Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Kategori

Ingin Mendekorasi Interior Kamar Tidur? Perhatikan 6 Aspek Pentingnya
Interior, interior design, Kamar Tidur

Ingin Mendekorasi Interior Kamar Tidur? Perhatikan 6 Aspek Pentingnya 

Kamar tidur adalah ruangan yang dipakai dalam menunjang kenyamanan untuk istirahat, juga termasuk ruangan privacy bagi setiap orang. Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan tampilannya agar semakin nyaman bagi Anda untuk beristirahat di dalam kamar tidur tersebut. Semakin berkembangnya zaman memang tidak dapat dipungkiri bahwa arsitektur ini juga senantiasa mengalami perubahan, termasuk diantaranya adalah pada interior kamar tidur. Apalagi belakangan banyak juga diantara masyarakat yang mengandalkan aktivitas bekerja di dalam kamar tidur, khususnya adalah mereka freelancer, kemudian juga blogger sampai dengan youtube. Sehingga harus merancang kamar tidurnya secara optimal.

Aspek penting yang harus diperhatikan saat menata interior kamar tidur

Dalam penataan atau mendesain kamar tidur ini sendiri faktanya ada banyak sekali aspek yang patut untuk Anda perhatikan. Sehingga nantinya hasil yang diterima juga tidak akan mengecewakan, bukan hanya masalah estetikanya saja, melainkan juga untuk fungsi menjadi jauh lebih optimal atau semakin baik dari sebelumnya. Untuk itu maka berikut ini diantara aspek atau komponen penting yang harus diperhatikan dalam penataan interior kamar tidur tersebut, yaitu:

Tentukan Tema

Tentukan temanya terlebih dahulu, jangan salah karena untuk hasil terbaik dan paling nyaman, sebaiknya Anda menata kamar tidur menyesuaikan dengan tema yang diinginkan. Misalkan saja untuk tema kamar tidur anak-anak pastinya berbeda dengan orang dewasa bukan. Anak-anak biasanya lebih menyukai tema princess, kemudian juga mobil-mobilan dan sejenisnya. Namun orang dewasa cenderung lebih senang dengan tema yang elegan dan sejenisnya. Untuk itu agar mendapatkan hasil terbaik untuk penataan interior kamar tidur tersebut maka sangat dianjurkan dalam menentukan temanya terlebih dahulu. Sehingga dengan sudah ada tema akan mudah menentukan pilihan warna, furniture dan sejenisnya.

Perhatikan Furniture

Furniture, kamar tidur ini juga termasuk sebagai ruangan yang cukup banyak jenis furniture yang harus ditempatkan di dalamnya. Mulai diantaranya adalah ranjang tidur, kemudian juga ada lemari untuk menyimpan pakaian, kemudian juga ada meja dan sejenisnya. Tak hanya tampilan furniture saja, melainkan komponen yang tak kalah penting disini sebenarnya adalah dari segi ukurannya. Apakah memadai dan cukup untuk ukuran ruangan atau kamar tidur tersebut ataukah tidak. Memilih furniture juga harus menyesuaikan dengan tema yang sudah dibuat sebelumnya, sehingga akan tampak lebih matching.

Ukuran Kamar

Ukuran kamar tersebut, setiap diantara Anda membangun kamar tidur pastinya dengan luas yang berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan konsep rumah. Misalnya adalah pada rumah yang minimalis. Maka luas kamar juga akan menyesuaikan karena minimalis juga. Nantinya untuk penataan interior kamar tidur tersebut juga harus sesuai, mengapa demikian? Agar tidak terkesan sempit. Mengingat ruangan minimalis memiliki space yang terbatas, sehingga pemilihan ukuran furniture atau perabot juga harus menyesuaikan. Sehingga nantinya akan lebih proporsional dengan ukuran ruangan Anda.

Pencahayaan

Pencahayaan, kurang lengkap memang jika seandainya kamar tidur tidak dibekali dengan pencahayaan yang memadai. Karena dengan pencahayaan yang pas nantinya akan membuat kesan yang pas untuk kenyamanan Anda saat beristirahat. Dengan pencahayaan yang baik juga akan membuat kamar tidur yang sebenarnya sederhana akan tampak lebih wah. Usahakan agar mendapatkan pencahayaan langsung juga dari matahari, sehingga pada siang hari nantinya akan lebih hemat listrik atau energi. Namun jika seandainya tidak memungkinkan, maka Anda perlu menggantinya dengan lampu-lampu yang jumlahnya tepat. Sehingga interior kamar tidur Anda juga akan menjadi lebih hidup atau sempurna. Sebaliknya, jika seandainya pencahayaan tersebut gagal juga akan merusak tema yang diusung tersebut.

Warna dinding

Warna pada dinding, komponen ini nyatanya juga sangatlah penting, dengan pemilihan warna yang tepat akan membuat suasana untuk istirahat juga semakin nyaman. Begitu pula pada kamar tidur minimalis, pemilihan warna ini akan sangat mempengaruhi apakah ia akan tampil secara lebih luas ataukah tidak. Misalnya adalah dengan mengaplikasikan warna-warna cerah.

Hiasan Interior kamar tidur

Tambahkan hiasan-hiasan yang tepat sebagai penambah nilai estetik dalam dekorasi kamar tidur tersebut. Hiasan dinding, hiasan meja, atau di kaca kamar juga bisa ditambahkan.

Hiasan tepat untuk interior kamar tidur

Sebenarnya untuk hiasan ini sendiri bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, melihat dari kondisi ruangannya juga, misalnya ketika interior kamar tidur Anda memiliki ukuran yang minimalis, hendaknya jangan terlalu banyak menempatkan aksesoris karena akan memberikan kesan yang sesak. Berikut ini diantaranya beberapa hiasan yang tepat untuk diaplikasikan kedalam kamar tidur Anda, yaitu:

  • Lampu hias LED, selain digunakan sebagai sarana mempercantik tampilan, sebenarnya lampu hias ini juga dipakai untuk menambah pencahayaan yang ada di dalam ruangan tersebut. Keberadaan lampu hias LED ini belakangan memang cukup populer untuk mempercantik interior kamar tidur, apalagi dengan modelnya yang sangatlah beragam, jenis lampu LED ini juga lebih hemat daya dan tahan lebih lama.
  • Gantungan foto Polaroid, foto-foto semacam ini juga bisa Anda pasang di bagian dinding untuk memberikan kesan kenangan. Disusun secara tepat agar memiliki makna atau cerita di dalamnya. Cocok untuk menghias interior kamar tidur khususnya adalah pada bagian dinding agar tidak tampak kosong.
  • Koleksi mainan atau cation figure yang Anda miliki juga akan menjadi hiasan terbaik dalam kamar tidur Anda. Bagi Anda yang gemar di dalam mengoleksi boneka, kemudian juga action figure, mobil-mobilan dan sebagainya, dapat dijadikan sebagai pajangan di bagian rak ataupun juga meja. Hal ini untuk menambah kesan estetik pada interior kamar tidur tersebut. Hanya saja jika koleksi Anda sangat banyak. Maka jangan semuanya dipajang, karena nantinya akan memenuhi ruangan, cukup pajang sebagian saja sedangkan sisanya disimpan.
  • Tanaman hias, tentunya akan menambah kesan yang lebih sejuk di dalam ruangan tersebut. Apalagi jika seandainya Anda juga gemar bermain game atau komputeran di dalam kamar. Melihat yang hijau-hijau akan membantu untuk merefresh mata sehingga semakin sejuk.
  • Lukisan, jika seandainya Anda menginginkan kesan yang lebih elegan di dalam kamar dan tidak ingin menempatkan terlalu banyak hiasan, maka cukup dengan lukisan saja. Tentukan ukuran serta gambar yang memang ingin Anda tempatkan pada dinding tersebut.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika seandainya Anda ingin mendekorasi interior kamar tidur tersebut. Tampilan yang tepat tak hanya memberikan kepuasan untuk mata, melainkan juga jaminan kenyamanan bagi Anda ketika tidur di dalam ruangan tersebut.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *