Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

11 Tips Mendekorasi Interior Rumah ketika dana terbatas
Interior, Rumah

11 Tips Mendekorasi Interior Rumah ketika dana terbatas 

Interior Rumah – Tidak hanya eksterior saja, melainkan interior rumah juga menjadi salah satu komponen penting yang menunjang nilai estetika dari hunian Anda. Itulah mengapa tidak heran jika seandainya banyak diantara masyarakat yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk menunjang kebutuhan mendekorasi atau renovasi rumah mereka. Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya rumah atau hunian yang indah juga akan mempengaruhi kenyamanan di dalam tinggal disana. Bahkan tidak jarang diantaranya yang menggunakan jasa khusus melakukan penataan atau dekorasi tersebut, tentunya membutuhkan budget yang tidak bisa dikatakan sedikit bukan.

Tips melakukan penataan ulang interior rumah ketika dana terbatas

Lalu bagaimana jika seandainya biaya atau dana yang dimiliki terbatas untuk menata ulang interior rumah tersebut. Sebenarnya tidak menjadi masalah besar, mengingat faktanya sendiri memang ada banyak sekali alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mendekor ulang interior tanpa harus menghabiskan banyak budget,

berikut ini diantara tipsnya yang bisa dicoba, yaitu:

1. Manfaatkan karpet

interior rumah karpet

Jika seandainya kondisi lantai rumah Anda sudah cukup tua, kemudian juga tampak kurang menarik karena polosan, maka cobalah cara yang satu ini untuk membuatnya tampak lebih menarik. Apalagi jika seandainya ada di bagian ruang tamu. Yaitu dengan membeli karpet kemudian menutup bagian lantai tersebut. Tak harus semuanya atau secara keseluruhan, melainkan cukup pada bagian tengahnya saja, sekedar digunakan sebagai pemanis di dalam ruangan Anda. Karpet ini selain dipakai sebagai penutup sebenarnya juga ada manfaat lainnya untuk interiorAnda, yaitu bisa dipakai untuk membedakan ruangan atau bagian-bagian lainnya selain ruang tamu. Sehingga nantinya bisa memilih warna dan juga motif favorit.

2. Menambahkan kain

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan kain yang lembut dan juga hangat, hal ini akan memberikan kesan yang lebih tenang, utamanya di beberapa bagian rumah layaknya yang ada di ruang keluarga tempat menonton televisi. Kai ini dapat difungsikan sebagai pengganti bantal yang diletakkan pada sofa. Hendaknya pilihlah jenis kain yang ringan, kemudian juga dengan warna-warna yang kalem dan juga memiliki renda sehingga tidak tampak membosankan.

3. Cobalah menerapkan pencahayaan multi level

interior rumah pencahayaan multi level

Hal ini bisa digunakan untuk menambah suasana yang ada di dalam ruangan, misalnya adalah dengan menambahkan keberadaan dari lampu dengan bentuk-bentuk tertentu yang cantik. Kemudian juga dengan mengalihkan beberapa furniture ke beberapa sudut yang agak berbeda dari sebelumnya. Hal ini secara efektif nantinya akan meningkatkan efek visual yang membuat rumah tampak jauh berbeda dari sebelumnya. Cobalah untuk memakai lampu yang berbeda guna menghadirkan kesan tidak membosankan pada interior rumah Anda, misalnya lampu yang ditambahkan dengan tali palsu dengan pemilihan ukuran panjang berbeda-beda, hal ini juga akan membuat sorot cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut juga berbeda.

4. Menambahkan tanaman

interior rumah menambahkan tanaman

Khusus untuk Anda yang menyukai konsep rumah ramah lingkungan atau hijau, maka alternatif yang satu ini bisa coda diterapkan, yaitu dengan menambahkan tanaman hidup di dalam ruangan. Apalagi dengan kehadiran tanaman ini juga akan memberikan udara yang lebih segar, kaya akan oksigen kepada keluarga. Pilihlah jenis tanaman yang mudah untuk dirawat dan pastinya tetap bisa hidup di dalam ruangan, seperti diantaranya adalah beragam jenis cemara, ataupun juga jenis tanaman yang memiliki bunga indah. Apalagi jika seandainya rumah Anda memiliki akses angin yang alami, maka bisa memperbanyak jenis tanaman yang disimpan di dalam ruangan. Karena akan memberikan kesan yang lebih sejuk.

5. Tempatkan bingkai foto ataupun lukisan

interior rumah foto atau lukisan

Agar pada bagian dinding interior rumah Anda tidak terasa kosong, maka cobalah untuk memberikan sentuhan berbeda. Seperti diantaranya adalah dengan memasang foto maupun juga lukisan. Hal ini juga sangatlah efektif di dalam menyembunyikan cacat yang mungkin ada pada bagian dinding ruangan tersebut. Tidak hanya satu atau dua, melainkan Anda juga bisa menaruh beberapa gambar yang memiliki cerita. Dengan kehadiran bingkai foto atau lukisan ini sebenarnya akan memberikan kesan rumah menjadi jauh lebih hangat dan juga hidup. Hanya saja pemilihan warna juga jadi bagian yang sangat penting, sehingga nantinya tidak tampak kontras dengan konsep dalam ruangan tersebut.

6. Cobalah untuk menempatkan furniture yang multifungsi

Rumah akan tampak rapi jika seandainya jauh dari puing-puing atau terlalu banyak furniture, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memangkasnya adalah dengan menempatkan furniture yang multifungsi, sehingga pemilihan desain memang sangatlah penting disini. Misalnya adalah dengan mengganti jenis tempat tidur Anda dengan tempat tidur berlantai kabinet, ini akan tampak jauh lebih ringkas dan pastinya tidak memakan terlalu banyak ruangan. Ataupun juga jenis meja lipat yang nantinya terkesan jauh lebih praktis dan ringkas.

7. Belilah alat-alat penyimpanan kecil

interior rumah penyimpanan kecil

Cobalah untuk menyediakan alat penyimpanan kecil di dalam rumah, namun pilihlah jenis penyimpanan yang memiliki bentuk atau tampilan menarik, sehingga nanti fungsinya juga ganda, tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana dalam menyimpan barang, melainkan juga dapat dipakai sebagai dekorasi atau hiasan dalam rumahMisalnya adalah dengan membeli bingkai kayu atau keranjang kayu kecil yang nantinya dapat dipakai sebagai wadah menyimpan majalah ataupun koleksi bahan bacaan Anda.

Kiat yang bisa diadaptasi di semua rumah

Intinya memang tidak perlu membeli sarana atau furniture yang harganya mahal untuk memperindah interior rumah Anda. Melainkan cukup dengan memanfaatkan hal-hal kecil yang dari segi harganya sendiri juga cukup terjangkau. Lalu bagaimana jika seandainya rumah yang dimiliki tersebut konsepnya adalah minimalis modern. Apalagi sekarang ini gaya hunian semacam ini memang cukup diminati oleh masyarakat. Bukan tanpa alasan, melainkan karena keberadaan lahan yang terbatas dan juga mahal, sehingga membuat para arsitek maupun pengembang memilih konsep rumah semacam ini.

Sebenarnya tidak menjadi masalah besar apapun konsep atau jenis rumah yang Anda miliki, entah itu yang luas maupun minimalis modern, Anda tetap bisa melakukan penataan dalam ruangan secara tepat agar tampak kekinian dan tidak terkesan sesak, berikut ini diantara kiat-kiatnya yang dapat dicoba, yaitu:

1. Pastikan kondisi rumah selalu bersih

Bersih disini tak hanya dari kotoran atau debu saja, melainkan lebih dari itu adalah dengan menghindari barang-barang atau properti yang tidak diperlukan ada dan memenuhi interior rumah Anda, karena hal tersebut nantinya akan memberikan kesan sesak dan juga semrawut, tentunya Anda tidak ingin bukan nantinya rumah menjadi sempit dan menyulitkan untuk bergerak. Untuk itu sebaiknya pangkas beberapa benda yang tidak dibutuhkan, simpan di dalam gudang saja. Apalagi dengan adanya barang yang tidak tertata secara rapi nantinya juga akan membuat Anda merasa bosan ketika melihatnya, bahkan mungkin stress.

2. Memilih warna cat dasar yang minimalis

Nyatanya pemilihan warna cat juga menjadi salah satu komponen penting di dalam memberikan kesan yang lebih luas di dalam rumah atau ruangan Anda. Cobalah untuk menghindari warna-warna cat yang mencolok, cobalah dengan warna dasar yang kalem, seperti diantaranya adalah putih yang memang akan memberikan kesan ruangan menjadi jauh lebih luas. Jika seandainya Anda pada dasarnya memang lebih senang dengan konsep rumah yang ramai, maka cobalah dengan warna-warna yang monokromatik, akan tetapi juga tetap menggunakan salah satu pilihan warna yang dominan, sehingga nantinya interior rumah Anda juga tidak akan terkesan terlalu ramai.

3. Cobalah untuk membawa suasana alam kedalam ruangan

Cara yang satu ini cukup efektif untuk memberikan kesan ruangan lebih segar, meskipun ukurannya sendiri minimalis. Seperti contohnya sendiri adalah dengan menambahkan tanaman yang ada di sudut ruangan dalam rumah Anda, kemudian juga bisa mencoba untuk menempatkan sebuah permadani yang terbuat dari bahan dasar serat alami, misalnya adalah rumput laut ataupun juga jute. Bahan-bahan semacam ini akan memberikan tampilan yang natural di dalam ruangan Anda. Meskipun sederhana, namun nantinya perubahan yang didapatkan juga jadi jauh lebih signifikan.

4. Cobalah untuk mendaur ulang ruangan

Maksudnya mendaur ulang ruangan tersebut adalah dengan mendesain ulang isi dalam ruangan rumah tersebut, tanpa harus membeli perabotan yang baru. Karena mungkin barang-barang yang memang ada di dalam rumah Anda ini nantinya dapat dipakai lagi untuk mendekor ulang, misalnya adalah dengan polesan cat ulang, sehingga tampak seperti baru, jauh lebih hemat bukan jika dibandingkan dengan membeli dekorasi yang baru, misalnya adalah lemari yang sudah tua, maka bisa dipoles ulang agar tampak seperti baru, tanpa harus beli lagi, namun bisa ditempatkan kembali dengan kesan yang lebih segar. Ini cukup menghemat budget untuk menata interior rumah Anda.

Tips menata ruangan khusus untuk konsep minimalis

Agaknya juga ada beberapa hal yang harus Anda hindari di dalam menata interior hunian, khususnya yang memiliki konsep minimalis, diantaranya adalah:

#A Menempatkan terlalu banyak furniture

Memang ada kalanya Anda pasti ingin membeli lebih banyak furniture untuk ditempatkan di dalam rumah, apalagi dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun ingat kembali kondisi rumah tersebut, apalagi jika seandainya memiliki ruangan yang minimalis. Dengan menempatkan terlalu banyak furniture ditakutkan nantinya akan membuat hunian Anda menjadi sesak. Jikapun ingin mendapatkan nilai fungsi dari furniture tersebut, maka disarankan untuk memilih satu furniture namun multifungsi, sekarang ada banyak sekali yang menjualnya, atau jika perlu Anda dapat memesannya kepada pengrajin.

#B Terlalu banyak bermain warna

Dengan menempatkan terlalu banyak warna apalagi yang mencolok memang akan memberikan kesan yang cheerfull, namun bagi rumah yang konsepnya sendiri adalah minimalis modern tentunya kurang cocok, hal ini hanya akan membuat hunian Anda tersebut tampak begitu sesak, bahkan bukannya kesan yang rahasia, melainkan justru akan menjadi stres ketika melihatnya.

#C Kurang menjaga kerapian rumah Anda

Sering kali juga beberapa orang yang tidak tepat di dalam menempatkan perabot dan juga barang-barang sehingga kesannya sangat berantakan atau tidak rapi. Tentunya pada rumah minimalis hal ini hanya akan semakin memperparah keadaan, karena membuatnya menjadi tambah sesak. Jadi kebersihan sebenarnya adalah kunci utama disini.

Anda bisa menghindari dan menerapkan beberapa langkah di atas jika seandainya ingin menata interior rumah minimalis, namun dengan budget yang terbatas. Karena hasilnya tidak akan mengecewakan, meskipun tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Kesimpulan :

Roomah.id – 2020

Buka Roomah Sebelum membangun Rumah

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *