dan fungsional, namun juga membuat pemiliknya menjadi betah dan nyaman berada di dalam ruangan tersebut. Karena itu ia akan membutuhkan teknik yang bisa dipelajari, serta seni yang tinggi sehingga ruangan menjadi sempurna.

Ilmu yang diajarkan di jurusan desain Interior

Menjadi seorang desain interior, Anda bukan hanya harus lulus dari jurusan desain interior, namun juga memiliki berbagai kelebihan untuk bisa bersaing di dunia kerja. Desain interior haruslah kreatif, mudah beradaptasi dengan klien, pandai berkomunikasi, percaya diri dan memiliki kemampuan berorganisasi. Selain itu ia juga harus pintar mengatur budget karena pasti pemilik ruangan juga memiliki budget tersendiri untuk mendandani ruangannya. Budget itulah yang harus Anda maksimalkan sehingga ruangan menjadi cantik, fungsional dan disukai oleh pemiliknya. Dari berbagai syarat tersebut, pada ilmu desain interior, biasanya akan memiliki beberapa dasar ilmu yang diajarkan antara lain:

  • Pengetahuan desain yang meliputi prinsip ruang, psikologi persepsi, psikologi lingkungan, sudut pandang manusia dalam sebuah desain.
  • Pengetahuan seni yang meliputi seni menggambar, estetika, sejarah dan desain.
  • Pengetahuan untuk praktek meliputi kemampuan programming, design process, kemampuan presentasi, dan kemampuan berkomunikasi dan mengorganisasi.
  • Pengetahuan pendukung meliputi material, teknologi bangunan, sosial, lingkungan alam dan binaan, ekonomi dan budaya.

Dari pengetahuan di atas, salah besar jika masih ada yang mengira bahwa jurusan desain interior merupakan jurusan yang sama dengan arsitektur. Jika desain interior merancang tata letak isi bangunan yang meliputi penggunaan nilai seni, fungsi, dan kenyamanan bagi pemilik, arsitektur membuat desain bangunan yang meliputi aspek pemilihan material, rancang bangun, dan estetika bangunan secara menyeluruh. Seorang arsitektur yang handal belum tentu bisa mengatur tata letak ruangan di dalam bangunan yang ia ciptakan begitu juga dengan seorang desain interior tidak memiliki kemampuan untuk merancang bangunan seperti seorang arsitek.

Prospek kerja jurusan desain interior

Lalu bagaimana pekerjaan yang akan dilakukan seorang lulusan jurusan desain interior? Desain interior akan bertemu dengan kliennya terlebih dahulu kemudian melakukan survey terhadap ruangan yang ingin didandani. Klien juga memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai ruangan yang ia inginkan misalnya ia ingin ruangan tersebut menjadi sebuah ruang keluarga yang nyaman, modern atau bertema klasik dan sebagainya. Seorang desain interior yang cakap dapat langsung menangkap apa yang diinginkan oleh kliennya dan mencatatnya jika perlu. Setelah lebih jelas, klien bisa memberikan budget untuk pembelanjaan furniture dan kebutuhan lain yang sesuai.

Sampai di sini belumlah selesai tugas seorang lulusan jurusan desain interior, ia perlu membuat sketsa atau desain menggunakan komputer dan menunjukkannya pada klien jika dirasa sudah siap. Desain interior bisa memberikan beberapa ide untuk dipilih klien sehingga klien juga memiliki opsi sesuai dengan keinginannya. Setelah klien memilih mana yang akan diterapkan, desain interior barulah mengaplikasikannya termasuk memilihkan furniture dan perlengkapan lain sesuai dengan gambar yang dipilih tadi. Disini seorang desain interior juga harus memanage budget yang ditetapkan oleh klien hingga tidak terjadi kekurangan.

Dari gambaran di atas, seorang lulusan jurusan desain interior setelah ia menyelesaikan pendidikannya memiliki banyak peluang kerja dan usaha, diantaranya:

  • Menjadi konsultan perusahaan produsen interior.
  • Menjadi partner pengembang properti seperti apartemen.
  • Peneliti di bidang interior.
  • Perancang produk desain interior.
  • Dsb.

Untuk bisa menjadi seorang desain interior, Anda perlu menyelesaikan studi terlebih dahulu yaitu selama 8 semester atau sekitar 145 sks sesuai dengan ketentuan universitas. Saat ini sudah banyak universitas yang memiliki jurusan ini sehingga Anda bisa memilih dengan leluasa sesuai dengan domisili. Untuk tips pemilihan terbaik, pilihlah universitas yang memiliki akreditasi A untuk jurusan ini sehingga Anda bisa belajar dari yang terbaik.

Dalam memberikan jasanya, seorang lulusan jurusan desain interior sebaiknya memiliki kontak dekat dengan seorang arsitek atau perancang bangunan lainnya. Dengan begitu keduanya bisa bersinergi dalam membantu klien membuat rumah yang kokoh sekaligus mengisinya dengan ruangan-ruangan yang nyaman. Desain interior bukan hanya dibutuhkan untuk dekorasi rumah permanen saja atau apartemen, namun juga untuk kebutuhan hotel . Dengan sentuhan seorang desain interior profesional, ruangan akan tampak lebih mewah dan berkelas.

Menjadi desainer interior secara otodidak

Dengan kemajuan teknologi, Anda yang suka menata ruangan dengan dekorasi dan furniture cantik bisa juga belajar jurusan desain interior secara otodidak. Dengan menggunakan software desain interior anda bisa menciptakan sendiri furniture yang tepat. Lalu anda juga bisa mengorganisasikannya ke dalam suatu ruangan hingga memilih warna-warna untuk dinding dan berbagai aksesoris di dalamnya. Jika sudah sesuai dengan keinginan, barulah Anda mengaplikasikannya pada ruangan yang ada.

Sungguh menyenangkan menjadi seorang lulusan jurusan desain interior karena Anda akan bekerja dengan orang-orang profesional dalam memberikan pelayanan kepada customer. Ide yang Anda miliki bisa dihargai mahal oleh klien dan digunakan hingga waktu yang lama. Seorang desain interior yang sudah berpengalaman bahkan bisa memiliki beberapa klien sekaligus termasuk bekerja di sebuah perusahaan desain interior. Jadi jangan ragu untuk masuk di pendidikan desain interior jika Anda memang memiliki minat dan bakat yang dibutuhkan.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *