Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah Murah Untuk Renovasi Rumah Anda
Renovasi, Renovasi Rumah

Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah Murah Untuk Renovasi Rumah Anda 

Jasa renovasi rumah murah. Roomahid.
Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Karena bisa digunakan sebagai tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas di luar rumah seharian. Selain itu, rumah juga menjadi tempat untuk berkumpul bersama dengan anggota keluarga yang lain. Agar rumah semakin nyaman dan membuat betah ketika ditempati, renovasi rumah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Terutama jika rumah yang ditempati mengalami kerusakan di beberapa area atau mungkin ingin dibangun kembali agar terlihat semakin menarik.

Untuk melakukan renovasi ringan, seperti mengecat ulang rumah, membetulkan dinding, atau mengganti lantai, tentu bisa langsung dikerjakan tanpa menggunakan jasa konsultan atau arsitek. Namun jika keinginan renovasi sudah masuk kategori sedang hingga berat, seperti menambah ruang atau lantai, mengubah keseluruhan tampilan interior dan eksterior, mengubah tata letak ruangan, maka sebaiknya berkonsultasi atau menggunakan jasa arsitek. Jika Anda khawatir dengan biayanya, tenang saja karena banyak juga arsitek yang menawarkan jasa renovasi rumah murah.

Memang tidak bisa dipungkiri banyak yang ragu untuk menggunakan jasa arsitek untuk merenovasi maupun membangun rumah lantaran perkara biaya. Padahal jika mau mencari ada banyak sekali arsitek yang menawarkan jasa renovasi rumah murah. Jika Anda berencana melakukan renovasi rumah yang tergolong sedang atau bahkan berat, mengandalkan jasa arsitek justru akan mempermudah pekerjaan Anda dan memberikan banyak sekali keuntungan. Kegiatan merenovasi rumah pun juga bisa terencana dengan baik, mulai dari segi biaya, waktu, desain rumah, dll.

Pengertian Arsitek

Arsitek memang bukan profesi yang asing lagi di masyarakat. Karena lewat tangan-tangan ahli mereka, banyak bangunan berarsitekur indah bisa tercipta. Jika Anda melihat bangunan-bangunan sejarah di Indonesia, hingga bangunan-bangunan megah lainnya itu bisa ada karena peran arsitek juga di dalam pembuatannya. Namun tahukah Anda apa itu profesi arsitek?

Nah, berbicara tentang arsitek, maka profesi yang satu ini bisa dikatakan sebagai orang yang bekerja di bidang arsitektur atau ilmu bangunan. Sedangkan yang dimaksud dengan arsitektur adalah seni dalam merancang bangunan. Dari definisi tersebut, bisa disimpulkan jika tugas seorang arsitek adalah sebagai perencana dan perancang sebuah bangunan, khususnya dari segi fungsi , estetika, serta budaya.

Fungsi/ Tugas Arsitek

Adapun fungsi atau tugas dari seorang arsitek, antara lain:

  • Membuat desain bangunan secara rinci.
  • Bekerja sama dengan professional konstruksi dalam membuat perencanaan, melakukan uji kelayakan, memperhatikan dampak lingkungan, hingga pembuatan anggaran dari proyek yang dibuat.
  • Menulis dan mempresentasikan hasil desain, laporan, dan proposal kepada klien dan pihak-pihak terkait.
  • Memilih material bangunan yang akan digunakan untuk proyek yang dikerjakan.

Bisa dilihat jika banyak sekali peran arsitek dari berbagai fungsi yang sudah disebutkan di atas. Sehingga menggunakan jasa arsitek untuk urusan renovasi rumah Anda merupakan keputusan yang tepat. Karena akan dibantu mulai dari proses awal perencanaan hingga hasil akhirnya. Bahkan arsitek umumnya juga menjanjikan garansi bangunan yang berkualitas. Oleh karena itu, sebaiknya jangan ragu untuk menyerahkan kepada ahlinya untuk kebutuhan renovasi rumah Anda. Apalagi jika renovasi yang dilakukan tergolong sedang maupun berat. Jika khawatir akan biaya, sebenarnya ada juga arsitek yang menawarkan jasa renovasi rumah murah namun berkualitas.

Manfaat Menggunakan Jasa Arsitek

Banyak sekali orang yang tidak tertarik untuk menggunakan jasa arsitek untuk membangun atau merenovasi rumah lantaran khawatir dengan pengeluaran biaya yang semakin membengkak. Padahal banyak sekali arsitek yang menawarkan jasa membangun rumah maupun jasa renovasi rumah murah. Selain itu, menggunakan jasa arsitek justru akan terbantu dalam mewujudkan rumah yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Bahkan bisa diatur sedemikian rupa agar senantiasa cukup karena akan dibuatkan perencanaan yang matang sebelum melakukan pembangunan atau renovasi rumah. Tak sampai disitu saja, berbagai manfaat juga akan didapatkan dengan menggunakan jasa arsitek, yaitu:

  1. Membuat rumah menjadi lebih berkarakter dengan adanya style bangunan.
  2. Perencanaan desain bangunan lebih rapi dan detail, mulai dari gambar bentuk 2D hingga bentuk 3D sekalipun.
  3. Membantu dalam menyusun anggaran biaya untuk pembangunan atau renovasi rumah.
  4. Bisa berkomunikasi dan berdiskusi sepuasnya mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan bangunan dan arsitektur.
  5. Harga jual rumah akan meningkat beberapa kali lebih mahal karena rumah yang semua biasa bisa disulap menjadi semakin bagus dan estetik.
  6. Membantu mewujudkan rumah impian sesuai keinginan klien, entah berupa rumah mewah, rumah minimalis, modern , classic, atau bahkan modern.

Kisaran Biaya/ Faktor Besar Kecilnya Biaya

Setiap arsitek memiliki cara tersendiri dalam menentukan biaya jasa renovasi rumah kepada kliennya, antara lain:

  1. Berdasarkan prosentase biaya konstruksi.

Cara perhitungan ini biasanya digunakan untuk menghitung tarif jasa pembuatan rumah mewah yang memiliki detail-detail rumit. Serta mengalami banyak perubahan sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik rumah atau klien.

  1. Berdasarkan ukuran bangunan.

Biaya desain dengan metode perhitungan ini berdasarkan ukuran bangunan yang didesain. Sehingga misalnya tarif jasa seorang arsitek adalah Rp 30.000,- per m2, maka jika luas bangunan yang didesain adalah 150 m2 bisa dihitung jasa arsitek yang harus dibayarkan adalah Rp 30.000,- dikali 150, yaitu Rp 4,5 juta.

  1. Berdasarkan biaya tetap.

Cara perhitungan biaya ini biasanya ditentukan oleh klien. Untuk mengatasi resiko biaya yang tidak fleksibel atau cenderung naik yang mungkin akan ditetapkan oleh arsitek di kemudian hari.

  1. Bebas biaya desain.

Untuk metode ini, maka arsitek membebaskan klien dari biaya desain. Hal ini biasanya dilakukan oleh arsitek yang juga merangkap sebagai kontraktor bangunan. Sehingga meskipun menggratiskan biaya desain, tetapi tidak akan mengalami kerugian karena sudah mendapatkan biaya jasa konstruksi.

Tips Memilih Jasa Arsitek untuk Keperluan Renovasi Rumah

Untuk mencari jasa arsitek memang tidak boleh sembarangan. Karena Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Jangan sampai menyerahkan pekerjaan membangun atau merenovasi hunian Anda pada orang yang kurang tepat. Jika memiliki budget terbatas, Anda bisa mencari jasa renovasi rumah murah yang ditawarkan oleh berbagai arsitek. Namun tentunya juga harus yang berkualitas.

  1. Lihat portofolionya, dimana semakin berpengalaman seorang arsitek maka akan semakin banyak juga portofolio yang dimiliki.
  2. Pilih arsitek dengan kepribadian yang sesuai dengan kepribadian Anda agar nyaman dalam berdiskusi mengenai bangunan.
  3. Cari tahu tingkat kepuasan pelanggan atas jasa arsitek yang akan Anda pilih tersebut.
  4. Tanyakan cara kerja arsitek tersebut secara mendetail, termasuk rincian tarifnya.
  5. Pilih jasa arsitek rumah yang memiliki reputasi baik.
  6. Lakukan negosiasi terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan jasa arsitek tersebut, termasuk untuk urusan tarif jasanya.

Menggunakan jasa arsitek sangatlah penting dalam membangun atau merenovasi suatu rumah. Karena Anda kan dibantu oleh ahlinya langsung mulai dari tahap perencanaan hingga akhir pembangunan. Namun tentunya perlu diperhatikan juga dalam memilih jasa arsitek. Karena jika sampai salah memilih juga bisa berakibat fatal nantinya. Jika Anda tergiur dengan penawaran jasa renovasi rumah murah dari arsitek, pastikan cek terlebih dahulu kualitas layanannya. Sehingga Anda bisa mendapatkan jasa arsitek yang benar-benar terbaik.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *